Mau nonton konser tapi masih ragu dan takut? Sudah tahu cara aman menonton konser? Bagaimana dengan sejumlah tips menonton konser?

Yuk cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Nonton Konser Bisa Bikin Panjang Umur?

Kata siapa nonton konser hanya buang-buang uang dan waktu saja? Tahukah kamu bahwa konser ternyata bisa membuatmu lebih panjang umur?

Eits, ini bukan sembarang atau asal bicara lho.

Berdasarkan beberapa hasil studi yang dilakukan, terbukti bahwa nonton konser bisa memberikan banyak dampak positif bagi kita, misalnya saja membuat kita menjadi lebih bahagia dan bahkan panjang umur.

Tidak percaya, ini beberapa studi yang menjadi buktinya:

Cara Aman Menonton Konser 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

#1 Studi Yuna L. Ferguson

Melalui sebuah studi yang dilakukan oleh Yuna L. Ferguson pada jurnal dengan judul “Trying to be Happier really can work: Two Experimental Studies”, maka diketahui bahwa peserta berhasil meningkatkan suasana hati mereka dalam jangka pendek dan meningkatkan kebahagiaan mereka secara keseluruhan dengan menonton konser.

Ferguson membuktikannya dengan 2 buah studi.

Studi 1 menguji perbedaan suasana hati positif peserta yang diprediksi dari jenis musik dan niat untuk merubah suasana hati.

Sedangkan studi 2 meneliti bagaimana perubahan tingkat kebahagiaan peserta setelah periode dua minggu mendengarkan musik.

Hasilnya ternyata membuktikan bahwa peserta dilaporkan memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi setelah dua minggu mendengarkan musik yang mengandung nilai positif sambil berusaha merasa lebih bahagia, dibandingkan dengan peserta yang hanya mendengarkan musik saja tanpa berusaha lebih bahagia.

Meski demikian, hanya sebagian peserta dapat meningkatkan suasana hati mereka setelah diinstruksikan untuk mencoba mendengarkan musik yang ceria dan bukan musik yang muram.

Akan tetapi, peserta lain yang hanya mendengarkan musik tanpa berusaha mengubah suasana hati mereka, dilaporkan tidak memberikan tanda-tanda perubahan pada suasana hati mereka.

 

#2 Studi Patrick Fagan

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh O2 Arena (tempat konser musik) dan Dosen Universitas Goldsmith, Patrick Fagan, menemukan bahwa menghadiri konser musik secara rutin dapat benar-benar membantu kita untuk hidup lebih lama.

Berdasarkan penelitian tersebut, hanya 20 menit menonton konser saja dapat meningkatkan perasaan sejahtera hingga 21 persen.

Cara Aman Menonton Konser 03 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Pada penelitian lebih lanjut, secara langsung tingkat kesejahteraan yang tinggi tersebut berhubungan dengan peningkatan umur hingga sembilan tahun.

Dari sini diartikan bahwa mungkin ada hubungan yang kuat antara menonton konser dan berapa lama kita hidup, demikian seperti dilansir Lad Bible.

“Penelitian kami menunjukkan dampak mendalam dari menonton konser pada kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan, dan kuncinya adalah kehadiran selama dua minggu atau secara terus-menerus.”

 

Ia juga menambahkan,

“Menggabungkan semua temuan kami dengan penelitian yang dilakukan O2, kami sampai pada kesimpulan bahwa menonton konser pertunjukan setiap dua minggu dapat membuka jalan hidup lebih panjang selama hampir satu dekade.

 

Cara Aman Menonton Konser Bagi Pemula

Setelah mengetahui manfaat nonton konser, kini saatnya kamu mempersiapkan diri untuk nonton konser artis favoritmu.

Tapi bagaimana dengan pemula yang masih takut nonton konser pertamanya?

Nonton konser memang kerap diidentikan dengan bahaya, karena banyaknya tragedi yang terjadi pada saat konser.

Salah satu kasus terbesarnya adalah tragedi dalam The Dangerous Women Ariana Grande di Manchester yang menimbulkan trauma luar biasa.

Hal ini disebabkan terjadinya bom bunuh diri yang menyebabkan 22 orang meninggal dan banyak lainnya luka-luka.

Kini, publik makin merasa kekhawatiran yang luar biasa untuk datang ke tempat konser.

Tapi sayang sekali bukan jika hal ini membatasimu untuk bertemu dengan penyanyi favoritmu yang sudah lama kamu idam-idamkan?

