Menurut Anda, mana yang lebih penting dana pensiun vs dana pendidikan anak? Jadi mana yang harus didahulukan? Yuk cari jawabannya disini!

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Pensiun vs Dana Pendidikan Anak

Belum lama ini banyak yang bertanya pada perencana keuangan Finansialku, mana sih yang harus didahulukan antara dana pensiun dan dana pendidikan anak? Seperti yang telah Anda ketahui, keduanya memang penting dan harus dipersiapkan.

Dana pensiun tentu dibutuhkan untuk menjamin masa tua yang sejahtera dan tenang. Di mana banyak orang tua yang tidak mau menyusahkan anaknya di usia lanjut. Sementara itu dana pendidikan juga dibutuhkan untuk menjamin masa depan pendidikan anak.

Ini Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik Bagi Anak Anda 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Yang tentunya sangat dibutuhkan sebagai bekal saat dirinya beranjak dewasa kelak. Tapi banyak juga yang kesulitan mempersiapkan keduanya sekaligus. Seperti kita ketahui kedua dana tersebut memang tidak kecil, sehingga membutuhkan waktu untuk mempersiapkannya.

 

Jadi yang Mana yang Harus Didahulukan?

Di sinilah muncul yang namanya PRIORITAS. Tentu setiap orang memiliki prioritas, di mana satu hal akan dinilai lebih penting dari hal lain. Nah, untuk menentukan mana yang lebih penting, maka Anda harus melihat dan mengurutkan kembali prioritas keuangan Anda.

Sebagai contoh, terdapat 2 orang dengan kondisi sebagai berikut:

  • A berusia 35 tahun dan baru saja menikah, rencananya akan memiliki anak 5 tahun kemudian.
  • B berusia 30 tahun dan sudah menikah serta memiliki anak berusia 3 tahun.

 

Melihat kondisi A dan B, tentu prioritas keduanya berbeda. Secara logika, usia A lebih mendekati masa pensiunnya dan saat ini A belum memiliki anak. Jadi wajar jika A lebih mengutamakan dana pensiunnya terlebih dahulu dibandingkan dana pendidikan anak.

Apakah Dana Pensiun di Luar BPJS TK Dibutuhkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Sementara B masih berusia 30 tahun dan bahkan sudah memiliki anak dengan usia siap masuk sekolah. Jadi B mungkin lebih memprioritaskan dana pendidikan anaknya terlebih dahulu dibandingkan dana pensiun.

Jadi, kami menyarankan Anda untuk menentukan prioritas finansial terlebih dahulu untuk bisa menentukan mana yang harus didahulukan antara dana pensiun dan dana pendidikan anak. Nah, kami ingin memberi 1 contoh lagi untuk membukakan mata para pembaca Finansialku.

Kesalahan yang juga umum dalam mempersiapkan dana pensiun atau pendidikan adalah tidak menyimpan cukup dana pada waktunya. Hal ini yang paling umum terjadi sehingga mengakibatkan tumpukan utang. Adapun beberapa penyebab terjadinya kekurangan dana adalah sebagai berikut:

  • Terlambat memulai persiapan dana
  • Kesalahan mengestimasi dana
  • Lupa mempertimbangkan biaya-biaya yang mungkin muncul Tidak disiplin dalam menyetor tabungan dan investasi

 

Hindari 8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun Ini! 04

[Baca Juga: Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya?]

 

Alhasil, umumnya kita berutang atau terpaksa menggunakan dana lainnya. Sebagai contohnya begini, A sudah memiliki dana pensiun di usianya yang ke-50. Namun pada saat tersebut anaknya akan masuk universitas dan ternyata dana yang dipersiapkan kurang. Namun A tidak mau berutang dan membebani anaknya.

Jadi, A terpaksa menggunakan dana pensiunnya untuk membiayai pendidikan anaknya. Tetapi siapa bilang A tidak membebani anaknya.

Saat ini mungkin tidak, namun saat masa pensiunnya tiba, dana pensiunnya sudah tidak ada. Artinya A harus tetap mengandalkan anaknya di masa pensiunnya. Sama saja bukan?


Bedanya hanya “kapan” anak akan terbebani, sekarang atau nanti. Di sinilah Anda perlu tahu pentingnya menentukan prioritas dan perencanaan keuangan untuk dana kebutuhan tertentu (dana pensiun dan dana pendidikan).

Jadi, kami mengajak Anda untuk segera merencanakan keuangan Anda untuk masa depan yang lebih baik.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan dengan Finansialku

Terakhir, banyak yang masih mengeluh akan sulitnya merencanakan keuangan. Namun kini sudah ada aplikasi Finansialku yang siap membantu Anda agar perencanaan keuangan lebih mudah.

Aplikasi Finansialku akan memberikan banyak benefit bagi Anda, di antaranya sebagai berikut:

  1. Anda bisa mengunduhnya secara GRATIS
  2. Aplikasi Finansialku menyediakan berbagai fitur keuangan yang lengkap dan mudah digunakan
  3. Anda bisa menghitung dan merencanakan dana pendidikan dengan mudah disini

 

Anda bisa download aplikasi Finansialku dari PlayStore dan AppStore, dengan klik link di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Selanjutnya, masuklah ke dalam aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”, dan akan muncul tampilan sebagai berikut: Nah, Anda bisa memilih kebutuhan perencanaan dana, misalnya saja pilih dana pensiun.

Anda kemudian bisa menghitung berapa dana yang perlu dialokasikan sesuai kondisi keuangan Anda. Tentu perhitungan ini akan sangat memudahkan perencanaan keuangan Anda bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera download aplikasinya sekarang juga!

 

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai dana pensiun vs dana pendidikan anak lainnya? Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

Perencana Keuangan kami siap membantu Anda. Jangan lupa untuk berbagi informasi di atas pada rekan kerja maupun teman arisan Anda. Terima kasih…