Apakah Anda sudah mengerti tentang valuta asing atau valas? Ternyata valuta asing juga dapat dijadikan salah satu investasi, lho.

Valuta asing merupakan istilah yang cukup familiar di telinga masyarakat. Namun, belum banyak yang paham betul dengan istilah ini dan sebagian masyarakat belum mengetahui bahwa valuta asing juga dapat dijadikan salah satu bentuk investasi.

Apabila Anda masih bingung dengan definisi valuta asing, yuk simak penjelasan mengenai valuta asing di bawah ini.

 

Valuta Asing Salah Satu Bentuk Investasi

Valuta asing atau valas adalah mata uang yang mudah dan dapat digunakan dalam dunia perdagangan internasional.

Salah satu mata uang asing yang popular di masyarakat dan digunakan oleh banyak orang di dunia adalah Dollar Amerika atau U.S. Dollar (US$).

Apabila Anda pernah membeli barang di luar negeri, tentu Anda tahu bahwa rupiah tidak dapat digunakan untuk membeli barang tersebut. Sehingga, Anda harus menggunakan kurs mata uang asing untuk dapat membeli barang di luar negeri.

Definisi Valuta Asing Adalah 02 Finansialku

[Baca Juga: Pertama Kali Mencoba Investasi Valuta Asing? Begini Cara yang Tepat]

 

Selain digunakan untuk membeli barang-barang di luar negeri, valuta asing juga bisa digunakan sebagai salah satu bentuk investasi, loh.

Melihat pada pergerakan harga yang sangat cepat pada valuta asing, valas seringkali menjadi bentuk investasi yang cukup diminati di kalangan masyarakat karena tingkat pengembalian investasi dan labanya dapat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan nilai rata-rata perdagangan lainnya.

Namun, karena perubahan harga yang sangat cepat, valuta asing juga memiliki risiko yang cukup tinggi.

Lalu, apa saja fungsi dari valuta asing tersebut? Untuk lebih rincinya, mari simak pembahasannya di bawah ini:

 

Pengertian Valuta Asing

Dalam definisi valuta asing, beberapa peneliti memiliki pandangan berbeda-beda. Secara umum, valuta asing adalah mata uang asing yang diakui dan diterima dalam sistem perdagangan internasional.

Valas juga termasuk dalam devisa suatu negara. Sedangkan, devisa adalah kekayaan yang dimiliki suatu negara yang ada di luar negeri dan bentuknya bisa bermacam-macam, seperti barang, jasa, ataupun mata uang yang digunakan sebagai transaksi lintas negara.

Berikut adalah beberapa pandangan pengertian valuta asing menurut para ahli:

 

#1 Hamdy Hadi

Valuta asing adalah mata uang asing yang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran dalam membayar setiap transaksi ekonomi internasional dan memiliki catatan kurs yang resmi dari bank sentral.

 

#2 Jose Rizal Joesoef

Valuta asing adalah mata uang yang digunakan dalam melakukan transaksi atau pembayaran internasional sebagai alat pembayaran di luar negeri.

 

#3 Eng, Les, dan Mauer

Valuta asing berarti mata uang asing yang dapat dijadikan klaim keuangan atau aset pada suatu perusahaan.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Fungsi Valuta Asing

Setelah melihat definisi-definisi valuta asing, valuta asing berfungsi untuk:

 

#1 Alat Tukar Internasional

Mata uang Rupiah hanya dapat digunakan di Indonesia. Sedangkan, apabila Anda sedang berada di luar negeri dan ingin membeli barang, maka Anda harus menyesuaikan mata uang yang diakui dalam negara tersebut.

Mata uang asing yang populer digunakan dalam dunia internasional adalah Dollar Amerika (US$), Euro (EUR), Yen Jepang (JPY), Poundsterling Inggris (GBP), Franc Swiss (CHF), dan Dollar Australia (AUD).

Definisi Devisa Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

#2 Alat Pengendali Kurs

Perbandingan antara mata uang Rupiah dengan mata uang asing lainnya dapat diartikan sebagai kurs mata uang suatu negara.

Apabila kurs mata uang Rupiah melemah terhadap kurs Dollar Amerika, maka nilai tukar Rupiah menjadi semakin mahal terhadap Dollar Amerika.

Pada peristiwa ini, Dollar mengalami apresiasi terhadap rupiah dan rupiah mengalami depresiasi terhadap Dollar.

Sebaliknya, apabila kurs mata uang menguat, artinya kurs mata uang Rupiah terhadap Dollar Amerika semakin murah. Kurs mata uang ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti nilai pasar, utang luar negeri, cadangan devisa, situasi politik, dan lain-lain.

 

#3 Alat Pembayaran Internasional

Valuta asing dapat digunakan sebagai salah satu alat pembayaran internasional. Seperti contoh, apabila Indonesia memiliki utang dengan negara lain, maka Indonesia dapat membayarkan utang beserta bunganya dengan valuta asing lain yang sesuai.

Begitupun sebaliknya, apabila ada negara yang memiliki utang dengan Indonesia, maka negara tersebut dapat membayar dengan kurs mata uang asing yang nilainya sesuai dengan mata uang Rupiah.

Rupiah-Melemah-Utang-Luar-Negeri-Bertambah-2-Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Reksa Dana Dolar dan Reksa Dana Rupiah? Cari Informasi Selengkapnya di Sini!]

 

#4 Alat Mempermudah Perdagangan Internasional

Salah satu fungsi valuta asing adalah menjadi alat yang memperlancar proses perdagangan di dunia internasional.

Dengan adanya valuta asing, maka proses pembayaran tidak perlu dengan menggunakan barter yang belum tentu memiliki nilai yang setara. Apabila tidak ada valuta asing, maka proses transaksi dalam perdagangan internasional menjadi lebih rumit.

 

Dua Jenis Valuta Asing

Valuta asing terdiri dari 2 jenis, yaitu valuta asing fisik dan valuta asing non-fisik. Berikut penjelasannya:

 

#1 Valuta Asing Fisik

Valuta asing fisik merupakan uang asing yang berbentuk fisik, seperti uang kartal atau uang logam. Valuta asing fisik dapat digunakan dalam perdagangan internasional.

 

#2 Valuta Asing Non-Fisik

Berbeda dari valuta asing fisik, valuta asing non-fisik berbentuk seperti uang giral atau surat-surat berharga. Contohnya seperti wesel, cek, traveller’s cheque, dan lain-lain.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Investasi Valuta Asing untuk Masa Depan

Setelah melihat pada penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa valuta asing adalah mata uang asing yang digunakan untuk melakukan transaksi di luar negeri dan termasuk dalam sistem pembayaran internasional.

Valuta asing tentunya sangat berguna bagi Anda yang ingin berlibur atau berwisata keluar negeri. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan uang saku dengan kurs mata uang asing di negara tersebut, agar bisa berbelanja.

Kalau Anda sudah mengerti definisi valas dan ingin menggunakannya sebagai salah satu bentuk investasi, maka satu hal yang perlu diantisipasi adalah nilai valuta asing sangat cepat perubahannya, sehingga sebetulnya memiliki resiko yang cukup tinggi.

 

Bagaimana, sudahkah Anda mengerti mengenai defisini valuta asing? Apakah Anda ingin mencoba investasi valas di masa depan? Kalau iya, coba bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang belum mengerti mengenai definisi dan manfaat dari valas. Anda bisa jadi pahlawan investasi bagi mereka, lho!

 

Sumber Referensi:

  • Pasar Valuta Asing. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/1dUA5p
  • Pengertian Valuta Asing dan Fungsinya. Pengertiandefinisi.com – https://goo.gl/zEzS6L
  • Cinthya Febrilia. 6 April 2017. APA ITU VALUTA ASING? Scdc.binus.ac.id – https://goo.gl/i7YvCF
  • Muhammad Yovi. Pengertian Valuta Asing – https://goo.gl/JiyHo6

 

Sumber Gambar:

  • Kurs Asing – https://goo.gl/dpzYEm
  • Kurs Asing 2 – https://goo.gl/jXhMjA

 

Summary
Definisi Valuta Asing Adalah
Article Name
Definisi Valuta Asing Adalah
Description
Apakah Anda sudah mengerti tentang valuta asing atau valas? Ternyata valuta asing juga dapat dijadikan salah satu investasi, lho.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo