Bagaimana cara mengurus cashflow untuk daftar pengeluaran harian? Apakah pencatatan cashflow bisa dibantu menggunakan aplikasi?

Tenang saja, bagi Anda yang kesulitan dalam pencatatan cashflow maka manfaatkan Aplikasi Finansialku dan jangan lupa menyimak artikel berikut ini.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mencatat dan Mengurus Cashflow: Seberapa Penting?

Bagi sebagian orang, mencatat dan mengurus cashflow bukan perkara yang mudah. Oleh sebab itu, banyak orang yang malas ketika harus berurusan dengan urus-mengurus dan hitung-menghitung daftar pengeluaran harian mereka.

Tetapi sekarang Anda tidak perlu pusing. Belajar mengurus cashflow tidak lagi serumit yang Anda bayangkan. Melalui artikel ini, akan dijelaskan dan dibahas mengenai aplikasi Finasialku yang bisa membantu Anda untuk mengurus cashflow.

Ini 5 Cara Jitu Mengatur Cashflow Keluarga Supaya Hati, Jiwa dan Pikiran Tenang 03 Donasi - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Cara Jitu Mengatur Cashflow Keluarga Supaya Hati, Jiwa dan Pikiran Tenang]

 

Mungkin saat ini Anda sedang bertanya-tanya, “perlukah saya membuat daftar pengeluaran harian?” perlukah saya belajar mengurusnya?” dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berkecamuk di pikiran Anda.

Membuat arus kas dari pengeluaran harian Anda memang bukan suatu paksaan. Setiap orang berhak untuk membuatnya atau tidak. Akan tetapi, Anda harus mempertimbangkan manfaatnya.

Dengan mengurus cashflow, Anda bisa mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan Anda dalam jangka waktu seminggu, sebulan, bahkan setahun secara detail.

Anda bisa tahu jumlah uang yang Anda keluarkan setiap bulan untuk membeli pakaian. Anda juga bisa tahu berapa biaya makan sehari-hari Anda selama seminggu.

Hal-hal yang berkaitan dengan pengeluaran Anda bisa Anda ketahui secara rinci. Jadi, Anda tidak akan kebingungan ketika uang Anda habis di akhir bulan. Karena semua pengeluaran Anda telah tercatat dalam daftar pengeluaran harian.

 

Belajar Memilih Kebutuhan Berdasarkan Prioritas

Seberapa sering Anda mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang terlihat lucu, sedang tren, dan mewah? Apakah Anda pernah mempertimbangkan kebutuhan Anda? Apa saja yang perlu Anda beli dan tidak perlu Anda beli?

Gaya hidup konsumtif dan hedonis yang berkembang di masyarakat saat inilah yang bisa membuat siapapun lupa diri ketika sedang berbelanja. Berbagai pilihan kebutuhan terlihat menarik di depan mata meskipun sebenarnya Anda tidak membutuhkannya.

Ujung-ujungnya, Anda pun membeli barang-barang yang tidak prioritas tersebut. Mengapa? Karena Anda tidak tahu berapa biaya yang seharusnya Anda pakai. Anda juga tidak bisa mengontrol keinginan Anda karena Anda tidak tahu bagaimana caranya.

Nah, inilah gunanya daftar pengeluaran harian. Anda bisa mengontrol biaya hidup Anda hanya dengan melihat cashflow Anda.

Dengan begitu, Anda pun bisa mengalokasikan pemasukan Anda dengan pengeluaran yang harus Anda keluarkan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Apa saja kebutuhan yang prioritas dan tidak prioritas bisa Anda tentukan saat sedang mengurus cashflow.

Bagi Anda yang tidak mahir dan tidak bisa mengurus cashflow, sekaranglah saat yang tepat untuk mulai belajar. Bagaimana caranya?

 

Begini Cara Mengurus Cashflow Pengeluaran Harian Anda

Perlu Anda ketahui bahwa mengurus cashflow pribadi atau keluarga sangat berbeda dengan mengurus cashflow perusahaan. Keduanya berbeda karena cashflow pribadi atau keluarga lebih sederhana bila dibandingkan cashflow perusahaan.

Maka dari itu, pembahasan kali ini akan difokuskan untuk mengurus cashflow pribadi atau keluarga. Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengurus cashflow.

 

#1 Menanamkan Pikiran Tentang Urgensi Cashflow

Mengurus cashflow bisa menjadi bumerang apabila Anda keliru saat mengelolanya. Anda harus memiliki niatan. Anda berniat mengurus cashflow karena Anda ingin keuangan Anda sehat. Tanamkan keinginan tersebut di dalam pikiran Anda.

