Sebagai boyband Korea yang berhasil go-international, BTS tentu memiliki banyak suka duka yang jarang orang ketahui

Artikel Finansialku kali ini akan menceritakan masa lalu BTS hingga mereka dapat mencapai posisinya yang sekarang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perjalanan BTS Hingga Kini

Siapa tidak tahu BTS, sebuah boy band yang belakangan ini namanya terdengar dimana-mana?

BTS atau BangTan Boys merupakan sebuah idol group dari Korea yang beranggotakan 7 orang, yaitu; RM, Jin, Suga, Jimin, V, J-Hope, dan JungKook.

Meski terkenal saat ini, ternyata BTS pernah melewati beberapa kali pergantian member dan masa-masa sulit. Di bawah ini adalah rangkuman perjalanan BTS, mulai dari lika liku dan sejarah terbentuknya idol group yang mendunia ini.

 

2010 – Duo rapper

Banyak yang tidak mengetahui hal ini, namun sebenarnya BTS dulunya bukanlah sebuah penyanyi grup. Awalnya BTS adalah duo rapper yang terdiri dari Rap Monster atau kini dipanggil RM (Kim Nam Joon) dan Iron (Jung Hun Chul).

Kedua rapper ini memang telah berteman sebelum dinaungi oleh manajemen yang sama, yaitu BigHit Entertainment. Mereka saling mengenal lewat grup hiphop underground yang bernama Daenamhyup.

Hidup Butuh Perjuangan! Inilah Lika Liku Perjalanan Karier BTS Hingga Populer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar 10 Artis Kpop Terkaya Tahun 2018, Ada Idolamu?]

 

Di tahun 2010, Bang Shi Hyuk selaku CEO dan produser BigHit Entertainment, mengumumkan duo hiphop group, BTS.

Di tahun yang sama pula, video rap battle antara RM dan Iron pun dirilis dengan track RM berjudul “Dreamin” dan track Iron berjudul “I.N.G”.

Pada saat itu, Iron menjadi leader BTS pertama. Langkah debut Iron dan RM cukup banyak, mereka mengisi lagu “Ashes” karya Lim Jeong Hee dan lagu “Love U, Hate U” karya 2AM.

 

2011 – Idol Group

Pertengahan tahun 2010, BigHit membuka kembali audisi dan menambah member BTS. Choi Ik Je (Eleventh), Jung Ho Seok (J-Hope), Shin Dong Hyuk (Supreme Boi) dan Min Yoon Gi (Suga) masuk menjadi line up BTS.

Namun pada awal 2011, Eleventh keluar karena BigHit mengubah konsep BTS yang sebelumnya hip hop group menjadi idol group. Eleventh kemudian digantikan oleh Hyo Sang atau Kidoh.

Hidup Butuh Perjuangan! Inilah Lika Liku Perjalanan Karier BTS Hingga Populer 03 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Begini Cara Aman Menonton Konser Bagi Pemula]

 

Pada pertengahan 2011, komposisi grup ini pun kembali terpecah. Supreme Boi dan Iron keluar dengan alasan yang sama.

Memang pada saat itu, idol group dipandang sebelah mata, karena kebanyakan orang menganggap mereka bukanlah musisi, namun hanya sekumpulan orang yang dikumpulkan oleh agensi mereka.

Jung Kook dan V (Kim Tae Hyung) pun masuk menggantikan kekosongan member tersebut. Setelah proses panjang, akhirnya BTS yang seharusnya mengeluarkan debutnya sebagai duo rapper dibatalkan dan digantikan menjadi idol group.

 

2012 – BTS Goes Public

Di tahun 2012, BTS akhirnya menambah kembali anggotanya. Setelah berbagai audisi, pergantian dan penambahan, akhirnya BTS beranggotakan 8 orang.

Member tersebut adalah RM, Suga, J-Hope (Jung Ho Seok),  Kidoh (Hyo Sang), Jung Kook, V (Kim Tae Hyung), Jin (Kim Seok Jin) dan Ji Min.

 

2013 – BTS Debut

Pada tanggal 25 Januari 2013, BTS merilis video pertamanya, yaitu Bangtan Log yang dimulai dari Jimin.

Kemudian pada tanggal 11 Juni 2013, Bighit merilis MV untuk lagu debut mereka “No More Dream” pada akun Youtube dan channel 1theK. Keesokan harinya single album2 Cool 4 Skool” juga dirilis.

Tanggal 13 Juni 2013, BTS resmi beranggotakan 7 member, RM yang menjadi leader, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. Debut mereka pertama kali dilakukan di stage MCountdown.

BTS juga merilis mini album berjudul “O!RUL8,2?” dengan lagu terpopulernya “N.O.”

Tidak hanya karya yang diluncurkan, tahun 2013 ini juga menandakan penghargaan yang didapatkan oleh BTS.

