Apakah saat ini kamu sedang berpikir untuk meminjam uang? Sedang cari tempat pinjam uang tanpa jaminan? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan sehingga secara otomatis kehilangan penghasilannya.

Tidak jarang juga orang yang terkena dampak perekonomian masih belum memiliki dana darurat. Karena kebutuhan setiap harinya harus tetap dipenuhi, salah satu jalan keluar untuk dapat memenuhinya adalah dengan meminjam uang. Entah itu kepada keluarga terdekat, sahabat atau teman.

Mungkin Sobat Finansialku juga ada yang ingin meminjam dana untuk modal usaha sebagai pengganti penghasilan karena sudah berhenti kerja. Tapi disamping itu, masalah dari pinjaman adalah bunga yang dibebankan cukup tinggi.

Namun, Sobat Finansialku jangan khawatir, berikut adalah daftar tempat pinjaman koperasi tanpa riba yang bisa kamu pertimbangan!

Simak penjelasannya melalui artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tempat Peminjaman Koperasi Untuk Modal Usaha

Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum Koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip Koperasi.

Koperasi dijalankan berdasar atas asas kekeluargaan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Syarat pendirian Koperasi adalah didirikan oleh paling sedikit 20 (dua puluh) orang perseorangan dengan memisahkan sebagian kekayaan pendiri atau anggota sebagai modal awal Koperasi.

Berikut adalah daftar tempat peminjaman koperasi untuk modal usaha atau kebutuhan umum yang bisa kamu pertimbangkan di tahun 2021.

Daftar Koperasi Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan 2021! 02

[Baca Juga: Awas! Pinjaman Online Ilegal Berkedok Koperasi Simpan Pinjam!]

 

#1 Pinjaman Koperasi Online KreditQ

KreditQ adalah pinjaman koperasi tanpa jaminan dari Koperasi Simpan Pinjam yang dapat diajukan melalui smartphone.

KreditQ merupakan aplikasi pinjaman online milik Koperasi Simpan-Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP–SMS) yang mulai beroperasi pada tahun 2009 dan didukung Bank Sampoerna dan Sampoerna Strategic Group.

Koperasi ini memiliki kantor yang beralamat di Gedung Sampoerna Strategic Square Lantai 17, North Tower, Jalan Jendral Sudirman Kav 45-46, Jakarta 12930.

Secara legalitas, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati, berkedudukan di Jakarta, merupakan Koperasi pinjaman dengan izin nasional yang didirikan berdasarkan akta pendirian yang telah dibuat dan disahkan oleh Menteri Negara Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No.307/BH/MENEG.I/IX/2003 pada tanggal 30 September 2003.

Dalam aplikasi, KreditQ menawarkan dua jenis pinjaman pribadi dengan koperasi, pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi, yaitu:

  • Dana Talangan. Plafon Rp 1.000.000 tenor 15 hari dan 30 hari.
  • Plafon Rp 100.000.000 tenor 3 bulan s.d. 6 bulan.

Pinjaman dana talangan pribadi di KreditQ dilakukan lewat aplikasi yang diunduh di Google Playstore. Tidak bisa mengajukan pinjaman lewat situs atau website.

KreditQ menetapkan sejumlah persyaratan dalam pengajuan pinjaman, yang calon peminjam sebaiknya memastikan bisa memenuhi untuk menghindari penolakan pengajuan pinjaman.

Syarat pinjam uang di koperasi simpan pinjam. Persyaratan pinjaman dana koperasi tanpa jaminan adalah:

  • Warga negara Indonesia
  • Usia minimum: Usia 21 tahun atau 18 tahun sudah menikah dan Usia maksimum: Usia 55 tahun saat pinjaman jatuh tempo
  • Memiliki e-KTP dan NPWP
  • Usia kerja adalah minimal 6 bulan (catatan: jika status karyawan masih kontrak maka wajib terdapat informasi kontrak kerjanya berakhir)
  • Slip Gaji karyawan, atau Surat Keterangan Usaha (SKU) wirausahawan
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp 2.500.000 (nett/take home pay)
  • Menggunakan HP smartphone android
  • Status tempat tinggal milik sendiri, orang tua, keluarga. Jika tempat tinggal pemohon berbeda dengan alamat KTP, diperbolehkan. Untuk status rumah sewa bulanan diperbolehkan jika lama tinggal sudah lebih dari 1 tahun.
  • Jenis usaha yang dilarang adalah usaha yang ilegal, dimana tidak sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku di Indonesia.