Jadi jangan khawatir, kamu pun bisa meminimalisasi risiko nonton konser dengan mengaplikasikan 10 cara aman menonton konser bagi pemula berikut ini:

 

#1 Selalu Beritahu Orang Terdekat

Tips pertama yang sangat umum bagi orang yang bepergian adalah dengan memberi tahu orang terdekat seperti orang tua atau kerabat.

Setidaknya, beri tahu mereka kamu akan pergi kemana, dengan siapa, dan tujuannya apa.

Hal ini digunakan sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu padamu, sehingga orang-orang terdekatmu bisa langsung mencari tahu tentang keberadaanmu dan kondisimu saat itu.

Jika kamu berpergian ke luar negeri, sertakan juga nomor sementara kamu atau Kedutaan Besar Indonesia di negara yang kamu tuju untuk jaga-jaga situasi darurat.

Konser Musik Lalala Festival 2019 yang Memukau, Tapi… 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

 

#2 Wajib Membawa Identitas

Tips kedua yakni selalu membawa identitas diri saat menghadiri sebuah konser musik.

Identitas diri ini akan bermanfaat untuk penukaran tiket dengan wristband atau saat memasuki venue konser.

Jadi, wajib banget buat kamu untuk melengkapi diri dengan KTP atau paspor jika kamu nonton konser di luar negeri.

Selain untuk kebutuhan konser, identitas diri juga sangat dibutuhkan bagi pihak berkepentingan untuk mengetahui identitasmu saat kamu terkena masalah atau musibah.

 

#3 Pastikan Kondisi Badan Fit

Satu hal yang pasti harus kamu jaga saat akan menonton konser yakni kondisi badanmu.

Jangan sampai kamu sakit atau pingsan saat menonton konser karena akan berbahaya bagi dirimu sendiri.

Tips terpenting adalah usahakan makan yang lebih dahulu sebelum berangkat ke konser, karena tidak semua tempat konser terlihat menyediakan booth makanan yang ada.

Selain itu, siapkan stamina yang kuat karena kamu mungkin harus mengantre berjam-jam dan berdiri sepanjang konser berjalan.

Konser Backstreet Boys di Jakarta 05 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Suka Belanja Berlebihan? Ini Cara Mengendalikannya!]

 

#4 Kenali Venue-nya

Meski tujuan menonton konser adalah untuk bersenang-senang, tapi kamu tetap harus memahami lokasi kamu berada dengan baik.

Hal ini untuk mengantisipasi jika ada kejadian tak diinginkan sehingga kamu bisa memberi tahu lokasi tepatmu atau bahkan segera lari ke pintu darurat.

Jadi, penting untuk mengetahui venue konser dengan baik, mulai dari pintu masuk serta keluar ke dalam arena, pintu darurat, serta titik temu dalam keadaan darurat.

Titik temu tersebut dapat dimanfaatkan dalam kondisi darurat, di mana kamu pasti bakal terpencar dengan rombongan lain.

Nah, dengan adanya titik temu, kamu tahu harus berkumpul di mana tanpa harus saling mencari.

 

#5 Menyiapkan Alat Komunikasi

Memang ribet untuk membawa banyak barang saat konser, namun setidaknya kamu harus membawa satu alat komunikasi yang terjamin baterai dan sinyalnya.

Dengan demikian, kamu bisa menghubungi orang terdekat jika situasi darurat muncul.

Jadi, meskipun kamu sibuk merekam konser dengan smartphone-mu, jangan biarkan baterai terkuras habis dan selalu sisakan pulsa untuk memastikan kamu bisa menghubungi keluarga saat dibutuhkan.

Promo Tiket Mudik Lebaran 02 Handphone - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi : Cara Agar Uang Belanja Bisa Bertahan Sampai Akhir Bulan?]

 

#6 Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Konser umumnya berlangsung cukup lama, ditambah dengan antrean sebelum konser yang bisa berlangsung berjam-jam lamanya.

Selain itu, kamu juga cenderung akan berdesak-desakan dengan penggemar lainnya.

Kamu juga mungkin memilih untuk berdiri dan melompat agar bisa melihat artis favoritmu beraksi di panggung.

Jadi yang terpenting adalah kamu mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman sehingga bisa menikmati konser dengan maksimal.

Pilih pakaian yang kasual dan sejuk sehingga kamu tidak kepanasan, celana pendek dengan kaos bisa jadi pilihannya.

Sedangkan untuk sepatu, disarankan untuk mengenakan sepatu yang nyaman tanpa hak terlalu tinggi agar kaki tidak pegal dan luka.

