Kisah sukses BJ Habibie: Sebagai putera bangsa, BJ Habibie mendedikasikan kepintarannya untuk membangun Tanah Air.

Dapatkan inspirasi dari kegigihannya menimba ilmu di luar negeri demi membangun Ibu Pertiwi. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dikenal dengan BJ Habibie, (lahir 25 Juni 1936, Parepare, Indonesia) adalah seorang  insinyur pesawat terbang dan politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai presiden pada tahun 1998 hingga 1999.

BJ Habibie juga dikenal sebagai pemimpin dalam pengembangan teknologi dan ekonomi Indonesia pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

 

Cemerlang dalam sains dan matematika sejak kecil, BJ Habibie menerima pendidikan postsecondary-nya di Institut Teknologi Bandung, Indonesia, dan melanjutkan studinya di Institut Teknologi Rhine-Westphalia Utara di Aachen, Jerman Barat.

Setelah lulus pada tahun 1960, ia tetap di Jerman Barat sebagai peneliti aeronautika dan supervisor produksi.

 

Masa Kecil BJ Habibie

BJ Habibie atau yang mempunyai nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan anak ke empat dari delapan bersaudara dari orang tua yang bernama Alwi Abdul Jalil Habibie (Ayah) dan Raden Ajeng Tuti Marini Puspowordjojo (Ibu).

Sang ayah adalah seorang ahli pertanian yang berasal dari Gorontalo berdarah Bugis, dan ibunya beretnis Jawa, anak dari spesialis mata di Yogyakarta yang bernama Puspowardjojo.

BJ Habibie diketahui tumbuh dalam keluarga yang religious. Alwi Abdul Jalil, ayahnya tak pernah absen untuk membacakan ayat suci Al-qur’an setiap hari di rumah.

Ketika sang ayah membacakan ayat Al-qur’an kepada keluarganya, terutama di hadapan BJ Habibie, ia mengaku selalu merasa tenang.

Setiap harinya, sang ayah biasa membacakan satu hingga dua juz. Karena kebiasaan positif yang sudah ditularkan ayahnya itu, BJ Habibie dapat membaca Al-qur’an dengan fasih pada usia 3 tahun.

BJ Habibie juga senang membaca dan olahraga menunggang kuda. Tak heran ia menjadi anak yang pintar sejak ia berada di sekolah dasar.

Di usianya yang ke-14 tahun, ia harus rela kehilangan sang ayah karena serangan jantung ketika mereka sedang mengadakan shalat Isya pada tanggal 3 September 1950.

Kepergian sang ayah membuat sang ibu menjual rumah dan kendaraan mereka dan memutuskan untuk pindah ke Bandung bersama anak-anak, termasuk BJ Habibie.

Di Bandung, BJ Habibie melanjutkan studinya di Gouverments Middlebare School. Ia menunjukkan prestasinya yang luar biasa dan menjadi murid teladan di sekolah tersebut.

Membangun Negeri Dari Inspirasi Dan Kisah Sukses BJ Habibie 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Tahukah kamu bahwa kamu bisa memulai sebuah investasi melalui Reksa Dana hanya dengan modal sebesar Rp100 ribu?

Jika kamu belum tahu informasi ini dan ingin mengetahui prosedur serta tata cara berinvestasi Reksa Dana, segera unduh e-book di bawah ini secara gratis.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

Masa Kuliah BJ Habibie

Sebagai siswa yang cerdas, BJ Habibie melanjutkan studinya ke ITB (Institute Teknologi Bandung) setelah lulus SMA pada tahun 1954 – saat itu ITB masih bernama Universitas Indonesia Bandung.

Pada saat itu, BJ Habibie masuk jurusan Teknik Mesin di fakultas Teknik. Tapi setelah beberapa bulan menimba ilmu di ITB, BJ Habibie mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jerman.

Dalam jangka waktu 10 tahun, antara 1955 hingga 1965, BJ Habibie memfokuskan diri untuk spesialisasi konstruksi pesawat terbang di di Rhein Westfalen Aachen Technisce Hochschule (RWTH).

Beasiswa yang ia dapatkan merupakan program yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Soeharto untuk membiayai ratusan siswa berkompetensi Indonesia agar dapat belajar di luar negeri.

Membangun Negeri Dari Inspirasi Dan Kisah Sukses BJ Habibie 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Robert Louis Stevenson: Simpan Ketakutan Anda Pada Diri Anda Sendiri]

 

Kuliah di luar negeri adalah sebuah perjuangan bagi BJ Habibie. Di masa liburan pun, ia mengisinya dengan mencari uang, ujian, dan juga mencari buku-buku yang ia perlukan untuk kuliahnya.

Memasuki penghujung masa liburan, ia mengesampingkan kegiatan lain dan hanya berfokus pada kegiatan belajarnya.

Berkat kerja keras dan perjuangannya menimba ilmu, BJ Habibie mendapatkan gelar Ing (predikat Cumlaude – sempurna, dengan perolehan nilai rata – rata 9,5) dari Technische Hochschule Jerman pada tahun 1960.

Setelah mendapatkan gelar insinyur, BJ Habibie bekerja di sebuah industri kereta api Firma Talbot di Jerman.

Sebagai pekerja di perusahaan tersebut, BJ Habibie dapat memecahkan berbagai permasalahan di dalam perusahaan tersebut, salah satunya kebutuhan sebuah wagon untuk mengangkut berbagai barang ringan yang memiliki volume besar.

Ia menggunakan aplikasi dari setiap prinsip konstruksi sayap pesawat terbang dalam menyelesaikan setiap masalah tersebut.

Belum puas dengan gelar yang ia dapatkan, BJ Habibie kembali menggali ilmu dengan meraih gelar doktor di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachen.

Gelar Doktor dengan predikat Summa Cumlaude tersebut didapatkannya pada tahun 1965 dengan nilai rata-rata 10.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Bagi Anda para pebisnis, agar tidak kelimpungan dalam mengatur keuangan bisnis pribadi, segera pisahkan laporan keuangan pribadi dengan laporan keuangan bisnis Anda melalui ebook gratis dari Finansialku yang berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis.

 

Kehidupan Keluarga BJ Habibie

BJ Habibie atau yang biasa dipanggil Rudy oleh teman temannya semasa pendidikan di Jerman, menikahi seorang wanita bernama Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962.

Ia membawa sang istri untuk hidup di Jerman, bersama dengan kedua anaknya yang bernama Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Di Jerman, ia rela untuk berjalan kaki saat bekerja demi menghemat pengeluaran. Demikian juga sang istri, Ibu Hasri Ainun Besari rela mengantre di tempat pencucian umum.

Membangun Negeri Dari Inspirasi Dan Kisah Sukses BJ Habibie 04 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Segera tambah perbendaharaan pengetahuanmu dalam berinvestasi dengan mengoleksi Ebook Panduan Berinvestasi dari Finansialku yang dapat diunduh secara gratis berikut ini:

 

Peran Serta BJ Habibie dalam Pemerintahan Soeharto

Soeharto mengambil alih kekuasaan sebagai presiden kedua Indonesia pada tahun 1966, dan pada tahun 1974 ia meminta BJ Habibie — yang telah dikenalnya selama 25 tahun — untuk kembali ke Indonesia guna membantu pembangunan industri semakin maju.

Suharto meyakinkannya bahwa ia dapat melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu. Awalnya BJ Habibie ditugaskan untuk perusahaan minyak negara – Pertamina.

BJ Habibie menjadi penasihat pemerintah dan kepala perusahaan kedirgantaraan pada tahun 1976. Dua tahun kemudian ia menjadi menteri riset dan kepala Badan Evaluasi dan Aplikasi Teknologi.

Dalam peran ini, BJ Habibie mengawasi sejumlah usaha yang melibatkan produksi dan transportasi mesin berat, baja, peralatan elektronik dan telekomunikasi, termasuk senjata dan amunisi.

Habibie percaya bahwa perusahaan yang ia pimpin pada akhirnya akan menelurkan usaha teknologi tinggi di sektor swasta dan memungkinkan negara Indonesia dapat naik tangga kesuksesan di bidang teknologi.

Pada tahun 1993, BJ Habibie meluncurkan pesawat terbang pertama buatan Indonesia, dimana ia sendiri membantu dalam pembuatan desainnya yang diberi nama pesawat N250 Gatot Kaca.   

Pada tahun berikutnya ia juga meluncurkan rencana untuk memperbarui lebih dari tiga lusin kapal yang dibeli dari bekas angkatan laut Jerman Timur atas inisiatifnya sendiri.

Membangun Negeri Dari Inspirasi Dan Kisah Sukses BJ Habibie 05 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Kementerian Keuangan menolak keras upaya tersebut, sementara angkatan bersenjata berpikir bahwa wilayahnya telah dilanggar. Meskipun demikian, BJ Habibie mendapat dana lebih dari USD$ 400 juta untuk perbaikan kapal bekas tersebut.

Pesawat rancangan BJ Habibie selama 5 tahun merupakan pesawat satu satunya di dunia yang menggunakan teknologi Fly By Wire.

Teknologi pengembangan pesawat tersebut membuatnya dapat terbang tanpa guncangan berlebihan. Oleh sebab itu, teknologi tersebut merupakan teknologi terdepan dan canggih pada masa itu.

Pada saat itu, Presiden Soeharto menghentikan industri PT IPTN karena alasan krisis moneter yang berdampak pada penutupan proyek pesawat terbang rancangan BJ Habibie.

Padahal pesawat N250 Gatot Kaca sedang mencapai masa kejayaannya dan sedikit lagi mendapatkan sertifikasi dari Federal Aviation Administration.

Kala itu, PT IPTN telah membangun pabrik di Eropa dan juga Amerika, namun akibat krisis moneter, pembangunan harus terhenti dan sebanyak 16.000 karyawan harus kehilangan pekerjaan

Sementara itu, pada tahun 1990, BJ Habibie diangkat sebagai kepala Asosiasi Intelektual Muslim Indonesia, dan selama pemilihan dewan pusat tahun 1993 dari partai yang berkuasa di negara itu (Golkar), ia membantu anak-anak dan sekutu Presiden Suharto naik ke posisi teratas yang didukung oleh kekuatan militer.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

Optimiskah kamu bahwa kamu mampu memiliki kesempatan memiliki kebebasan secara finansial? Mulailah berpikiran positif bahwa kamu mampu meraihnya dengan cara mengatur keuanganmu dengan baik dari sekarang dengan Panduan Perencanaan Keuangan dari Finansialku yang dapat diunduh secara gratis berikut ini:

 

Kepemimpinan BJ Habibie Sebagai Presiden

Pada akhir 1990-an, Habibie dipandang sebagai salah satu dari beberapa kemungkinan calon pengganti Suharto.

Pada bulan Maret 1998, Soeharto mengangkat Habibie sebagai wakil presiden, dan dua bulan kemudian, setelah terjadinya bentrokan serta aksi massa berskala besar di Jakarta, Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya.

BJ Habibie yang saat itu didorong untuk menjadi pemimpin nomor satu pengganti Soeharto, segera mulai menerapkan reformasi besar.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses]

 

Dia menunjuk kabinet baru dan melakukan beberapa langkah strategis seperti, memecat putri sulung Suharto sebagai menteri urusan sosial serta teman lamanya sebagai menteri perdagangan dan industri, menunjuk sebuah komite untuk menyusun undang-undang politik yang tidak terlalu membatasi

Kemudian mengizinkan kebebasan pers, pengaturan terhadap pemilihan parlemen dan presiden secara bebas di tahun berikutnya dan menyetujui batas masa jabatan presiden (dua masa jabatan lima tahun).

BJ Habibie juga memberikan amnesti kepada lebih dari 100 tahanan politik.

