Temukan rahasia inspirasi dekorasi ruang tamu agar rumah minimalis kamu terasa nyaman dan lapang! Simak informasinya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Dekorasi Ruang Pada Rumah dengan Konsep Minimalis

Rumah dengan konsep minimalis kini menjadi pilihan banyak orang, apalagi jika seseorang masih merintis karier.

Rumah minimalis dengan budget yang cukup terjangkau tentunya akan menjadi pilihan hunian yang paling bijak untuk menyelamatkan keuanganmu. Tertarik memiliki jenis hunian yang satu ini?

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 02 - Finansialku

[Baca Juga : 10 Inspirasi Interior Rumah Estetik yang Mudah Dilakukan Sendiri]

 

Hunian minimalis bukan berarti tempat tinggal ala kadarnya atau seadanya, melainkan sebagai tempat tinggal dengan desain yang terbilang cukup sederhana.

Walaupun ukurannya memang cenderung agak kecil, hunian minimalis tetap bisa terlihat lapang dan sangat nyaman jika kamu menggunakan konsep desain ruang yang tepat.

Salah satunya dengan memperhatikan detail dekorasi ruang tamu sebagai ruangan utama dalam rumah.

 

Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok untuk Rumah Sempit

Ruang tamu merupakan salah satu elemen paling penting dari sebuah rumah. Selain sebagai ruang untuk menerima tamu, ruang tamu juga menjadi ruang pertama yang kita akses setiap masuk ke dalam sebuah rumah.

Dengan demikian, ruangan ini menjadi “wajah” dari penampilan interior rumah secara keseluruhan. Untuk kamu yang memiliki rumah sederhana yang cenderung sempit, kamu perlu memperhatikan tips dekorasi yang cocok agar ruang tamu kamu terlihat lebih lapang dan nyaman.

Hal ini akan berdampak pada kesan interior rumah secara menyeluruh, lho! Ini dia tips-nya.

 

#1 Pasang Cermin Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 03 - Finansialku

Cermin

 

Pasti kamu sering melihat cermin besar yang dipasang di beberapa ruangan dalam sebuah café atau restoran, bukan?

Penggunaan cermin sebenarnya merupakan trik dekorasi ruang paling sederhana untuk membuat ilusi interior agar terkesan luas.

Jika kamu memiliki ruang tamu yang kecil, maka trik yang satu ini sangat bisa kamu terapkan.

Kamu bisa memilih bagian dinding ruang tamu yang berhadapan langsung dengan jendela untuk meletakkan cermin. Tujuannya agar cermin dapat merefleksikan cahaya alami dari luar.

Selain memberikan kesan ruang yang lebih luas, hal ini juga dapat membantu memperbaiki pencahayaan. Kamu juga bisa bereksperimen dengan lampu-lampu dan penataan furnitur lain yang ada di ruang tamu kecil tersebut.

 

#2 Pilih Warna Pastel atau Warna Netral

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 04 - Finansialku

Warna Pastel

 

Warna cat pada ruang tamu nyatanya sangat berpengaruh pada kesan ruang secara keseluruhan. Apabila kamu memiliki ruang tamu yang kecil maka sebaiknya hindari warna-warna bold yang menusuk pandangan mata.

Lebih baik gunakan warna-warna netral seperti putih, krem, atau abu terang. Jika kamu menyukai warna-warni, kamu bisa mengaplikasikan warna pastel yang lembut untuk cat ruang tamu.

Warna netral dan warna pastel mampu menciptakan kesan ruangan yang hangat, nyaman, dan luas. Kamu juga dapat menyesuaikan warna gorden dengan warna cat yang kamu pilih agar lebih serasi.

 

#3 Hindari Sofa yang Terlalu Besar

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 05 - Finansialku

Sofa Tidak Terlalu Besar

 

Keberadaan sofa dalam sebuah ruang tamu rasanya sudah menjadi sesuatu yang wajib. Tapi jangan sembarangan pilih sofa, apalagi jika kamu memiliki ruang tamu yang kecil.

