BPJS tidak berhenti berinovasi dalam memberikan tambahan manfaat bagi para pesertanya, misalnya dengan pemberian diskon pakai kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Keberadaan BPJS Ketenagakerjaan memang sangat membantu meningkatkan kualitas hidup para pekerja. Mari simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Belanja Menggunakan Kartu BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu bentuk perlindungan terhadap pekerja. Ada banyak benefit yang bisa didapat oleh pemegang atau peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Mulai dari tanggungan berobat, tunjangan hari tua, tunjangan kecelakaan kerja, dan lain-lain. Selain itu, benefit lainnya juga terus ditambahkan sebagai bentuk inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan kepada para pekerjanya.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah diskon pembelian barang atau jasa dengan menggunakan kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 03 Discount 2- Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Berubah Menjadi Digital!]

 

BPJS Ketenagakerjaan menganggap bahwa pembelian barang atau jasa juga merupakan salah satu fasilitas yang dapat membantu pekerja untuk hidup lebih sejahtera. Sehingga, fasilitas tambahan ini pun diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini, sudah ada lebih dari 1000 merchant yang ikut dalam program diskon ini. Ada beragam jenis merchant yang turut serta, mulai dari merchant makanan dan minuman, tempat rekreasi, hingga hotel.

Selain itu, merchantmerchant ini juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan bukan hanya terpusat di kota besar saja.

Besaran diskon pun cukup variatif dan hanya diberikan kepada peserta pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan saja. Bahkan ada beberapa merchant yang memberikan diskon sampai dengan 40 persen. Tentu saja hal ini sangat menarik.

 

Cara Mendapatkan Diskon Pakai Kartu BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan tampaknya memang berusaha untuk membuat program diskon ini semudah mungkin dinikmati oleh para peserta.

Karena itu, jika Anda ingin menikmati diskon dengan kartu BPJS Ketengakerjaan, Anda cukup melakukan langkah sederhana berikut ini:

 

#1 Datang Ke Merchant yang Berpartisipasi

Untuk bisa mendapatkan diskon pakai kartu BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus datang ke merchant yang berpartisipasi tersebut.

Apalagi jika Anda ingin mendapat diskon di merchant makanan dan minuman, pastikan Anda membelinya langsung dan tidak diwakilkan.

 

#2 Tunjukkan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Selanjutnya, jika Anda sudah tahu apa yang akan beli dan siap menyelesaikan transaksi, maka Anda perlu menunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan pada saat melakukan transaksi.

Kartu ini adalah bukti bahwa Anda adalah peserta resmi BPJS Ketenagakerjaan dan bisa mendapatkan diskon tersebut.

Cara ini bisa dengan mudah dilakukan pada merchant makanan dan minuman atau barang lainnya. Karena biasanya, merchant yang mengadakan diskon akan memasang stiker sebagai penanda.

Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengetahui bahwa merchant tersebut memberikan diskon kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan Online E-Payment System (EPS) Untuk Kemudahan Pembayaran 02 BPJS TK 2 - Finansialku

[Baca Juga: Surat Kuasa Pengurusan BPJS Ketenagakerjaan Jika Diwakilkan]

 

Akan tetapi, BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya memberikan diskon pada merchant makanan dan minuman saja. Anda juga bisa mendapatkan diskon di tempat hiburan, tempat wisata, atau diskon sewa hotel.

Tapi tentu saja akan sangat merepotkan jika Anda harus mencari tahu satu per satu hotel mana saja yang mengadakan diskon untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Karena itu, akan lebih mudah jika Anda melakukan pengecekan lebih dulu. Jika Anda ingin mengetahui merchant apa saja yang mengadakan diskon, Anda bisa mengeceknya langsung di website BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan sekarang juga telah memiliki aplikasi sendiri dengan nama BPJSTKU. Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui Play Store.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah mengetahui merchant mana saja yang memberikan diskon. Selain menghemat uang, diskon dan aplikasi ini juga membantu Anda menghemat waktu dan energi.

 

Didukung Call Center yang Mudah Diingat

Selain mengadakan fasilitas tambahan berupa diskon belanja, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan beragam fasilitas tambahan kepada para pesertanya.

