Siapa yang tidak mengenal Disney dengan kesuksesan setiap film-filmnya. Disney berani merogoh kocek hingga ribuan triliun untuk mengakuisisi Fox.

Kali ini Finansialku akan membahas berita mengenai Disney Akuisisi Fox. Agar lebih jelas mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Disney Merogoh Kocek 1.000 T Untuk Akuisisi Fox

Industri di bidang animasi Hollywood, The Walt Disney Co (Disney) resmi mengakuisisi sebagian besar aset milik 21st Century Fox. Nilai akuisisinya pun sangat fantastis yaitu mencapai US$71,3 miliar atau setara dengan Rp1.013 triliun.

Merger tersebut resmi berlaku pada Rabu (20/3/2019) dini hari waktu setempat, dan memberi Disney control penuh atas sejumlah entitas 21 Century Fox.

Setelah mengalami proses negosiasi yang terbilang alot, akhirnya penjualan sejumlah aset Fox ke Disney telah disetujui oleh para pemegang saham.

Fantastik! Disney Akusisi 21st Century Fox sebesar Rp1.000 T 02 Disney & Fox 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses]

 

Termasuk seluruh divisi studio film perusahaan, 30% sahamnya di layanan streaming Hulu dan Grup Fox Television.

Meskipun Fox kini telah di akuisisi, Fox Corp tetap mempertahankan independensinya termasuk entitas seperti Fox News dan Fox Sports di Amerika Serikat.

Melansir dari The New York Times, bahwa sebenarnya niat Disney untuk menguasai Fox sudah sejak tahun lalu. Menurut CEO Disney Bob Iger, akuisisi ini dilakukan untuk memperbanyak konten tayangan yang sudah dimiliki Disney. Iger mengatakan:

“Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami, yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami.”

Selain itu hal ini dilakukan sebagai langkah persiapan peluncuran saluran streaming pribadi yang diberi nama Disney+.

Dengan adanya kesepakatan ini, tentunya Disney akan menerima banyak sekali properti milik Fox, termasuk lisensi sejumlah karakter seperti X-Men, Fantastic Four, hingga Deadpool.

Hal ini berarti bahwa tokoh-tokoh populer tersebut dipastikan bersiap kembali ke akar mereka, mengingat bahwa karakter-karakter itu berasal dari Marvel Comics.

Banyak yang mengantisipasi bahwa karakter-karakter ini akan diintegrasikan ke dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) yang terus berkembang.

Ia pun menjelaskan bahwa akuisisi aset Fox dapat memberikan Disney hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki Fox. Termasuk talenta-talenta hebat yang sudah dimiliki perusahaan.

Iger mengatakan:

“Kami ingin menggunakan keahlian yang sudah dimiliki kedua perusahaan, untuk menyokong Hulu [layanan streaming milik Fox] dengan lebih banyak program tayangan original yang akhirnya dapat membuat Hulu menjadi lebih kompetitif di pasar [video on deman/VOD].”

Bisa dibayangkan berapa banyak pundi-pundi yang dimiliki Disney sehingga mampu mengakuisisi Century Fox. Kemampuan Disney dalam membeli Fox ini tidak terlepas dari kondisi keuangan perusahaan yang melambung.

Bahkan pada tahun 2018 berdasarkan laporan tahunan fiskal, Disney berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih positif hingga 40% YoY setelah membukukan pertumbuhan laba bersih negatif 4% YoY di tahun fiskal 2017.

Laba bersih Disney pada fiskal 2018 tumbuh menjadi US$12,59 miliar atau setara dengan Rp176 triliun (asumsi kurs Rp14.000/USD) dibandingkan dengan tahun fiskal 2017 yang sebesar US$8,9 miliar.

Yang perlu dicatat, pelaporan informasi keuangan di Amerika Serikat berbeda dengan sistem pelaporan keuangan di Indonesia yang sesuai dengan tahun kalender.

728x90 hitung sekarang Investasi Saham
300x250 - Hitung Sekarang Investasi Saham

 

Pertumbuhan laba bersih Disney ini didukung atas adanya peningkatan penjualan yang secara total tumbuh 8% YoY menjadi US$59,43 miliar dan penjualan terbesar yang diperoleh Disney yaitu dari sektor usaha studio hiburan.

Sektor itu tumbuh hingga 19,19 YoY menjadi US$9,99 miliar dari US$8,38 miliar. Sektor usaha Disney lainnya pun tidak mau kalah, seluruh sektornya mencatatkan pertumbuhan yang positif, kecuali usaha media interaktif dan penjualan retail.