Kamu bisa memilih sofa yang ukurannya sedang dengan dua atau tiga dudukan saja. Selain tidak menghabiskan tempat, sofa berukuran sedang mampu memberikan kesan minimalis yang nyaman dipandang mata.

Untuk kesan yang lebih hangat, kamu bisa memadukan sofa dengan coffee table kecil yang terbuat dari kaca atau kayu. So, hindari sofa yang berukuran besar ya!

 

#4 Pilihlah Jendela Berukuran Besar untuk Memaksimalkan Cahaya Alami

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 06 - Finansialku

Penggunaan Jendela

 

Jendela pada ruang tamu memiliki fungsi besar untuk menciptakan efek ruang yang terlihat luas. Hal ini bisa terjadi karena adanya pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruang.

Selain menciptakan ilusi ruang, jendela juga sangat bermanfaat untuk mengurangi penggunaan listrik dalam ruang.

Karena ketika ruang tamu sudah terang karena cahaya luar, maka cahaya lampu yang terlalu terang tidak lagi terlalu dibutuhkan. Kamu juga dapat mempercantik ruang tamu kamu dengan jendela yang memiliki desain unik.

 

#5 Tambahkan Tanaman Indoor Agar Lebih Asri

Selain menyegarkan, tanaman indoor juga berfungsi sebagai penghias untuk mempercantik ruang tamu kamu yang minimalis.

Jadi jangan ragu untuk meletakkan tanaman hidup di dalam ruangan seperti ruang tamu.

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 07 - Finansialku

[Baca Juga: Sejumlah Ide Dekorasi Tangga yang Bikin Rumah Lebih Manis]

 

Namun sebelumnya, tetap perhatikan ukuran dan jenis tanaman yang cocok disimpan di dalam rumah ya.

Kamu bisa memilih tanaman hias yang sesuai dengan luas dan konsep ruang tamu yang kamu ciptakan.

 

#6 Perhatikan Detail dan Tata Letak Furnitur

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 08 - Finansialku

Tata Letak Furnitur

 

Setiap detail harus diperhatikan ketika berbicara mengenai penataan rumah. Salah-salah penataan, ruang tamu malah akan terlihat semakin kecil dan sumpek.

Untuk detail dan tata letak furnitur, kamu bisa mengikuti tips penggunaan jarak. Di sini, kamu dilarang untuk menempelkan furnitur ke area dinding.

Kamu disarankan untuk meletakkan furnitur setidaknya 1 centimeter dari dinding supaya ruangan tidak terlihat terlalu padat.

 

#7 Investasi Jangka Panjang dengan Furnitur Built-In

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 09 - Finansialku

Furnitur Built-In

 

Jika kamu ingin memiliki banyak rak display tapi hanya punya ruang tamu kecil, kamu dapat memanfaatkan furnitur built-in. Furnitur built-in yang customized dapat disesuaikan dengan bentuk ruangan sesuai kebutuhan.

 Walaupun harganya relatif mahal, furnitur built-in dapat menjadi investasi jangka panjang karena didesain sebagai furnitur multifungsi yang kokoh. Jadi, gak ada salahnya menggunakan trik yang satu ini!

 

#8 Wallpaper untuk Kesan Berbeda

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 010 - Finansialku

Penggunaan Wallpaper

 

Selain cat dinding, kamu juga dapat menghiasi dindingmu dengan wallpaper nih! Kalau bosan dengan cat dinding yang cenderung biasa maka kamu harus mencoba trik menggunakan wallpaper.

Wallpaper juga dapat membuat ruang tamu kamu terlihat lebih luas tergantung dengan motif wallpaper yang kamu gunakan. Hindari wallpaper dengan motif-motif besar atau berwarna gelap.

Sebaliknya, kamu dapat memilih wallpaper dengan motif-motif sederhana yang berwarna lembut. Sesuaikan wallpaper dindingmu dengan furnitur ruangan. Selain itu, jangan lupa rawat wallpaper secara berkala agar tetap rapi dan nyaman.