 

#7 Laporkan Hal yang Mencurigakan

Untuk menghindari aksi teroris atau hal lain yang tidak diinginkan, penting bagimu untuk selalu melaporkan jika melihat tindakan atau orang yang mencurigakan.

Sulit memang untuk mendeteksi sebuah ancaman di kerumunan seperti konser musik.

Akan tetapi, jika kamu melihat hal yang aneh, sekecil apapun, segera laporkan kepada petugas yang berada di sekitar venue.

Jangan pernah menunda rasa curiga kamu karena bisa jadi hal yang kamu lihat mungkin bisa mengancam keselamatan banyak orang.

Tips Menabung untuk Tiket Konser 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat]

 

#8 Jangan Panik

Seperti telah dikatakan sebelumnya, mungkin saja terjadi aksi kejahatan atau terorisme dalam sebuah konser.

Namun saat mengalami hal semacam ini, penting untuk tetap tenang dan jangan panik.

Tetap usahakan untuk tenang dan ikuti arahan darurat dari petugas dan jauhi venue konser dengan cara yang benar.

Satu tips lagi, jangan bersembunyi saat ada terror dalam konser, selalu selamatkan diri dengan berlari atau berjalan keluar jika ada kesempatan.

Kemudian cari perlindungan di luar venue. Bersembunyi atau diam di tempat memiliki risiko tinggi, terutama jika terjadi terror lanjutan.

 

#9 Jika Memungkinkan, Ajak Teman atau Keluarga

Jika kamu baru pertama kamu menonton konser, terutama apabila kamu perempuan tidak ada salahnya untuk mengajak teman atau keluargamu. Dengan demikian kamu tidak sendirian dan bisa saling membantu jika terjadi sesuatu.

Kecuali kamu memang sudah sering menonton konser dan sudah memiliki teman sesama penggemar artis tertentu, maka tidak apa kamu datang sendirian.

Tips Menabung untuk Tiket Konser 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Punya Mobil? Pelajari Dulu Kiat Sukses Melakukan Cicilan Mobil Bekas]

 

#10 Persiapkan Barang Bawaan dengan Baik

Tips terakhir mungkin terdengar sederhana, tapi penting bagi kamu untuk mempersiapkan barang bawaan saat konser dengan baik.

Pertama-tama usahakan agar membawa yang penting-penting saja agar tidak ribet dengan tasmu saat menonton konser, dengan demikian kamu bisa menikmati konser dengan lebih maksimal.

Kedua, ketahui dengan betul isi tasmu dan letak barang berhargamu agar kamu tidak kehilangan benda tersebut.

Jaga dengan baik barang bawaanmu sehingga kamu tidak akan kehilangan saat sedang bersenang-senang dan menikmati konser.

 

Nonton Konser dengan Aman Yuk!

Bagaimana, apakah 10 tips di atas membantumu mempersiapkan diri untuk menonton konser pertama kali?

Semoga tips ini dapat membantumu untuk menonton konser dengan aman dan nyaman.

Eits tidak hanya sampai situ saja! Ingat ya, kamu juga harus mempersiapkan finansialmu sejak jauh-jauh hari.

Kamu sangat disarankan untuk melakukan tabung menabung. Meskipun menabung itu mudah, namun masih saja ada yang merasa kesulitan untuk melakukannya.

Untungnya saat ini, sudah ada aplikasi yang bisa membantumu untuk memecahkan masalah tersebut. Ia adalah aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku memiliki fitur “Rencana Keuangan” yang bisa kamu gunakan untuk dengan sangat mudah. Kamu tidak perlu ribet lagi dan tujuan menabungmu lebih mudah tercapai.

Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis di Google Play Store atau kamu bisa lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC-mu.

Yuk mulai dari sekarang dan segera nonton konser idolamu!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apakah kamu mengetahui tips dan cara aman menonton konser bagi pemula lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaanmu pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Nonton Konser Musik Bisa Secara Rutin Memperpanjang Usia. Tirto.id – http://bit.ly/2FLPTe5
  • Admin. 16 Februari 2014. Tips Untuk Nonton Konser Underground bagi Pemula. http://bit.ly/2Nry0ra

 

Sumber Gambar:

  • Cara Aman Menonton Konser 1 – http://bit.ly/2KTxL5S
  • Cara Aman Menonton Konser 2 – http://bit.ly/2RO0lpS
  • Cara Aman Menonton Konser 3 – http://bit.ly/326ZXYn