Donny de Keizer, founder Communicasting Academy dan Editor in Chief Hi Indo TV, membuktikan kalau tidak ada kata terlambat untuk mengejar passion!

Simak kisah menarik dan inspiratifnya di artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Donny De Keizer: Mengejar Passion Tidak Pernah Kenal Umur

Donny De Keizer adalah seorang founder dari lembaga pelatihan Communicating Academy dan Editor in Chief Hi Indo TV, yang wajahnya sudah sangat familiar karena telah lama mengisi posisi newscaster di BeritaSatu TV.

Bahkan sebelumnya, Donny juga bekerja di Televisi Republik Indonesia (TVRI) selama lebih dari 15 tahun.

Kini, dia melepaskan segala profesi tersebut, dan mencoba banyak hal, sembari menjalani kewajibannya sebagai pelatih dan Editor in Chief.

“Saya sebenarnya kalau ditanya profesinya apa, saya jawab Pengacara. Pengangguran banyak acara. Saya cuma menjalankan passion, hobi, kebetulan di bidang komunikasi dan broadcasting.” Candanya, saat Finansialku mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai laki-laki asal Makassar ini.

 

Sebagaimana dikatakan, dia memulai karir broadcasting-nya di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

“Saya memulai karir di TVRI. Dari TVRI Yogya, kemudian pindah ke Jakarta, kemudian akhirnya singkat cerita, setelah 15 tahun saya bekerja di TVRI, saya memutuskan untuk belajar wirausaha. Sambil tetap bekerja, saya memutuskan buka usaha.” Ucap Donny de Keizer.

Kala itu, usaha pertama kali yang ditekuninya adalah kuliner. Saat itu, dia membuka rumah makan di daerah Palmerah, Jakarta Barat.

Menjalani dua profesi sekaligus, tidak kemudian membuat Donny berhenti dan puas dengan apa yang sudah dicapainya.

Saat itu, dia malah menyadari kalau ternyata selama ini dia punya passion lain, yang berkaitan dengan dunia komunikasi dan broadcasting.

Dia ingin punya sekolah broadcast sendiri, di mana dia bisa berbagi ilmu dan mengajarkan banyak orang di dunia komunikasi dan broadcasting.

“Akhirnya saya dirikan communicasting academy. Kemudian saya sekarang juga aktif sebagai Editor in Chief di HI Indo TV. Communicasting sendiri berasal dari kata Communication and broadcasting. Ini tuh sebenarnya dua hal yang saya cintai. Jadi ya saya cuma menjalankan apa yang saya suka, dan saya menyukai apa yang saya jalankan. Itu aja prinsipnya. Karena dua itu yang saya senangi, dan saya senang mengajar, senang berbagi, paling cocok dengan konsep pendidikan dan pelatihan. Akhirnya bidang komunikasi itu menjadi brand dari communicasting. Kenapa begitu? Karena kalau kita bicara profesi, profesi mana sih yang tidak menggunakan keahlian berkomunikasi? Hampir semua butuh. Bahkan hampir tidak ada satu profesi yang tidak menggunakan komunikasi. Dari situ saya pikir, selalu ada ruang bagi kita untuk  berbagi atau mengajarkan tentang pentingnya komunikasi, dan yang paling efektif adalah dengan lembaga pendidikan komunikasi.” Tuturnya.

Adapun, dalam lembaga pelatihan ini, untuk bidang komunikasi sendiri, Donny de Keizer mengatakan kalau lembaganya ini bisa memberikan pengajaran tentang berbagai aspek komunikasi yang dibutuhkan dalam bekerja.

Sementara itu, untuk bidang broadcasting, lembaganya juga mengajarkan berbagai profesi, seperti presenter, interviewer, reporter, content creator, producer, director, dan profesi terkait lainnya.

“Komunikasi ini macam-macam. Kita bisa bicara tentang presentation skill, negotiation skill, dan bermacam-macam. Kemudian kalau broadcasting ya profesinya ada. Misal mau jadi presenter, interviewer, reporter, content creator, producer, director, dan seterusnya.” Ungkapnya.

Lembaga ini sendiri telah memiliki enam cabang, yakni di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Season City, Bekasi, Surabaya, dan Makassar.

Founder And Money_ Donny de Keizer, _Kejar Passion Tidak Kenal Umur_ 01

[Baca Juga: Founder & Money: Bisnis Ala Pasangan Dako Brand and Communication!]

 

Sebagaimana diketahui, selain Communicasting Academy, Donny de Keizer juga aktif sebagai Editor in Chief dari Hi INDO TV.

“Jadi Hi INDO TV ini televisi berlangganan yang bisa disaksikan melalui channel IndiHome. Kita ada di Channel 525. Bagi pemirsa yang suka program-program mandarin, tonton Hi INDO, karena kita hampir 24 sehari itu programnya berbasis budaya dan bahasa Mandarin. Ada film, lagu-lagu, sampai program-program karaoke lagu mandarin, nanti akan ada program kuliner, kita fokus ke situ.” Kata Donny.

Bukan cuma program berbasis Mandarin, tapi Hi INDO TV juga mulai menggarap program-program lokal yang memberikan banyak edukasi buat penonton.

“Dan di luar itu, kita juga menggarap program-program lokal, berbahasa Indonesia, yaitu program-program edukasi, baik itu pendidikan finansial, parenting, leadership, management, communication skill, semua ada. Artinya dengan program-program seperti itu tentu akan memberikan selain hiburan bagi penonton kita, tapi juga edukasi. Bisa dinikmati dengan berlangganan di IndiHome atau di USEETV, atau streaming di berbagai sosial media Hi INDO TV, dan untuk pengguna provider tertentu, itu ada MAXStream, misalnya, Woona, di youtube juga, konten-konten kita ada di Youtube juga.” Jelasnya.

Dengan kesuksesan yang diraihkan saat ini, Doony de Kaizer tentu punya segudang kisah yang bisa dibaginya buat Sobat Finansialku yang membaca kisah ini, seperti salah satunya adalah tips dan trik untuk memulai bisnis di dunia broadcasting.

“Secara umum, apapun profesi kita, kita harus gali, perdalam, kuasai, communication skills. Itu wajib, kudu, mesti, harus. Yang kedua, kalau mau jadi pengusaha, mulai dulu. Saya dulu, bekerja, posisi saya enak. Kadang kita jatuh, tapi kalau jatuhnya 10 kali, kita harus bangkit 11 kali.” Katanya.

Ya, sebelum mencapai kesuksesannya, dia harus merasakan kegagalan berkali-kali, bahkan sampai dia berada di titik terbiasa dengan kegagalan yang menimpanya.

Tapi itu semua tidak lantas membuatnya menyerah dan berhenti mengejar passion-nya. Dia malah menjadikan itu semua sebagai pelajaran untuk perjalanan selanjutnya.

“Saya berkali-kali jatuh, sampai akhirnya sudah terbiasa gagal. Artinya, menganggap gagal itu bukan sebuah akhir dari kehidupan, ya biasa aja, kali, yang penting hari ini gue gagal, besok mulai lagi. Saya pernah juga bangkrut, saya pernah loss aset, saya juga pernah kehilangan segala-galanya. Kecuali satu, jangan sampai kehilangan kewarasan. Karena Tuhan menganugerahkan kita pikiran dan hati, harus kita jaga. Kalau kita sudah kehabisan materi, oh tenang saja. Kita bilang kita sudah setengah mati, tenang, baru setengah mati, masih ada setengah hidup. Kalau kita sudah pusing, bersyukur, tandanya kita punya kepala. Jadi, syukuri, tapi memang harus kita jalani, harus kita lalui, tapi saya percaya ternyata segala sesuatu itu ada hikmahnya.” Kata Donny de Keizer.

Founder And Money_ Donny de Keizer, _Kejar Passion Tidak Kenal Umur_02

[Baca Juga: Founder and Money: Memberdayakan Perempuan Timur Bersama Copadeflores]

 

Dari berbagai kegagalan yang menimpanya, dia mulai mempelajari dan mempercayai satu hal, kalau semua bisa dipersiapkan dengan baik.

Apalagi untuk memulai bisnis, merencanakan keuangan dengan baik, adalah salah satu kunci yang harus dilakukan semua calon pebisnis.