Pada tahun 1999 Habibie mengumumkan bahwa Timor Timur, bekas jajahan Portugis yang telah direbut oleh Indonesia pada tahun 1975, dapat memilih antara otonomi khusus dan kemerdekaan, dimana akhirnya wilayah itu memilih untuk kemerdekaan dan membebaskan diri dari Indonesia.

Lepasnya wilayah Timor Timur dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) membuat salah satu alasan mengapa BJ Habibie lengser dari kursi pemerintahan.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 04 - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Miliki segera panduan merencanakan keuangan melalui E-Book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30-an dari Finansialku yang dapat Anda unduh secara gratis.

Manfaatkan juga Aplikasi Finansalku yang memudahkan Anda dalam mencatat keuangan harian hanya dengan telepon pintar Anda.

Meskipun hanya 1,5 tahun beliau menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Habibie tetap berusaha untuk mengembalikan kondisi negara.

Beberapa keputusan yang diambil BJ Habibie pada masa itu adalah lahirnya UU tentang otonomi daerah. Kemudian beliau memberi kebebasan rakyat untuk beraspirasi sehingga Indonesia dapat membuat berbagai partai politik yang baru.

Kebijakan BJ Habibie lainnya antara lain, mata uang Indonesia dapat ditekan dari 15 ribu rupiah per dolar menjadi dibawah 10 ribu. BJ Habibie juga mampu melikuidasi bank yang bermasalah pada masa itu.

Indonesia mengadakan pemilihan umum dengan bebas (yang pertama sejak 1955) pada bulan Juni, seperti yang dijanjikan.

Di akhir tahun tersebut, BJ Habibie mencalonkan diri sebagai presiden, tetapi ia mencabut pencalonannya sesaat sebelum pemilihan di bulan Oktober, yang membuat kemenangan terjadi di pihak Abdurrahman Wahid.

Setelah Presiden Abdurrahman Wahid menjabat, BJ Habibie memutuskan untuk keluar dari dunia politik, meskipun pada tahun 2000 ia mendirikan Habibie Center, sebuah lembaga penelitian politik.

Setelah lengser dari jabatan Presidennya, BJ Habibie kembali bermukim di Jerman.                    

Kisah hidup dan perjalanan cintanya dengan sang istri sempat diabadikan dalam sebuah film dan menjadi sebuah inspirasi bagi para kawula muda.

 

Itulah kisah sukses BJ Habibie sebagai seorang putera bangsa yang bekerja keras menimba ilmu di negeri asing dan membawa kecerdasan yang beliau miliki untuk membangun negeri.

Tuliskan inspirasi sukses yang kamu dapatkan dari kisah sukses BJ Habibie melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Rendra Saputra. 27 Agustus 2017. Biografi BJ Habibie, Sang Presiden Ahli Pesawat Terbang yang Visioner (INFOGRAFIS). Akupaham.com – https://bit.ly/2JHozyM
  • Your Dictionary. Bacharuddin Jusuf Habibie Facts. yourdictionary.com – https://bit.ly/2XH8fb3
  • Tiki Toki. The Biography of B.J. Habibie. tiki-toki.com – https://bit.ly/2JzmVjO
  • Roma Decade. Biografi BJ Habibie. Romadecade.org – https://bit.ly/2LWKSmA
  • Kepo Gaul. Biografi & Profil BJ Habibie. Kepogaul.com – https://bit.ly/2XHfiR0
  • Viva. Bacharuddin Jusuf Habibie. Viva.co.id – https://bit.ly/2Y5W7jd
  • Biografi Tokoh. Biografi Presiden B.J. Habibie. https://bit.ly/2OcQUm7
  • Encyclopædia Britannica. J. Habibie – President Of Indonesia. Britannica.com – https://bit.ly/2v3q9U8

 

Sumber Gambar:

  • BJ Habibie 01 – http://bit.ly/33amHqT
  • BJ Habibie 02 – http://bit.ly/2YnuCCs
  • BJ Habibie 03 – http://bit.ly/31c4qI7
  • BJ Habibie 04 – http://bit.ly/2MCMceO
  • BJ Habibie 05 – http://bit.ly/31flVat