Yuk teladani etos kerja orang Korea yang bikin mata dunia kagum, dan bisa kamu tiru untuk menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya!

Baca selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Etos Kerja Orang Korea Selatan, Beda Dengan Budaya Kerja di Indonesia

Enggak nyangka, lho, negeri Korea Selatan ternyata dulunya termasuk negara termiskin, yang hanya mengandalkan sumber daya pertanian untuk mempertahankan kestabilan perekonomian mereka.

Bahkan, perang saudara yang sempat kemelut di negeri ginseng ini pun hampir membuat Korea Selatan hancur.

Dibuat Kagum! 7+ Etos Kerja ala Orang Korea Selatan, Mantapp! - 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Tetapi, berkat kegigihan dan etos kerja para warganya, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang diacungi jempol di kancah internasional karena keunggulan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang teknologinya.

Berikut ini beberapa etos kerja orang Korea Selatan yang bisa jadi inspirasi kita untuk menjadi insan yang semakin profesional dan meningkatkan taraf perekonomian bangsa.

 

#1 Disiplin & Tepat Waktu

Disiplin dan tepat waktu memang melekat pada warga Korea Selatan. Para pekerja Korea Selatan memang menjunjung tinggi kedisiplinan dan menghargai waktu kerja dan mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka. 

Keterlambatan tidak bisa mereka toleransi karena itu artinya tidak menghargai orang lain. Itulah sebabnya, jika mereka ada janji sekalipun di luar kantor atau urusan yang tidak formal, mereka akan menepati janji

Miliki perencanaan keuangan sejak dini sesuai usia Anda dengan mengunduh E-Book GRATIS Panduan Perencanaan Keuangan sesuai Usia berikut ini:

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#2 Kerja Cepat & Penuh Tanggung Jawab

Ritme kerja yang cepat dan tetap bertanggung jawab memberikan hasil yang terbaik adalah etos kerja yang kental di dalam diri orang Korea Selatan.

Etos kerja ini membawa Korea Selatan menjadi negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata di mata dunia.

Orang-orang Korea Selatan memang mendidik anak-anaknya untuk bisa melakukan pekerjaan dan juga belajar dengan cepat.

Dalam menyelesaikan pekerjaan dan menghadapi target, mereka memiliki prinsip “time is running out”.

Mereka selalu membuat target kerja dengan kurun waktu tertentu untuk memacu mereka agar dapat fokus dalam penyelesaian tugas dan pekerjaan yang harus mereka selesaikan.

Efisiensi waktu menjadi yang utama dalam hal ini sehingga tidak ada kata waktu terbuang percuma.

 

#3 Fokus Kerja

Orang Korea Selatan itu terkenal dengan fokusnya dalam bekerja.

Kerja ya kerja, enggak ada kata main-main, gosip atau ghibah-in orang. Selama waktu bekerja, mereka hanya melakukan pekerjaan mereka, bukan pekerjaan lain diluar yang harus mereka kerjakan saat itu.

Selama bekerja, eggak akan pernah mereka buka-buka media sosial pribadi atau stalking akun orang lain, kerjaan remeh yang bakal menyita waktu mereka yang produktif.

Jauh berbeda dengan budaya kerja di Indonesia, ‘kan?

Dibuat Kagum! 7+ Etos Kerja ala Orang Korea Selatan, Mantapp! - 03 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Dari Sekarang! 10 Tips Agar Anda Menjadi Kandidat Promosi Jabatan]

 

#4 Tidak Mudah Tersinggung

Bekerja secara profesional tak menutup kemungkinan mendapatkan kritikan pedas entah dari atasan atau dari pelanggan.

Apalagi banyak perusahaan di Korea Selatan menetapkan standar kinerja yang tinggi bagi para karyawannya.

Jika salah, maka tak urung semua yang ada di pikiran tentang kesalahan itu akan diutarakan tanpa basa-basi.

Tapi uniknya mereka akan menerima kesalahan mereka dengan lapang dan menariknya, mereka tidak mudah tersinggung alias baperan. Mencari-cari alasan hanya malah akan menambah kesalahan.

Itulah sebabnya mereka dengan segera akan berusaha memperbaiki kesalahan mereka namun tetap menerima apa yang menjadi kritikan yang disampaikan kepada mereka tanpa ada rasa tersinggung.