“Saya termasuk orang yang concern terhadap perencanaan keuangan. Saya orang yang berbicara tentang, segala sesuatu yang menyangkut rejeki, pasti Tuhan kasih. Jangan takut akan hidup, karena kita dipelihara oleh yang maha kaya. Tetapi Tuhan juga berikan kita otak, artinya pakailah otak untuk berpikir dan merencanakan. Karena tidak ada produk asuransi atas nama Tuhan, tidak ada investasi atas nama Tuhan, tapi Tuhan sudah bukakan cara, dengan ilmu yang dimiliki. Kalau tidak punya ilmu, tinggal cari saja orang-orang yang ahli di bidang itu, seperti Finansialku.” Katanya.

Ditambah lagi dengan fakta bahwa dalam merintis sebuah bisnis diperlukan biaya yang tidak sedikit, baik untuk promosi maupun untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Donny de Keizer sendiri mempercayai semuanya pada satu aplikasi, yaitu aplikasi Finansialku, yang bisa membantunya untuk merencanakan keuangan, mengatur keuangan, mencatat keuangan, bahkan melakukan konsultasi keuangan secara GRATIS dengan perencana keuangan dari Finansialku.

Bukan cuma fiturnya yang lengkap, Donny de Keizer merekomendasikan aplikasi Finansialku karena biaya berlangganan premium-nya yang tergolong murah, yaitu Rp 350 ribu untuk 365 hari!

Bukan hanya itu, para pelanggan yang baru pertama menginstal aplikasi ini, juga berhak mendapatkan potongan Rp 50 ribu saat berlangganan, hanya dengan memasukkan kode CUAN50 saja, lho!

Tapi, bukan hanya itu saja untuk mencapai kesuksesan sebagai seorang pebisnis, tapi juga memulai segalanya dari yang sederhana dan terkecil.

“Tapi kuncinya adalah, mulai dari hal-hal yang sederhana, hal-hal yang kecil, seperti tekun, sabar. Kalau takut rugi, mending diam di rumah saja. Kalau orang yang belum pernah merasakan susahnya berusaha, menderita, membangun usaha, tidak pernah susah, tidak pernah ‘gagal’, maka dia tidak pernah bisa rasakan indahnya kesuksesan. Makanya, dalam hidup gue, gue sangat percaya, tidak ada namanya kegagalan, yang ada hanyalah sukses dan belajar. Oke semua orang ingin sukses, tapi ketika gagal, ambil pelajaran dari situ.” Katanya.

Itu kenapa, Donny de Keizer mengatakan kalau sangat penting untuk mengatur pola pikir kita dalam memandang hidup dan masalah.

Apabila kita punya pola pikir yang buruk, maka kita hanya akan didatangkan pada hal-hal yang buruk pula.

Tapi sebaliknya, apabila kita punya pola pikir yang baik, maka hanya hal-hal baik yang datang pada hidup kita.

“Liat pemandangan di luar jendela, ‘kok kayaknya mendung.’ Padahal belum tentu, mungkin bukan pemandangannya yang suram, tapi jendelanya yang belum dibersihkan. Jadi, cara pandang kita ubah. Akhirnya, hidup adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, membahagiakan dan harus kita syukuri. Kalau lu enggak bersyukur, lu akan di ‘sukur-sukur’in orang.” Pungkasnya.

 

Apa yang Sudah Kamu Siapkan Untuk Menghadapi Risiko?

Simak Video Playlist Berikut Ini! GRATIS!

Video Finansialku 6

Tonton Sekarang

 

Pada intinya, apapun yang kita inginkan, semuanya bisa tercapai asalkan kita mau dan rela berkorban segala hal untuk mendalami hal itu, untuk mau belajar dan berkembang dalam hal itu.

Yuk, jangan patah semangat untuk capai cita-cita, meski usia kita tidak lagi muda. Karena mengejar passion, tidak pernah ada kaitannya dengan usia seseorang.

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai kisah sukses Donny de Keizer di atas? Mari kita berbagi pendapat di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan artikel inspiratif ini pada teman-teman lainnya yang sedang berusaha menggapai mimpi mereka, agar tidak menyerah mengejar mimpi, ya!

 

Sumber Gambar:

  • Donny 01 – https://bit.ly/2QpTNy5
  • Donny 02 – https://bit.ly/3jdQIh2