Apa saja daftar harta karun yang ada di Indonesia? Apa saja peninggalan harta karun pada setiap zaman?

Temukan jawabannya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Summary:

  • Daftar harta karun di Indonesia banyak yang berasal dari masa penjajahan berupa emas, tembikar, patung dan barang bernilai tinggi lainnya.
  • Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang meyakini bahwa peninggalan-peninggalan zaman dahulu masih ada dan belum banyak yang bisa menemukannya.

 

Peninggalan Harta Karun

Indonesia memiliki segudang harta karun yang melimpah. Ada berbagai penelitian bahkan ekspedisi yang membidangi pencarian harta karun tersembunyi yang ada di Indonesia.

Penemuan-penemuan ini bukan tanpa alasan. Hingga ada banyak yang menyebutkan bahwa harta karun Indonesia tersembunyi di berbagai tempat yang berbeda.

Pemecahan dan pencarian yang terkendala baik dari terbatasnya informasi hingga bukti otentik.

 

Daftar Harta Karun Misterius Dari Indonesia

Pernahkah kamu mendengar tentang harta karun peninggalan presiden pertama Indonesia? Informasi ini bahkan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Banyak pencarian yang melakukan analisis hingga pandangan dari berbagai pihak yang mengarah kepada harta karun di Indonesia.

Dengan munculnya potensi harta karun yang melimpah, menimbulkan berbagai sumber dan meningkatkan daya tarik tersendiri untuk mencari dan menggalinya. Berikut ini daftar harta karun di Indonesia, antara lain:

 

#1 Harta Karun Soekarno

Ada berbagai informasi yang menyebut bahwa harta karun Soekarno cukup melimpah dan bernilai fantastis. Harta karun Soekarno yakni emas batangan yang juga tercetak wajah Soekarno. Ini terus menjadi perdebatan publik. 

Banyak informasi yang beredar bahwa kumpulan emas yang dimiliki Ir. Soekarno sejak masa perang terdahulu berada dan terpendam di Pulau Jawa.

Hingga kini keberadaan harta yang luar biasa fantastis itu masih belum terdeteksi. Banyak kelompok yang mencarinya hingga sekarang.

 

#2 Harta Karun Tomoyuki Yamashita

Harta karun Tomoyuki Yamashita, yang juga dikenal sebagai sosok jendral dari Jepang ini masih menjadi misteri. 

Jarahan yang ia lakukan bersama prajurit lainnya yang berupa emas, dikabarkan terkubur di Pulau Jawa. Hal ini Yamashita lakukan di masa penjajahannya di Indonesia.

Walaupun harta karun ini masih belum terdeteksi, namun sebagai seorang jendral yang banyak melakukan kejahatan, Tomoyuki Yamashita akhirnya menjalani hukuman di Filipina.

 

#3 Harta Karun Majapahit

Jika menyukai sejarah Indonesia, maka kamu akan sering mendengar tentang kisah Majapahit. Kerajaan Majapahit merupakan bagian dari sejarah Indonesia dan menjadi kerajaan terbesar di Nusantara.

Beredar kabar bahwa kerajaan Majapahit yang luasnya begitu besar, menyimpan harta karun berupa emas di Pulau Jawa. 

Dengan sejarahnya yang panjang, hal ini cukup memungkinkan bahwa harta karun ini memang ada dan tersebar di berbagai tempat.

Penyebaran harta karun dari Majapahit ini, meliputi berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Mulai dari Jawa, Sumatera dan Kalimantan. 

 

#4 Harta Karun Sriwijaya

Sebagai salah satu kerajaan yang besar dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, Sriwijaya juga menyimpan seribu kisah yang luar biasa.

Salah satu yang menjadi topik hangat di kalangan masyarakat adalah penyimpanan harta karun tersembunyi. 

Penemuan fantastis yang masih terbilang baru adalah penemuan patung. Dengan memiliki harga setara Rp4 miliar.

Penemuan ini ditemukan tepat di Pulau Musi, dan dengan adanya penemuan ini, maka kemungkinan masih ada banyak peninggalan lainnya.

Banyak warga di Sungai Musi yang terus memburu harta karun yang tersembunyi karena nilainya yang fantastis. 

 

#5 Harta Karun Singosari

Sebagai bagian dari kerajaan yang luas dan berilmu tinggi, Singosari juga menyimpan banyak sejarah luar biasa. Beredar kabar bahwa harta karun peninggalannya begitu besar, namun sulit untuk mendapatkannya.

Hal ini karena banyak yang meyakini bahwa peninggalan Singosari dijaga oleh makhluk tak kasat mata.

Sudah ada berbagai penemuan yang mengatakan bahwa penemuan ini berasal dari Kerajaan Singosari. 