Pertumbuhan yang paling signifikan dan dapat dirasakan dampaknya yaitu dari penjualan film-film, terutama untuk film “Black Panther”, “Star Wars: The Last Jedi”, “Avengers: Infinity War”, dan “Incredibles 2”.

Bahkan sebelum mengakuisisi Century Fox, Disney telah lebih dulu mengakuisisi Marvel Entertainment pada 2009.

Iger sebelumnya mengungkapkan rencana untuk mengintegrasikan beberapa franchise, seperti Deadpool dan X-Men ke dalam semesta Marvel yang dimiliki Disney.

Sementara itu, bos Fox Rupert Murdoch mengirim ucapan terima kasih kepada para pegawai dan jajaran eksekutifnya. Ia menuliskan:

”Bersama, selama berdekade-dekade, kita telah mencapai teritori baru. Terima kasih atas kerja kerasnya dan semoga kalian sukses selalu.”

 

Pada tahun fiskal 2018, perusahaan milik keluarga Murdoch tersebut memiliki 22 ribu pegawai di seluruh dunia. Angka itu relatif kecil jika dibandingkan dengan pegawai Disney yang mencapai 201 ribu orang.

 

Inilah Pencapaian Bisnis Disney

Dari kesuksesan yang telah diraih oleh Disney, berikut ini adalah pencapaian penjualan sektor usaha Disney periode fiskal 2018 vs 2017 dalam miliar dolar AS.

Sektor Usaha Disney

2018 (US$)

2017 (US$)

% Pertumbuhan

Jaringan Media (Media Networks)

24,50

23,51

4,21

Taman dan Resor (Parks & Resort)

20,30

18,42

10,21

Studio Hiburan/Teater (Studio Entertainment)

9,99

8,38

19,19

Produk Konsumen & Media Interaktif

4,65

4,83

-3,77

TOTAL

59,43

55,14

7,79

 

Keuntungan yang dimiliki Disney US$1,7 miliar tidak terlepas dari kebijakan Donald Trump dalam menurunkan pajak perusahaan dari 35% menjadi 24,5%.

 

Dampak Disney Akuisisi Century Fox

Saat akuisisi resmi dilakukan, situs resmi Fox yang tadinya bernama www.21cf.com menjadi www.thewaltdisneycompany.com/21cf/, dengan memperlihatkan gambar film-film mereka, termasuk yang berasal dari Fox.

Namun dibalik akuisisi yang bernilai ribuan triliun ini, harus mengorbankan karyawan 21st Century Fox yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dilansir dari Variety pada Rabu (20/3/2019) beberapa orang sudah tahu akan kena PHK.

Fantastik! Disney Akusisi 21st Century Fox sebesar Rp1.000 T 03 Disney & Fox 3 - Finansialku

[Baca Juga: Pacu Lagi Semangat Hidup Tahun 2019 Dengan 50 Kata-kata Mutiara Walt Disney]

 

Sebenarnya tanpa Disney mengakuisisi Fox, film-film Disney pun sebenarnya sudah sangat mendominasi tangga film teratas. Data Box Office Mojo menunjukan pada 2018, Disney mengumpulkan US$3,09 miliar setara dengan Rp43,7 triliun.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 1923 ini memiliki pangsa pasar 26 persen di Amerika Serikat.

Disney unggul cukup jauh dari Warner Bros yang punya pangsa pasar 16,3 persen dan total pendapatan kotor sebesar US$1,94 miliar. Dengan pangsa pasar 26 persen, artinya satu dari empat tiket bioskop yang terjual di AS adalah film produksi Disney.

Apakah kamu sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat? kamu dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan kamu dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

kamu juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca berita mengenai Disney akuisisi Fox? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dwi Ayuningtyas. 20 Maret 2019. Disney Akuisisi Fox, Berapa Laba Jualan Film Tiap Tahun? Cnbcindonesia.com – https://goo.gl/4U7XWB
  • Indra Rosalia. 23 Maret 2019. Dampak Akuisisi Disney Terhadap Fox. Beritagar.id – https://goo.gl/ryJ3oX
  • Wangi Sinintya Mangkuto. 20 Maret 2019. Dahsyat! Disney Akuisisi 21st Century Fox Rp 1.000 T. Cnbcindonesia.com – https://goo.gl/1eRXci

 

Sumber Gambar:

  • Disney & Fox – https://goo.gl/PaA2m9
  • Disney & Fox 2 – https://goo.gl/JSnwpY
  • Disney & Fox 3 – https://goo.gl/8HkmBd