Salah satu jenis investasi yang sedang marak dan cukup menguntungkan adalah investasi cryptocurrency.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan informasi mengenai aplikasi cryptocurency yang terdaftar di BAPPEBTI

 

13 Aplikasi Cryptocurrency yang Terdaftar di BAPPEBTI

Pasti belakangan Anda sering mendengar istilah Bitcoin, sebuah mata uang kripto atau cryptocurrency. Mata uang kripto adalah mata uang digital yang menggunakan kriptografi sebagai jaminan.

Mata uang kripto sebenarnya bukan hanya Bitcoin, ada juga Ethereum, Dogecoin, Ripple, Litecoin dan masih banyak lagi. Layaknya saham, ada orang yang memperdagangkan mata uang digital ada pula yang berinvestasi mata uang digital.

Transaksi cryptocurrency dilakukan melalui sebuah platform yang memfasilitasi pertemuan antara pedagang dan konsumen asset kripto. Platform ini dikenal dengan nama aplikasi kripto.

[Baca Juga: Kementrian Perdagangan Akan Dirikan Bursa Kripto, Begini Detilnya]

Di Indonesia sendiri, transaksi cryptocurrency merupakan sebuah transaksi yang legal dan berada di bawah pengawasan Lembaga khusus Kementerian Perdagangan, yaitu BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Untuk memastikan keamanan investor dan trader dalam bertransaksi kripto, BAPPEBTI telah melegalkan beberapa aplikasi cryptocurrency. Di bawah ini merupakan 10 aplikasi cryptocurrency tersebut.

 

Daftar Aplikasi Cryptocurrency yang Terdaftar di BAPPEBTI 02-Finansialku

Sumber: Unsplash.com – https://bit.ly/3CBjUJ0

 

Indodax

Indodax atau PT Indodax Nasional Indonesia merupakan salah satu aplikasi cryptocurrency yang cukup terkenal. Telah ada lebih dari 3,9 juta pengguna aplikasi tersebut.

Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi, Indodax juga menyediakan keamanan bertransaksi yang berlapis. Indodax menyediakan perlindungan Autentikasi multi faktor dengan kombinasi verifikasi via email dan SMS.

Selain itu, penyetoran dan penarikan rupiah sangat cepat dan efisien. Biaya setiap transaksi di Indodax sendiri adalah 0,3% dan persyaratan deposit minimal adalah sebesar Rp 500 ribu.

 

Tokocrypto

Tokocrypto atau PT Crypto Indonesia Berkat didirikan pada Juni 2017 dan merupakan aplikasi pertama yang terdaftar di BAPPEBTI. Yang menariknya, pada tahun 2020, Tokocrypto mendapatkan suntikan dana dari Binance, perusahaan perdagangandan pengembang asset kripto yang berpusat di Malta.

[Baca Juga: Mengenal Oscar Darmawan, Peretas Jalan Industri Kripto Indonesia]

Produk yang diperdagangkan di Tokocrypto meliputi asset kripto yang masuk dalam 500 besar coinmarketcap.com. Minimum deposit yang dibutuhkan adalah Rp50 ribu dengan biaya per transaksi adalah 0,01%.

 

Pintu

Walaupun sekilas tidak terdengar seperti aplikasi cryptocurrency, Pintu atau PT Pintu Kemana Saja, merupakan salah satu aplikasi kripto yang cukup terkenal.

Investasi awal yang dibutuhkan adalah Rp 22 ribu dan Anda tidak akan dipungut biaya untuk menanam deposit. Setiap transaksi pada aplikasi Pintu, tidak dikenakan biaya dan mudah. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 4.500 untuk setiap penarikan Rupiah.

Anda pun dapat dengan mudah membuka akun pada aplikasi ini. Anda hanya membutuhkan alamat email dan melakukan verifikasi dengan foto KTP, SIM atau paspor.

[Baca juga: KuCoin Exchange: Aplikasi Pertukaran Cryptocurrency Masa Kini]

 

Rekeningku

Sama halnya dengan aplikasi kripto lainnya, aplikasi Rekeningku yang berada di bawah PT Rekeningku Dotcom Indonesia, juga memberikan keamanan, kenyamanan dan kemudahan bagi setiap investor dan trader cryptocurrency.

Pada aplikasi Rekeningku, setiap transaksi jual beli akan dikenakan biaya sebesar 0,1% dari jumlah transaksi. Untuk mengisi Rupiah pada dompet digital pada aplikasi Rekeningku, terdapat beberapa metode pilihan, baik non biaya seperti melalui transfer bank dan virtual account atau dengan biaya seperti melalui e-wallet.

 

Triv

Triv melayani real time deposit dan real time withdraw dari dan ke 100 bank di Indonesia tanpa jam offline dan hari libur dan transaksi berjalan 24/7 walaupun pada hari besar.

[Baca Juga: Salip Jumlah Investor di BEI, Investor Kripto Tembus 6,5 Juta Pengguna]

Pengguna juga dapat menggunakan Triv untuk mengisi pulsa seluler serta membayar tagihan dan membeli token listrik. Triv sendiri merupakan properti dari PT Tiga Inti Utama.

 

Luno

Luno sebelumnya dikenal dengan nama BitX dan merupakan perusahaan Bitcoin yang berpusat di Singapura dan berdiri pada tahun 2013. Luno masuk ke Indonesia pada tahun 2015.

