Dengarkan kata-kata bijak Bob Sadino. Siapa bilang orang yang tadinya ‘rendah’ tidak bisa menjadi sukses? Ikuti jejak Bob Sadino, sang pebisnis sukses yang berawal dari modal dengkul.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Memulai dari Modal Dengkul

Bob Sadino adalah seorang pebisnis sukses yang sangat terkenal di Indonesia. Di balik kesuksesannya tersebut terdapat jerih payah yang terus dipupuk selama waktu yang lama.

Bob Sadino bukanlah seseorang yang berasal dari keluarga kaya raya. Beliau justru memulai bisnisnya dari modal dengkul.

Tetapi dengan semangat dan kemauan yang keras, dia akhirnya mampu menjadi salah satu pebisnis tersukses di Indonesia. Semasa hidupnya dia menginspirasi banyak orang yang ingin terjun atau sudah terjun di dunia bisnis.

 

 

Bob Sadino memiliki gaya yang cukup ‘nyentrik’, baik dalam penampilan maupun perkataan-perkataannya.

Tetapi ketahuilah bahwa kata-kata bijak Bob Sadino dapat membantu menginspirasi Anda untuk terus maju dalam bidang bisnis.

Baik bagi Anda yang belum terjun atau akan terjun dalam bisnis. Mari simak kata-kata bijak dari Bob Sadino berikut ini:

 

#1 Diri Sendiri Terlebih Dahulu

“Saya sudah menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.”

 

Sebelum Anda berani mencela seseorang karena performanya yang terlihat buruk, pastikan bahwa performa Anda sudah lebih baik daripada orang tersebut.

Jangan sampai sebagai seorang pemilik bisnis Anda tidak memberikan contoh yang baik kepada karyawan, tetapi mengharapkan mereka dapat secara tiba-tiba memberikan performa yang baik dan menghina mereka saat mereka tidak memiliki arahan yang benar.

Ingat, ekor akan selalu mengikuti kepalanya. Sebelum meminta ekor melakukan yang benar, pastikan Anda menjalankan tugas sebagai kepala yang baik.

Dengarkan Kata-Kata Bijak Bob Sadino 02 - Finansialku

[Baca Juga: 27 Kata-kata Bijak Bill Gates yang akan Menginspirasi Anda]

 

#2 Mengosongkan Gelas Terlebih Dahulu

“Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.”

 

Mengosongkan gelas yang dimaksud oleh Bob Sadino bukanlah gelas minuman Anda, melainkan ‘pengetahuan’ Anda. Setiap orang bisa saja memiliki pemikiran yang berbeda dengan Anda.

Terkadang pemikiran lain tersebut dapat menambah pengetahuan Anda, atau justru memberitahu Anda seperti apa pemikiran yang salah sehingga tidak Anda gunakan.

Karena itu setiap bertemu dengan seseorang yang baru sebaiknya terbukalah dengan apa yang mereka pikirkan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk diri sendiri.

 

#3 Bersemangat Ketika Rugi, Bersyukur Ketika Untung

“Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.”

 

Rasa syukur merupakan salah satu kunci untuk terus berkembang dalam pekerjaan atau bisnis apapun. Jangan lupa untuk mencari cara agar dapat terus bersyukur dalam segala hal baik atau buruk yang Anda dapatkan.

Dengan rasa syukur, kejadian buruk sekalipun akan membuat Anda justru semakin bersemangat agar menjadi lebih baik, bukannya bersungut-sungut.

 

#4 Karyawan dan Bos

“Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil kecilnya apa pun usaha Anda, Anda adalah BOSnya.”

 

Membangun sebuah bisnis menuntut Anda untuk menjadi seorang yang berani mengambil risiko tinggi. Sekecil apapun bisnis tersebut akan tetap terlihat lebih ‘menakutkan’ daripada menjadi seorang karyawan yang berada pada zona nyaman. Jangan pernah meremehkan bisnis yang terlihat kecil karena pemiliknya tetap adalah seorang bos, bukan seorang karyawan.

Dengarkan Kata-Kata Bijak Bob Sadino 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang menginsipirasi Anak Muda]

 

#5 Berhenti Berharap

“Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap.”

 

Harapan seharusnya membuat Anda menjadi lebih termotivasi dan berpemikiran positif. Hanya saja terkadang manusia lupa bahwa harapan tidak selalu menjadi kenyataan.

Jika terlalu berharap, bisa jadi Anda tidak siap ketika suatu waktu harapan tersebut tidak tercapai. Bukan berarti Anda tidak boleh berharap untuk mendapatkan sesuatu, tetapi jangan sampai harapan menjadi bumerang yang menjatuhkan Anda pada tahap yang tidak semestinya.

 

#6 Membuka Usaha Sendiri

“Orang Goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar.”

 

Siapapun bisa berbisnis, orang yang tidak berpendidikan tinggi sekalipun bisa menjadi seorang pebisnis. Karena itu berhentilah meremehkan seseorang, Anda tidak tahu potensi terbaik apa yang sebenarnya ada dalam setiap orang.

