Sebelum berangkat, ketahui dulu fakta belajar di luar negeri yang mungkin belum Anda ketahui. Untuk persiapan saat tiba di negeri orang.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Fakta Menarik Belajar di Luar Negeri

Belajar di luar negeri terdengar menarik sekaligus mengerikan. Bayangkan jika Anda harus menghabiskan waktu bertahun-tahun sendiri tanpa keluarga dan tanpa orang yang dikenal.

Namun nyatanya, tidak sedikit yang malah menjadi betah belajar atau sekolah di luar negeri. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa fakta menarik yang sebenarnya dapat Anda rasakan jika belajar di luar negeri.

 

#1 Anda akan Menjadi Murid Internasional

Tentu karena Anda bukan dari negara destinasi, maka Anda disebut sebagai murid internasional. Tapi tidak hanya sampai di situ, Anda akan menjadi lebih menarik dibandingkan murid lainnya.

Seperti contohnya jika ada murid asing di sekolah Anda, pasti mereka akan jadi lebih menarik dibandingkan teman lokal Anda bukan?

Mau Lanjut S2 Ini Contoh Surat Rekomendasi Kuliah yang Benar dan Tepat! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa Mau Belajar Saham? Yuk Kenalan Dengan Saham!]

 

Hal tersebut juga akan dirasakan oleh murid di sana. Akan ada yang berusaha mengajak Anda mengobrol dengan bahasa Indonesia, sementara Anda juga dapat belajar bahasa mereka.

Mereka pun pasti ingin mengenal budaya Anda dan Anda pun dapat belajar budaya mereka. Seru bukan?

 

#2 Anda akan Lebih Percaya Diri

Malu di negeri orang hanya akan merugikan diri sendiri. Bayangkan jika Anda ingin naik transportasi umum, namun Anda malu bertanya. Selain nyasar, jangan-jangan Anda tidak dapat kembali.

Dengan belajar di luar negeri, Anda akan meningkatkan kepercayaan diri dan menjadi lebih berani untuk bereksplorasi. Mencoba makanan baru, traveling ke tempat baru atau bertemu dengan orang baru.

 

#3 Belajar di Luar Negeri Tidak Mahal

Fakta ini sering digantikan dengan mitos bahwa belajar ke luar negeri identik dengan biaya setinggi langit.

Layaknya di Indonesia, sebuah perguruan tinggi atau sekolah akan memiliki biaya yang berbeda tergantung pada fasilitas yang ditawarkan. Semakin lengkap fasilitasnya, semakin mahal pula biayanya. Di luar negeri juga sama.

Gak Perlu Kuatir Gaes, Ini Cara Menabung Beli Laptop Untuk Kuliahmu 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Passive income Mahasiswa Ini Buat Cash Flow Mahasiswa Sehat]

 

Oleh karena itu, biaya sangat bergantung pada kelihaian Anda memilih sekolah. Selain itu, banyak negara asing yang malah menggratiskan biaya akademis karena pentingnya pendidikan untuk negara tersebut.

Ada pula yang menawarkan beragam beasiswa untuk murid. Dengan pintar memanfaatkan kesempatan seperti di atas, pendapat bahwa biaya sekolah di luar negeri itu dapat dijauhkan.

 

#4 Anda Tidak Akan Sendiri

Jangan mengira dengan belajar ke luar negeri berarti Anda akan sendirian. Dengan berkembangnya globalisasi, tidak sulit mencari teman yang sekampung dengan Anda. Anda dapat mencari informasi mengenai komunitas murid internasional di sekolah Anda.

Atau komunitas warga ekspatriat di negara tujuan Anda. Selain bertemu dengan orang baru, Anda pun dapat bertukar informasi mengenai cara beradaptasi yang baik dan pastinya komunitas tersebut akan membuat Anda lebih tidak ‘homesick’.

 

#5 Anda Dapat Mencari Penghasilan Tambahan

Di luar negeri contohnya di AS dan Australia, banyak pelajar yang berusaha mencari penghasilan tambahan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Pilihannya pun sangat beragam, Anda dapat menjadi kasir supermarket, pelayan restoran, guru les, penjaga anak dan masih banyak lagi.

Karena nilai tukar yang cukup tinggi, jika dihitung, dengan bekerja kurang lebih 5 jam sehari, Anda sudah dapat makan dan tinggal gratis di luar negeri. Bahkan jika lebih rajin lagi, uang sekolah Anda dapat Anda bayar dengan penghasilan ekstra tersebut.

 

#6 Anda Akan Mudah Menemukan Inspirasi

Tahukah Anda bahwa banyak pelajar Indonesia yang telah belajar ke luar negeri, kembali membawa budaya negara tersebut dan sukses menjualnya?

Misalnya, minuman bubble yang sering Anda konsumsi sebenarnya berasal dari Taiwan dan China.

Segudang ide yang didapatkan di luar negeri tersebut sangatlah berharga dan dapat meningkatkan finansial serta kontribusi Anda untuk masyarakat.

Gak Perlu Kuatir Gaes, Ini Cara Menabung Beli Laptop Untuk Kuliahmu 02 Laptop untuk Kuliah 2 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Fakta Penting Dalam Menyiapkan Biaya Pendidikan Kuliah di Luar Negeri]

 

Tidak heran banyak pelajar Indonesia yang tidak hanya membawa budaya orang ke dalam tetapi memperkenalkan budaya Indonesia ke mata asing.

Tidak hanya akademis, Anda pun akan lebih berkembang dari sisi pengetahuan budaya yang siapa tahu nantinya akan membantu masa depan Anda. Dapat dibilang bahwa dengan belajar di luar negeri, Anda akan lebih mudah untuk menginspirasi dan terinspirasi.


 

#7 Lebih Mudah Membangun Karier

Pelajar asing akan mendapatkan kemudahan dalam membangun karier mereka, alasannya materi yang dimiliki biasanya lebih kuat. Mereka memiliki pembentukan karakter yang lebih menonjol, kemampuan linguistik yang lebih baik dan kemampuan adaptasi yang lebih superior.

Namun bukan berarti semua orang yang belajar di luar negeri pasti memiliki seluruh aspek tersebut. Pintarnya murid dalam memanfaatkan kesempatan sangatlah berpengaruh. Untuk itu, selalu maksimalkan waktu Anda ketika Anda belajar di luar negeri.

 

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk belajar ke luar negeri? Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nurmianti N. 15 Maret 2016. 5 Fakta Mengapa Kuliah Di Luar Negeri Membuatmu Lebih Kreatif. Hotcourses.co.id – https://bit.ly/2MLkETt