Beberapa waktu lalu GoTo akhirnya melantai di Bursa Saham Indonesia. Ini tempat beli sahamnya yang dijamin aman dan resmi!

Ketahui informasi selengkapnya di artikel berikut ini!

 

GoTo IPO, Harga di Kisaran Rp 316 – 346 per Unit, Beli di Mana?

Perusahaan hasil merger antara e-commerce Tokopedia dan layanan online, Gojek, PT GoTo Gojek Indonesia Tbk melantai di bursa saham, dengan kode emiten $GOTO.

Dengan penawaran harga Rp 316 sampai Rp 346 per lembarnya, perusahaan hasil merger ini memproyeksi dana yang akan didapatkan mencapai Rp 17,99 triliun dari 52 miliar lembar saham baru seri A yang dilepas.

Adapun, proses bookbuilding sendiri akan berlangsung pada 15-21 Maret 2022, kemudian beberapa minggu setelahnya akan direalisasi tanggal resmi melantai dari perusahaan ini.

Berdasarkan prospektus yang dirilis, perusahaan ini menunjukkan sikap optimisme dengan memunculkan berbagai opsi, seperti greenshoe yang digunakan untuk menjaga stabilitas harga.

Greenshoe sendiri banyak digunakan untuk menjaga stabilitas harga saham agar tidak terpuruk setelah masa listing selesai.

GoTo juga menerapkan sistem Multiple Voting Share, di mana para pendiri usaha yang memiliki saham jenis multiple diperbolehkan untuk memiliki hak suara yang lebih banyak dibandingkan jenis saham lainnya.

Sistem ini dijalankan sesuai dengan aturan yang disahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Peraturan OJK nomor 22/POJK.04/2021.

 

Bukan cuma itu, usaha GoTo untuk mempertahankan eksistensinya setelah melakukan IPO (Initial Public Offering) juga dilakukan dengan menunjuk secara khusus dua penjamin emisi, salah satunya adalah PT Indo Premier Sekuritas.

PT Indo Premier Sekuritas secara resmi ditunjuk untuk menjadi salah satu official lead underwriter (Penjamin Emisi Efek) yang membantu GoTo selama proses IPO.

Melansir laman ksei.co.id, penjamin emisi efek adalah pihak yang membuat kontrak dengan emiten untuk melakukan Penawaran Umum bagi kepentingan emiten dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.

Sementara itu, tugas underwriter adalah menjamin penjualan efek dan pembayaran keseluruhan nilai efek yang diemisikan kepada emiten.

Selain GoTo, Indo Premier Sekuritas juga sudah memiliki banyak pengalaman dan prestasi sebagai underwriter.

Tahun 2021 saja, Indo Premier Sekuritas berhasil membantu mencatatkan 28 saham di BEI dengan total dana yang terkumpul mencapai Rp 18 triliun.

Dengan seluruh prestasi yang didapatkan ini, tidak heran kalau Indo Premier Sekuritas banyak mendapatkan penghargaan internasional sebagai underwriter terbaik untuk saham dan obligasi.

 

Cara #BeliIPOdiUnderwriter IPOT

Sebagai underwriter atau pihak Penjamin Emisi Efek, IPOT (Indo Premier Sekuritas) tentu menjadi salah satu pilihan paling tepat untuk membeli saham $GOTO, karena dijamin aman dan terpercaya.

#BeliIPOdiUnderwriter IPOT juga memberikan beberapa keuntungan dan kemudahan, seperti:

  • Satu-satunya dan pertama di Indonesia yang memiliki ekosistem investasi yang terintegrasi langsung dengan website e-IPO.
  • Tidak perlu melewati birokrasi panjang, bisa langsung order, seperti layaknya beli saham biasa
  • Bisa dan bebas edit order kapan saja
  • Memungkinkan Sobat Finansialku untuk auto adjust harga atau strike price (Persetujuan penyesuaian harga dan kuantitas pesanan jika harga pesanan berbeda dengan harga final. Sehingga pesanan tidak akan di-drop jika pesan di bawah harga IPO)

 

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak #BeliIPOdiUnderwriter, karena pasti aman dan tentu mudah untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana cara #BeliIPOdiUnderwriter dengan aplikasi IPOT? Ini dia!

  • Pastikan Sobat Finansialku sudah menginstal aplikasi dan melakukan registrasi.
  • Di halaman utama, buka menu E-IPO

tampilan awal ipot ez (1)

  • Pilih saham GOTO dan klik Order
  • Pastikan Sobat Finansialku terlebih dulu membaca prospektusnya, dengan menekan tombol ‘Prospektus’
  • Klik ‘Order Peminatan Awal’

Step 1 Pilih GoTo (1)

  • Masukkan harga dan jumlah lot yang akan dibeli

Step 2 Ceklis Ketentuan (1)

  • Beri centang pada Syarat dan Ketentuannya sebagai tanda setuju.
  • Sobat Finansialku bisa ceklis pada penyesuaian harga dan kuantitas pesanan (Strike Price) untuk menyetujui pemesanan saham di harga berapa pun. Jadi order Sobat Finansialku tidak akan di-drop jika pesan di bawah harga final
  • Swipe atau geser tombol berwarna putih ke kanan untuk melakukan order

Step 3 Swipe (1)

  • Setelah itu, Sobat Finansialku bisa mengklik ‘My Order’ untuk mengetahui perkembangan pesanannya.

Tampilan My Order (1)

  • Agar order berhasil, pastikan tersedia dana yang cukup di akun regular milik Sobat Finansialku, ya!
  • Jika order berhasil, maka akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini

Tampilan Order Berhasil (1)

 

Untuk informasi lebih lengkap, Sobat Finansialku bisa menghubungi IPOT lewat akun media sosial resmi Instagram atau situs resmi IPOT, ya!

 

Apakah Sobat Finansialku punya pengalaman menyenangkan saat membeli saham lewat aplikasi IPOT? Bagikan ceritanya pada kami lewat kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman investor lainnya lewat pilihan platform media sosial di samping, ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Oktober 2022. Glosarium. Ksei.co.id – https://bit.ly/37A9a2M