WOW.., Indonesia menyimpan banyak harta karun! Sedang marak diperbincangkan 463 lokasi yang menyimpan harta terpendam di bawah laut Indonesia. Berapakah nilai uang yang terpendam di perairan Indonesia?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Ditemukan Harta Karun Triliunan Rupiah di Perairan Indonesia

Selain kaya akan keanekaragaman hayati dan wisata laut yang menakjubkan, Indonesia menyimpan sejumlah peninggalan harta karun dari kapal-kapal yang tenggelam di perairan laut Indonesia.

Terdapat 640 titik kapal karam dan sekitar 463 titik telah teridentifikasi menyimpan harta karun atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di perairan Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPRL KKP).

Yuk Kepoin, Harta Karun Triliunan Rupiah di Perairan Indonesia 2 - Finansialku

[Baca Juga : Orang Ini Langsung Kaya Mendadak Setelah Juarai Judi Poker]

 

Menurut DJPRL KKP, Brahmantya Satyamurti, ada beberapa titik harta karun yang berpotensi yaitu Pulau Selayar (Sulawesi Selatan), Kelarik (Kepulauan Riau), Cirebon, Pulau Anambas (Kepulauan Riau). DJPRL KKP pun memperoleh informasi dari masyarakat akan keberadaan harta karun bawah laut.

Lokasi ini bukanlah menjadi rahasia pemerintah Indonesia, melainkan pemerintah negara lain pun mengetahui keberadaan lokasi BMKT. Melansir sumber dari detik.com, Sjarief Widjaja, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) mengungkapkan:

“Kapal-kapal tenggelam ini sebetulnya milik Dinasti Ming misalnya, atau negara lain seperti Belanda, Australia, dan lainnya. Mereka pasti punya data kapalnya tenggelam di mana. Jadi ini adalah warisan budaya milik bersama atau dunia.”

 

Kasubdit Pengawasan Produk dan Jasa Kelautan PSDKP KKP, Halid Yusuf menyebutkan, ada sekitar 300.000 jenis harta karun yang nilainya diestimasikan mencapai miliaran rupiah. BMKT ini sudah diangkat dari perairan RI yang disimpan di Warehouse BMKT Cileungsi. Selain itu juga, harta karun tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan memiliki harga yang sangat mahal.

Rencananya, akan ada pengangkatan BMKT di beberapa titik perairan Indonesia seperti di laut Natuna, Selayar, dan Bangka Belitung. Estimasi anggaran pengangkatan BMKT oleh pemerintah di satu lokasi perairan yaitu mencapai Rp. 4 Miliar. Jika perusahaan swasta yang melakukan pengangkatan, maka anggarannya akan semakin tinggi yaitu sekitar US$ 4,5 juta-US$ 6,5 juta.

 

Transaksi Gelap di Bawah Laut

Adanya jual beli titik koordinat lokasi harta karun atau BMKT di bawah laut Indonesia. Kegiatan gelap ini sudah menjadi rahasia umum di lingkaran para pengusaha gelap BMKT.

Halid Yusuf, Kasubdit Pengawasan Produk dan Jasa Kelautan PSDKP KKP  mengungkapkan, dimulai dari moratorium izin BMKT dan ditutupnya pengambilan harta karun di bawah laut oleh orang asing, ternyata kasus pencurian semakin banyak. Berdasarkan catatan, ada lebih dari 5 kasus pencurian harta karun bawah laut di perairan Indonesia sepanjang tahun 2016.

7-manfaat-emas-dan-logam-mulia-selain-untuk-berinvestasi-3-finansialku

[Baca Juga : Anak Muda Ini Berhasil Temukan Aplikasi dan Bisa Pensiun Kaya Raya di Usia 30 an]

 

Pemburu gelap akan bekerja sama dengan para nelayan untuk mendapatkan informasi titik koordinat harta karun tersebut berada. Aliran uang dari transaksi jual beli BMKT ini dilakukan illegal tanpa perizinan dari pemerintah Indonesia. Sebagai contoh, penjualan satu titik koordinat oleh nelayan atau pihak-pihak tertentu kepada pihak lain yaitu Rp. 200 juta. Pihak ini akan menjual lagi kepada pihak lainnya dengan harga yang lebih tinggi.

 

Pengamanan dari Kementerian Kelautan

Pemerintah Indonesia akan mengambil tindakan tegas terkait kasus jual beli illegal ini. Tindakan tersebut guna untuk mengurangi kasus transaksi jual beli yang illegal dan pencurian terhadap benda-benda bersejarah tinggi yang terkubur di dasar laut bersama kapal yang tenggelam.

Mengambil sumber dari Liputan6.com, Kasubdit Pengawasan Produk dan Jasa Kelautan PSDKP KKP, Halid Yusuf mengatakan

“Kita harus siapkan regulasi, izin lokasi, izin pengelolaan, Peraturan Menteri KP tentang pengangkatan BMKT oleh pemerintah, dan anggaran yang cukup besar,”

 

Menurut Halid, terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mencegah pencurian harta karun. Pertama, tindakan operasi pengawasan yang dilakukan oleh internal PSDKP KKP. Kedua, operasi terpadu yang melibatkan lembaga keamanan Negara, seperti TNI Angkatan Laut, Polisi Air, dan Badan Keamanan Laut.

