Selain berpuasa selama sebulan penuh, apa lagi fakta bulan Ramadhan yang kamu tahu? Ayo ketahui fakta lainnya di sini.

Ramadhan telah tiba!  Bagi kamu yang memeluk agama Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang kamu jalani setiap satu tahun sekali.

Pastinya sudah tak asing lagi, bukan? Namun tahukah kamu fakta lain mengenai bulan Ramadhan ini? Berikut ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh pemeluk agama Islam. Pada bulan ini, seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah wajibnya yang disebut dengan Puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh di setiap tahunnya. Umat muslim tak hanya berusaha untuk menahan lapar dan hawa nafsu, namun juga senantiasa melakukan kebaikan dan memperbaiki diri agar dapat bermanfaat untuk orang lain.

Kepercayaan Islam menyebutkan bahwa berbuat baik selama bulan puasa jauh lebih besar pahalanya dibandingkan pada bulan-bulan biasa.

Maka, umat muslim juga akan senantiasa melengkapi banyak ibadahnya dengan kegiatan keagamaan seperti mengaji, menjalankan shalat lima waktu, bersedekah, dan masih banyak lagi.

Sungguh luar biasa memang keistimewaan dari bulan penuh berkah ini. Namun tahukah kamu fakta-fakta lain seputar bulan Ramadhan?

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! 5 Hal Persiapan Menyambut Ramadhan yang Harus Kamu Lakukan!]

 

20 Fakta Bulan Ramadhan

Apakah kamu sudah mengenal bulan Ramadhan dengan baik? Atau kamu hanya tahu mengenai kewajiban berpuasa saat bulan Ramadhan?

Tak hanya itu, ternyata masih banyak hal-hal lain yang menarik untuk kamu ketahui tentang bulan Ramadhan ini. Berikut faktanya.

 

#1 “Ramadla”; Hapuskan Segala Dosa

Tahukah kamu bahwa kata “Ramadhan” berasal dari kata “ramadla” dalam Bahasa Arab yang artinya “panas”?

Selain karena pada awalnya bulan Ramadhan jatuh pada musim panas, pengertian panas ini juga diartikan sebagai waktu di mana segala dosa dan kesalahan seseorang dibakar atau dihapuskan.

 

#2 Bulan Suci Penuh Kebaikan

Ramadhan memiliki tujuan untuk mengajarkan umatnya dalam mengontrol diri dari hawa nafsu dengan berpuasa dari pagi hingga sore hari.

Selain itu, Ramadhan juga mengharuskan umatnya untuk lebih peduli terhadap penderitaan orang miskin. Melalui puasa, shalat, dan beramal, seseorang dikatakan dapat membersihkan pikiran dan tubuhnya.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 05 - Finansialku

[Baca Juga: Menyambut Bulan Ramadhan Daftar Lagu Religi Terfavorit Selama Bulan Puasa]

 

#3 Lailatul Qadr; Malam Ampunan Dosa

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang sangat mulia. Malam tersebut ialah malam Lailatul Qadr.

Kapan pastinya malam ini datang tidak diketahui dengan jelas, maka umat muslim dianjurkan memperbanyak shalat, zikir, dan doa pada malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadhan.

Dengan demikian, seseorang mendapat kemuliaan malam Lailatul Qadr yaitu mendapatkan pengampunan dari Allah atas segala dosa-dosanya.

 

#4 Hukum Puasa Ramadhan

Untuk kamu yang sudah dewasa, maka kamu diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

Adapun pengecualiannya ialah untuk para lansia yang sudah renta, musafir, ibu hamil, ibu menyusui, orang yang sedang sakit atau sedang menderita sakit kronis, dan kaum wanita yang sedang menstruasi.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : 3 Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan #KETUPAT Eps 1]

 

Bagi anak kecil, ibadah puasa ini belum wajib. Sementara jika kamu sakit saat bulan puasa, kamu boleh untuk menunda puasa selama sakit dan menggantinya saat sudah sembuh.

Nah, sudahkah kamu menjalankan puasa dengan baik? Jangan bolong, ya! Sebab kalau kamu tidak berpuasa tanpa alasan yang jelas, kamu tetap wajib menebusnya di bulan lain.

 

#5 Menahan Segala Bentuk Hawa Nafsu

Tak hanya menahan lapar, selama bulan Ramadhan kamu juga wajib menahan hawa nafsu. Bahkan untuk kamu yang sudah menikah sekalipun.

Bila kamu melakukan hubungan suami istri pada siang hari saat bulan Ramadhan, maka kamu harus menggantinya dengan berpuasa selama dua bulan berturut-turut pada bulan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menggantinya dengan memberi makan 60 orang miskin.

 

#6 Perbedaan Cara Berpuasa Antara Umat Sunni dan Syiah

Umat muslim Sunni dan Syiah memiliki cara berpuasa yang sedikit berbeda saat bulan Ramadhan. Umat Islam Sunni berbuka puasa mengacu pada saat matahari tenggelam.

Apabila langit masih terang saat matahari tenggelam maka tidak menjadi masalah. Sedangkan umat Islam Syiah baru dapat berbuka puasa ketika hari sudah benar-benar gelap.

 

#7 Menu Makanan Populer Saat Berbuka Puasa di Berbagai Belahan Dunia

Selain kurma, tahukah kamu menu makanan yang paling populer di berbagai dunia untuk berbuka puasa? India memiliki menu Biryani yaitu hidangan nasi yang dimasak bersama rempah dengan sayuran dan daging.

Negara-negara di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Pakistan memiliki menu Haleem yaitu hidangan sup gandum yang dicampur dengan jelai, potongan daging, kacang-kacangan, dan rempah.

Turki memiliki menu Pastirma yaitu hidangan daging sapi kering yang dibumbui pasta cabai dan bawang putih.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Gimana Sih Cara Irit Buka Puasa Bareng Teman?]

 

Negara di Asia Selatan, Timur Tengah, Balkan, dan Asia Timur memiliki menu Kofta yaitu daging sapi atau daging domba cincang dengan bumbu rempah.

Sedangkan negara di Arab memiliki menu Qatayef yaitu hidangan kue manis yang diisi dengan krim atau kacang. Nah, sudahkah kamu mencoba salah satu menu di atas untuk menu berbuka puasa?

 

#8 Arab Tembakkan Meriam Setiap Maghrib Dimulai

Ada fakta unik mengenai tradisi berbuka puasa di Uni Emirat Arab selama bulan Ramadhan. Setiap memasuki waktu Maghrib, meriam akan ditembakkan.

Tembakan meriam ini sudah menjadi tradisi sejak abad ke-15. Saat itu, Sultan Mesir menguji coba meriam pada waktu matahari terbenam di hari pertama pada bulan Ramadhan.

Akhirnya, orang-orang menganggap bahwa ketika terdengar tembakan meriam maka tibalah waktunya untuk berbuka puasa. Tradisi unik ini diterapkan hingga saat ini, lho. Tak hanya Arab, Libanon juga melakukan tradisi yang sama.

 

#9 Permainan Seru Setelah Berbuka Puasa di Irak: Mheibes

Di Irak, ada sebuah permainan menarik yang sering dimainkan setelah berbuka puasa saat bulan Ramadan. Nama permainan ini adalah Mheibes yang biasanya dimainkan oleh kaum laki-laki.

Mheibes adalah cincin yang disembunyikan di antara para pemain satu tim dan tim lainnya. Dalam permainan ini, kamu harus mencari di mana keberadaan cincin tersebut.

 

#10 Tradisi Anak-Anak Bernyanyi di Kuwait; Gerga’aan

Anak-anak di Kuwait akan melakukan Gerga’aan pada malam bulan Ramadhan.

Selama tiga hari bersuka ria menyambut bulan Ramadan, anak-anak akan berpakaian tradisional dan mengetuk setiap rumah penduduk lokal sambil bernyanyi. Sebagai imbalannya, mereka akan mendapatkan cokelat dan permen.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 04 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! 5 Hal Persiapan Menyambut Ramadhan yang Harus Kamu Lakukan!]

 

#11 Puasa Ramadhan Merupakan Rukun Islam

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam selain Syahadat, Shalat, Zakat, dan Haji ke Baitullah. Jadi jangan bolos puasa lagi, ya.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#12 Anjuran Shalat hingga Zakat

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat muslim. Di bulan inilah, layaknya seseorang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan memperbanyak shalat, beramal, dan tentunya saling mengasihi satu sama lain.

Dianjurkan pula untuk memberi lebih banyak shodaqah dan membayar zakat Fitrah setelah bulan Ramadhan selesai.

 

#13 Waktu Berpuasa di Daerah Matahari Tengah Malam

Di bulan Ramadhan, umat muslim melakukan puasa pada siang hari. Nah, khusus untuk umat muslim yang tinggal di daerah matahari tengah malam, maka waktunya mengikuti waktu siang di Makkah, Saudi Arabia.

 

#14 Sunnah Santapan Manis untuk Berbuka

Momen yang paling ditunggu-tunggu saat berpuasa tentu adalah momen berbuka. Bagaimana tidak, pedagang yang menjajakan makanan akan melimpah ruah di jalan-jalan.

Kamu juga pasti pernah berdesakan untuk membeli jajanan ini kan? Lalu kenapa sebagian besar jajanan berbuka seperti takjil rasanya manis? Karena santapan manis saat berbuka adalah bagian dari sunnah.

Kandungan gula dalam makanan atau minuman manis juga akan menggantikan kadar gula darah yang sempat turun setelah seharian berpuasa.

 

#15 Tradisi Membangunkan Sahur di Beberapa Negara

Fakta bulan Ramadhan berikutnya, tahukah kamu istilah “ronda” saat bulan Ramadhan? Ronda merupakan sebuah tradisi membangunkan orang untuk sahur di Indonesia.

Biasanya sekumpulan pria akan berkeliling melewati rumah-rumah warga saat dini hari sambil memukul kentongan bambu dan alat-alat rumah tangga seadanya.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini (Part 2) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Raup Keuntungan Besar Dari Bisnis Takjil Selama Bulan Puasa]

 

Ternyata tradisi ini bukan hanya ada di Indonesia, lho. Turki, Maroko, dan India juga melakukan tradisi membangunkan sahur dengan cara yang tak jauh berbeda.

Di Turki, tradisi ini disebut dengan “Davulcusu” yang sudah ada sejak era Ottoman kuno. Para kelompok drummer berpakaian Ottoman akan berkeliling sambil menabuh drum dan bersenandung untuk membangunkan warga sekitar.

Sebagai imbalan, mereka akan diberikan bahşiş (uang persen) sebagai ucapan terima kasih. Tradisi yang sama juga dilakukan di Maroko dengan nama “Mesaharaty”.

Sedangkan di India, tradisi ini biasa disebut dengan “Seheriwalas” atau “Zohrida” yang merupakan warisan negara Mughal sebagai orang muslim pertama di India. Seru, bukan?

 

#16 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Puasa itu baik untuk kesehatan tubuh dan pikiranmu. Melakukan puasa dengan benar dapat membantu detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Selain itu, puasa juga dapat menyehatkan sistem pencernaan, mengontrol gula darah, meningkatkan kinerja otak, hingga mengurangi berat badan.

Dengan berpuasa, tubuhmu juga melepaskan hormon endorphin yang mampu meningkatkan kesehatan mental, lho.

 

#17 “Ramadhan Mubarak, Ramadhan Kareem”

Ada sebuah kebiasaan pada negara-negara Islam di Timur Tengah mengenai ucapan selama bulan Ramadhan.

Ketika seorang non muslim bertemu dengan seorang muslim, maka orang tersebut akan mengucapkan “Ramadhan Mubarak” yang berarti “semoga Ramadhan memberkatimu” atau “selamat bulan Ramadhan”.