 

#2 Menghitung Pemasukan

Berikutnya, hitung pemasukan yang Anda dapat. Karena pembahasan kali ini mengenai pengeluaran harian, maka pemasukan yang dimaksud adalah uang yang Anda dapatkan dalam satu hari itu.

Jika sudah, selanjutnya kurangi pemasukan Anda dengan semua kebutuhan rutin seperti biaya makan selama 3 kali, biaya transportasi, dan biaya-biaya lain yang sifatnya rutin.

Setelah itu, hitung sisa uang dari pengurangan pemasukan Anda dengan jumlah biaya yang Anda keluarkan. Apabila masih ada sisa, sebaiknya Anda alokasikan biaya tersebut untuk investasi dengan cara menabung.

 

#3 Menabung

Menabung adalah pilihan terbaik daripada menghambur-hamburkan uang dengan membeli kebutuhan-kebutuhan yang tidak perlu. Seperti nongkrong di kafe hits, nonton di bioskop, atau jalan-jalan.

Meskipun kegiatan-kegiatan tersebut boleh Anda lakukan sesekali tetapi harus ada ekstra rencana untuk memaksimalkan penghematan. Menabung harus dilakukan pada langkah awal, karena menabung dari dana yang disisihkan seringkali tidak efektif.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika menerima gaji di awal bulan Anda langsung memastikan sebagian harus ditabung atau diinvestasikan dalam berbagai jenis usaha maupun bisnis.

 

Cara Mudah Mengurus Daftar Pengeluaran Harian dengan Aplikasi Finansialku

Cara lain untuk mengurus cashflow Anda adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini merupakan alat yang bisa membantu Anda dalam mengurus cashflow maupun daftar pengeluaran harian.

Caranya juga lebih mudah karena Finansialku akan menghitung secara otomatis cashflow Anda.

Sebelum Anda menghitung daftar pengeluaran harian Anda, sebaiknya instal terlebih dahulu aplikasi Finansialku di Google Play Store atau melalui link di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda bisa juga membuka website Finansialku di situs pencarian seperti Google, Yahoo, dan sebagainya. Atau langsung ke alamat website https://aplikasi.finansialku.com/login.

Daftar Pengeluaran Harian Belajar Mengurus Cashflow dari Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

Login Finansialku.com

 

Apabila sudah, mari beralih ke langkah selanjutnya, yaitu menghitung cashflow Anda. Ketika menggunakan aplikasi Finansialku, Anda bisa membuka tab yang ada di sebelah kiri dan klik pilihan menu Financial Health Check Up.

Menu ini adalah salah satu fitur yang digunakan untuk mengukur kesehatan keuangan Anda, yang mencakup cashflow dan pengeluaran harian.

Daftar Pengeluaran Harian Belajar Mengurus Cashflow dari Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

Tampilan Website Finansialku

 

Kemudian baca dan masukkan digit-digit angka pada kolom yang tersedia. Masukkan pemasukan yang Anda dapatkan dalam kolom pendapatan bulanan. Dan masukkan biaya rencana pengeluaran Anda pada kolom pengeluaran bulanan.

Masukkan digit angka sesuai dengan kondisi keuangan Anda tanpa dibuat-buat. Setelah itu, Finansialku akan secara otomatis menghitung dan memberi keterangan terkait ideal atau tidaknya arus kas Anda.

Apabila tidak ideal, Anda bisa mulai merombak ulang rencana pengeluaran Anda per harinya dalam sebulan. Potong biaya-biaya yang tidak diperlukan. Dan alokasikan biaya-biaya yang tidak prioritas ke biaya kebutuhan yang lebih prioritas.

Dengan hasil yang diberikan Finansialku, Anda juga bisa mulai berhemat agar nantinya pengeluaran Anda tidak lebih besar daripada pemasukan Anda.

 

Ingin Kondisi Keuangan Ideal? Urus Cashflow Sekarang!

Mencatat dan mengurus cashflow ternyata hal yang penting bukan?

Kini Anda sudah mengetahui akan pentingnya hal tersebut, Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda untuk mewujudkan kondisi keuangan yang ideal dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Jadi tunggu apa lagi? Ayo coba sekarang juga!

Jika Anda membutuhkan referensi untuk mengatur keuangan, Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk merancang cashflow harian dengan Aplikasi Finansialku? Jika ya, maka sebarkan trik jitu untuk mencapai kesuksesan ini bersama Finansialku dan semua kerabat.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Januari 2018. 11 Tips Mengelola Cash Flow Bagi Bisnis Anda. Nadipos.com – https://goo.gl/rjcFQ2