Pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS Kemenkeu 2019 telah resmi dibuka. Berikut daftar lengkap lowongan dan passing grade CPNS 2019.

Agar lebih jelas yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Lowongan CPNS Kemenkeu 2019

Kementerian Keuangan membutuhkan 202 orang untuk ditempatkan di beberapa direktorat. Berikut daftar lengkapnya.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan direktorat yang paling banyak bisa diisi oleh para pelamar CPNS, yakni ada 50 formasi.

Disusul Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) 48 formasi, dan Sekretaris Jenderal (Setjen) 41 formasi.

Kemudian, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) diisi dengan 19 formasi, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) ada 13 formasi, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) masing-masing membutuhkan 10 formasi.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) berisi 6 formasi, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) 3 formasi, dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) 2 formasi.

Pahami Cara Mendaftar CPNS Melalui SSCN.BKN.go.id 01 - Finansialku

[Baca Juga: Buruan Cek! Formasi CPNS 2019 Lengkap dan Cara Daftarnya!]

 

Pengumuman tersebut tertuang dalam surat edaran Kementerian Keuangan Nomor PENG-01/PANREK/2019 tentang Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019.

Seperti dikutip CNBC Indonesia dalam surat edaran tersebut, Selasa (12/11/2019):

“Kementerian Keuangan membutuhkan pegawai dengan jumlah total 202 formasi.”

 

Dalam surat edaran tersebut, Kemenkeu juga memberitahukan bahwa, beberapa formasi CPNS Kemenkeu 2019, dapat dilamar oleh pelamar disabilitas rungu.

Beberapa formasi itu diantaranya yaitu, dengan jabatan Analis Sistem Informasi dan Pengelola Teknologi Informasi.

Untuk mengetahui secara rinci mengenai komposisi unit penempatan sesuai jabatan, kualifikasi Pendidikan dapat dilihat pada link berikut: Rekrutmen.kemenkeu.go.id.

 

Sebelumnya, apakah Anda sudah membuat CV terbaru yang menarik perhatian belum? Jika belum, cek saja contoh keren CV yang bisa Anda pakai untuk melamar pekerjaan.

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

 

Nilai Ambang Batas atau Passing Grade CPNS 2019

Untuk mengetahui nilai ambang batas atau passing grade Seleksi CPNS 2019, para pelamar bisa melihatnya pada peraturan terbaru yang diterbitkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Passing Grade CPNS 2019 diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

Instansi yang membuka Lowongan CPNS Lulusan SMA Finansialku 1

[Baca Juga: Tujuh Tahap Penerimaan CPNS 2019 Beserta Gajinya]

 

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo menandatangani peraturan baru mengenai passing grade CPNS 2019 pada Senin, 11 November 2019.

Isi Permenpan-RB 24/2019 terdiri atas sembilan pasal. “Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil,” demikian bunyi pasal 1 Permenpan-RB 24/2019.

Permenpan-RB tersebut mengatur bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 terdiri atas tiga macam tes.

Tiga jenis ujian dalam SKD CPNS 2019 tersebut adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Sesuai dengan isi penjelasan dalam Permepan-RB Nomor 24 tahun 2019, total jumlah soal ujian dalam SKD CPNS 2019 sebanyak 100 butir.

Rinciannya, jumlah soal TKP ialah sebanyak 35, TIU 35 dan TWK 30. Terkait mekanisme penilaian dalam SKD CPNS 2019, adalah sebagai berikut:

  1. Dalam TIU dan TWK, apabila peserta menjawab benar pada satu soal, nilainya 5. Jika jawaban peserta ujian salah atau tidak menjawab maka nilainya nol.
  2. Dalam TKP, nilai untuk jawaban peserta paling rendah adalah 1 dan tertinggi 5. Apabila peserta tidak memberikan jawaban, nilainya nol.
  3. Dengan skema penilaian di atas, nilai kumulatif maksimal yang dapat diperoleh peserta SKD CPNS 2019 adalah 500. Angka 500 tersebut terdiri atas nilai maksimal TKP 175, TIU 175 dan TWK 150.

Siap-siap! Rekrutmen CPNS 2019 Dibuka Akhir Bulan Ini! 01

[Baca Juga: Aturan Baru Persiapan Pensiun Bagi PNS Juga Pegawai Swasta]

 

Passing Grade CPNS 2019

Ketentuan mengenai nilai ambang batas atau passing grade dalam SKD CPNS 2019, sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Permenpan-RB Nomor 24 Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Nilai ambang batas (passing grade) Tes Karakteristik Pribadi (TKP): 126
  2. Nilai ambang batas (passing grade) Tes Intelegensia Umum (TIU): 80
  3. Nilai ambang batas (passing grade) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 65

Berdasarkan Permenpan-RB yang sama, ketentuan nilai ambang batas SKD CPNS 2019 diatas tidak berlaku bagi para pelamar dari 4 kategori formasi khusus.

Empat kategori pelamar itu ialah lulusan cumlaude, penyandang disabilitas, diaspora, serta putra/putri Papua dan Papua Barat.

Adapun ketentuan passing grade atau nilai ambang batas SKD CPNS yang diberlakukan khusus terhadap para pelamar dari empat kategori formasi khusus tersebut ialah:

  1. Nilai kumulatif SKD pelamar kategori lulusan berpredikat terbaik (cumlaude) dan diaspora yang paling rendah adalah 271. Sementara Nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) pelamar dari kategori cumlaude dan diaspora minimal harus 85
  2. Nilai kumulatif SKD pelamar kategori Penyandang Disabilitas paling rendah ialah 260, dengan nilai TIU minimal 70
  3. Nilai kumulatif SKD pelamar kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat paling rendah adalah 260, dengan nilai TIU minimal 60.

 

Jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Finansialku, keuangan perlu Anda siapkan sebelum melamar pekerjaan di lowongan CPNS. Hal ini akan mempermudah rencana masa depan hidup Anda.

 

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel di atas? Ayo bagikan artikel ini kepada teman-teman dan kerabat Anda supaya mereka mengetahui informasi tentang CPNS Kemenkeu ini. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Cantika Adinda Putri. 12 November 2019. Catat! Daftar Lengkap Lowongan CPNS Kemenkeu 2019. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/33EUKaO
  • Addi M Idhom. 11 November 2019. Nilai Ambang Batas CPNS 2019: Passing Grade Berdasar Permenpan Baru. Tirto.id – https://bit.ly/2Kdf0bG

 

Sumber Gambar:

  • CPNS Kemenkeu 2019 – https://bit.ly/2rzANUw