Setiap teguran yang diterima justru menjadi sebuah pemacu untuk mereka dapat memberikan layanan dan kinerja yang semakin profesional.

Teguran, saran dan kritikan dijadikan dorongan untuk maju semakin lebih baik.

 

#5 On Time, Enggak Ngaret, & No Excuse

Karena disiplin yang tinggi, jam karet udah enggak akan pernah ditoleransi. Makanya, enggak ada, tuh yang namanya terlambat dan berbagai alasan untuk membenarkan diri.

Mereka berprinsip, jika bisa dikerjakan sekarang, kenapa harus nanti? Menunda pekerjaan tidak ada dalam kosakata etos kerja mereka.

Pekerjaan yang bisa dilakukan sekarang atau dibereskan hari ini yang sebaiknya dilakukan agar tidak menumpuk dan malah terbengkalai.

Ini yang mempengaruhi performa kinerja para karyawan di Korea Selatan menjadi lebih produktif dan patut diacungi jempol.

 

#6 Sopan Pada Atasan

Meski menjadi bawahan dan pernah mendapat “teriakan” alias teguran, para karyawan di Korea Selatan menjunjung tinggi asas kesopanan kepada atasan.

Tak jarang jika ada yang salah, atasan bisa-bisa berteriak di depan umum dan memarahi karyawannya yang berbuat salah sehingga banyak orang yang akan memperhatikan.

Dibuat Kagum! 7+ Etos Kerja ala Orang Korea Selatan, Mantapp! - 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Namun, ini adalah sebuah strategi untuk memberikan efek jera. Meskipun demikian, para bawahan tetap patuh dan menghormati atasan.

Apabila di kantor hubungan antara atasan dan bawahan begitu kental, demikian juga ketika berada di luar kantor.

Ketika diadakan makan bersama di restoran atau kedai minuman, para bawahan akan tetap menunjukkan rasa hormat mereka kepada atasan.

 

#7 Kejujuran

Kejujuran adalah salah satu modal utama seorang karyawan dapat dipercaya. Umumnya, orang-orang Korea Selatan itu adalah orang yang jujur.

Hal ini nampak dari kebiasaan mereka jika menemukan sebuah barang atau benda berharga yang terjatuh seperti dompet, mereka akan segera memberikannya kepada yang berwajib.

Hal ini pun terjadi di kantor dan perusahaan. Mereka akan jujur kepada jam kerja mereka sendiri, termasuk tidak suka korupsi uang atau manipulasi data.

Kejujuran adalah etos kerja yang dijunjung tinggi oleh Orang Korea Selatan.

 

Dalam membangun bangsanya, orang Korea Selatan termasuk bersemangat dan memiliki etos kerja tinggi.

Inspirasi apa yang bisa kita dapatkan dari etos kerja orang Korea Selatan di atas? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan artikel di atas atau artikel-artikel Finansialku lainnya kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Butuh konsultasi untuk merencanakan keuangan pribadi? Konsultasi Gratis saja dengan ahlinya Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Dwita Apriliani. 1 Desember 2018. Menurut Data, Pekerja Paling Keras di Bumi Ini Ternyata Orang Korea Selatan. Lo Bukan Jepang Ya? Hipwee.om – https://bit.ly/3eTlWHJ
  • Rivandi Pranandita Putra. 26 November 2019. Biar Sukses, 7 Budaya Kerja Orang Korea Selatan Ini Bisa Kamu Teladani. https://bit.ly/39p4JVs
  • Admin, 10 September 2016. Budaya Kerja Korea. Kompasiana.com – https://bit.ly/2WNkjoE
  • Margaret Puspitarini. 9 Juni 2011. Meniru Etos Kerja Keras Orang Korea. News.okezone.com – https://bit.ly/2OOrIzE
  • Irwan Khoiruddin. 8 April 2015. 5 Budaya kerja orang Korea yang patut ditiru. Brilio.net – https://bit.ly/3fTLfdN

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 – https://bit.ly/3hARYJZ
  • Gambar 2 – https://bit.ly/39vklXl
  • Gambar 3 – https://bit.ly/3f2XF20
  • Gambar 4 – https://bit.ly/2ZVOtbl