Suara dentuman misterius yang terdengar di Jakarta dan sekitarnya, kalau bukan berasal dari Gunung Anak Krakatau, lalu dari mana?

Selengkapnya, dapat dibaca di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Dentuman Misterius: Ada yang Berdentum di Jakarta Tapi Bukan Dari Gunung Anak Krakatau

Sabtu (11/04) dini hari tadi, bersamaan dengan letusan Gunung Anak Krakatau, warga Jakarta dan Sekitarnya digemparkan dengan suara dentuman misterius yang cukup keras.

Suara dentuman ini terdengar jelas oleh warga Jakarta dan sekitarnya seperti Bogor, Depok, dan Bekasi, sebagaimana diutarakan oleh mereka melalui akun pribadi mereka di sosial media Twitter.

 

“Ini ada apa ya kok berdentum kek gempa sampai pintu bergetar,, (menyematkan sebuah video pintu rumah yang bergetar akibat suara dentuman misterius.)” – @dafi_th

“Cinere depok min, kenceng bgt. (menyematkan sebuah video di sekitar rumah dengan suara dentuman yang terdengar cukup keras.)” -@dhikabebe

“Kalo Jakarta-Bogor denger dentuman2 (yang konon karena erupsi anak Krakatau) tadi, tapi orang2 di Cilegon gak denger sih mayan aneh.” @shitlicious

“Ini aku di kaki gunung salak, mas. Dari jam 12an tadi emang udh kedengeran suara dentuman. Ada yg nyala kek kilat jg, tapi dari tanah munculnya.” -@indahwelwel92

Eh aku juga di Cinere, kedengaran ya berkali2.. takut mau keluar.” @hoooooomina

 

Detuman Misterius Terdengar di Jakarta, Bukan Dari Erupsi Krakatau 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kemenag: Panduan Ibadah Ramadhan 2020 Saat Pandemi Covid-19]

 

Warga yang merasakan langsung dentuman itu, kompak menduga kalau dentuman ini merupakan rangkaian dari dampak letusan Gunung Anak Krakatau Jumat (10/04) malam tadi.

Tapi dugaan tersebut sudah diklarifikasi langsung oleh pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Badan Geologi Kementerian ESDM, kalau dentuman itu bukan berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau.

“Saya sudah cek ke Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam.” Kata Hendra Gunawan selaku kepala bidang Gunungapi PVMBG, dikutip dari laman news.detik.com, (11/04).

 

Dia mengatakan kalau erupsi Gunung Anak Krakatau itu hanya mengeluarkan semburan ketinggian berkisar 500 meter, dan tidak menimbulkan suara dentuman yang bisa terdengar hingga jarak ratusan kilometer.

“Biasanya dalam jarak dua kilometer, kedengaran hanya suara desis saja.” Katanya, sebagaimana dikutip laman regional.inews.id, Sabtu (11/04).

 

Senada dengan bantahan Hendra, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB juga mengaku tidak mendengar dan tidak mengetahui dari mana suara dentuman itu berasal.

“Itu saya yang belum dapat laporan. PVMBG tidak melaporkan hal itu juga. Saya masih belum tahu dari mana asal suara tersebut. Belum ada info mengarah ke sana (Dentuman yang disebabkan oleh letusan Gunung Anak Krakatau, red.). Saya harap masyarakat di sekitar untuk tidak panik.” Katanya.

 

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait mengenai jawaban soal asal muasal suara dentuman misterius yang menggemparkan warga Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini justru membuat keadaan semakin kalut, mengingat tidak sedikit warganet yang malah mengaitkan hal ini dengan hal ghaib, dari mulai munculnya dajjal hingga tanda akhir zaman.

 

“Ya Allah, semoga Engkau hanya sedang ingin memperlihatkan Kuasamu lewat tanda2 Kiamat yang Engkau munculkan di 2020 ini, seperti dentuman anak Krakatau, G.Merapi. Sesungguhnya kami adalah milikmu & jika Engkau berkehendak maka kembalilah kami kepadamu.” @ShofiyaNahliya.

“Saat ini, dunia seakan berputar 2x lebih cepat dari biasanya. Yang dulu menjauhi berdatangan mendekati, melontarkan beragam basabasi dengan berpura-pura mengerti. Mengaku manusiawi tetap nurani seakan sudah mati. #dentuman mungkin tanda kiamat atau ada sosok bernama #dajjal.” @Meryna__

everyone are scared to talking about kiamat and dajjal. Just tobat sia teh! Lain ngararetweet “Stop making a joke about” or “membaik bumiku”. Just prepare for ourselves, not only being wise. Hese si netijen the! Geram aing~ #dentuman.” @oktayogaa

 

Terlepas dari fenomena alam yang melatarbelakangi munculnya dentuman misterius ini, alangkah baiknya untuk tetap menjaga diri dan berhenti untuk menjadi salah satu agen yang memperkeruh keadaan dengan segala cocoklogi yang sarat misinterpretasi.

Momen ini, bukanlah momen yang tepat untuk saling tunjuk, merasa diri sendiri yang paling tunduk pada kuasa Tuhan. Tapi saling menenangkan, menguatkan satu sama lain, kalau Tuhan akan berikan jalan keluar yang indah untuk seluruh umat manusia.

 

Ya benar sekali! Apapun yang terjadi, perlu berjaga-jaga. Salah satu hal yang perlu kita siapkan dalam menghadapi kondisi yang tak menentu ini, sobat Finansialku bisa mengumpulkan dan menyiapkan dana darurat. Coba cek video berikut ini:

 

Apa pendapat Sobat Finansialku mengenai fenomena dentuman misterius ini? Apakah Sobat Finansialku punya jawaban atas kebingungan warganet? Jangan ragu untuk sampaikan pada kami, melalui kolom komentar di bawah, ya!

Jangan lupa juga, untuk membagikan informasi ini pada rekan dan keluarga melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Semoga Sobat Finansialku senantiasa berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

 

Sumber Referensi:

  • Pengguna Twitter. 11 April 2020. Kolom Pencarian dengan Kata Kunci Dentuman. Twitter.com – https://bit.ly/2Vi2fBC
  • Dandy Bayu Bramasta. 11 April 2020. Gunung Anak Krakatau Meletus Jumat Malam, Warganet Kisahkan Suara Dentuman Aneh. Kompas.com – https://bit.ly/3eeQtR6
  • Danu Damarjati. 11 April 2020. Dentuman Terdengar di Jakarta-Bogor, Erupsi Krakatau Tak Berbunyi. News.detik.com – https://bit.ly/3c1zlwe
  • Admin. 11 April 2020. Heboh Suara Dentuman Misterius, PVMBG: Bukan dari Letusan Gunung Anak Krakatau. Regional.inews.id – https://bit.ly/2RuDdhh
  • Nefan Kristiono. 11 April 2020. Dentuman Misterius di Jakarta Bingungkan PVMBG dan BMKG. Minews.id – https://bit.ly/2wAP7za

 

Sumber Gambar:

  • Dentuman Misterius Jakarta – https://bit.ly/2Rop7hB
  • Dentuman Misterius – https://bit.ly/2UYVq8N