Adakah dari daftar konser terbesar di dunia ini adalah konser salah satu idola kamu? Penasaran siapa saja yang menggelar konser terbesar yang bisa bikin kamu geleng kepala?

Yuk, cek daftarnya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Konser Terbesar yang Pernah Diselenggarakan

Konser musik menjadi suatu keharusan bagi band atau musisi solo menghibur para jutaan fans yang ingin menyaksikan langsung idolanya ketika konser.

Untuk menggelar sebuah konser musik yang besar dibutuhkan perencanaan yang matang mulai dari tahap awal sampai akhir.

Salah satu faktor yang paling menentukan apakah bakal banyak orang yang akan menonton atau tidak adalah deretan nama penyanyi dan band siapa yang bakal tampil untuk menghibur penonton.

Menikmati alunan musik saat konser membawa ekspresi teriakan dan tangisan dijadikan satu rasa tersendiri yang tak akan bisa didapatkan jika tidak menonton secara langsung.

Dari sekian banyak penonton konser yang pernah terlaksana, ada sebagian yang tercatat sebagai konser terbesar di dunia.

 

#1 Live Aid Concert (1985)

Konser terbesar di dunia yang pertama adalah Live Aid, merupakan konser yang diselenggarakan pada tahun 1985 dan salah satu konser paling ikonik dalam sejarah musik dunia, karena berhasil mengubah pandangan terhadap musik yang jauh lebih perhatian terhadap kehidupan sosial.

Konser ‘Live Aid’ berlangsung selama 16 jam di Stadion Wembley yang digagas oleh musisi yang juga aktivis politik, Bob Geldof. Ia datang dengan ide yang sangat ambisius untuk menggalang dana yang dibutuhkan korban kelaparan di Ethiopia.

Stadion dengan kapasitas 90 ribu penonton ini memiliki sejarah cukup panjang. Menjadi stadion terbesar di Inggris, tidak heran jika Stadion Wembley menjadi sasaran berbagai perhelatan akbar selain sepak bola.

Mulai dari Olimpiade hingga konser musik pun pernah berlangsung di stadion yang terletak di jantung kota London, Inggris tersebut.

Menurut Greatest Event Wembley Stadium, konser tersebut menyedot 72 ribu pengunjung untuk menjadi saksi sejarah salah satu perhelatan musik terbesar sepanjang masa yang diselenggarakan di Stadion Wembley.

Konser ini menarik 1,3 miliar penonton melalui siaran televisi di seluruh dunia dan menjaring dana sebanyak hampir £ 150 juta.

10 Daftar Konser Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bikin Pusing Kepala, Segini Harga Tiket Konser Musik Termahal di Dunia!]

 

#2 Queen ‘A Kind of Magic Tour’ (1986)

Setelah setahun sebelumnya berperan aktif dan menggebrak Stadion Wembley pada konser Live Aid, pada 1986 Queen kembali memeriahkan stadion yang sama. Konser itu merupakan bagian dari perhelatan A Kind of Magic Tour.

Freddie Mercury mengenakan jubah dan mahkota saat memainkan lagu kebangsaan Inggris, God Save The Queen. Foto momen itu menjadi foto yang sampai saat ini sebagai gambar yang ikonik dalam sejarah musik dunia.

Misteriusnya, konser ini merupakan konser terakhir Queen sebelum akhirnya Freddie Mercury meninggal pada tahun 1991. Dalam konser tersebut, Queen memainkan 28 lagu dengan harga tiket mencapai US$ 23.

Meski tidak tercatat jelas berapa jumlah penonton yang hadir, namun konser ini diyakini sebagai salah satu konser terbesar yang diselenggarakan di Stadion Wembley sepanjang masa.

 

#3 Michael Jackson ‘Bad Tour’ (1988)

Nama besar dalam genre musik pop dunia, Michael Jackson, mampu membius hasrat para penggemarnya untuk memenuhi stadion terbesar di Inggris, Wembley. Tercatat menurut Greatest Event Wembley Stadium, konser ini mampu menghadirkan 504 ribu penonton.

Mereka berduyun-duyun dan menyesaki Stadion Wembley selama 7 malam berturut-turut pada tahun 1988, dan itu menjadi rekor tersendiri bagi musik dunia. Konser bertajuk ‘Bad Tour’ ini menjadi salah satu konser terbesarnya sepanjang masa.

10 Daftar Konser Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Musik? Begini Tips Mengatur Keuangan Hobi Kamu]

 

#4 Rolling Stones (1990)

Adrenalin pecinta musik Inggris kembali terbakar dengan kehadiran Rolling Stones pada tahun 1990 di stadion terbesar mereka, Wembley.

Benar saja, meski mereka jagoan Amerika Serikat, namun aura Rolling Stones tidak dapat menahan gejolak 60 ribu penonton.

Warga Inggris pun terbius dengan aksi Mick Jagger dan kawan-kawan saat hits legendaris mereka ikut dimainkan. Mulai dari Honky Tonk Women, Paint it Black, dan Brown Sugar ikut menjadi set list mereka di Wembley.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#5 Live Earth Concert (2007)

Konser kolaborasi selalu menjadi magnet tersendiri untuk menjaring penonton. Bagaimana tidak, sampai saat ini Live Earth menjadi salah satu konser yang patut diperhitungkan eksistensinya.

Konser yang diselenggarakan di Stadion Wembley pada tahun 2007 itu merupakan konser kampanye untuk membantu memerangi krisis iklim global.

Mulai dari The Black Eyed Peas, Duran Duran, Red Hot Chili Peppers, Metallica, James Blunt, Foo Fighters, hingga Madonna memeriahkan konser ini.

Konser ini disiarkan lebih dari 130 negara dengan lebih dari 500 rekanan media baik dari televisi, radio, hingga internet menyiarkan konser ini secara langsung. Tak heran jika konser ini menjadi salah satu konser terbesar di dunia.

10 Daftar Konser Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bergelimang Harta, Ini 10 Daftar Penyanyi Terkaya di Dunia]

 

#6 Muse (2007)

Konser terbesar di dunia berikutnya adalah konser Muse pada tahun 2007. Agak mencengangkan memang hanya dengan kekuatan 3 orang, mampu mendatangkan puluhan ribu orang.

Itulah karisma yang dimiliki oleh Muse dengan 3 personelnya terhadap puluhan ribu penggemar di Stadion Wembley.

Muse menjadi satu-satunya band yang memakai Wembley versi baru pada tahun 2007, setelah dipugar sebelumnya. Ia juga kembali menunjukan eksistensinya kepada warga Inggris dengan kembali tampil di tempat yang sama pada tahun 2010 silam.

 

#7 Foo Fighters (2008)

Bagi band sekelas Foo Fighters, tidak cukup memang untuk tampil di Stadion Wembley dengan bergabung bersama list bandband lainnya saat Live Earth 2007. Untuk itu mereka tampil kembali di Wembley dengan waktu yang berbeda.

Pada tahun 2008, Foo Fighters tampil 2 malam selama 72 jam di Stadion Wembley. Led Zeppelin pun ikut bergabung dengan mereka dan menggebrak lapangan hijau kebanggaan warga Inggris tersebut.

 

#8 Metallica (1991)

Konser terbesar di dunia selanjutnya ada konser musik band heavy metal yang hampir dikenal semua orang yaitu Metallica. Band yang ditunggangi oleh James Hetfield, Lars Ulrich dan Kirk Hammett itu melejit pamornya lewat lagu Enter Sandman dan One.

Di konser yang bertajuk Monster of Rock di kota Moscow, Russia tersebut Metallica bersama grup band lainnya yakni AC/DC berhasil mengguncang lebih dari 1,6 juta penonton.

10 Daftar Konser Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala! 04 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Deretan Video Klip Termahal yang Pernah Dibuat, Harganya Funtastic!]

 

#9 Rod Stewart (1994)

Konser musik di malam tahun baru tersebut tepatnya berada di kota Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 1994.

Penonton yang berjumlah 3,5 juta jiwa itu tidak hanya menikmati lantunan lagu yang dinyanyikan oleh para musisi tetapi juga menikmati pesta kembang api yang disiapkan oleh panitia.

 

#10 Jean Michel Jarre (1997)

Konser musik ini dibintangi oleh Jean-Michel Jarre. Seorang komposer musik asal Lyon, Perancis. Pada tahun 1997 Jarre diundang untuk memeriahkan pesta ulang tahun kota Moscow yang ke 850 oleh pemerintah setempat.

Dengan penonton mencapai 3,5 juta penonton lebih, Guinness Book of World Record menganugerahkan konser tersebut menjadi acara musik terbesar di dunia.

 

Nah Sobat Finansialku, itulah daftar konser terbesar di dunia dengan jumlah penonton hingga jutaan orang. Apakah ada idolamu di daftar tersebut?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk bagikan informasi ini pada Sobat Finansialku lain, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • FX Richo Pramono. 23 Maret 2015. 7 Konser di Stadion Wembley Terbesar Sepanjang Masa. Liputan6.com – https://bit.ly/3hOlL3i
  • Christantio Utama. 5 September 2019. Rolling Stones Hingga Metallica, 5 Konser Musik Terbesar dengan Jumlah Penonton Jutaan Orang. Lifepal.co.id – https://bit.ly/38jhAJV
  • Mata Lensa. 21 November 2020. Konser dengan Penonton Terbanyak di Dunia. Minews.id – http://bit.ly/3njlAy4

 

Sumber Gambar:

  • 1 – http://bit.ly/3j1SuTm
  • 2 – http://bit.ly/36oN6oe
  • 3 – http://bit.ly/2M8Yyxz
  • 4 – http://bit.ly/3cvUemR