Siapa yang tidak mau mendengar kisah sukses Erick Thohir, seorang pengusaha yang berhasil mengakuisisi saham Inter Milan pada 2013 lalu?

Bagi pecinta sepak bola, mungkin menjadi cita-cita Anda untuk menduduki jabatan presiden klub bola favorit. Namun, rasanya cita-cita itu terlalu tinggi, begitukah? Erick Thohir berhasil mewujudkan cita-cita ini di tahun 2013 lalu.

Bagaimana ia dapat mencapainya? Simak artikel berikut untuk belajar dari pengalaman Erick Thohir.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kisah Sukses Erick Thohir

Menjadi pemilik saham terbesar sebuah klub sepak bola besar tentu saja bukan perkara mudah. Apalagi jika klub tersebut adalah klub yang berskala internasional.

Namun, hal itu menjadi mungkin dan dibuktikan langsung oleh salah seorang anak bangsa bernama Erick Thohir.

Belajar 7 Poin PENTING Dari Kisah Sukses Erick Thohir 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Sri Mulyani Indrawati, Menteri Terbaik Se-Asia Pasifik]

 

Beberapa tahun lalu, dia berhasil mengakuisisi saham Internazionale Milan. Tepatnya membeli sekitar 70 persen dari saham tersebut atau senilai 350 juta euro, setara dengan 5,3 triliun rupiah.

Atas keputusannya tersebut, banyak pihak yang mengangkat nama Erick Thohir dan menjadikannya berita di halaman depan. Sebagai anak bangsa, hal ini tentu saja ikut membuat nama Indonesia ikut terangkat.

Perjalanan Erick Thohir hingga bisa menjadi pemilik saham tertinggi klub sepak bola kelas dunia bukanlah sesuatu yang instan. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dengan berkaca kepada perjalanan Erick Thohir ini.

 

#1 Tidak Hanya Menikmati Kekayaan Orang Tua

Erick Thohir adalah anak dari Teddy Thohir, seorang pengusaha Astra Internasional Tbk.

Meskipun lahir dari orang tua yang kaya, Erick Thohir tidak memanfaatkan kekayaan tersebut dan hanya bermalas-malasan saja. Begitu juga dengan saudara-saudaranya yang lain.

Belajar 7 Poin PENTING Dari Kisah Sukses Erick Thohir 03 - Finansialku

[Baca Juga: Membangun Negeri Dari Inspirasi Dan Kisah Sukses BJ Habibie]

 

Setelah lulus kuliah pun, Erick sempat membantu bisnis keluarganya yang bergerak di bidang makanan.

Namun, salah satu hal yang menarik adalah ayah Erick sempat melarang Erick untuk melanjutkan bisnis keluarga dan malah menyuruhnya untuk menemukan kesuksesannya sendiri.

 

#2 Serius Dalam Pendidikan

Lahir di keluarga kaya, bisa dibilang kehidupan Anda sudah terjamin dengan baik. Karena itu, beberapa anak yang lahir di keluarga sering terlihat foya-foya dan bersantai di sekolah, atau bahkan tidak serius soal kuliah.

Namun, berbeda dengan yang dilakukan oleh Erick Thohir. Dibandingkan sekedar foya-foya dan menikmati masa sekolah dengan bersantai, Erick justru sangat serius dengan pendidikannya.

Ia mengambil jurusan periklanan di Glendale University, Amerika Serikat saat kuliah. Kemudian lanjut ke National University California untuk mengambil gelar master di jurusan Administrasi Bisnis.

 

#2 Ikuti Passion dengan Serius

Banyak hal dalam kehidupan bermula dari passion. Setiap orang pasti memiliki satu hal yang ia suka dan ia jadikan passion.

Begitu pula yang dilakukan oleh Erick Thohir. Ia menyukai media, hiburan, dan olahraga. Karena itu, bisnisnya pun tidak jauh dari 3 hal tersebut.

Belajar 7 Poin PENTING Dari Kisah Sukses Erick Thohir 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Selain mengikuti passion, Erick juga selalu serius dan totalitas dalam menjalankan usahanya ini.

Bahkan, pada saat bisnisnya guncang di tahun 2006, Erick rela menjual berbagai koleksi miliknya agar bisa menyelamatkan bisnis tersebut.

Investasi besar-besaran yang dilakukannya ini juga tidak jauh dengan hal tersebut. Di samping karena menyukai sepak bola, Erick juga meyakini bahwa pemasukan dari klub Inter Milan yang ia akuisisi ini juga akan sangat besar.

 

#3 Fokus

Hal penting lain yang perlu dilakukan untuk bisa sukses adalah dengan menjadi fokus, khususnya dalam hal bisnis dan tren terbaru.

Hal ini penting, karena sebagai pebisnis, Anda perlu memiliki kemampuan menyesuaikan diri dan juga kemampuan adaptasi terhadap perkembangan zaman.

Contohnya, pada masa dimana perkembangan informasi begitu baik, tentu saja internet menjadi salah satu senjata yang bisa menopang bisnis Anda.

Berangkat dari sini, pebisnis yang mampu memanfaatkan internet biasanya akan lebih sukses.

 

#4 Upgrade Kemampuan Diri

Menjadi seorang pebisnis, artinya Anda harus selalu belajar untuk meningkatkan kemampuan diri Anda. Jangan cepat puas dengan hasil yang Anda miliki.

Menurut Erick Thohir, perasaan cepat puas ini bisa membuat seseorang berada di titik kejatuhan.

Karena itu, saat menjalani sebuah bisnis, Anda harus menyadari bahwa apa yang Anda ketahui saat ini masih belum ada apa-apanya. Pandangan seperti ini akan membuat Anda tidak berhenti mencari dan belajar.

 

#5 Networking atau Membangun Jaringan

Salah satu hal penting yang dapat mengembangkan usaha adalah membuat jaringan atau networking. Ketatnya persaingan di dunia bisnis membuat Anda memerlukan jaringan yang kuat agar bisa terus berkembang.

Hal ini juga adalah hal yang dilakukan oleh Erick Thohir.

Keputusannya membeli saham Inter Milan tentu saja dimulai dengan memiliki kenalan di bidang tersebut. Melalui kenalannya inilah ia bisa berkenalan dengan Massimo Moratti sehingga bisa mengakuisisi saham klub sepak bola tersebut.

Tentu saja membangun jaringan bukanlah hal yang mudah. Namun, masih mungkin untuk dilakukan. Salah satu cara membangun jaringan adalah dengan bergabung dalam asosiasi pengusaha yang ada.

 

#6 Belajar Sambil Praktik

Untuk bisa meraih kesuksesan dalam bisnis, tentu saja tidak cukup jika hanya mempelajari teorinya saja. Anda perlu terjun langsung dan merasakan bagaimana rasanya menjalankan sebuah bisnis.

Kerugian bisa saja terjadi. Namun, Anda bisa menganggap hal tersebut sebagai salah satu bentuk pembelajaran di kemudian hari. Dengan begitu, bisnis Anda akan mulai tumbuh secara perlahan-lahan.

 

#7 Temukan Lingkungan yang Suportif

Salah satu faktor penentu kesuksesan yang dimiliki Erick Thohir adalah lingkungan yang ia miliki. Kesuksesan Erick Thohir tidak lepas dari peran keluarga dan para sahabatnya.

Erick menganggap bahwa teman-teman yang dimilikinya juga berperan serta dalam membangun kesuksesan yang sekarang ia miliki.

Erick memiliki 3 orang sahabat yang juga menjadi rekan usahanya, yaitu M. Lutfi, Wisnu Wardhana, dan Harry Zulnardy.

Belajar 7 Poin PENTING Dari Kisah Sukses Erick Thohir 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Sri Mulyani Indrawati, Menteri Terbaik Se-Asia Pasifik]

 

Erick mengatakan bahwa Lutfi adalah seorang tukang lobi yang bagus, Erick seorang pedagang yang handal, Wisnu seorang tukang kalkulasi yang bagus, dan Harry adalah seorang treasury yang baik.

Dengan kerja sama di antara mereka, sedikit demi sedikit, Erick mampu untuk mencapai kesuksesannya yang sekarang.

Karena itu, penting untuk menemukan teman atau partner yang suportif agar bisnis yang Anda miliki bisa semakin tumbuh dan berkembang.

 

Tidak Ada Kesuksesan Tanpa Pengorbanan

Nah, itulah 7 poin penting yang bisa Anda pelajari dari kisah sukses Erick Thohir.

Perlu disadari juga bahwa untuk bisa meraih kesuksesan, Anda perlu bersabar dengan segala proses yang dilalui. Karena tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cara yang instan.

Mulailah raih kesuksesan dengan mengatur keuangan Anda. Memiliki arus kas keuangan yang baik akan mendisiplinkan Anda guna hari depan nanti.

Ketika Anda terbiasa mengalokasikan dana untuk sebuah tujuan keuangan, usaha bisnis yang mungkin Anda cita-citakan bisa berjalan dengan baik, tentu saja dengan didukung oleh kemampuan intelektual Anda.

Penuhi kapasitas Anda dalam mengelola keuangan lewat buku #MakeAPlan and Get Your Financial Dreams Come True!

Sebuah buku yang dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan untuk mendapatkan cita-cita keuangan Anda. Milikilah buku ini jika Anda peduli dengan kondisi keuangan Anda.

Anda dapat memesannya dengan klik tombol di bawah ini.

 

Anda juga dapat men-download aplikasi Finansialku yang menjadi alat bantu pengaturan finansial Anda dengan gratis melalui Google Play Store dari smartphone Anda atau meng-klik banner di bawah ini.

Tidak hanya itu, dengan berlangganan akun Premium Finansialku, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi dengan Financial Planner Finansialku kapanpun Anda membutuhkannya.

Hanya dengan berinvestasi sebesar Rp350 ribu, Anda bisa menggunakan seluruh fitur yang ada di aplikasi Finansialku sebanyak yang Anda mau.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki Finansialku adalah Financial Health Check Up yang dapat memeriksa status kesehatan keuangan Anda.

Anda dapat menggunakan fitur ini dan segera mengonsultasikannya dengan Perencana Keuangan kami selama Anda memiliki akun Premium. Menarik bukan?

Hal yang lebih menarik lagi adalah Anda bisa mendapatkan potongan sebesar Rp50 ribu untuk memiliki akun Premium dengan menggunakan kode promo POTONG50RIBU.

Download sekarang dan berlangganan Premium untuk mendapatkan keuntungan ini!

 

Selain pembelajaran yang bisa diambil di atas, apalagi hal menarik yang bisa dipelajari dari seorang Erick Thohir?

Banyak orang yang membutuhkan motivasi seperti ini di luar sana. Mungkin salah satunya adalah sahabat Anda yang sedang menunggu Anda membagikan informasi ini.

Jadilah pendukung yang baik bagi rekan-rekan Anda dengan membagikan artikel informatif yang memotivasi ini. Selamat belajar dan berbagi!

 

Sumber Referensi:

  • Gerry Maulana Thiar. 2017. Kisah Erick Thohir: Nggak Pernah Malas Walau Orangtua Kaya. Pilih Mandiri untuk Kesuksesan Sendiri. Hipwee.com – http://bit.ly/2MLwU8r
  • Aulia Akbar. 6 Juni 2018. Kata Erick Thohir, Wajib Punya 4 Kualitas Ini Kalau Mau Sukses Berbisnis. Moneysmart.id – http://bit.ly/2PmLMMy
  • 8 September 2018. Kisah Keluarga Erick Thohir, Pernah Hidup Miskin, Tinggal di Rumah Bilik dan Beralaskan Tanah. Bangka.tribunnews.com – http://bit.ly/30Mfwnr
  • Kisah Sukses Erick Thohir, Anak Bangsa Yang Menjadi Bos Inter Milan. Umkmjogja.com – http://bit.ly/30MknVF

 

Sumber Gambar:

  • Erick Thohir 01 – http://bit.ly/2ZzcPbh
  • Erick Thohir 02 – http://bit.ly/32lAOsx
  • Erick Thohir 03 – http://bit.ly/32jR8dh
  • Erick Thohir 04 – http://bit.ly/2LblxVi
  • Erick Thohir 05 – http://bit.ly/32iFPSi

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG