Hari ini ada turnamen catur antara Dewa Kipas vs Irene Sukandar. Berapa hadiah catur terbesar yang pernah ada?

Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Turnamen Catur Antara Dewa Kipas Alias Dadang Subur vs Irene Sukandar

Beberapa waktu ke belakang, nama Dewa Kipas alias Dadang Subur jadi sorotan dunia karena keberhasilannya dalam melawan pecatur asing bergelar International Master (IM), Levy Rozman atau lebih dikenal GothamChess dalam sebuah aplikasi chess.com.

Sayangnya, bukan kemenangannya yang menjadi sorotan, melainkan para penggemar dari pecatur asing ini yang menuding Dewa Kipas berlaku curang dalam permainan.

Insiden ini kemudian membuat mayoritas warganet berang karena menganggap para penggemar Levy Rozman meremehkan dan menganggap sebelah mata kemampuan pecatur Indonesia.

Warganet bahkan beramai-ramai menyerang akun youtube dan media sosial Levy yang lain sampai-sampai sang pemilik akun harus menutup akses warganet Indonesia untuk mengunjungi akunnya.

Insiden ini juga turut membuat akun Dewa Kipas atau Dadang Subur ditutup secara paksa.

Menanggapi hal ini, Dadang Subur mengatakan kalau setiap pecatur yang menjadi lawannya secara daring tidak semuanya hebat.

“Kalau main catur itu naik turun fokusnya, kalau lagi enggak konsentrasi bisa saja kalah. Saya kebetulan saja bisa menang dari dia, karena lagi enggak mood dan saya lagi bagus.” Katanya, dikutip laman cnnindonesia.com, Sabtu (20/03).

Melihat ini, Deddy Corbuzier akhirnya mengundang Dadang Subur dan memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan duduk perkara dari sudut pandangnya.

Hari Ini Dadang Subur vs Irene Sukandar, Jadi Hadiah Catur Terbesar_ 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Deddy Corbuzier Pesulap & Miliarder Sukses]

 

Selanjutnya, hal ini memantik seorang Grandmaster Catur Wanita, Irene Sukandar yang mengirimkan surat terbuka buat Deddy Corbuzier.

Dalam suratnya itu, Irene meminta Deddy Corbuzier untuk memberikan kesempatan juga kepadanya buat datang ke acara video podcast pribadi Deddy Corbuzier.

Dari sini kemudian diputuskan oleh Deddy Corbuzier untuk menggelar sebuah turnamen persahabatan catur yang bertujuan untuk membuktikan kehebatan Dewa Kipas alias Dadang Subur.

Turnamen yang digelar hari itu akan mempertemukan Dewa Kipas alias Dadang Subur dengan

“Siapa menang siapa kalah, apapun itu buat nama catur Indonesia.” Cuit Deddy Corbuzier di salah satu akun media sosialnya, dikutip laman liputan6.com, Senin (22/03).

Adapun, jadwal turnamen ini telah digelar pada 15.00 WIB di kanal Youtube Deddy Corbuzier.

Dilaporkan bahwa kemenangan direbut oleh Irene Kharisma karena Dadang Kusuma memutuskan untuk menyerah di ronde ketiga.

 

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

Jadi Hadiah Catur Terbesar?

Adapun, total hadiah dari turnamen catur ini adalah Rp 300 juta, yang mana pemenang akan mendapatkan hadiah Rp 200 juta, sementara yang kalah akan diberikan hadiah Rp 100 juta.

Awalnya, hadiah turnamen yang berlangsung hari ini hanya Rp 150 juta, yang kemudian ditambah lagi Rp 150 juta oleh Indra Kesuma, sosok milenial kaya asal Medan.

Dengan ikut berpartisipasi dalam turnamen ini, Indra Kesuma berharap kalau animo masyarakat akan tetap besar untuk menyambut olahraga otak satu ini.

Buat kebanyakan masyarakat yang awam di olahraga otak satu ini, jumlah itu tentu dirasa sangat besar.

Tapi, apakah kebenarannya juga begitu? Apakah jumlah hadiah yang disediakan adalah hadiah catur terbesar yang pernah diberikan?

Ternyata jawabannya tidak.

Karena pada Pekan Olahraga Nasional (PON), satu medali emas setara dengan Rp 300 juta, artinya jika satu atlet memenangkan lebih dari satu medali emas, bukan perkara sulit untuk mendapatkan hadiah senilai miliaran.

Tapi dalam turnamen ini, tentu yang menjadi sorotan adalah bukan seberapa besar hadiah yang diberikan, tapi untuk membuktikan kalau Indonesia juga sebenarnya punya sumber daya manusia yang mumpuni untuk bisa mengalahkan atlet olahraga luar negeri.

Selain itu, turnamen ini juga memberikan kesempatan buat Dadang Subur untuk membuktikan kemampuannya dalam bermain catur, meski berakhir dengan kekalahan saat melawan Irene Sukandar.

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai hal ini? Mari kita diskusikan di kolom komnetar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan hal ini bersama dengan teman-teman atau saudara dengan membagikan artikel dari Finansialku melalui pilihan platform yang tersedia di bawh ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Pribadi Wicaksono. 23 Juni 2019. Banjir Hadiah di Turnamen Catur Lokal, Kisah Susanto Megaranto cs. Sport.tempo.co – http://bit.ly/2ON1mll
  • Tempo.co. 22 Maret 2021. Irene Sukandar Jawab Dewa Kipas Sola Judi dan Catur Tak Ada Uangnya. Sport.tempo.co – http://bit.ly/3lDpJ0x
  • Defri Saefullah. 22 Maret 2021. Jadwal Duel Dewa Kipas vs Grand Master Wanita Irene Sukandar: Berhadiah Total Rp 300 Juta. Liputan6.com – http://bit.ly/3c8I9TN
  • Redaksi. 20 Maret 2021. Dadang Si Dewa Kipas, Berpengalaman Lawan Grandmaster Catur. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3cYZwpi
  • Eris Eka Jaya. 22 Maret 2021. Total Hadiah pada Laga Catur GM Irene VS Dewa Kipas Dadang Subur. Kompas.com – http://bit.ly/3s9UvRp
  • Rivan Nasri Rachman. 22 Maret 2021. GM Irene Kharisma Unggul 2-0 atas Dewa Kipas di Duet Catur. Sports.okezone.com – http://bit.ly/396nqhH

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2PdND6X
  • 02 – https://bit.ly/2OTjF8c