Banyak kenangan dan torehan prestasi BJ Habibie semasa hidupnya! Yuk ketahui apa saja fakta-fakta BJ Habibie.

Sebagai insan pembangun bangsa, beliau sangat berjasa bagi generasi penerus, tidak hanya bagi Tanah Air, bahkan bagi perkembangan teknologi dalam dunia penerbangan di kancah internasional. Simak fakta unik kehidupan BJ Habibie berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenang BJ Habibie: Fakta BJ Habibie

11 September 2019 menjadi momen kedukaan nasional bagi Tanah Air karena kepergian sang putera bangsa yang memiliki segudang pengetahuan dan bahkan disegani oleh dunia internasional melalui setiap pemikiran, ide dan karyanya.

Banyak prestasi mendunia yang beliau torehkan berikut dengan setiap jerih lelah dan kerja kerasnya dalam membangun Tanah Air sebagai bukti pada dunia bahwa Bumi Pertiwi memiliki mutiara bersinar yang nampak melalui kehidupan BJ Habibie.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 01 - Finansialku

[Baca Juga: Membangun Negeri Dari Inspirasi Dan Kisah Sukses BJ Habibie]

 

Berikut ini adalah fakta BJ Habibie:

 

#1 Cerdas Sejak Kecil

Sejak kecil BJ Habibie memang dikenal sebagai anak yang cerdas. Bahkan beliau memiliki semangat yang tinggi untuk belajar, mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam bidang fisika.

Tak heran beliau menjadi insan Tanah Air yang brilian karena beliau memiliki kegemaran yaitu membaca buku, sebuah hobi yang melekat pada diri BJ Habibie sejak kecil.

 

#2 Kuliah 6 Bulan Langsung Dapat Beasiswa Studi Ke Luar Negeri

Kecerdasan beliau mampu membuat orang-orang di sekitarnya merasa kagum.

Bagaimana tidak, hanya dalam waktu 6 bulan berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), beliau sudah mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Rhein Westfalen Aachen Technisce Hochschule (RWTH) Jerman.

 

#3 Masa Studi 10 Tahun dari S1 hingga S3

Setelah lulus dari bangku SMA Gouverments Middlebare School, di kota Bandung, beliau berkuliah di Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Di tahun berikutnya 1955, beliau mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menimba ilmu di Rhein Westfalen Aachen Technisce Hochschule (RWTH) Jerman dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang (Teknik Penerbangan).

Gelar Ing dari Technische Hochschule beliau dapatkan di Jerman pada tahun 1960, sedangkan gelar doktor beliau peroleh di tahun 1965 dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachen Jerman.

 

#4 Gelar Diploma Setara Dengan Gelar S2 & Lulus Predikat Summa Cum Laude

Dilansir dari kolom Bandungcitytoday.com, selama lima tahun studi di Jerman akhirnya Habibie memperoleh gelar Diplom-Ingenieur atau diploma teknik (diploma teknik di Jerman umumnya disetarakan dengan gelar Master/S2 di negara lain) dengan predikat summa cum laude.

Wow, cerdas banget kan beliau ini!

 

#5 Gelar BJ Habibie yang Panjang

Karena kecerdasannya, beliau lulus dari fakultas baik di dalam maupun luar negeri sehingga membuat nama dan gelarnya begitu panjang jika dituliskan.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kata Kata Mutiara BJ Habibie Ini Bisa Membuat Anda Lebih Siap Menghadapi Hidup]

 

Berikut ini nama panjang beliau beserta gelar yang melekat padanya:

Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie

 

#6 Kehilangan Sang Ayah di Usia 14 Tahun

Lahir pada tanggal 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, BJ Habibie ditinggal sang ayah saat ia berusia 14 tahun. Bulan September tahun 1950, ayah BJ Habibie – Alwi Abdul Jalil Habibie meninggal dunia karena serangan jantung.

Sang ibu, RA Tuti Marini mengambil alih tugas sebagai kepala keluarga dari ke-empat anak-anaknya.

 

#7 Pencetus Rumus yang Diakui Dunia (Habibie Factor)

Beliau ditetapkan sebagai penemu Habibie Factor, dengan dalil bahwa penurunan bobot pesawat hingga 25% dari bobot sebelumnya.

Rumus tersebut digunakan untuk menghitung crack progression on random.

Berdasarkan pemaparan dari IDN Times, temuan ini ditemukan oleh Habibie saat beliau berusia 32 tahun.

Menurut kabar, beliau harus benar-benar bekerja keras untuk mendapatkan teori ini sampai-sampai harus menghitung ke tingkatan atom.

Namun berkat teori ini, pesawat modern zaman sekarang jauh lebih irit dalam pembakaran bahan bakar sekaligus mampu mengurangi risiko kecelakaan pesawat.

Tak menjadi sembarang rumus, karya Habibie ini diakui lembaga internasional. Seperti, Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Luar Angkasa Jerman), The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de I’Air de I’Espace (Prancis), dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).

 

#8 Menerima Segudang Penghargaan Berskala Internasional

Berikut ini segudang penghargaan, bahkan tak jarang yang berskala internasional yang beliau dapatkan, dilansir dari tribunnewswiki.com:

  • Das Grosse Verdienstkreuz, negara Bagian Niedersachsen Republik Federal Jerman (1980)
  • Das Grosse Verdienstkreuz Mit Stern Und Schulterband Republik Federal Jerman (1980)

 

Kedua penghargaan tersebut didapatkan karena setiap jasa beliau terhadap Jerman. Kemudian, penghargaan bergengsi lainnya yang beliau raih diantaranya adalah:

  • Grand Cruz Del Merito Aeronavtico Condistinctivo Blanco Spanyol (1980)
  • Tokoh Tahun 1982 Harian Berita buana (1982) – Hadiah Ilmu Pengetahuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (1982)
  • Bintang Mahaputra Adipradana Republik Indonesia (1982)
  • Satya Lencana Widya Sistha, Departemen Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia (1982)
  • Grand Cross of The Aeronatical Merit Republik Chili (1985)
  • Cavaliere di Grand Croce Republik Italia (1986)
  • Grand Cordon of The Order of Al-Istiqlal (independence) Kerajaan Hashemite Yordania (1986)
  • Terpilih sebagai satu di antara 10 tokoh terkemuka dalam bidang Penerbangan tahun 1985 Majalah Aviation International News Amerika Serikat (1986)
  • Grand Cruz De La Orger Del Merito Civil Kerajaan Spanyol (1987)
  • Grand Cross of King Leopold II Kerajaan Belgia (1991)
  • Theodore Von Karman Award International council of the Aeronautical Science (ICAS) (1992)
  • Doctor Honoris Causa untuk bidang ilmu pengetahuan Cranfield Institute of Technology Cranfield, Bedford, Inggris (1993)
  • Groot Kruis In De Orde Van Oranje-Nassau (1993)
  • Edwar Warner Award dari Dewan Eksekutif Lembaga Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO) (1994)
  • The Order of Brilliant Star With Grand Cordon Taiwan (1994)
  • Tokoh Nasional 1993 Majalah Forum Keadilan (1994)
  • Terpilih sebagai salah seorang dari 21 Tokoh yang berjasa dalam Teknologi Penerbangan dan Angkasa Luar tahun 1982 Majalah Aviation Week & Space Technology (1994)
  • Medali Kehormatan Grand Officier de la Legion d’Honneur Pemerintah Perancis (1997)
  • Doctor Honoris Causa dari Universitas Hasanuddin, Makassar (2006)
  • The Star of Soekarno Award Universitas Bung Karno, Jakarta (2011)
  • Parasamya Anugraha Widyatama Makayasa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo (2019)

 

#9 Nama BJ Habibie Disejajarkan dengan Pengembang Helikopter

Tak heran beliau mendapat penghargaan Edward Warner Award karena namanya disandingkan dengan pengembang helikopter, gor Sikorsky dan orang pertama yang melakukan penerbangan tunggal melintasi Atlantik Utara dari New York menuju Paris, Charles Lindbergh berdasarkan penuturan dari Tribunnewswiki.com.

 

#10 Pembuka Gerbang Reformasi Tanah Air

Setelah runtuhnya kepemimpinan Soeharto karena didesak mundur oleh rakyat Indonesia pada tahun 1998, BJ Habibie mendapat kepercayaan untuk memimpin Bangsa Indonesia selama 17 bulan dengan nama kabinetnya: Kabinet Reformasi Pembangunan.

Setelah itu, beliau digantikan oleh Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau yang akrab dengan sebutan Gus Dur.

 

#11 Kisah Cintanya Dibuat Dalam Karya Film

Dilansir dari Hot.detik.com, kisah percintaan Presiden RI ke-3 Habibie dan Ainun yang diangkat ke layar lebar mendapatkan sambutan bagus dari penikmat film Tanah Air.

Insan Pembangun Bangsa Telah Pergi, Inilah Fakta BJ Habibie 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sukses Menempuh Hidup Baru, Begini Tips Keuangan Bagi Pasangan Baru]

 

#12 Perancang Pesawat N-250 & R80

Salah satu karyanya yang menakjubkan dan juga diakui dunia adalah pesawat N-250 dengan nama sebutan pesawat Gatot Kaca.

Pesawat karya beliau ini merupakan pesawat penumpang sipil yang dirancang IPTN atau PT. Dirgantara Indonesia.

Diberi kode N yang merupakan inisial dari Nusantara.

Berdasarkan informasi dari IDN Times, Pesawat R80 adalah pesawat canggih yang keluar pada dekade ini.

Proyek pesawat ini digarap pada 2012 dan melakukan penerbangan perdananya pada 2017 kemarin.

Sisi canggih dari pesawat R80 adalah pesawat ini dilengkapi teknologi fly by wire. Sistem ini memungkinkan pilot melakukan kendali menggunakan sinyal elektronik. Hebatnya lagi pesawat ini sudah terjual sebanyak 155 unit padahal masih memasuki tahap perancangan.

 

#13 Ucapan Haru: Rasa Terima Kasih Terhadap Garuda Indonesia

Kepergian sang istri, ibu Ainun menyisakan duka yang sangat mendalam. BJ Habibie menganggap bahwa Garuda Indonesia sangat berjasa atas bantuan yang diberikan di masa duka beliau ditinggalkan teman hidupnya.

Berikut ucapan tulis rasa terima kasih BJ Habibie kepada pihak maskapai Garuda Indonesia yang dilansir dari Boombastis.com:

“Saya tidak mau menyampaikan ucapan terima kasih melalui surat. Saya menunggu hari baik, berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk mencari momen yang tepat guna menyampaikan isi hati saya. Hari ini didampingi anak saya Ilham dan keponakan saya, Adri, maka saya, Habibie atas nama seluruh keluarga besar Habibie mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kalian, Garuda Indonesia telah mengirimkan sebuah Boeing B747-400 untuk menjemput kami di Jerman dan memulangkan ibu Ainun ke Tanah Air bahkan memakamkannya di Taman Makam Pahlawan. Sungguh suatu kehormatan besar bagi kami sekeluarga. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan Garuda Indonesia”

– BJ Habibie

 

Wujudkan Mimpi

Setiap orang tentunya memiliki mimpinya masing-masing. Mewujudkan mimpi bukanlah hal yang mustahil. Ketika semuanya sudah direncanakan dengan tepat tentu mimpi itu akan terwujud. Termasuk dalam mewujudkan tujuan keuangan yang Anda impikan.

Anda bisa membaca buku dari CEO Finansialku, Melvin Mumpuni CFP yang berjudul “Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True” agar Anda bisa mewujudkan tujuan/mimpi keuangan Anda dengan tepat sesuai rencana.

Yuk dapatkan bukunya dengan klik tombol di bawah ini:

SAYA INGIN BUKUNYA!

 

Kenangan apa yang terbesit dalam pikiran Anda ketika mendengar nama BJ. Habibie? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang terletak di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

Apabila Anda mengalami masalah dalam merencanakan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Margith Juita Damanik. 9 September 2019. Disegani Dunia Internasional, 5 Fakta Tentang BJ Habibie. Idntimes.com – https://bit.ly/2k7GtSi
  • Abraham Herdyanto. 10 September 2019. 3 Karya BJ Habibie yang Mendunia, Semuanya di Industri Penerbangan. Idntimes.com – https://bit.ly/2lQgpLT
  • Admin. 26 Desember 2012. 5 Fakta Seputar Film ‘Habibie & Ainun’. Hot.detik.com – https://bit.ly/2lMhMeH
  • Natalia Bulan Retno Palupi. 11 September 2019. BJ Habibie: Kumpulan Prestasi dan Penghargaan. Tribunnewswiki.com – https://bit.ly/2kHCgFl
  • Adya Rosyada Yonas. 11 September 2019. Profil Lengkap dan Perjalanan Hidup BJ Habibie sejak Muda hingga Wafat karena Sakit Jantung. Tribunnews.com – https://bit.ly/2lR2Hsb
  • Rendra Saputra. 27 Agustus 2017. Biografi BJ Habibie, Sang Presiden Ahli Pesawat Terbang yang Visioner (INFOGRAFIS). Akupaham.com – https://bit.ly/2JHozyM
  • Admin. Bacharuddin Jusuf Habibie Facts. Yourdictionary.com – https://bit.ly/2XH8fb3
  • Admin. The Biography of B.J. Habibie. Tiki-toki.com – https://bit.ly/2JzmVjO
  • Admin. Biografi BJ Habibie. Romadecade.org – https://bit.ly/2LWKSmA
  • Admin. Biografi & Profil BJ Habibie. Kepogaul.com – https://bit.ly/2XHfiR0
  • Admin. Bacharuddin Jusuf Habibie. Viva.co.id – https://bit.ly/2Y5W7jd
  • Biografi Tokoh. Biografi Presiden B.J. Habibie. Bio.or.id – https://bit.ly/2OcQUm7
  • Admin. J. Habibie – President Of Indonesia. Britannica.com – https://bit.ly/2v3q9U8
  • Dudy Supriyadi. 10 Oktober 2016. 15 Fakta Unik Tentang Habibie. Bandungcitytoday.com – https://bit.ly/2kuW6ni
  • Admin. Kisah Perjalanan BJ.Habibie Bersama Garuda Indonesia, Bikin Air Mata Mengucur. Boombastis.com – https://bit.ly/2lHndeV

 

Sumber Gambar:

  • Fakta BJ Habibie 1 – http://bit.ly/2kFpC9G
  • Fakta BJ Habibie 2 – http://bit.ly/2m5mAMi