Bisa jadi orang yang merasa sombong karena memiliki pendidikan tinggi justru suatu saat hanya akan bekerja di perusahaan seseorang yang ia anggap bodoh.

Dengarkan Kata-Kata Bijak Bob Sadino 04 - Finansialku

[Baca Juga: 50 Kata Bijak dan Kata Motivasi Keuangan dari Robert T. Kiyosaki]

 

#7 Tidak Banyak Bicara

“Yang beneran punya, nggak akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga SOK PUNYA”

 

Banyak orang yang ingin tampil kaya raya, padahal sebenarnya tidak memiliki banyak harta. Sebaiknya berpenampilanlah sesuai dengan kemampuan Anda.

Tidak ada gunanya berpura-pura kaya, pada akhirnya orang-orang akan mengetahui bagaimana kemampuan seseorang yang sebenarnya.

 

#8 Kian Banyak Mendapat Ilmu

“Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya”

 

Orang yang merasa dirinya bodoh justru akan terbuka untuk belajar, karena itu akan banyak ilmu yang bisa dia dapatkan.

Tetapi orang yang sudah merasa pintar tidak mau mempelajari sesuatu yang baru sehingga pengetahuannya hanya akan terbatas pada apa yang telah ia ketahui.

 

#9 Modal dalam Bisnis

“Bisnis itu hanya modal dengkul, bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain.”

 

Bisnis tidak harus selalu dimulai dengan modal yang besar. Modal yang kecil sekalipun bisa dikaryakan untuk menghasilkan keuntungan yang besar selama Anda mau bekerja keras dan tidak menyerah.

Bahkan jika tidak memiliki modal sekalipun Anda dapat meminjam modal dari sumber-sumber lain, asalkan Anda cukup bertanggungjawab untuk mengembalikannya kelak.

Dengarkan Kata-Kata Bijak Bob Sadino 05 - Finansialku

[Baca Juga: Warren Buffet: Sulit Untuk Sukses Berinvestasi, Jika Anda tidak Berpikir Independen]

 

#10 Kebanyakan Mikir Tidak Pernah Melangkah

”Orang goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.”

 

Terlalu banyak orang yang selalu memikirkan rencana dan rencana tetapi tidak pernah melangkah. Akhirnya orang yang hanya merencanakan tidak akan pernah maju dan benar-benar merealisasikan rencananya.

 

#11 Melangkah

“Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH”

 

Berhenti menjadi seseorang yang hanya terus berangan-angan dan membuat rencana. Segera melangkah hari ini juga!

Langkah terkecil untuk menjalankan ide terburuk sekalipun adalah sebuah kemajuan jika dibandingkan dengan hanya membayang-bayangkan rencana brilliant yang tidak pernah terjalankan.

 

#12 Pengalaman dan Pengetahuan

“Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.”

 

Ketika Anda memiliki sebuah keahlian yang layak dibagikan kepada orang lain, bagikanlah ilmu tersebut kepada orang lain. Sangat disayangkan jika nantinya ilmu yang bermanfaat tersebut hanya mati dan terkubur dengan tubuh Anda sehingga tidak akan ada gunanya lagi.

Dengarkan Kata-Kata Bijak Bob Sadino 06 - Finansialku

[Baca Juga: Investasikan Penghasilan Bulanan Anda untuk Mendapatkan Pertumbuhan Exponential]

 

#13 Kerja atau Dikerjain?

“Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa. Kerja Apa Dikerjain?”

 

Banyak orang yang menjalani kesehariannya seperti sebuah mesin yang terus bekerja dan bekerja tetapi lupa bahwa dirinya adalah seorang manusia yang punya rasa dan jiwa.

Apakah Anda mau terus menjadi sebuah mesin yang tidak memiliki jiwa dan perasaan? Bukankah ini saatnya untuk membuat sebuah perubahan?

 

Menghargai Setiap Hal Kecil

Bob Sadino mengajarkan banyak hal bermanfaat bagi kita yang ia dapatkan dari pengalaman hidupnya.

Pengalaman bisnis yang dimulai dari modal dengkul hingga dapat menjadi sebuah bisnis besar dan sukses dapat menginspirasi Anda untuk berani berbisnis dan terus maju.

Bob Sadino juga mengajarkan kita untuk selalu menghargai setiap hal kecil yang ada di sekitar kita. Jangan pernah meremehkan seseorang atau suatu hal yang terlihat kecil.

Suatu saat nanti sesuatu yang kecil dapat berkembang menjadi sebuah kesuksesan besar karena didukung oleh usaha dan kemauan yang keras. 

 

Apakah Anda memiliki pengalaman hidup seperti Bob Sadino? Pengalaman apa yang Anda peroleh? Berikan pendapat dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Bob Sadino di Rumah – https://goo.gl/aXLXIk
  • Bob Sadino – https://goo.gl/01u0ko dan https://goo.gl/fnrTf6
  • Seminar Bob Sadino – https://goo.gl/GYi5Cx
  • Om Bob – https://goo.gl/XqUewG
  • Bob Sadino dan Mobil – https://goo.gl/0tdyH8

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang