Para mahasiswa, ingin keuangan sehat? Yuk dapatkan passive income mahasiswa yang tepat, agar cashflow kalian sehat.

Apa yang biasa dilakukan mahasiswa? Kuliah, rapat organisasi, main, belajar, kerjain tugas, terus apalagi? Kuliah gak cuman soal belajar yaa tapi harus diimbangi dengan berorganisasi juga. Mengembangkan diri diluar itu bagus untuk karir kamu kedepannya loh!

Tapi ada yang lebih penting lagi selain itu semua yaitu melakukan kegiatan yang nantinya bisa menghasilkan passive income. Bagaimana caranya? Penasaran?

Yuk simak ulasannya dalam artikel finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa itu Passive income?

Banyak orang bilang kalau ciri kesuksesan seseorang adalah dengan memiliki passive income. Setuju gak? Kalau penghasilan yang kamu dapat sekarang hanya dari ketika kamu mengerjakan sesuatu, itu tandanya kamu tergolong belum aman.

Katanya, orang yang memiliki bisnis itu bisa disebut passive income. Apakah pernyataan tersebut benar? Sebelum kamu mencari passive income kamu sendiri, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu passive income.

Cicilan Ringan Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Begini Caranya Mendapatkan Passive Income Dengan Modal Kecil]

 

Passive income adalah penghasilan yang akan mengalir dengan sendirinya ke rekening kamu tanpa harus mengerjakan sesuatu. Jadi, meskipun duduk santai, tidur-tiduran dirumah, bahkan ketika kamu tidur pada malam hari pun dompet tetap terisi.

Di era yang serba menggunakan internet, sebenarnya kamu bisa menangkap peluang untuk menghasilkan passive income. Sehingga tidak terus menerus bergantung pada gaji bulanan.

Passive income bisa diartikan sebagai pendapatan yang diperoleh seseorang secara terus menerus akibat satu kali kerja atau satu kali tindakan.  Passive income dapat diperoleh tanpa ikut menjalankan bisnis. Sudah dapat poinnya?

Jika kamu sudah paham tentang passive income, mari kita bahas apa aja sih keuntungan dari Passive income tersebut?

 

Apa Saja Keuntungan Dari Passive income?

Berikut ini keuntungan dari passive income yang bisa kamu dapatkan:

 

#1 Passive Income Menawarkan Kebebasan Waktu

Apa yang dimaksud dengan menawarkan kebebasan waktu? Waktu adalah sesuatu yang paling berharga untuk kita, terlebih untuk mahasiswa dengan kehidupan kampusnya, seperti tugas, laporan, nongkrong, ngopi santai, dan organisasi.

Tanpa memerlukan usaha yang ekstra dan alokasi waktu, kita bisa mendapatkan penghasilan rutin dari Passive income.

Mahasiswa Wajib Investasi Demi Masa Depan Gemilang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati Guys! Bokek Bisa Melanda Kamu! Kenali Latte Factor untuk Mahasiswa]

 

#2 Passive Income Menawarkan Passion Dalam Hidup

Adakah diantara kalian yang merasa tidak punya passion? Sebenarnya, kita semua memiliki Passion dalam hal yang ingin kita lakukan lho.

Namun, semakin beranjak dewasa, passion jadi sesuatu yang dikesampingkan, karena ada yang lebih penting yaitu uang. Setuju?

Jika selama ini kita melakukan sesuatu bukan karena passion, mungkin itu tidak menyenangkan bagi kita. Nah dari Passive income yang sesuai dengan passion, kita bisa bekerja dengan senang hati dan mendapatkan pendapatan yang tinggi

 

#3 Passive Income Menjadi Jaminan Masa Depan dan Masa Tua

Bayangkan, saat kita kuliah selama 4 tahun dan sudah punya penghasilan. Setelah lulus, tidak perlu susah payah mencari pekerjaan karena dari ide-ide passive income ini kita bahkan bisa membuat usaha atau bisnis sendiri.

Ini juga bisa menjadi investasi kita di masa yang akan datang. Dengan passive income ini juga bisa menjadi jaminan hari tua kamu ketika kamu sudah tidak bisa produktif lagi. Bagaimana, sangat menarik bukan?

 

Cara Mendapatkan Passive Income Mahasiswa

Berikut ini cara mendapatkan passive income mahasiswa yang bisa kamu coba:

 

#1 Membangun Website atau Blog Sendiri

Jika kamu suka menulis, kamu bisa membuat blog atau website sendiri. Dari website ini kamu bisa jadikan wadah tempat para pengiklan untuk mengiklankan produknya. 

Sistem Pendapatan tergantung dari sistem mana yang kamu ikuti. Jenis periklanan yang paling populer adalah Iklan PPC atau Pay-Per Click

Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Bertahan Hidup Ala Mahasiswa Perantau yang Wajib Kamu Tiru]

 

Pay-per Click adalah model menghasilkan uang berdasarkan setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap iklan yang dipasang di website/blog. Penyedia iklan PPC terpopuler adalah Google Adsense.  

Google Adsense akan membayar kamu dengan mengacu pada jumlah tampilan iklan dan jumlah klik yang dianggap sah oleh penyedia PPC.

 

#2 Membangun Sebuah Channel Youtube

Membangun sebuah Channel Youtube adalah sesuatu yang sangat menguntungkan. Konten yang dibuat bisa bermacam-macam seperti edukasi, animasi, unboxing, gaming, bahkan tutorial
Setelah channel kamu sudah berisi konten, lakukan monetisasi dan sambungkan dengan Google Adsense, pastikan konten yang dibuat original agar mudah diterima oleh Google Adsense. 

Cara Mengatur Keuangan Seorang Freelancer agar Dapat Hidup Sejahtera 01 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Mudah Dalam Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa, 3 Langkah Saja!]

 

Tetapi, ada syarat yang harus terpenuhi agar bisa dimonetisasi, yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir pada channel YouTube kamu.

Jika sudah diterima maka channel YouTube kamu akan terpasang iklan dari pihak Google Adsense. Sistem pendapatan nya ada 2 yaitu, CPM dan RPM. 

CPM adalah Cost Per Mille dimana berlaku US$1/1000 tayangan. Sedangkan RPM adalah singkatan dari Revenue Per Thousand Impressions.

Dalam hal ini, Youtube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat Channel YouTube kamu dari keseluruhan total RPM.

 

#3 Menjadi Dropshipper

Nah, menjadi dropshipper juga bisa menjadi alternatif kamu untuk mendapatkan passive income. Dropshipping merupakan proses pengirim barang secara langsung ke pelanggan dari pemasok yang merupakan pihak ketiga.

Hal ini dilakukan tanpa perantara. Secara sederhana, dropshipping hampir mirip dengan bisnis reseller yang sudah sering kamu dengar.

Bagaimana-Cara-Investasi-Freelance-2-Finansialku

[Baca Juga: Mau Tahu Rahasia Bebas Finansial Bagi Mahasiswa? Cekidot!]

 

Apa saja keuntungan menjadi dropshipper?

  1. Modal yang dikeluarkan sedikit.
  2. Proses yang mudah dijalankan.
  3. Lokasi dan Waktu berjualan lebih fleksibel.
  4. Pilihan produk yang variatif.
  5. Tidak terlalu menghabiskan Waktu, Tenaga, dan Pikiran.

 

#4 Investasi Reksa Dana

Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya investasi? Dengan berinvestasi kamu bisa menciptakan passive income kamu sendiri lho! Salah satunya dengan berinvestasi reksa dana!

Cara investasi reksa dana cukup mudah, hanya dengan modal 100.000 saja kamu sudah bisa mulai investasi disana.

Mengapa Reksa Dana Syariah Digemari 02 Reksa Dana 2 - Finansialku

[Baca Juga: Guys, Coba Deh Baca “Keuntungan Reksa Dana Bagi Mahasiswa” Yuk Mulai Investasi!]

 

Jika kamu masih awam dengan investasi reksa dana kamu bisa baca dulu ebook dari Finansialku, setelah baca ebook kamu bisa menerapkannya langsung pakai Aplikasi Finansialku.

Finansialku bekerjasama dengan platform investasi reksa dana yang sudah terdaftar OJK. Bagaimana, masih menunda untuk berinvestasi?

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Membuat Online Shop Sendiri

Sekarang udah gak asing lagi dengan yang namanya e-commerce, kamu pun bisa berpartisipasi dalam bidang ini dengan menjadi owner online shop. Kamu bisa mulai melakukannya dengan menjual produk kecantikan, makanan, fashion, dll.

Manajemen Keuangan Freelance Finansialku 2

[Baca Juga: Tanpa Disadari, Kesalahan Mengelola Keuangan Ini Sering Dilakukan Mahasiswa]

 

Bila belum punya produk sendiri kamu bisa mengawali bisnis dengan menjadi reseller. Artinya kamu mempromosikan produk milik supplier dan saat ada permintaan dari konsumen, tidak perlu khawatir suppliermu juga akan memberikan katalog dan harga yang sudah disepakati.

Dengan menjadi reseller ini kamu bisa belajar untuk kedepannya jika kamu punya produk sendiri

 

Carilah Passive income yang Kamu Bisa Lakukan

Sebagai seorang mahasiswa tentunya kamu menghabiskan waktu untuk kegiatan di kampus bukan? Maka dari itu dari penjelasan point artikel diatas pilihlah cara yang bisa dan paling mudah kamu lakukan. Yuk mulai ciptakan passive income sekarang juga!

 

Adakah pengalamanmu yang lain? Bagikan pengalaman kamu dengan menuliskannya di kolom komentar ya!

Bagikan juga artikel ini kepada teman dan kerabat kamu. Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Admin 30 Maret 2019. 5 Ide Passive income Ini Bisa Membuat Mahasiswa Kaya Raya. Mudamendunia.com – http://bit.ly/2mhx23w
  • Admin. 27 April 2019. 20 Cara Menghasilkan Passive income Dengan Mudah 2019. Analisaforex.com – http://bit.ly/2lfCVOw

 

Sumber Gambar:

  • Passive Income Mahasiswa – http://bit.ly/2kUPzlO