Masyarakat Indonesia pun diminta untuk berperan secara aktif dalam memberikan informasi kepada petugas internal UPT PSDKP di wilayahnya jika terjadi kasus pencurian atau transaksi gelap jual beli. Masyarakat dapat melaporkan ke kantor-kantor pengawasan terdekat.

Anak 8 Tahun ini Bisa Dapat 13 Miliar dari Bisnis Video YouTube, Masa Kita Kalah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kecil-Kecil Cabe Rawit, Masih Kecil Sudah Bisa Cetak Uang Rp 13 M dari YouTube]

 

Kegiatan pengangkutan harta karun di Indonesia hanya dapat dilakukan oleh pemerintah. Berdasarkan sumber Liputan6.com, aturan-aturan yang diberlakukan di wilayah Indonesia terkait kasus-kasus yang terjadi yaitu peraturan Presiden melalui Keppres Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Keppres Nomor 12 Tahun 2009 membentuk Panitia Nasional Pengangkatan dan Pemanfaatan BMKT (PANNAS BMKT) yang dikepalai oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selain itu juga, berdasarkan detik.com, moratorium izin pengambilan harta karun di bawah laut diatur melalui Perpres Nomor 44 Tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan alias Daftar Negatif Investasi (DNI). Aturan tersebut menggantikan aturan yang lama yang tertuang dalam Perpres Nomor 39 Tahun 2014 mengenai kegiatan pengangkatan harta karun bawah laut semula yang masih terbuka untuk penanaman modal termasuk asing dengan syarat khusus.

 

Menurut Anda, apa yang akan Anda lakukan jika mendapat harta karun tersebut? Silakan share jawaban Anda di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fiki Ariyanti. 06 Jan 2017. Menteri Susi Awasi Pencuri Harta Karun Bawah Laut pada 2017. https://goo.gl/tLJvvJ
  • Fiki Ariyanti. 06 Jan 2017. 2017, Menteri Susi Bakal Angkat Harta Karun Bawah Laut di Natuna. https://goo.gl/4UZC5b
  • Fiki Ariyanti. 07 Jan 2017. Indonesia Punya 640 Titik Harta Karun di Bawah Laut. https://goo.gl/oBmfpu
  • Fiki Ariyanti. 10 Jan 2017. Di mana Saja Titik Harta Karun Bawah Laut RI? https://goo.gl/wZvkbH
  • Fiki Ariyanti. 11 Jan 2017. Ada 463 Titik Harta Karun di Bawah Laut RI, Ini Lokasinya. https://goo.gl/4cJUFz
  • Fiki Ariyanti. 11 Jan 2017. KKP: Ada Jual Beli Koordinat Lokasi Harta Karun Bawah Laut RI. https://goo.gl/O4PlSN
  • Fiki Ariyanti. 11 Jan 2017. Ada Oknum Jual Koordinat Harta Karun Bawah Laut RI Seharga Rp 1 M. https://goo.gl/5ymVhu
  • Fiki Ariyanti. 11 Jan 2017. Cara Menteri Susi Amankan Harta Karun Bawah Laut RI dari Penjarah. https://goo.gl/HhYs4h
  • Muhammad Idris. 06 Jan 2017. Ada 640 Titik Harta Karun dari Kapal Tenggelam di Laut RI. https://goo.gl/HUpjtX
  • Hendra Kusuma . 10 Jan 2017. Harta Karun di Laut RI dari Era Dinasti Ming Hingga Kapal Belanda. https://goo.gl/frERBn
  • Hendra Kusuma. 10 Jan 2017. Ada 463 Titik Harta Karun Tersebar di 4 Wilayah Perairan RI. https://goo.gl/wdnBeu
  • Gabriela Jessica Restiana Sihite. 11 Jan 2017. Ada 463 Titik Harta Karun di Indonesia. https://goo.gl/ee1BDv
  • Trio Hamdani. 06 Jan 2017. KKP Segera Deteksi Titik-Titik Harta Karun di Lautan Indonesia. https://goo.gl/KEAc6q
  • Anggun P. Situmorang. 7 Jan 2017. Harta karun di laut Indonesia jadi buruan perompak dunia. https://goo.gl/zEA3Aw
  • Anggun P. Situmorang. 7 Jan 2017. Ambil harta karun, Menteri Susi siapkan dana sampai Rp 86 miliar. https://goo.gl/xz0aqG
  • Anggun P. Situmorang. 7 Jan 2017. Laut Indonesia simpan 322 titik lokasi harta karun. https://goo.gl/WgEybN

 

Sumber Gambar : 

  • Harta Karun – https://goo.gl/Wi5siF
  • Treasure Hunt – https://goo.gl/6ounys

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang