Dunia terus membaik, jadwal konser mulai bermunculan. Ingin nonton konser, tapi enggak tau cara ngumpulin dana konser yang efektif?

Intip tips dari saya langsung lewat artikel satu ini, ya!

 

Summary:

  • Alokasi dana untuk nonton konser boleh kita penuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi.
  • Selain tiket konser, kita juga harus memerhatikan biaya lain yang mungkin akan kita keluarkan saat hari konser nanti.

 

Dana Buat Nonton Konser Masuk Pos Mana?

Apakah menonton konser adalah salah satu aktivitas yang kamu inginkan dalam bucket list-mu?

Jejeran jadwal konser sudah mulai tersebar di media sosial. Antusiasme para fans sudah mulai terlihat dari habisnya tiket konser para artis lokal belakangan ini.

Tak heran banyak orang rela membeli dengan harga tiket yang luar biasa hingga mencapai jutaan. 

Apakah idola kamu akan mengadakan konser juga dalam waktu dekat? Kalau ya, sepertinya kamu harus mulai menyiapkan dana terpisah, nih!

Kalau begitu, sebenarnya, dana untuk konser ini masuk ke pos mana, ya?

 

Pos Nonton Konser

Sebelum itu, kita harus tetap sadar bahwa kebutuhan primer seperti makan, biaya tempat tinggal dan kebutuhan yang menunjang pekerjaan harus menjadi prioritas.

Artinya, alokasi dana untuk pos hiburan boleh kita penuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Apalagi saat ini kita sedang berada di tengah gempuran harta kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan.

Salah satu faktor yang melatarbelakangi hal ini adalah naiknya inflasi. Jadi, ingatlah apabila sudah terpenuhi semua dengan tepat, maka kamu bisa mulai merencanakan dana untuk menonton konser.

Jangan sampai kamu berutang hanya untuk menonton konser, meski tidak bisa kita pungkiri biaya untuk menonton konser cukup besar, ya!

Biar begitu, ini enggak bisa kita jadikan alasan, karena jarak waktu antara informasi jadwal konser dan hari H cukup lama.

Artinya, kamu harus mempunyai inisiatif tinggi untuk mulai menabung untuk tiket konser dari sekarang meskipun kejelasan waktunya belum ada.

Misalnya, konser Blackpink yang rencananya akan berlangsung bulan Maret 2023. Maka, mulailah menyusun pos anggaran khusus sehingga bisa kamu realisasikan. 

[Baca Juga: 10 Daftar Konser Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala!]

 

Jika pembelian tiket konser sudah bisa dibeli dari sekarang, kamu mempunyai pilihan untuk menggunakan kartu kredit. 

Namun perlu kamu pastikan total harga konser bisa kamu lunasi sesuai jatuh tempo sesuai kemampuanmu.

Risiko keterlambatan membayar juga perlu kamu ketahui dari awal peminjaman. Sehingga keinginan menonton konser dengan kartu kredit bisa terpenuhi.

Walaupun demikian, cara ini tidak saya anjurkan untuk kamu yang sebelumnya sudah memiliki cicilan kartu kredit. 

Selesaikanlah utang sebelumnya sampai selesai sebelum menambah beban utang yang baru.

 

Jangan Lupakan Biaya Ini!

Ketika menonton konser, kita enggak semerta-merta hanya membayar tiketnya saja, lho!

Ada beberapa pengeluaran yang harus kamu perhatikan, di antaranya:

 

#1 Biaya Transportasi dan Akomodasi

Selain tiket konser, kamu harus memperhatikan dana transportasi untuk pulang dan pergi. 

Tentu pengeluaran seperti biaya perjalanan menuju ke tempat konser perlu kamu anggarkan. 

Selain itu, kamu harus mempertimbangkan biaya yang harus kamu keluarkan ketika menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum?

Umumnya konser digelar di tengah kota sehingga kamu harus memikirkan transportasi untuk berpindah tempat.

Kendaraan pribadi memerlukan bensin sehingga jarak tempuh ke tempat tujuan perlu kamu perhatikan. 

Begitu juga kendaraan umum, keberadaan teknologi sekarang mempermudah kamu untuk mengetahui harga dari lokasi tempat tinggal ke tempat konser.