Layanan yang disediakan oleh Luno meliputi penjualan dan pembelian Bitcoin dengan Rupiah dan setiap pengguna aplikasi Luno tidak perlu membayar biaya apapun.

 

Koinku

Koinku yang mempunyai alamat web koinku.id merupakan sebuah aplikasi jual beli asset kripto yang berada di bawah naungan PT Cipta Koin Digital. Untuk menambah dana ke dompet Koinku, Anda dapat menggunakan layanan transfer bank atau menggunakan kartu kredit.

 

Upbit Indonesia

Upbit merupakan salah satu platform perdagangan asset digital di Indonesia. Upbit memiliki beberapa fitur canggih, salah satunya dengan smartphone Anda dalam situasi terkunci pun, Anda dapat dengan mudah mengecek harga di real-time.

[Baca Juga: Hingga Mei 2021 Transaksi Aset Kripto di Indonesia Capai Rp370 triliun]

Upbit sering melakukan pemasaran dengan cara yang unik. Salah satunya, membagikan Bitcoin gratis bagi sejumlah pengguna pertama yang memenuhi persyaratan.

Ada pula program referral yang mana Upbit akan memberikan persentase potongan biaya transaksi setiap kali kode referral Anda digunakan. Upbit berada di bawah PT Upbit Exchange Indonesia dan merupakan bursa penukaran mata uang virtual asal Korea Selatan.

 

Bitocto

Pada aplikasi Bitocto, Anda dapat memiliki asset kripto hanya dengan modal awal Rp 50 ribu. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran dan verifikasi akun secara gratis dan menyetor dana ke dompet digital Anda.

Dengan aplikasi dan produk yang berada di bawah pengawasan BAPPEBTI dan KOMINFO, Bitocto semakin menarik perhatian para investor dan trader asset digital.

Pada data Google Play, Bitocto telah diinstall oleh lebih dari 10 ribu pengguna dan disukai oleh lebih dari 1400 pengguna. Bitocto sendiri berada di bawah naungan PT Triniti Investama Berkat.

[Baca juga: KuCoin Exchange: Aplikasi Pertukaran Cryptocurrency Masa Kini]

 

Zipmex

Melalui Zipmex, Anda dapat mendapatkan bunga simpanan Bitcoin sebesar 5% p.a. 5,5% p.a. untuk Ethereum dan banyak lagi. Untuk biaya tradingnya sendiri cukup rendah, yaitu hanya 0,2% per transaksi.

Zipmex juga bekerja sama dengan Bitgo untuk memberikan polis asuransi dompet digital hingga 100 juta dolar AS. Anda pun dapat melakukan pendaftaran secara gratis.

Zipmex merupakan platform asset digital yang berada di bawah naungan PT Zipmex Exchange Indonesia.

[Baca Juga: Rencana Bappebti Soal Pembentukan Bursa Kripto Akhir Tahun 2021]

 

Indonesia Digital Exchange (IDEX)

Digitalexchange.id merupakan platform jual beli aset kripto di Indonesia. Pengguna dapat melakukan jual beli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan aset kripto lain dengan aman dan nyaman.

Digitalexchange.id sudah legal dan terdaftar resmi di Bappebti dengan nomer 008/BAPPEBTI/CP-AK/2020, PSE Kominfo dengan nomor 00286.01/DJAI.PSE/03/2021, dan telah tersertifikasi ISO 270001 : ISMS1001099.

Digitalexchange.id terdaftar di Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI), Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPRAKINDO) dan ditunjuk sebagai Komite Aset Kripto Bursa ICDX.

 

Plutonext Digital Aset (Pluto)

Pluto Digital PLC (Pluto) adalah perusahaan teknologi dan operasi kripto yang membuat Web 3.0 Decentralized Finance (DeFi) lebih mudah diakses oleh semua orang.

Pluto membuat DeFi tersedia untuk semua orang melalui produk dan layanan yang dibuat oleh divisi Lab pengembangan perangkat lunak Pluto, strategi pertanian hasil baru melalui divisi Yield Pluto dan berkolaborasi dengan proyek DeFi yang baru muncul dan metaverse NFT melalui divisi Ventures Pluto.

 

Bursa Cripto Prima (Bechipin)

Bechipin menerima pembelian aset digital melalui penyetoran dana pada semua jaringan perbankan di Indonesia kurang dari 1 jam. Anda dapat menukar asset digital menjadi rupiah dalam jangka waktu 24 jam. Anda dapat memperdagangkan aset digital secara leluasa 24/7.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Punya tujuan keuangan tapi bingung cara wujudkannya? Yuk, diskusikan keuangan Anda bersama Perencana Keuangan Finansialku untuk dapat solusinya. Gunakan fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Pilih jadwal konsultasi Anda di sini atau melalui WhatsApp sekarang juga.

Setelah membaca artikel di atas, semoga Anda mengetahui lebih banyak informasi mengenai aplikasi cryptocurrency dan bertransaksi dengan lebih aman. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Editor: Julius Fallen

Sumber Referensi:

  • Dika Aksara. 4 Mei 2021. 13 Aplikasi Kripto Buat Pemula 2021. Bigalpha.id – https://bit.ly/3rzzos8

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/2X21dhp