 

#2 Pinjaman Modal Usaha Dari Bank Danamon

Bank Danamon memiliki produk simpan pinjam dengan plafon pinjaman mulai 5 juta hingga maksimal Rp 200 juta, namun terdapat persyaratan bahwa calon debitur harus sudah memiliki usaha sendiri yang telah berjalan.

Untuk proses pengajuannya terbilang sangat mudah, debitur hanya diminta syarat berupa jaminan KTP dan KK asli kemudian calon debitur dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan pihak Bank Danamon.

Dana Instant adalah produk fasilitas pinjaman tanpa agunan bagi perorangan yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan.

Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • 21 tahun dan maks. 60 tahun pada saat akhir pinjaman. (khusus karyawan maks. 55 tahun pada saat pengajuan)
  • Karyawan/Profesional/Pengusaha
  • Minimum penghasilan kotor Rp 2 Juta per bulan
  • Masa kerja minimum 1 tahun (karyawan) dan 2 tahun (pengusaha/professional)
  • Mengisi lengkap & menandatangani aplikasi Dana Instant

 

#3 Pinjaman Bebas dari BTPN

Pinjaman selanjutnya adalah datang dari bank BTPN. Bank BTPN menawarkan program pinjaman dengan plafon pinjaman hingga maksimal 50 Juta, dengan tenor atau jangka waktu pinjaman maksimal sampai 24 bulan.

Ketentuan utamanya pinjaman hanya perlu memenuhi syarat berupa KTP dan KK saja apabila telah memiliki usaha dan bisnis yang aktif dan sudah berjalan selama minimal 2 tahun.

Cara mengajukan permohonan pinjaman tanpa jaminan ini harus dengan mendatangi langsung kantor bank BTPN dimana Sobat Finansialku berdomisili sesuai dengan KTP.

 

Pinjam Ke BMT yang Menawarkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Koperasi simpan pinjam juga memberikan modal kepada pelaku usaha mikro dan menengah. Nasabah yang memiliki usaha kecil dengan plafon yang tidak banyak memang lebih baik meminjam ke koperasi dan sejenisnya.

Pinjaman uang tanpa jaminan di koperasi plafonnya tidak terlalu tinggi. Sobat Finansialku juga bisa meminjam ke koperasi berbasis syariah. Sebut saja Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) yang sama dengan sistem koperasi.

Biasanya BMT ini berada di daerah pasar tradisional. Peminjaman modal usaha juga sangat mudah dan cepat, persyaratannya hanya KTP dan KK. Saat ini pinjaman dari koperasi bisa menjadi tempat pinjam uang tanpa jaminan 1 hari cair.

Daftar Koperasi Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan 2021! 03

[Baca Juga: Cara Cek Legalitas Suatu Koperasi Simpan Pinjam, Penting!]

 

Hati-hati Sebelum Memutuskan Untuk Mengajukan Pinjaman

Sobat Finansialku, sebelum kamu memutuskan mengajukan pinjaman, pastikan bahwa kamu bisa melunasinya ya. Menurut perencanaan keuangan, cicilan yang ideal kamu bayarkan setiap bulannya adalah sebesar tiga puluh persen.

Jangan lupa untuk selalu upgrade ilmu supaya kamu bisa merencanakan keuangan dengan baik. Sobat Finansialku juga bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu merencanakan keuangan kamu.

 

Jadi gimana? Setelah mengetahui tempat pinjam uang tanpa jaminan, apa Sobat Finansialku tertarik untuk melakukan pinjaman dari salah satu koperasi di atas? Jangan lupa untuk selalu cek kondisi keuangan kamu sebelumnya ya.

Yuk bagikan artikel ini pada teman-teman atau keluarga, siapa tahu bermanfaat juga bagi mereka.

 

 

Sumber Referensi:

  • R Quiserto. KreditQ Pinjaman Koperasi Online Tanpa Jaminan. Duwitmu.com – http://bitly.ws/bzJz
  • Aris Wahyu Ekarini. Pinjaman Uang Cepat Dengan Jaminan KTP dan KK Untuk Semua Kebutuhan. Centrausaha.com – http://bitly.ws/bzJA
  • Zafar Andreansyah. 08 September 2020. 4 Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan Buat Kamu Tetap Tenang. Akulaku.com – http://bitly.ws/bzJF

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/36CwyZU
  • 02 – https://bit.ly/36ABsqk
  • 03 – https://bit.ly/2MtvVLy