Korea Utara yang tertutup ternyata memiliki banyak sisi unik, bahkan cenderung aneh. Segala hal di Korea Utara diatur pemerintah, termasuk gaya rambut.

Lalu, fakta unik apa lagi yang dimiliki negara di Semenanjung Korea ini? Simak daftar berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Dua Negara yang Berbeda

Jika dua orang membicarakan “Korea”, sudah pasti mereka tengah membahas Korea Selatan. Jelas saja, negara tersebut kini menjelma menjadi salah satu kiblat fashion dan hiburan dunia.

Sebut saja keberadaan idol group yang kini mulai membanjiri tangga lagu seperti Billboard. Belum lagi gelombang drama yang makin masif.

Berbanding terbalik dengan tetangganya—yang juga mantan wilayah ketika masih dalam satu pemerintahan—Korea Utara cenderung tertutup dalam segala hal.

Masyarakat Korea Utara cenderung tidak neko-neko dalam hal apa pun. Tentu, hal itu juga dipengaruhi pemerintahnya yang mengatur secara ketat kehidupan warganya.

Lantas, hal unik apa yang ada di sana?

 

Fakta Unik Korea Utara yang Nyentrik

Dikesankan sebagai negara otoriter, Korea Utara memiliki beberapa fakta yang membuat geleng-geleng kepala. Apa saja?

Berikut fakta-fakta unik Korea Utara yang berhasil dirangkum Finansialku:

  1. Pendidikan begitu penting di Korea Utara. Sebanyak 99% anak berusia 15 tahun ke atas dipastikan dapat membaca dengan baik di sana.
  2. Korea Utara mendedikasikan satu per tiga dari pendapatan negara untuk kepentingan militer. Kebijakan ini menjadikannya sebagai negara dengan anggaran militer terbesar di dunia.
  3. Jika berkunjung ke sana, kamu hanya akan menemukan satu channel televisi yang hanya bermuatan berita dalam negeri serta orasi pemerintah.
  4. Disinyalir memiliki terowongan rahasia untuk memata-matai Korea Selatan. Namun, mereka berdalih terowongan itu digunakan untuk mencari batu.
  5. Jika kamu warga negara Korea Utara, kemudian pergi dari sana, kamu dianggap pengkhianat. Negara ini diketahui melaksanakan kebijakan kaku dan mengikat semua orang.

Aneh! 10+ Fakta Unik di Korea Utara yang Jarang Diketahui! 02

[Baca Juga: 10 Tradisi dan Budaya Korea Selatan yang Unik Tiada Dua]

 

  1. Tidak memperkenankan turis untuk berswafoto di berbagai tempat. Entah untuk alasan apa, pemerintah Korea Utara tak ingin negaranya terlalu terekspos ke dunia luar.
  2. Tak ada perayaan agama apa pun. Sebab, negara ini bersistem Juche. Sebagai gantinya, masyarakat setempat merayakan hari lahir ibu Kim Jong Il setiap 24 Desember.
  3. Jika di Indonesia kamu berhak menggunakan gaya rambut apa pun, maka tidak dengan masyarakat Korea Utara. Di sana, hanya ada 28 pilihan gaya rambut yang telah diatur pemerintah. Agak maksa, ya.
  4. Film, surat kabar, dan media Korea Utara berisi propaganda pemerintah. Bahkan, setiap orang wajib membaca koran yang berisi foto pemimpin tertinggi di lembar paling depan.
  5. Internet sangat dibatasi. Diketahui, Korea Utara memblokir situs populer seperti Google, Facebook, dan sebagainya. Masyarakat setempat hanya diberi akses situs lokal yang lagi-lagi berisi kegiatan pemerintahan. Yang membuat terkejut, untuk mengakses internet di negara tersebut sangat susah.

  1. Korea Utara memiliki kota palsu di perbatasan untuk menarik warga Korea Selatan pindah ke negaranya. Dari jauh, semuanya terlihat baik. tapi, ketika mendekat, kota itu hanya bangunan kosong.
  2. Selama kurun waktu 60 tahun terakhir, ada sekitar 23 ribu warga Korea Utara yang melarikan diri ke Korea Selatan. Sementara itu, hanya ada 2 warga Korea Selatan yang pergi ke Korea Utara.
  3. Kim Jong Un mengeksekusi pamannya sendiri dengan cara melemparkannya ke kandang yang berisi 120 anjing yang kelaparan.
  4. Kamu dapat menerima hukuman mati jika ketahuan memiliki Alkitab, menonton film produksi Korea Selatan, atau memiliki konten pornografi di Korea Utara.
  5. Korea Utara mengilegalkan pemakaian celana jeans. Tetapi melegalkan ganja.
  6. Kim Il Sung pernah membawa 1.000 sedan Volvo dari Swedia pada 1974, tetapi tidak membayarnya.
  7. Kendaraan bermotor hanya diperuntukkan bagi pejabat pemerintah dan militer.

  1. Pemilu di Korea Utara diadakan secara rutin setiap 5 tahun sekali. Tetapi hanya menyertakan satu calon sebagai kandidatnya.
  2. Jika kamu warga Korea Utara, maka kamu tidak diperkenankan untuk merayakan ulang tahun pada 8 Juli dan 17 Desember. Sebab, di tanggal itu Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il meninggal.
  3. Pada tahun 2011, ditemukan grafiti anti Kim Jong Il di Pyongyang. Imbasnya, otoritas setempat menutup seluruh kota selama 3 hari.
  4. Korea utara pernah menculik pembuat film, sutradara, dan aktris Korea Selatan pada 1978 untuk memproduksi film propaganda.
  5. Pada 2011, peneliti Korea Utara mengklaim fakta bahwa mereka adalah negara paling bahagia kedua di dunia.
  6. Simpanse merokok menjadi salah satu atraksi utama di kebun binatang Korea Utara.
  7. Korea utara menerapkan wajib militer hingga 5 tahun kepada seluruh laki-laki di negaranya.
  8. Kebijakan pemerintah Korea Utara sering kali tidak memihak rakyat. Itulah sebabnya angka gizi buruk dan kelaparan di sana sangat tinggi.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Pelajaran dari Korea Utara

Dibanding Indonesia, kebebasan masyarakat Korea Utara sangat dibatasi. Bahkan, untuk bersuara saja sepertinya mereka tidak diberi ruang.

Kamu beruntung tinggal di sini. Di tempat yang memiliki begitu banyak keragaman dan kearifan.

 

Nah, bagaimana pendapatmu tentang hal ini? Kamu bisa sampaikan pemikiranmu melalui kolom komentar di bawah.

Kamu bisa share juga artikel ini pada rekan-rekanmu untuk menambah informasi.

 

Sumber Referensi:

  • Ambar Purwaningrum. 27 Desember 2019. 40 Fakta Unik Korea Utara, Negara Paling Tertutup di Dunia yang Dipimpin Kim Jong Un. Travel.tribunnews.com – https://bit.ly/3gRbh1j
  • Dimas Bimawan. 07 November 2019. 20 Fakta Mencengangkan Tentang Korea Utara. Nomor 14 Bikin Bingung!com – https://bit.ly/38RNj3p
  • Lusiana Mustida. 27 April 2020. Fakta Unik Pyongyang Korea Utara dan Kabar Kim Jong Un. Travel.detik.com – https://bit.ly/2Dv4c8k

 

Sumber Gambar:

  • Korea Utara 01 – https://bit.ly/30le0JK
  • Korea Utara 02 – https://bit.ly/3fX44Nv