Mengenal Edi Sukmoro lewat jejak karier dari PLN hingga diberhentikan dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT KAI.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Edi Sukmoro Diberhentikan

Direktur utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro diberhentikan dari jabatannya. Posisinya digeser Didiek Hartantyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan.

Perombakan struktur tersebut berbanding lurus dengan kebijakan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Melansir dari Kompas, Senin (11/05) pencopotan Edi dari posisi Dirut KAI tertuang dalam SK-142/MBU/05/2020 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota Direksi KAI.

“Mengalihkan penugasan Saudara Didiek Hartantyo, yang semula sebagai Direktur Keuangan menjadi Direktur Utama Perusahaan Perseroan PT Kereta Api Indonesia, dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatan,” isi dari salinan SK.

Mnegenal Edi Sukmoro, Dirut PT KAI yang Baru Saja Diberhentikan 02

[Baca Juga: Belajar 7 Poin PENTING Dari Kisah Sukses Erick Thohir]

 

Adapun selain posisi Edi Sukmoro sebagai Dirut, Menteri BUMN membongkar-pasang sejumlah nama untuk menduduki posisi lainnya, di antaranya yakni:

  1. Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha yang sebelumnya dijabat Amrozi Hamidi, digantikan oleh Jefrie N. Korompis.
  2. Direktur Niaga yang sebelumnya dijabat Dody Budiawan, kini digantikan oleh Maqin U. Norhadi.
  3. Direktur SDM dan Umum dijabat oleh Agung Yunanto. Posisi ini sebelumnya ditempati oleh R. Ruli Adi
  4. Direktur Keuangan telah diisi oleh Rivan Achmad Purwantono

 

PT KAI Dalam Pimpinan Edi Sukmoro

Beberapa media lokal membeberkan informasi bahwa profil Edi Sukmoro merupakan wajah lama di BUMN.

Pria kelahiran Semarang ini menjabat sebagai Dirut KAI selama dua periode sejak tahun 2014 atau sejak Menteri BUMN Rini Soemarno.

Sosoknya dianggap sebagai figur yang melanjutkan pembenahan besar-besaran di tubuh KAI melanjutkan pendahulunya, Ignasius Jonan, yang kala itu didapuk menjadi Menteri Perhubungan.

Di bawah kepemimpinan Edi Sukmoro, PT KAI dikenal banyak mengadopsi teknologi di semua lini layanan dan operasionalnya.

Jika diantara kalian yang merasakan fasilitas koneksi internet wifi di kereta, itu merupakan salah satu hasil kerja PT KAI dalam kepemimpinan Edi Sukmoro.

“Jadi yang naik KA itu jangan lagi dianggap orang-orang yang tidak berteknologi, semua mereka ber-handphone. Tahu di Gambir ada Starbucks kan? Itu adalah penghasilan terbesar nomor dua di Indonesia setelah di Grand Indonesia (Jakarta) berarti perputaran duit tinggi,” Kata Edi mengutip dari Kumparan, Senin (11/05).

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Jejak Karir

Sebelum berkarir di KAI, Edi Sukmoro merupakan sarjana Teknik Sipil ITB yang sempat bekerja di PT PLN (Persero).

Di perusahaan setrum negara, Edi mengawali karirnya sebagai cost engineering hingga mencapai puncak karir sebagai Wakil Direktur Umum dan Manajemen di tahun 2009

Tepat pada tahun 2013, dirinya memutuskan berlabuh ke KAI sebagai Direktur Pengelolaan Aset Nonrailways.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Idris. 10 Mei 2020. Rekam Jejak Edi Sukmoro, Dirut KAI yang Dicopot Erick Thohir Kompas.com – https://bit.ly/35PBXvp
  • Michael Agustinus. 10 Mei 2020 Erick Thohir Berhentikan Edi Sukmoro dari Dirut KAI, Berikut Fakta-faktanya Kumparan.com – https://bit.ly/35M50jm

 

Sumber Gambar:

  • Mantan Dirut KAI 01 – https://bit.ly/2SUxyC2
  • Mantan Dirut KAI 02 – https://bit.ly/3bgMQHy