Apalagi yang datang dari luar kota. Kamu perlu mempertimbangkan tiket transportasi dan akomodasi untuk ke kota lokasi konser.

[Baca Juga: Penting! Begini Cara Aman Menonton Konser Bagi Pemula]

 

#2 Biaya Konsumsi

Saat konser berlangsung, kamu pasti butuh energi untuk menikmati konser hingga akhir. 

Hal ini penting untuk kamu pikirkan mengingat antrean masuk area konser biasanya sudah penuh dari pagi. 

Mengantre dengan berdiri atau duduk dalam waktu lama pasti akan menguras tenaga. Oleh karena itu, solusinya adalah membawa makanan atau minuman untuk mengganjal perut.

Namun, tidak semua konser mengizinkan untuk membawa makanan saat masuk area konser. Meski begitu, biasanya ada stand-stand makanan yang tersedia di sana.

Cek kembali ketentuan yang sudah panitia siapkan. Jika memang tidak boleh membawa makanan ke dalam area konser, pastikan kalau kamu sudah mengisi perut terlebih dahulu.

 

#3 Biaya Merchandise

Pulang tanpa membawa merchandise rasanya kurang puas. Terkadang kita ingin membeli merchandise sebagai oleh-oleh atau sekadar kenangan karena sudah nonton konser idola.

Apalagi, di area konser banyak yang menjajakan merchandise idola yang membuat kamu ingin sekali membelinya untuk dipasang di kamar.

Biarlah konser yang kamu datangi menjadi kenangan dengan membeli merchandise

Sebelum hari H, kamu bisa mulai membaca teliti denah lokasi yang menjual merchandise, karena stok barang yang penjual siapkan pasti terbatas.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasukkan biaya ini ke dalam anggaranmu!

 

Tips Hemat Nonton Konser Ala Financial Planner!

Enggak ada salahnya untuk menonton konser, yang salah adalah ketika kamu menggunakan pos dana lain untuk merealisasikannya.

Selain merencanakan dengan matang, kamu juga perlu tahu beberapa tips yang akan membantu kamu cara menghemat budget konser!

 

#1 Beli Tiket Early Bird

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli tiket di slot early bird. Harga tiket early bird ini biasanya harganya lebih murah daripada harga saat rilis nanti.

Tiket dengan harga lebih rendah tentu bisa menghemat pengeluaran. Dengan rutin cek jadwal konser membuat kamu lebih siap untuk memilih harga tiket konser yang sesuai dengan kantong.

 

#2 Cari Giveaway

Tidak perlu menyerah jika ternyata harga tiket yang pihak promotor patok melebihi kemampuan kita. Kamu bisa memanfaatkan giveaway yang banyak promotor musik atau brand-brand besar lakukan.

Siapa tahu kamu beruntung untuk mendapatkan tiket konser secara gratis!

 

#3 Menjadi Volunteer

Acara konser besar membutuhkan sumber daya manusia yang banyak. Biasanya, mendekati hari konser, pihak promotor akan mengumpulkan orang dengan skill tertentu untuk kebutuhan konser.

Memanfaatkan kesempatan sekaligus menonton konser. Maka itu, penting untuk mengetahui nilai dalam diri kamu, ya!

 

Rencanakan Dana Nonton Konser dari Sekarang!

Setelah membaca informasi di atas, tentunya kamu harus menyiapkan dana nonton konser dari jauh-jauh hari. Kamu bisa cari informasi seputar idolamu, mulai dari waktu konser, harga tiket, dan lokasi konsernya.

Setelah itu, kamu bisa melakukan perencanaan keuangan dengan memasukkan poin-poin biaya di atas ke dalam anggaran bulananmu.

Hal ini penting supaya kamu bisa memperkirakan berapa jumlah uang yang harus kamu kumpulkan.

Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan fitur ‘Anggaran’ untuk membuat anggaran bulananmu.

Kamu hanya perlu download aplikasi Finansialku di Play Store atau App Store dan kamu sudah bisa memanfaatkan fiturnya secara gratis.

Yuk, rencanakan biayanya sekarang, biar nonton konser idolamu bisa terwujud!

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Dari beberapa tips dan informasi di atas, apakah kamu punya informasi atau pertanyaan lain? Kalau ada, sampaikan pada Finansialku lewat kolom komentar, ya!

 

Editor: Ratna Sri H.