Ada pula yang mengucapkan “Ramadhan Kareem” yang artinya “Ramadhan yang mulia”. Jadi sekarang kamu tahu apa arti di balik ucapan tersebut.

 

#18 Cahaya Lentera Menyambut Bulan yang Suci

Jika kamu berkunjung ke negara-negara Islam seperti Arab dan Mesir saat bulan Ramadhan, maka kamu akan menemukan barisan lentera-lentera indah yang akan menghiasi jalan dan pusat keramaian di sana.

Lentera ini melambangkan sebuah harapan yang diasosiasikan dengan cahaya dalam kegelapan. Lentera ini dinamakan “fanous”. Fanous terbuat dari logam atau kaca yang dihiasi dengan warna dan tulisan yang indah.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini (Part 2) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bosen Sama Menu Buka Puasa yang Gitu-gitu Aja? Coba Deh 7 Kreasi Resep Ini! Murah]

 

Menurut legendanya, lentera tersebut ada sejak tahun 969 ketika warga Mesir menyambut kedatangan Khalifah Moezz Eddin Allah ke Kairo dengan ratusan lentera yang indah.

Sejak saat itu, setiap rumah di Mesir diterangi dengan lentera baru untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

 

#19 Melukis Bagian Tubuh dengan Henna

Fakta bulan Ramadhan seru lainnya berasal dari Pakistan. Apakah kamu tahu lukisan henna? Para wanita di Pakistan akan melukis tangan dan kakinya dengan henna tepat pada malam penghabisan puasa Ramadhan.

Perayaan ini dikenal dengan nama “Chaand Raat”Apakah kamu tertarik untuk mencoba lukisan henna juga?

 

#20 Perayaan Bulan Ramadhan Semarak Sekaligus Puitis di Maldives

Ketika bulan Ramadhan tiba, negara Maldive atau Maladewa menyambutnya dengan perayaan yang sangat menarik.

Menu sajian lokal seperti Kulhi Boakibaa (kue ikan), foniboakiba (kue tepung), dan Gulha (bola ikan) akan dihidangkan untuk menu berbuka puasa.

Tak sampai di situ, kemeriahan makan bersama tersebut akan diikuti dengan pembacaan Raivaru, yaitu syair atau puisi Ramadhan oleh penyair.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini (Part 2) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menyambut Bulan Ramadhan Daftar Lagu Religi Terfavorit Selama Bulan Puasa]

 

Sambut Bulan Suci Penuh Berkah

Bulan suci Ramadhan memiliki banyak kebaikan. Tak hanya menjadikan seseorang lebih baik lagi dalam keimanan dan perbuatan, bulan Ramadhan juga dapat mendekatkan kita dengan sesama.

Terlebih dengan orang-orang yang kita sayangi. Jalani bulan yang penuh berkah ini sebaik mungkin, niscaya kamu akan menjadi seseorang yang semakin baik dari hari ke hari.

Simak juga video berikut mengenai tradisi unik Ramadhan di negara tetangga berikut ini.

 

Demikian fakta-fakta mengenai bulan Ramadhan. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu bersemangat menyambut Ramadhan kali ini?

Bagikan cerita tradisi bulan ramadhan kamu di kolom komentar ya. Sebarkan juga artikel ini jika bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 Mei 2019. 50 Fakta Unik Bulan Ramadhan. Semestafakta.com – https://bit.ly/39xt49I

 

Sumber Gambar:

  • Fakta Bulan Ramadhan 1 – https://bit.ly/2UwMPKg
  • Fakta Bulan Ramadhan 2 – https://bit.ly/2UwhfMS
  • Fakta Bulan Ramadhan 3 – https://bit.ly/33W8crA
  • Fakta Bulan Ramadhan 4 – https://bit.ly/2XGN8Ew
  • Fakta Bulan Ramadhan 5 – https://bit.ly/2VdZthL