Mulai dari New Artist pada Melon Music Awards, Gaon Chart Kpop Awards, Golden Disk Awards, Seoul Music Awards, SBS Pop Asia, Soompi Awards, dan Hello Asia! Kpop Awards seluruhnya disapu oleh BTS.

 

2014 – Attack on Bangtan

Di tahun ini, BTS merilis dua buah album, yaitu: mini album 2 “Skool Luv Affair” dan studio albumDark and Wild”. Tidak hanya dua album tersebut, BTS juga merilis album special yaitu “Skool Luv Affair Special Edition”.

Tidak hanya di Korea, pada tanggal 23 April 2014, BTS juga melakukan debutnya di Jepang. Single pertama yang dikeluarkan adalah single album2 Cool 4 Skool Japan Edition” dan kemudian studio album Wake Up”.

Hidup Butuh Perjuangaan! Inilah Lika Liku Perjalanan Karier BTS Hingga Populer 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Kepemimpinan yang Memberi Sejuta Inspirasi Kehidupan]

 

Idol Miskin Tetapi Smart

BTS berasal dari agensi kecil yang secara total hanya memperkerjakan 30 orang sebagai staf dengan gedung agensi yang hanya 2 lantai dan tidak luas, sehingga banyak yang menganggap mereka sebagai idol miskin.

Namun, walaupun kurang modal, mereka tetap dapat melakukan promosi. Karena promosi besar-besaran di media televisi tidak memungkinkan, mereka memanfaatkan cara lain, yaitu melalui Youtube.

Mengapa Youtube? Karena Youtube merupakan satu-satunya media yang Bighit dapat pakai dengan gratis dan dapat diakses oleh khalayak ramai.

Cara ini cukup berhasil karena BTS mulai menaiki popularitas pasca lagu “Boy In Luv” masuk posisi 5 di Chart US dan jumlah penjualan digital sebanyak 204.742 di chart Gaon.

 

2015 – Golden Age of BTS

Di tahun ini, BTS merilis album mereka,”The Most Beautiful Moment in Life”. Hasil yang mereka dapatkan sesuai dengan judul yang dirilisnya.

Pada tanggal 5 Mei 2015, BTS memenangkan posisi pertama program musik The Show, melalui lagu “I Need U”, yang menjadi rangkaian trilogi mini album mereka yaitu “The Most Beautiful Moment in Life, Part 1”, diikuti dengan kemenangannya di Music Bank, Mcountdown, dan Show Champion.

BTS pun menempati posisi keempat Chart US dan mendapat penjualan digital 4 kali lipat dari “Boy in Luv” yaitu 824.508.

Tak berhenti di situ, trilogi kedua mini album mereka yaitu “The Most Beautiful Moment in Life, Part 2” juga menempati urutan pertama dengan lagu andalannya “Run”.

Penghargaan dan afirmasi tersebut terus diikuti dengan banyaknya awards yang mereka dapatkan dari mulai Best World Perfomer pada MAMA hingga Best Korean Act pada MTV EMA.

Hidup Butuh Perjuangan! Inilah Lika Liku Perjalanan Karier BTS Hingga Populer 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Nonton Konser? Cek Harga Tiket Konser Shawn Mendes dan Cara Banyarnya!]

 

2018 – World Artist

Di tahun 2018, rangkaian terakhir trilogi “The Most Beautiful Moment: Young Forever” dirilis. Tidak tanggung-tanggung, album ini langsung menempati posisi 1 di Chart US.

Kesuksesan ini dilanjutkan dengan posisi teratas di Billboard melalui studio album kedua yaitu “WINGS”. Album ini juga membawa BTS menjadi artis Korea pertama dengan penjualan album tertinggi yang dicatat oleh Billboard.

Bahkan preorder untuk penjualan album fisik “WINGS” mencapai 500.000 sementara jumlah penjualan digital mencapai 600.000 dan jumlah itu terus bertambah hingga hari ini.

BTS pun memenangkan Daesang pertama dalam kategori BEST ALBUM OF THE YEARS di ajang MELON MUSIC AWARDS pada 19 November 2018.

 

BTS: Idola Dunia

Walaupun bermula dengan modal yang sederhana, BTS mampu menunjukkan kualitas serta kemampuannya untuk bersaing. Tidak heran, seluruh perjuangan mereka telah membawanya ke panggung internasional.

 

Setelah membaca artikel ini, pasti Anda lebih terkagum lagi dengan BTS. Bagikan artikel ini agar dapat lebih bermanfaat.

Silakan tulis komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Transformasi BTS : Si idol miskin yang menjadi World Star. Teen.co.id – https://bit.ly/2xCJFbW

 

Sumber Gambar:

  • BTS 01 – http://bit.ly/2YeesdN
  • BTS 02 – http://bit.ly/30JfFYi
  • BTS 03 – http://bit.ly/2LACEBk
  • BTS 04 – http://bit.ly/2JHspcb
  • BTS 05 – http://bit.ly/2JVFf5o

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG