Menurut Anda, darimana sajakah sumber-sumber pemasukan setelah seseorang pensiun ? Kali ini Finansialku.com akan membahas sebuah quote dari George Foreman dan sumber-sumber pemasukan setelah pensiun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Pemasukan Setelah Pensiun adalah …

Salah satu ketakutan orang adalah ketakutan saat menjelang pensiun. Ketakutan tersebut disebabkan karena seseorang merasa ada yang hilang, seperti rutinitas harian, sumber pemasukan yang berkurang dan lain sebagainya. Di sisi lain, orang yang pensiun akan memiliki cukup banyak waktu untuk menjalankan hal-hal yang diminati. Hal ini merupakan masalah klasik setiap orang dalam hal waktu, uang dan tenaga. Disaat masa muda seseorang memiliki waktu dan tenaga, tetapi dana yang terbatas. Pada saat bekerja seseorang bisa memiliki tenaga dan uang, tetapi kesulitan dalam menyediakan waktu. Dan saat pensiun orang memiliki waktu dan uang, tetapi tenaga sudah berkurang.

Darimana Sumber Pemasukan Setelah Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Solusi 3 Masalah Klasik Manusia dalam Uang, Tenaga dan Waktu]

 

Seperti Anda ketahui saat seseorang memasuki masa pensiun ada pengeluaran yang berkurang dan ada juga pengeluaran yang bertambah. Contoh pengeluaran yang berkurang: biaya menyekolahkan anak, biaya transportasi dan lain sebagainya. Disisi lain terdapat pengeluaran yang bertambah seperti membeli vitamin, check up ke dokter dan lain sebagainya. Bagaimana dengan pemasukan? Mayoritas orang mengatakan tentu saja pemasukan berkurang bahkan berkurang drastis. Dulunya kerja dan setiap bulan mendapatkan pemasukan, tiba-tiba saat ini tidak bekerja dan pemasukan tidak sebesar seperti dahulu.

Ada seorang petinju professional bernama George Foreman yang mengatakan:

 

English

The question isn’t at what age I want to retire, it’s at what income.

George Foreman

 

[Baca Juga: Mengapa Perlu Merencanakan Dana Hari Tua?]

 

Bahasa Indonesia

Pertanyannya bukan usia berapa saya pensiun, pertanyannya adalah darimana sumber pemasukan saya.

George Foreman

 

Dalam ilmu perencanaan keuangan modern, kita mengenal ada tiga sumber pemasukan. Sumber pertama disebut penghasilan aktif, penghasilan yang Anda dapat karena Anda bekerja (menukar tenaga, waktu dan pikiran) dengan uang. Sumber penghasilan kedua adalah penghasilan investasi. Penghasilan investasi adalah penghasilan yang didapat, karena uang Anda bekerja untuk Anda. Sumber penghasilan terakhir adalah penghasilan pasif, yang Anda dapatkan karena aset Anda bekerja. Kebanyakan orang dan mayoritas karyawan hanya fokus pada penghasilan aktif (sumber 1), tanpa mengoptimalkan sumber 2 dan sumber 3. Padahal jika Anda memaksimalkan ketiga sumber pemasukan tersebut, Anda dapat hidup lebih sejahtera pada saat belum pensiun dan saat pensiun.

[Baca Juga: Mengoptimalkan 3 Sumber Pemasukan, Mulai Sejak Usia Muda]

 

Pada saat pensiun, seseorang akan kehilangan penghasilan aktif. Namun sejak usia muda sudah dipersiapkan penghasilan investasi dan penghasilan investasi, maka masa pensiun menjadi lebih menyenangkan dan sejahtera. Semoga Anda mendapatkan gambaran bahwa saat pensiun, seseorang masih bisa memiliki penghasilan dari hasil investasi dan pendapatan pasif. Kami menyarankan agar Anda mulai menyiapkan penghasilan investasi dan penghasilan pasif sejak usia muda.

 

Menurut Anda, bagaimana cara seorang karyawan memiliki penghasilan pasif?

 

Sumber Gambar:

Retirement – http://goo.gl/MHgxF4

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang