fakta dan mitos yang unik tentang corona beredar di masyarakat.

Ayo kenali perbedaan fakta dan mitosnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Corona dan Fakta Serta Mitos yang Menyertainya

Corona menjadi virus yang sangat ditakuti kini di dunia. Berbagai aktivitas menjadi terganggu akibat datangnya virus ini dalam kehidupan.

Tidak hanya berdampak di bidang kesehatan, namun juga berdampak di hampir semua bidang kehidupan. Sudah banyak sekali kasus yang terjadi hingga hadirnya berbagai fakta dan mitos.

 

10 Fakta dan Mitos Virus Covid-19

Pandemi Corona menjadi momok yang sangat menakutkan. Hadirnya berbagai fakta dan mitos sebagai bentuk berkembangnya rumor di masyarakat. Mulai dari cara mencegah, penyebab hingga cara mengobatinya.

Memang benar banyak informasi hoaks tersebar tanpa diketahui pelakunya. Untuk lebih jelasnya, berikut bahasan fakta dan mitos.

 

#1 Hadir secara Sengaja

Mitos menyebutkan bahwa virus ini hadir secara sengaja dari kelompok atau pihak tertentu. Sedangkan faktanya, virus ini memiliki karakter yang berubah seiring waktu. Seperti virus yang dibawa oleh kelelawar, babi atau ular yang pindah ke manusia akibat memakannya.

 

#2 Penularan dari Hewan Peliharaan

Corona bisa menular dari hewan peliharaan adalah mitos. Sebab faktanya hingga saat ini baik kucing ataupun anjing tidak ditemukan bukti dapat terjangkit virus mematikan ini.

Memang sudah menjadi langkah kebersihan agar setelah berinteraksi dengan hewan agar mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

#3 Hanya Menginfeksi Lansia

Adalah mitos bahwa covid-19 hanya akan menginfeksi para orang yang sudah tua ataupun lansia saja.

Sebab faktanya, semua usia bisa terinfeksi wabah dari Wuhan ini. Tetapi, para lansia yang sudah lemah sistem imun dan sering sakit-sakitan memang lebih rentan terinfeksi virus ini.

Ngomong-ngomong soal lansia, selain menjaga diri dari virus, menjaga stabilitas ekonomi saat lansia juga tak kalah penting lho Sobat Finansialku.

Masyarakat Indonesia Tidak Cemas Mengalami Usia Lansia dan Masa Pensiun 2 Finansialku

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

Persiapan untuk menjaga stabilitas ekonomi saat lansia perlu dilakukan jauh-jauh hari. Mulai dari merawat aset, berinvestasi, mempersiapkan dana pensiun, dan lain-lain. Nah sebelum terlambat, ayo persiapkan dana hari tua Anda dengan aplikasi Finansialku.

Dalam aplikasi Finansialku, Anda bisa menggunakan fitur perencanaan keuangan. Disana Anda bisa mengatur alur keuangan agar tujuan keuangan Anda tercapai. Untuk menggunakannya, Anda bisa mendownload aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

#4 Penularan Melalui Gigitan Nyamuk

Mitos juga menyebutkan seseorang akan terinfeksi ataupun bisa menular jika digigit nyamuk. Tapi melihat di kenyataan, belum ada kasus terinfeksi virus yang dari China ini akibat dari gigitan nyamuk.

 

#5 Cegah dengan Bawang Putih

Merupakan mitos bahwa pencegahan covid-19 bisa dilakukan dengan mengonsumsi bawang putih. Faktanya, bawang putih memang sebagai umbi yang memiliki kandungan antimikroba. Namun, belum ada bukti ilmiah bahwa pencegahan virus ini bisa dilakukan dengan bawang putih.

 

#6 Penggunaan Antibiotik

Mitos menyebutkan pengobatan dan pencegahan Corona dengan menggunakan antibiotik. Tetapi di lapangan, antibiotik berfungsi untuk melawan bakteri bukan virus. Tetapi alasan mengapa pasien yang terinfeksi virus diberikan tambahan antibiotik untuk mencegah koinfeksi bakteri.

 

#7 Masker Pencegahan Efektif

Mitos mengungkapkan bahwa memakai masker sebagai perlindungan diri dari virus mematikan ini secara efektif. Tetapi kini di dunia, WHO menyarankan tidak perlu menggunakan masker untuk orang yang tidak memiliki gangguan pernapasan. Sebab masker sangat dibutuhkan oleh tenaga medis.

 

#8 Melawan Virus dengan Mesin Pengering Tangan

Adalah mitos bahwa mesin pengering tangan mampu melawan atau menghilangkan virus. Sebab mesin pengering tangan hanya berguna untuk mengeringkan tangan. Bukan menghilangkan atau mematikan virus. Gunakan alkohol atau sabun untuk proteksi dari virus.

 

#9 Mandi Air Panas Pencegahan Efektif

Juga merupakan mitos  pencegah infeksi Corona dengan mandi air panas. Sebab baik mandi dengan air panas atau tidak, maka suhu tubuh manusia normal tetap antara 36,5-37 derajat celcius.

 

#10 Hilang Saat Musim Panas

Juga mitos bahwa Covid-19 akan hilang ketika musim panas. Faktanya, pandemi ini tidak terpengaruh oleh pola cuaca.

 

Pencegahan dan Penularan

Mencegah Corona bukan dengan menerapkan berbagai mitos tersebut. Tetapi mencegah dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan. Seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan bekerja dari rumah.

Mencegah juga dengan selalu menggunakan disinfektan ataupun hand sanitizer setelah berinteraksi dengan orang lain. Jangan lupa gunakan masker jika keluar rumah.

Sebagai bonus untuk Anda, Finansialku punya video singkat tentang cara menghindari kecemasan akibat covid-19. Langsung simak aja video dibawah ini ya…

 

 

Jadi, apakah ada sebagian mitos yang Anda kira sebagai fakta? Ayo bagikan artikel ini agar lebih banyak orang terbebas dari hoax, terima kasih.

 

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Annisa Amalia Ikhsania. 04 Maret 2020. Mengungkap Mitos dan Fakta Akurat Seputar Virus Corona. Sehatq.com – https://bit.ly/2Crz0GM