Selain berpuasa selama sebulan penuh, apa lagi fakta bulan Ramadhan yang kamu tahu? Ayo ketahui fakta lainnya di sini.

Ramadhan telah tiba!  Bagi kamu yang memeluk agama Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang kamu jalani setiap satu tahun sekali.

Pastinya sudah tak asing lagi, bukan? Namun tahukah kamu fakta lain mengenai bulan Ramadhan ini? Berikut ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh pemeluk agama Islam. Pada bulan ini, seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah wajibnya yang disebut dengan Puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh di setiap tahunnya. Umat muslim tak hanya berusaha untuk menahan lapar dan hawa nafsu, namun juga senantiasa melakukan kebaikan dan memperbaiki diri agar dapat bermanfaat untuk orang lain.

Kepercayaan Islam menyebutkan bahwa berbuat baik selama bulan puasa jauh lebih besar pahalanya dibandingkan pada bulan-bulan biasa.

Maka, umat muslim juga akan senantiasa melengkapi banyak ibadahnya dengan kegiatan keagamaan seperti mengaji, menjalankan shalat lima waktu, bersedekah, dan masih banyak lagi.

Sungguh luar biasa memang keistimewaan dari bulan penuh berkah ini. Namun tahukah kamu fakta-fakta lain seputar bulan Ramadhan?

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! 5 Hal Persiapan Menyambut Ramadhan yang Harus Kamu Lakukan!]

 

20 Fakta Bulan Ramadhan

Apakah kamu sudah mengenal bulan Ramadhan dengan baik? Atau kamu hanya tahu mengenai kewajiban berpuasa saat bulan Ramadhan?

Tak hanya itu, ternyata masih banyak hal-hal lain yang menarik untuk kamu ketahui tentang bulan Ramadhan ini. Berikut faktanya.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Fakta Bulan Ramadhan #1 “Ramadla”; Hapuskan Segala Dosa

Tahukah kamu bahwa kata “Ramadhan” berasal dari kata “ramadla” dalam Bahasa Arab yang artinya “panas”?

Selain karena pada awalnya bulan Ramadhan jatuh pada musim panas, pengertian panas ini juga diartikan sebagai waktu di mana segala dosa dan kesalahan seseorang dibakar atau dihapuskan.

 

Fakta Bulan Ramadhan #2 Bulan Suci Penuh Kebaikan

Ramadhan memiliki tujuan untuk mengajarkan umatnya dalam mengontrol diri dari hawa nafsu dengan berpuasa dari pagi hingga sore hari.

Selain itu, Ramadhan juga mengharuskan umatnya untuk lebih peduli terhadap penderitaan orang miskin. Melalui puasa, shalat, dan beramal, seseorang dikatakan dapat membersihkan pikiran dan tubuhnya.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 05 - Finansialku

[Baca Juga: Menyambut Bulan Ramadhan Daftar Lagu Religi Terfavorit Selama Bulan Puasa]

 

#3 Lailatul Qadr; Malam Ampunan Dosa

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang sangat mulia. Malam tersebut ialah malam Lailatul Qadr.

Kapan pastinya malam ini datang tidak diketahui dengan jelas, maka umat muslim dianjurkan memperbanyak shalat, zikir, dan doa pada malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadhan.

Dengan demikian, seseorang mendapat kemuliaan malam Lailatul Qadr yaitu mendapatkan pengampunan dari Allah atas segala dosa-dosanya.

 

#4 Hukum Puasa Ramadhan

Untuk kamu yang sudah dewasa, maka kamu diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

Adapun pengecualiannya ialah untuk para lansia yang sudah renta, musafir, ibu hamil, ibu menyusui, orang yang sedang sakit atau sedang menderita sakit kronis, dan kaum wanita yang sedang menstruasi.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : 3 Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan #KETUPAT Eps 1]

 

Bagi anak kecil, ibadah puasa ini belum wajib. Sementara jika kamu sakit saat bulan puasa, kamu boleh untuk menunda puasa selama sakit dan menggantinya saat sudah sembuh.

Nah, sudahkah kamu menjalankan puasa dengan baik? Jangan bolong, ya! Sebab kalau kamu tidak berpuasa tanpa alasan yang jelas, kamu tetap wajib menebusnya di bulan lain.

 

#5 Menahan Segala Bentuk Hawa Nafsu

Tak hanya menahan lapar, selama bulan Ramadhan kamu juga wajib menahan hawa nafsu. Bahkan untuk kamu yang sudah menikah sekalipun.

Bila kamu melakukan hubungan suami istri pada siang hari saat bulan Ramadhan, maka kamu harus menggantinya dengan berpuasa selama dua bulan berturut-turut pada bulan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menggantinya dengan memberi makan 60 orang miskin.

 

#6 Perbedaan Cara Berpuasa Antara Umat Sunni dan Syiah

Umat muslim Sunni dan Syiah memiliki cara berpuasa yang sedikit berbeda saat bulan Ramadhan. Umat Islam Sunni berbuka puasa mengacu pada saat matahari tenggelam.

Apabila langit masih terang saat matahari tenggelam maka tidak menjadi masalah. Sedangkan umat Islam Syiah baru dapat berbuka puasa ketika hari sudah benar-benar gelap.

 

#7 Menu Makanan Populer Saat Berbuka Puasa di Berbagai Belahan Dunia

Selain kurma, tahukah kamu menu makanan yang paling populer di berbagai dunia untuk berbuka puasa? India memiliki menu Biryani yaitu hidangan nasi yang dimasak bersama rempah dengan sayuran dan daging.

Negara-negara di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Pakistan memiliki menu Haleem yaitu hidangan sup gandum yang dicampur dengan jelai, potongan daging, kacang-kacangan, dan rempah.

Turki memiliki menu Pastirma yaitu hidangan daging sapi kering yang dibumbui pasta cabai dan bawang putih.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Gimana Sih Cara Irit Buka Puasa Bareng Teman?]

 

Negara di Asia Selatan, Timur Tengah, Balkan, dan Asia Timur memiliki menu Kofta yaitu daging sapi atau daging domba cincang dengan bumbu rempah.

Sedangkan negara di Arab memiliki menu Qatayef yaitu hidangan kue manis yang diisi dengan krim atau kacang. Nah, sudahkah kamu mencoba salah satu menu di atas untuk menu berbuka puasa?

 

#8 Arab Tembakkan Meriam Setiap Maghrib Dimulai

Ada fakta unik mengenai tradisi berbuka puasa di Uni Emirat Arab selama bulan Ramadhan. Setiap memasuki waktu Maghrib, meriam akan ditembakkan.

Tembakan meriam ini sudah menjadi tradisi sejak abad ke-15. Saat itu, Sultan Mesir menguji coba meriam pada waktu matahari terbenam di hari pertama pada bulan Ramadhan.

Akhirnya, orang-orang menganggap bahwa ketika terdengar tembakan meriam maka tibalah waktunya untuk berbuka puasa. Tradisi unik ini diterapkan hingga saat ini, lho. Tak hanya Arab, Libanon juga melakukan tradisi yang sama.

 

#9 Permainan Seru Setelah Berbuka Puasa di Irak: Mheibes

Di Irak, ada sebuah permainan menarik yang sering dimainkan setelah berbuka puasa saat bulan Ramadan. Nama permainan ini adalah Mheibes yang biasanya dimainkan oleh kaum laki-laki.

Mheibes adalah cincin yang disembunyikan di antara para pemain satu tim dan tim lainnya. Dalam permainan ini, kamu harus mencari di mana keberadaan cincin tersebut.

 

#10 Tradisi Anak-Anak Bernyanyi di Kuwait; Gerga’aan

Anak-anak di Kuwait akan melakukan Gerga’aan pada malam bulan Ramadhan.

Selama tiga hari bersuka ria menyambut bulan Ramadan, anak-anak akan berpakaian tradisional dan mengetuk setiap rumah penduduk lokal sambil bernyanyi. Sebagai imbalannya, mereka akan mendapatkan cokelat dan permen.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 04 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! 5 Hal Persiapan Menyambut Ramadhan yang Harus Kamu Lakukan!]

 

Sambut Bulan Suci Penuh Berkah

Bulan suci Ramadhan memiliki banyak kebaikan. Tak hanya menjadikan seseorang lebih baik lagi dalam keimanan dan perbuatan, bulan Ramadhan juga dapat mendekatkan kita dengan sesama.

Terlebih dengan orang-orang yang kita sayangi. Jalani bulan yang penuh berkah ini sebaik mungkin, niscaya kamu akan menjadi seseorang yang semakin baik dari hari ke hari.

Simak juga video berikut mengenai tradisi unik Ramadhan di negara tetangga berikut ini.

 

Apa kamu masih penasaran mengenai fakta-fakta lainnya tentang bulan Ramadhan? Daripada bengong, yuk tambah pengetahuan kamu di artikel berikutnya.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini? (Part 2)

 

Demikian fakta-fakta mengenai bulan Ramadhan. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu bersemangat menyambut Ramadhan kali ini?

Bagikan cerita tradisi bulan ramadhan kamu di kolom komentar ya. Sebarkan juga artikel ini jika bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 Mei 2019. 50 Fakta Unik Bulan Ramadhan. Semestafakta.com – https://bit.ly/39xt49I

 

Sumber Gambar:

  • Fakta Bulan Ramadhan 1 – https://bit.ly/2UwMPKg
  • Fakta Bulan Ramadhan 2 – https://bit.ly/2UwhfMS
  • Fakta Bulan Ramadhan 3 – https://bit.ly/33W8crA
  • Fakta Bulan Ramadhan 4 – https://bit.ly/2XGN8Ew
  • Fakta Bulan Ramadhan 5 – https://bit.ly/2VdZthL