Penemuan ini berupa serpihan tembikar, teko, keramik porselen, perunggu, cucuk atau kendi dan masih banyak lagi. Penemuan ini bahkan melibatkan banyak pihak, baik dari pemerintah hingga masyarakat.

Karena penemuan inilah, semakin banyak kalangan masyarakat hingga arkeolog mencari tahu, tentang tata letak Kerajaan Singosari yang lain.

 

#6 Harta Karun Hindu Kuno

Di masa lalu, banyak wilayah melakukan perputaran uang menggunakan emas. Dari berbagai penelitian inilah, banyak beredar bahwa peninggalan masa lalu memiliki nilai cukup besar.

Salah satu harta karun yang cukup besar adalah harta karun hindu kuno. Banyak yang mempercayai harta karun ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Harta karun yang mencangkup emas, perak, perunggu, senjata dan sebagainya. 

 

#7 Harta Karun Kapal Flor Do Mar

Portugis menjadi sebuah negara yang turut menjajah Indonesia. Banyak kapal laut berseliweran di laut Nusantara untuk mengambil berbagai bahan pokok dalam pemenuhan kebutuhan negaranya. 

Salah satu yang terkenal di masa penjajahan terdahulu adalah kapal Flor Do Mar. Kapal ini diperkirakan tenggelam di sekitar lautan Indonesia pada 1512 dan meninggalkan harta karun mencapai total Rp 170 triliun.

 

#8 Harta Karun VOC di Pulau Onrust

Sejak zaman dahulu yang menguasai perdagangan di Indonesia adalah VOC. Diperkirakan jarahan dari VOC sebagian masih ada di Indonesia. 

Harta karun ini kemungkinan berada di Pulau Onrust, Kabupaten Kepulauan Seribu, yang merupakan sebuah benteng untuk menyimpan berbagai barang hasil jarahan.

Informasi ini terus berkembang hingga menimbulkan persepsi, tentang harta karun yang masih ada di benteng pertahanan tersebut. Teka-teki ini masih terus bergulir dan menjadi titik pencarian yang memakan waktu lama. 

 

#9 Harta Karun Belanda di Gunung Salak

Dengan beredarnya berbagai rumor yang meluas, banyak harta karun yang tersembunyi, salah satunya dari Belanda. Belanda diperkirakan mengubur harta karun berharganya di Gunung Salak.

Informasi ini terus berkembang dan banyak pandangan yang beranggapan dan mengkajinya.

 

#10 Harta Karun Perairan Bangka Belitung

Di wilayah perairan Bangka Belitung juga menjadi pusat tersembunyinya berbagai harta karun. Perairan ini pernah menjadi persinggahan berbagai kapal yang membawa banyak harta karun. 

Tercatat bahwa sudah ada sekitar 30an kapal yang karam di perairan ini.

Dengan cepatnya informasi yang beredar, banyak pemburu harta karun yang menyelidiki perairan Bangka Belitung untuk kemudian memastikan akan potensi harta karun yang terpendam di dalamnya.

Berbagai tindakan dilakukan bahkan pencarian di beberapa tempat turut menjadikan perburuan harta karun semakin meningkat.

 

Membaca daftar harta karun di Indonesia di atas, ternyata banyak juga yang berupa emas, ya? 

Seperti kita tahu bahwa emas merupakan salah satu instrumen investasi yang nilainya lebih stabil dari pada instrumen lainnya. Nah, kamu juga bisa menjadikan emas ini sebagai simpanan untuk masa depanmu. 

Kalau kamu tertarik untuk mulai investasi emas, kamu bisa membaca ebook di bawah ini terlebih dahulu sebelum kamu mulai membelinya.

Yuk, download ebook-nya sekarang.

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS Untuk PEMULA

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda pernah menemukan harta karun juga? Yuk, bagikan artikel ini agar lebih mengenal daftar harta karun yang ada di Indonesia, terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Zikra Mulia Irawati. 27 Desember 2021. 10 Harta Karun Tersembunyi di Indonesia dan Belum Ditemukan. Economy.okezone.com
  • Admin. Perumahan Elit Kuno Kerajaan Singosari Ditemukan. News.detik.com – https://bit.ly/3IxnyHz
  • Barratut Taqiyyah Rafie. 16 Maret 2021. Hikayat kapal Flor de la Mar, bangkai kapal karam jadi incaran asing di Indonesia. Newssetup.kontan.co.id – https://bit.ly/3O7sGTI
  • Mohammad Yan Yusuf.  5 Maret 2022. 10 Harta Karun di Indonesia, Apa Saja itu? Idxchannel.com – https://bit.ly/3c7OiCb