Definisi E-IPO adalah… Siapakah dari Anda yang tahu definisi dari istilah yang tidak asing lagi pada dunia saham tersebut?

Yuk kita cari tahu pada kamus Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik-Finansialku-Finansialku-Dictionary

 

IPO (Initial Public Offering)

Sudah familiar dengan kosakata IPO? Namun bagaimana dengan istilah E-IPO?

IPO Adalah saham suatu perusahaan yang pertama kali dilepas untuk dijual kepada masyarakat atau publik, sehingga saham tidak dikuasai lagi secara privat.

Perusahaan yang melakukan IPO ini adalah perusahaan yang “Go Public”.

Nah sebelum menjadi perusahaan go public, ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Seperti mengadakan Due Diligence Meeting yaitu pertemuan dengan perusahaan sekuritas atau underwriter yang telah ditetapkan.

Pihak-pihak yang terlibat dalam pertemuan ini adalah pemilik saham (perusahaan yang telah go public), appraiser (penilai aset perusahaan), auditor independen, dan konsultan hukum.

Selain itu, perusahaan juga harus melakukan public expose dan roadshow untuk memperkenalkan saham IPO suatu perusahaan kepada para calon investor (institusi atau perorangan).

Kabar Baik, BEI Siap Implementasikan Sistem e-IPO pada Agustus 2020 - 02 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Saham IPO yang Didukung Bill Gates Melejit]

 

Nantinya akan mulai terlihat investor-investor yang tertarik dengan penawaran saham IPO perusahaan tersebut atau dikenal dengan tahap book building.

Sementara langkah yang terakhir adalah menentukan harga akhir saham IPO yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas dengan persetujuan perusahaan go public.

Penetapan harga ini akan didasarkan pada nilai penawaran calon investor setelah berhasil menjadi perusahaan go public dan melakukan IPO.

Tentunya ada feedback yang diperoleh yaitu mendapat tambahan modal untuk perusahaannya.

Juga memperoleh dana murah karena ketika perusahaan melepaskan saham ke publik untuk mendapatkan dana, maka perusahaan tidak perlu terbebani oleh bunga.

Secara tidak langsung IPO juga bisa mempercepat pertumbuhan perusahaan dan meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan karena nilai perusahaan tersebut berpeluang meningkat jauh seiring dengan kenaikan harga sahamnya.

Artinya citra positif perusahaan pun ikut meningkat. Itulah sekilas mengenai IPO, lalu bagaimana dengan E-IPO?

Adakah perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya.

 

Definisi E-IPO Adalah Sistem Baru dari Bursa Efek Indonesia

Belum lama ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan Sistem Penawaran Umum Elektronik atau Electronic Indonesia Public Offering (E-IPO). 

Jadi E-IPO adalah sistem baru dari BEI untuk meluncurkan IPO melalui Elektronik.

BEI menargetkan sistem ini akan diwajibkan penggunaannya per 1 Januari 2021.

Melansir laman market.bisnis.com, sistem E-IPO memiliki sejumlah manfaat bagi seluruh pelaku pasar modal, baik itu investor, emiten, penjamin emisi, dan para perusahaan efek atau anggota bursa.

Mulai dari sisi efisiensi, efektivitas, hingga transparansi-nya. Itulah yang disampaikan Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BEI Ignatius Denny Wicaksono.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Manfaat E-IPO Adalah

Mengingat bahwa E-IPO adalah sistem baru maka, setidaknya kita berharap ada manfaat terbarunya bukan?

Adanya sistem baru E-IPO yang diluncurkan tentu menjadi angin segar dengan harapan memberikan lebih banyak manfaat untuk dunia saham.

Lalu, apa saja keuntungan dari E-IPO ini?

 

#1 Memperluas Akses

Bagi para investor, E-IPO membuka akses yang lebih luas dan mudah bagi seluruh investor.

Agar dapat berpartisipasi dalam penawaran umum, khususnya di pasar perdana di mana semua proses dapat dilakukan melalui platform digital.

 

#2 Mempermudah Pencarian Informasi

Para investor bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan terperinci mengenai proses initial public offering (IPO) calon perusahaan tercatat di platform E-IPO.

Tentunya selain bagi investor, keuntungan ini memberikan manfaat bagi sejumlah pihak seperti halnya wartawan yang memerlukan informasi terkait dengan hal ini.

 

#3 Manfaat E-IPO adalah Perluasan Jangkauan Investor

Untuk emiten, sistem E-IPO dinilai dapat memperluas jangkauan ke investor-investor yang ada.

Menurut Denny Wicaksono, saat ini jumlah rata-rata investor dalam penawaran umum adalah sekitar 700 investor.

12 Saham Baru IPO Ada yang Mencapai 939% Pada 2019 01 - Finansialku

[Baca Juga: Resmi IPO Hari Ini, Kenali Andalan Sakti Primaindo (ASPI) Di Sini!]

 

Jumlah tersebut masih di bawah ketentuan bursa yakni minimum 1.000 investor untuk IPO yang masuk papan pencatatan utama dan 500 investor untuk papan pengembangan.

Dengan adanya sistem E-IPO yang open access, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak investor dan minimal-kan discount pricing saat penawaran umum perdana dan dapat mengoptimalkan harga efek.

Sekaligus meningkatkan penyebaran kepemilikan saham.

 

#4 Publikasi Penawaran yang Mudah

Bagi penjamin emisi, sistem E-IPO akan mempermudah publikasi penawaran umum yang akan berlangsung karena dapat diakses di satu website saja untuk seluruh IPO yang ada.

Selain itu akan ada efisiensi proses penawaran umum yang akan diatur dalam POJK baru.

Seperti untuk pubex dan due diligent, dengan hanya akses elektronik nantinya penjamin emisi tidak perlu lagi menyediakan akses, ruangan, maupun pemasangan di koran yang cukup banyak,” ungkap Denny, dikutip dari market.bisnis.com.

 

#5 Manfaat E-IPO Adalah Memperluas Transaksi

Adanya sistem E-IPO ini juga memungkinkan perusahaan efek lain untuk ikut serta dalam seluruh IPO yang terjadi.

Yang mana biasanya hanya sejumlah kecil anggota bursa yang terlibat dalam sebuah penawaran umum.

Kebijakan ini memberikan kesempatan bagi perusahaan efek untuk menyediakan layanan baru untuk transaksi di pasar perdana bagi klien-klien mereka yang selama ini hanya dilayani untuk transaksi di pasar sekunder.

Denny mengatakan pada dasarnya tak banyak persiapan yang harus dilakukan perusahaan efek karena bursa juga akan menyediakan API atau koneksi khusus pada sistem broker agar dapat tersambung dengan sistem trading masing-masing anggota bursa.


 

Semangat Menyambut Sistem Baru

Itulah penjelasan mengenai E-IPO, sistem baru dari BEI.

Dengan adanya sistem ini diharapkan mendapat sambutan baik serta menambah semangat baru bagi sejumlah pihak yang berkecimpung di dalamnya.

Untuk lebih semangat memulai investasi saham Anda, mungkin Anda bisa menonton video berikut ini. Dijamin gak rugi!

 

 

Baiklah sepertinya kita sudah tahu apa itu E-IPO.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan dan kerabat Anda, dan jangan ragu untuk diskusikan jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dhiany Nadya Utami. 29 Juli 2020. Ini Dia Keunggulan E-IPO dibandingkan IPO Konvensional. Market.bisnis.com- https://bit.ly/3jgJqJl