 

#9 Percantik Ruangan dengan Lukisan atau Karya Seni Kontemporer

Jika kamu memiliki ruang tamu dengan atap plafon atau langit-langit ruang yang tinggi, maka opsi lukisan atau karya seni kontemporer dapat menjadi pilihan dekorasi yang tepat.

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 011 - Finansialku

[Baca Juga: Biar Produktif, Tiru Deh Ide Desain Interior Kantor di Dalam Rumah Ini!]

 

Ruang tamu kecil dengan plafon tinggi bisa kamu manfaatkan sebagai area karya seni atau kolase bingkai foto.

Dengan pencahayaan lampu dan penataan yang pas, lukisan yang kamu pajang akan terlihat lebih mewah dan tamu yang datang pun akan mengaguminya.

 

#10 Simpan Koleksimu Pada Buffet Ramping yang Tinggi

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 012 - Finansialku

Penggunaan Buffet

 

Jika masih ragu dengan furnitur built-in, kamu bisa memilih buffet ramping yang tinggi sebagai alternatif.

Lemari ramping ini sangat disarankan karena tidak mengambil banyak ruang sehingga ruang tamu kamu tidak terlihat sesak. Selain itu, karena posturnya yang ramping maka lemari ini mudah untuk dipindahkan ke berbagai sudut ruangan jika memang suatu saat dibutuhkan.

Hal ini sangat membantu untuk melakukan dekorasi pada ruang tamu yang kecil. Kamu juga dapat menyimpan barang-barang atau koleksi kesayanganmu dengan tataan yang rapi.

 

#11 Letakkan Karpet Tanpa Corak

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 013 - Finansialku

Karpet Tanpa Corak

 

Trik sederhana untuk memberi ilusi ruangan yang luas selain dengan memasang kaca adalah dengan meletakkan karpet di ruangan. Karpet dapat memberikan kesan lapang dan hangat secara bersamaan untuk ruang tamu kamu.

Pilihlah karpet tanpa corak atau karpet polos dengan ukuran sedang. 

Jangan gunakan karpet dengan motif rumit atau ramai dan jangan juga melapisi seluruh ruang tamu dengan karpet. Kedua hal tersebut dapat mengurangi estetika interior ruang.

 

#12 Gunakan Perabot Multifungsi

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 014 - Finansialku

Perabot Multifungsi

 

Punya banyak barang dan bingung mau meletakkan di mana?  Kamu bisa menggunakan perabot multifungsi di ruang tamu sebagai solusi praktis penyimpanan koleksimu.

Selain barang akan lebih tertata rapi, perabot multifungsi seperti rak juga dapat memberikan ilusi luas pada ruang tamu kamu. Pastikan saja desainnya sederhana agar tidak terlihat sesak.

Tak hanya itu, rak penyimpanan juga bisa kamu jadikan sebagai penyekat ruangan. Jadi, gak perlu repot-repot lagi menambah sekat di ruang tamu yang minimalis. Simple, kan?

 

#13 Berikan Satu Ornamen yang Terkesan Mewah

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 015 - Finansialku

Ornamen Mewah

 

Hunian minimalis juga bisa terlihat mewah. Caranya mudah saja, kamu cukup meletakkan satu ornamen yang terkesan mewah. Ornamen dengan kesan mewah ini tak harus mahal, lho.

Misalnya, kamu bisa memilih cermin dengan frame berwarna keemasan yang bentuknya artistik. Kamu juga bisa menambahkan warna keemasan dengan mewarnai kaki meja di ruang tamu supaya matching!

Untuk furnitur lainnya, biarkan saja tetap sederhana. Sedikit sentuhan kemewahan pada beberapa aksesoris di ruang tamu sudah sangat cukup dalam menciptakan nuansa ruang tamu yang indah dan mewah.

 

#14 Boleh Bermain Warna dengan Catatan Warna Netral Mendominasi

Rumah Sempit Baca Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu yang Cocok! 016 - Finansialku

Warna Netral

 

Salah satu trik dalam menyiasati ruang tamu kecil adalah dengan menggunakan cat dinding berwarna netral seperti putih, abu muda, atau pun krem.

Warna-warna netral dan cerah seperti ini dapat memberikan kesan lapang, bersih, dan nyaman. Walaupun demikian, tidak berarti kamu tidak boleh bereksperimen dengan warna ya.

Untuk kamu yang suka dengan warna-warni, kamu bisa kok mengaplikasikannya di ruang tamu kamu yang minimalis. Kamu bisa menggunakan pola-pola grafik dengan warna-warna terang yang berani.

Hal inilah yang akan membuat ruang tamu kamu menarik dan tak terkesan membosankan. Tapi kamu tetap harus memperhatikan beberapa detail sebelum bermain dengan warna.

Pastikan bahwa warna netral tetap mendominasi dalam ruangan lalu selaraskan gaya ruangan secara menyeluruh. Hal ini menjadi penting supaya kesan ruang tamu yang kamu buat tetap nyaman dan tidak terlihat sumpek.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Kini, Rumah Sempit Bisa Terlihat Luas dengan Desain yang Tepat!

Jangan salah, desain interior yang tepat dapat memberikan ilusi ruang yang lebih luas lho. Mulai dari pemilihan ornamen, warna, hingga pencahayaan dan tata letak perabot.

Kamu harus memperhatikan hal tersebut agar ruang tamu kamu yang minimalis dapat terlihat lapang dan sangat nyaman.  Jadi, gak harus punya ruangan super luas untuk mendapatkan kesan menyenangkan.

Pastikan kamu melakukan hal-hal di atas dan jangan sampai ruang tamu kamu malah semakin terlihat sempit dan sumpek, ya. Selamat mencoba!

Mau punya rumah dengan dekorasi ruang tamu seperti ini? Yuk rencanakan rumah masa depanmu bersama Finansialku!

Kami punya aplikasi yang bisa bantu kamu untuk merencanakan keuangan untuk dana membeli rumah atau pun dekorasi rumah. Download di sini aplikasinya!

playstore icon
appstore icon

 

Ketahui lebih banyak mengenai rumah pada video informatif berikut!

 

Sekian ulasan mengenai rekomendasi dekorasi ruang tamu minimalis.

Semoga tips-tips di atas dapat menjadi referensi kamu dalam menciptakan ruang tamu yang nyaman.

Bagikan artikel ini untuk rekanmu yang sekiranya membutuhkan ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Kania Dekoruma. 28 Oktober 2017. 11 Trik Apik untuk Kamu yang Punya Ruang Tamu Kecil. Dekoruma.com – https://bit.ly/3i8X5Su
  • Ayu Nindyakirana. Ide dekorasi ruang tamu minimalis untuk rumah kecil. Ikea.co.id – https://bit.ly/2R8A32f

 

Sumber Gambar:

  • Dekorasi Ruang Tamu 01 – https://bit.ly/3ircNbQ
  • Dekorasi Ruang Tamu 02 – https://bit.ly/2ZxHMvz
  • Dekorasi Ruang Tamu 03 – https://bit.ly/32n4ybg
  • Dekorasi Ruang Tamu 04 – https://bit.ly/339hH6Q
  • Dekorasi Ruang Tamu 05 – https://bit.ly/339hH6Q
  • Dekorasi Ruang Tamu 06 – https://bit.ly/3mfAfLq
  • Dekorasi Ruang Tamu 07 – https://bit.ly/33ehWgW
  • Dekorasi Ruang Tamu 08 – https://bit.ly/3irDTj8
  • Dekorasi Ruang Tamu 09 – https://bit.ly/35wBAHZ
  • Dekorasi Ruang Tamu 10 – https://bit.ly/3kdYuba
  • Dekorasi Ruang Tamu 11 – https://bit.ly/2R9Jcry
  • Dekorasi Ruang Tamu 12 – https://bit.ly/3ipSwU9
  • Dekorasi Ruang Tamu 13 – https://bit.ly/2ZwAxE1
  • Dekorasi Ruang Tamu 14 – https://bit.ly/2DMfJAO
  • Dekorasi Ruang Tamu 15 – https://bit.ly/2Rk9PtA
  • Dekorasi Ruang Tamu 16 – https://bit.ly/3kdmdYZ