Beragam fasilitas tambahan ini diberikan sebagai bentuk upaya meningkatkan pelayanannya kepada peserta. Salah satunya dengan meluncurkan contact center yang baru dengan nomor yang lebih mudah diingat.

Kring Pajak, Layanan Call Center Untuk Kemudahan Urusan Perpajakan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengajukan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi e-Klaim TK]

 

Sebelumnya, untuk menghubungi care contact center BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa melakukan panggilan ke 1500910.

Angka tersebut cukup panjang dibandingkan dengan nomor contact center baru yaitu 175. Nomor contact center ini jauh lebih pendek sehingga akan lebih mudah diingat oleh masyarakat.

Dengan adanya layanan contact center baru, diharapkan masyarakat dan juga peserta BPJS akan lebih mudah melakukan pengaduan ataupun konsultasi.

Selain itu, layanan ini juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk memberikan yang terbaik kepada peserta secara khusus dan masyarakat secara umum. Khususnya dalam kecepatan layanan dan juga penanganan keluhan pelanggan.

 

Kerja Sama dengan Apindo

Untuk mensukseskan program pemberian diskon kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentu saja tidak mungkin dilakukan sendiri saja.

BPJS Ketenagakerjaan selalu berupaya untuk mencari tahu sektor-sektor mana saja yang menjadi kebutuhan tenaga kerja di Indonesia.

Dengan begitu, akan semakin mudah bagi BPJS ketenagakerjaan untuk memberikan fasilitas tambahan yang tepat guna.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan membangun kolaborasi dengan Apindo atau Asosiasi Pengusaha Indonesia.

Bersama Apindo, BPJS Ketenagakerjaan berusaha untuk bisa mendapatkan data mengenai kebutuhan tenaga kerja yang ada pada berbagai perusahaan di tanah air.

Bersama Apindo, BPJS Ketenagakerjaan juga berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pekerja. Khususnya yang tergabung sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Misalnya dengan mengadakan program pelatihan vokasional dan pelatihan lainnya yang dirasa perlu untuk meningkatkan kualitas pekerja di Indonesia.

Berbagai pelatihan ini sampai saat ini masih ditujukan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Khususnya yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pekerja habis kontrak, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja di kampung halaman, hingga pekerja yang memiliki keterbatasan fisik atau disabilitas.

 

Kesejahteraan Pekerja dengan BPJS Ketenagakerjaan

Dengan banyaknya kualifikasi yang diperlukan oleh pekerja, maka sudah sewajarnya jika pekerja di Indonesia mendapat sedikit keringanan. Misalnya dengan mendapatkan diskon di beberapa merchant tertentu.

Dengan begitu, diharapkan tingkat kesejahteraan pekerja diharapkan akan semakin meningkat.

Nah, jika Anda adalah salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentu saja mendapatkan banyak diskon akan sangat menggiurkan.

Akan tetapi, penting juga untuk mengetahui mana yang benar-benar Anda butuhkan dan mana yang hanya keinginan saja.

 

Banyak dan beragamnya diskon belanja pakai kartu BPJS Ketenagakerjaan memang menarik. Akan tetapi, jika Anda malah gegabah membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan, hal ini malah menjadi bumerang.

Karena itu, pastikan Anda hanya memanfaatkan diskon untuk sesuatu yang memang Anda butuhkan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjaga anggaran dan kondisi finansial Anda tetap stabil.

Anda juga perlu merencanakan keuangan Anda dengan baik agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga dan dapat mencapai tujuan keuangan Anda dengan tepat.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar dapat membuat perencanaan keuangan dengan matang.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda pernah mencoba melakukan pembelian dengan diskon pakai kartu BPJS Ketenagakerjaan?

Jika pernah, Anda bisa membagikan pengalaman Anda dengan menuliskannya di kolom komentar.

Atau Anda juga bisa membagikan pandangan Anda tentang diskon pakai kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dan menuliskannya di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Septian Deny. 11 April 2019. Belanja Pakai Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dapat Diskon. Liputan6.com – http://bit.ly/2vVBiXZ

 

Sumber Gambar:

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan – http://bit.ly/2VlUNn0