Deretan video klip termahal ini rela dibuat menghabiskan biaya sampai berjuta-juta dolar untuk menarik penonton. Video apa sajakah itu?

Yuk, cari tahu deretan video klip termahal yang pernah dibuat dalam artikel ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Video Klip Mahal. Demi Apa?

Video klip merupakan salah satu hal paling krusial. Dengan video klip, album atau single yang dikeluarkan penyanyi atau band bisa dipromosikan. Tujuannya, supaya album atau single tersebut lebih laris di pasaran.

Supaya mendapatkan video klip yang fantastis, uang dalam jumlah jutaan dolar rela digelontorkan. Tentu saja, uang tersebut tidak dikeluarkan oleh sang musisi.

Biaya pembuatan video klip biasanya menjadi tanggung jawab agensi atau pihak perusahaan rekaman. Biasanya, semakin terkenal penyanyi atau band tersebut, semakin rela perusahaan rekaman mengeluarkan biaya fantastis.

Video klip dengan konsep yang sangat bagus akan disukai para penggemar. Hasilnya, tentu saja penjualan album dalam bentuk fisik maupun digital akan naik drastis.

Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan rekaman, sang penyanyi atau band, dan pihak pendukung lainnya.

 

Deretan Video Klip Termahal

Berikut ini deretan video klip yang biaya produksinya membuatmu tercengang. Penasaran, kan?

 

#1 Michael Jackson dan Janet Jackson “Scream” (1995) — US$ 7 juta

Video yang satu ini berkonsep hitam putih. Terkesan minimalis, ya? Tapi, jangan salah! Ini adalah video termahal, lho!

Diperlukan biaya US$ 7 juta untuk membuat video klip ini. Semuanya dilakukan totalitas, dengan 13 pesawat luar angkasa, pencahayaan yang sesuai, dan efek komputer untuk menampilkan setting luar angkasa.

Untungnya, biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia. Di MTV Music Awards 1995, Scream berhasil menyabet penghargaan sebagai best dance video.

5+ Deretan Video Klip Termahal yang Pernah Dibuat, Harganya Funtastic! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Membuat Akun Youtube yang Bisa Menghasilkan Uang]

 

#2 Madonna “Die Another Day” (2002) — US$ 6,1 juta

Video klip yang satu ini terinspirasi dari film James Bond. Tentu saja, Die Another Day merupakan soundtrack dari film agen 007 ini. Oleh karena itu, semuanya harus serba high class.

Sebagai fun fact, Madonna sendiri yang merancang konsep videonya setelah selesai menonton film James Bond: Die Another Day. Diva pop dunia yang satu ini bahkan menolak konsep versi asli video ini.

 

#3 Madonna “Express Yourself” (1989) — US$ 5 juta

Video klip ini mengambil tema film klasik ‘Metropolis’. Dalam video yang sangat futuristik ini, Madonna mengeksplorasi seksualitas para wanita. Tentu saja, ini sangat mengesankan para penggemarnya.

Untungnya, Express Yourself berhasil menyabet penghargaan di ajang MTV Video Music Awards pada 1989 sebagai sutradara dan sinematografi terbaik.

 

#4 Madonna “Bedtime Story” (1995) — US$ 5 juta

Video klip ini mengadopsi tema hipnotis. Bukan Madonna namanya kalau tidak totalitas. Sutradara Mark Romanek memasukkan citra Mesir, lukisan surealis, dan setting futuristik untuk menggambarkan lagu tersebut.

Selain itu, video klip ini sendiri membutuhkan enam hari untuk pengambilan gambar. Belum lagi untuk menyempurnakan efek digitalnya butuh waktu berminggu-minggu lamanya. Pantas saja biaya yang dikeluarkan ‘Bedtime Story’ tidak murah.

Hal yang paling unik, video musik Bedtime Story berbeda dari video lainnya. Video klip ini bahkan dirilis di layar lebar bioskop LA, Chicago, dan New York, lho!

 

#5 Michael Jackson “Black or White” (1991) — US$ 4 juta

Video klip Black or White merupakan video yang paling diingat banyak orang. Lagunya pun bisa dibilang easy listening. Dengan lirik yang menebarkan perdamaian, video klip pun harus mendukung.

Video klip yang menghabiskan US$ 4 juta ini menggunakan spesial efek canggih saat muka model berubah-ubah. Ditambah lagi, para penari yang menarikan tarian dari berbagai belahan dunia.

Saat video klip ini dirilis di televisi pada 1991, ‘Black or White’ langsung ditonton oleh 500 juta orang dan menjadi video klip dengan rating tertinggi pada masanya. Keren sekali, kan?

5+ Deretan Video Klip Termahal yang Pernah Dibuat, Harganya Funtastic! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Install Youtube Music Kalau Belum Tahu Kelebihannya!]

 

#6 Guns N’ Roses “Estranged” (1993) — US$ 4 juta

‘Estranged’ merupakan lagu balad dengan lirik emosional. Video klipnya yang dramatis juga menyesuaikan dengan liriknya.

Adegan di video klip ini dibuat mirip adegan di film. Misalnya, saat sang vokalis bersembunyi dari kejaran tim SWAT, percobaan bunuh diri di laut, sampai diselamatkan lumba-lumba.

Dengan biaya US$ 4 juta, pembuatan video klip ini sudah termasuk dengan menyewa penjaga perbatasan garis pantai Amerika, regu penyelamat, kapal tanker, dan pesawat Antonov An-124 Ruslan, dan sejumlah efek dramatis lainnya.

5+ Deretan Video Klip Termahal yang Pernah Dibuat, Harganya Funtastic! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 3+ Aplikasi Download Youtube Untuk Android Secara Gratis!!]

 

#7 Mariah Carey feat Jay-Z – Heartbreaker (US$ 2,5 Juta)

Video klip Heartbreaker-nya Mariah Carey ini menghabiskan US$ 2,5 juta. Dengan konsep vintage, video klip ini disutradarai oleh Brett Ratner.

Kisah yang ditampilkan dalam video pun mirip seperti di film-film. Mariah Carey tampil sebagai gadis yang memergoki kekasihnya yang selingkuh. Walaupun begitu, tetap ada kesan manis khas kawula muda.

Dalam lagu ini, Mariah Carey menggandeng rapper hebat kelas dunia, Jay-Z. Walaupun begitu, rapper yang satu ini tidak tampil dalam video klip tersebut.

Pasalnya, ia memiliki kontrak dengan label lain. Jadi, hanya suaranya saja yang bisa kita nikmati.

 

 

#8 Britney Spears “Work B—” (2013) — US$ 6,5 juta

Video klip yang satu ini datang dari si princess of pop, Britney Spears. Video Work B— menelan biaya US$ 6,5 juta.

Tak heran, karena video ini memang “wah” dengan koreografi epik, setting gurun pasir dan club glamor, kostum mahal nan berkilau, dan Lamborgini. Sepertinya, musisi sekelas Britney Spears patut mendapatkannya.

 

#9 Michael Jackson “Bad” (1987) — US$ 2,2 juta

Video klip dari Michael Jackson yang satu ini sangat theatrical. Bayangkan saja, durasinya 18 menit! Sudah bisa disebut mirip film pendek, kan? Pengambilan gambarnya pun membutuhkan waktu enam minggu lamanya.

Dengan budget US$ 2,2 juta, Michael Jackson merekrut tim all-star, sutradara film mahal Martin Scorsese, serta novelis Richard Price. Michael Jackson memang tak tanggung-tanggung, ya!

 

#10 Celine Dion “It’s All Coming Back to Me Now” (1996) — US$ 2,3 juta

Video klip dari Celine Dion yang satu ini memiliki cerita yang mengharukan. Dengan durasi hampir 8 menit, video klip ini seperti film pendek. Penonton pasti terbuai dengan kisah yang disajikan dalam video klip ini.

Tak tanggung-tanggung, syutingnya dilakukan selama empat hari di berbagai lokasi berbeda di Czech Republic.

Setting video klip bertempat di kastil Ploskovice yang memiliki desain interior mewah. Ditambah lagi, efek api, hantu, angin, dan sepeda motor membuat semuanya dramatis.

Apalagi, dengan penampilan sosok kekasih yang telah menjadi hantu. Ini semua dibuat menggunakan teknologi yang tidak murah. Pantas saja menghabiskan biaya sebesar US$ 2,3 juta.

 

#11 Backstreet Boys “Larger Than Life” (1999) — US$ 2,1 juta

Boyband terpopuler pada masanya, Backstreet Boys, kerap kali mengusung tema tertentu untuk video klipnya. Yang termahal adalah video klip Larger Than Life.

Dalam video ini, Backstreet Boys mengusung tema robot dan luar angkasa. Karena efek canggih, animasi, dan kostum robot, ‘Larger than Life’ menelan biaya US$ 2,1 juta. Wajar ya untuk boyband sekelas BSB.

 

#12 Janet Jackson – Doesn’t Really Matter – US$ 2,5 juta

Video klip yang satu ini disutradarai oleh Joseph Khan dan menghabiskan biaya sekitar US$ 2,5 juta. Sepertinya, pemilihan sutradara sama sekali tidak salah.

Pasalnya, video ini mengusung tema Jepang di mana waktu itu justru menjadi gebrakan. Video ini menampilkan teknologi yang sangat canggih. Pantas kalau biaya yang dihabiskan melambung sangat tinggi.

 

Ada Uang, Ada Kualitas?

Deretan nama besar di dunia musik berhasil masuk dalam daftar video klip termahal. Butuh nyali yang besar untuk mengeluarkan jutaan dolar untuk promosi sebuah lagu atau album.

Namun, hal ini tentu tak masalah untuk para musisi besar. Musisi yang memiliki nama lebih mudah mendulang untung.

Tapi, ini semua bukan hanya tentang keuntungan saja. Video klip ternyata menjadi sarana untuk berkreasi, baik itu sutradara maupun musisinya sendiri.

Kerja keras berbagai pihak demi terciptanya video klip populer patut diapresiasi. Kamu dapat mengapresiasi mereka dengan menghindari membeli album bajakan.

5+ Deretan Video Klip Termahal yang Pernah Dibuat, Harganya Funtastic! 04 - Finansialku

[Baca Juga: 30 Miliarder Paling Dermawan di Asia, Ada Penyanyi K-Pop Lho]

 

Dengan biaya yang fantastis, apakah sepadan dengan hasil yang diharapkan? Sepertinya, iya. Terbukti dari berbagai penghargaan yang didapat. Ditambah lagi, lagu-lagu tersebut masih populer sampai sekarang. Timeless!

Label atau perusahaan rekaman bisa dengan mudah mengeluarkan uang banyak. Namun, kamu jangan sampai mengeluarkan uang untuk hal yang tak perlu, ya!

Jangan lupa juga untuk mengatur keuanganmu lewat aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat membantumu mencapai tujuan keuangan.

Kamu bisa menggunakan beragam fiturnya seperti Rencana Keuangan, Financial Check Up, Konsultasi Keuangan, dan lain-lain. Tenang, mudah sekali kok menggunakannya.

Tunggu apa lagi? Download aplikasinya dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk menjadi member premium.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia deretan video klip termahal di jagad musik dunia. Yang mana favoritmu? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Ariesta. 27 Februari 2016. 10 Video Klip Termahal yang Pernah dibuat. Cekaja.com – https://bit.ly/33lXU66
  • Adi Nugroho. 10 Video Klip Termahal dari Penyanyi Hebat Kelas Dunia! Boombastis.com – https://bit.ly/2DytzWL

 

Sumber Gambar:

  • Video Klip 1 – https://bit.ly/2Dvr7Ai
  • Video Klip 2 – https://bit.ly/2Du0lsl
  • Video Klip 3 – https://bit.ly/33rrB5o
  • Video Klip 4 – https://bit.ly/3k7hb0M