Bagaimana cara merencanakan dana pensiun dan dana sekolah anak sekaligus? Siapa sangka, ada tips yang bisa Anda lakukan.

Yuk, ikuti ulasan lengkapnya di artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Sekolah Anak vs Dana Pensiun

Dana pensiun dan dana pendidikan bagi orang tua ialah dua hal yang penting. Bahkan karena sangat pentingnya dana untuk pendidikan anak, orang tua jadi lupa  untuk menyiapkan atau pun mengumpulkan uang pensiunan.

Padahal, dana yang akan disiapkan untuk pensiun nanti sangat penting ketika usia yang sudah tua tidak memungkinkan untuk aktif bekerja.

 

Tips Mengumpulkan Dana Pensiun Harus Diterapkan Sejak Dini

Mengumpulkan keuangan untuk masa pensiun sudah bisa dimulai sejak dini, terutama ketika sudah mendapat pekerjaan mapan.

Bahkan kini dengan hadirnya aplikasi Finansialku sangat memudahkan siapa saja yang ingin membuat perencanaan keuangan masa pensiun. Berbagai fitur keuangan bisa digunakan sesuai kebutuhan perencanaan.

 

#1 Lakukan Sekarang

Jangan terus menunda untuk menyimpan ataupun menabung uang untuk masa pensiun. Memang benar, ketika masih muda selain suka berbelanja, para anak muda juga suka mengunjungi berbagai objek wisata.

Sehingga jika tak diperhatikan dengan baik, hampir semua penghasilan dibelanjakan untuk hal ini. Padahal, keuangan pensiun harus dipikirkan mulai dari sekarang.

Dana Sekolah Anak Belum Beres, Gimana Cara Kumpulin Dana Pensiun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Ternyata Pemikiran Gue Ini Bikin Satu Generasi Tekor 7 M!]

 

#2 Jangan Hanya Fokus Pada Dana Sekolah Anak

Sebagai orang tua memang wajar jika sangat mementingkan tabungan anak. Sehingga sangat sedikit orang tua yang memikirkan keuangan untuk masa pensiun.

Tetapi, mulai sekarang jangan hanya fokus dana sekolah, namun juga fokus untuk masa pensiun nanti. Bisa mulai sisihkan sedikit penghasilan untuk masa tua.

 

#3 Tentukan Tujuan yang Jelas

Jika tidak tahu apa tujuan mengumpulkan uang untuk masa tua, tentunya target keuangan pensiunan tak bisa tercapai.

Maka, perlu tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan ketika nanti sudah memasuki waktu tidak aktif lagi bekerja. Hal ini memudahkan untuk memperkirakan berapa uang yang harus ditabung mulai sekarang.

 

#4 Jangan Lupa Negosiasi

Negosiasi gaji perlu dilakukan terutama oleh karyawan yang bekerja di perusahaan karena jumlah penghasilan nantinya akan berpengaruh pada berapa banyak yang digunakan untuk kebutuhan dan berapa yang akan ditabung.

Tentunya negosiasi gaji dilakukan harus sesuai dengan pengalaman dan kemampuan.

 

#5 Persiapan Masa Pensiun

Persiapan ini sebenarnya dilakukan ketika pertama kali bekerja dan sangat baik untuk tidak menunda.

Tetapi, bagi yang sudah terlanjur menghabiskan uang untuk bersenang-senang, maka kini harus mulai mempersiapkan keuangan pensiun.

 

#6 Investasi

Investasi ialah cara yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan pasif yang dibutuhkan nantinya untuk dana pensiun. Bisa berinvestasi di tanah, rumah, saham ataupun di properti yang lainnya.

Karena dana pensiun masih lama untuk digunakan, Anda harus berhati-hati agar terhindar dari inflasi. Nah, untuk mengetahui investasi yang tepat untuk dana pensiun, simak video berikut ini.

 

#7 Menyisihkan Minimal 10 Persen

Bagi yang memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi tentu bukan masalah untuk menyisihkan sebagian dari penghasilannya.

Namun hal ini akan terasa berat untuk orang yang berpenghasilan hanya cukup untuk kebutuhan keluarga. Meskipun begitu, sangat penting berusaha agar bisa menyisihkan dana sebesar 10 persen dari penghasilan untuk masa tua.

 

Info Lebih Lanjut: Cara Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Pentingnya Perencanaan Dana Pensiun

Keuangan untuk masa tua bukan hal yang bisa diremehkan, sebab nanti tidak mampu bekerja dengan aktif lagi, otomatis penghasilan pun akan berkurang.

Tetapi kebutuhan sehari-hari tidak berkurang, sehingga pengeluaran nantinya akan terasa meningkat karena tidak ada pemasukan. Apalagi, jika anak-anak sekolah.

Meskipun belum memiliki dana yang cukup untuk pendidikan anak, tetapi tetap saja keuangan untuk masa tua jangan dipandang sebelah mata.

Seperti yang dijelaskan di atas, bisa mulai menyisihkan sekitar 10 persen untuk masa pensiun nanti.

Dana Sekolah Anak Belum Beres, Gimana Cara Kumpulin Dana Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dana Pensiun vs Dana Pendidikan Anak, Mana yang Harus Didahulukan?]

 

Untuk memudahkan Anda merencanakan keuangan dana pensiun sekaligus dana pendidikan anak, Anda bisa menggunakan fitur Rencana Keuangan dalam aplikasi Finansialku.

Namun, jika Anda masih mengalami kesulitan merencanakan keuangannya, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan untuk mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan keuangan Anda.

Terhubunglah dengan fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku. Download aplikasinya dan dapatkan potongan Rp 50 ribu untuk upgrade premium dengan kode CUAN50.

Ayo segera rencanakan dana pensiun dan dana pendidikan anak Anda sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Tips mana yang akan Anda lakukan terlebih dahulu? Ayo bagikan artikel penting ini pada sesama orangtua yang ingin merencanakan dana pensiun dan dana pendidikan anak, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Devayanti Pardi. 4 Kesalahan Anak Muda dengan Tidak Mempersiapkan Dana Pensiun. Koinworks.com – https://bit.ly/2ZO1XnY
  • Indira Rezkisari. 09 November 2017. Mana Lebih Penting, Dana Pensiun atau Pendidikan? Republika.co.id – https://bit.ly/2ZNZWbp

 

Sumber Gambar:

  • Dana 1 – https://bit.ly/3f8k7Y7
  • Dana 2 – https://bit.ly/2Dco6os
  • Dana 3 – https://bit.ly/2VUedCe