Banyak sekali mitos mengenai Jepang. Tapi apakah semuanya betul seperti itu? Yuk, cari tahu kebenarannya lewat artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mitos dan Fakta Unik Jepang

Kita mengenal Jepang lewat berbagai media, seperti anime, J-Drama, atau manga. Namun, hal yang disajikan mengenai negara ini seringkali membuat interpretasi yang keliru.

Salah pengertian tentang Jepang dan penduduknya sering kali terjadi. Banyak hal yang dianggap benar, namun tidak seperti itu kenyataannya. Berikut ini beberapa mitos dan fakta unik Negeri Sakura yang seringkali membuat salah paham.

 

#1 Orang Jepang Suka Minum Sake

Mitos yang sering menjadi kesalahpahaman adalah orang Jepang suka minum sake.

Minuman beralkohol hasil fermentasi dari beras ini merupakan minuman yang wajib ada pada jamuan di berbagai acara, seperti pernikahan, tahun baru, atau acara minum-minum sepulang berkerja.

Banyak orang sering salah kaprah mengenai hal ini. Menganggap bahwa semua orang Jepang suka minum sake. Padahal faktanya, itu tidak sepenuhnya benar.

Orang Jepang yang suka minum sake biasanya orang-orang yang usianya 60 tahun ke atas. Selain itu, orang-orang yang suka minum sake biasanya tinggal di daerah pedesaan.

Justru, orang-orang muda di negara ini tidak terlalu menyukai sake. Mereka lebih menyukai bir buatan Eropa. Jadi, mitos bahwa orang Jepang suka minum sake itu tidak sepenuhnya benar, lho!

Mitos dan Fakta Unik Jepang yang Akan Puaskan Rasa Penasaranmu! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal 4 Konsep Ikigai, Konsep Hidup Penuh Makna Ala Orang Jepang]

 

#2 Jepang Selalu Tertutup Salju Kala Musim Dingin

Banyak orang yang beranggapan bahwa seluruh Jepang akan tertutup salju ketika musim dingin tiba. Faktanya, tidak semua daerah di negara ini akan diselimuti salju tebal ketika musim dingin.

Misalnya saja, di beberapa kawasan seperti di Tokyo, Kanagawa, Saitama, Gunma Selatan, Chiba, dan juga Ibaraki Selatan jarang sekali ada salju turun. Salju juga jarang turun pula di kawasan Osaka dan sekitarnya.

Jika kamu ingin melihat salju saat musim dingin saat liburan, daerah Hokkaido, Honshu, dan Kyushu sangat direkomendasikan. Pasalnya, saat musim dingin, salju tebal turun dengan lebat.

 

#3 Semua Orang Jepang Cerdas

Image orang negara ini itu cerdas. Hal ini menjadi stereotipe, sehingga banyak orang yang beranggapan seperti itu.

Padahal, tidak semua orang di negara ini pintar atau cerdas. Memang, banyak sekali lulusan universitas yang cukup ternama di negara ini.

Mereka memiliki pengetahuan umum yang luar biasa. Akan tetapi, mereka tidak terlalu pandai berbahasa asing. Uniknya, orang Indonesia sepertinya lebih jago berbahasa Inggris dibandingkan orang Jepang, lho!

Intinya, setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bukankah di dunia ini tak ada yang sempurna?

Mitos dan Fakta Unik Jepang yang Akan Puaskan Rasa Penasaranmu! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Salut! Budaya Jepang yang Satu Ini Patut Ditiru!]

 

#4 Negara yang Sangat Dingin

Jepang memang berada di kawasan subtropis. Banyak orang berpikir bahwa negara ini merupakan negara yang sangat dingin. Bahkan, ada yang beranggapan musim panasnya lebih dingin daripada musim panas di Indonesia

Faktanya, kawasan yang memiliki hawa yang sangat dingin hanya Hokkaido. Saat musim panas tiba, hawa di Tokyo dan sekitarnya pun sangat panas.

Bahkan, suhu saat musim panas bisa mencapai 30 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan mencapai 70%. Bayangkan, panas sekali, kan?

 

#5 Orang Jepang Cantik dan Kawaii

Citra wanita Jepang biasanya seperti yang muncul di J-Drama atau anime. Cantik dan lucu. Namun, itu hanya mitos belaka. Pasalnya, itulah yang biasa kita lihat di layar kaca atau manga.

Kenyataannya, itu salah besar. Sama seperti di belahan bumi manapun, dunia ini tidak adil. Ada yang cantik dan tidak. Namun, cantik itu relatif, kan?

Mitos dan Fakta Unik Jepang yang Akan Puaskan Rasa Penasaranmu! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gini Lho Perbedaan Budaya Kerja Amerika Serikat dan Jepang, Mana yang Cocok?]

 

#6 Orang Jepang Beragama Shinto dan Menyembah Kaisar

Mayoritas orang Jepang beragama Buddha atau atheis. Namun, untuk menghormati tradisi dan budaya Jepang, mereka pergi ke kuil Shinto. Orang di negara ini lebih mementingkan perayaan-perayaan yang merupakan inti upacara Shinto.

Orang Jepang pun kini tidak menyembah kaisar. Adapun istana kekaisaran menjadi tempat wisata setiap setahun sekali.

 

Belum Lengkap Tanpa Mengunjungi Jepang

Jika kamu masih penasaran, tak ada salahnya mengunjungi negara ini. Dengan begitu, kamu akan mengetahui bahwa hal yang disebut di atas hanya mitos belaka.

Dengan mengunjungi negara ini, kamu akan lebih mengenal budaya Jepang yang unik. Banyak hal yang bisa kamu pelajari. Kamu pun akan menyadari sisi lain negara ini yang tidak ditampilkan di layar kaca atau manga.

Tidak semua yang disuguhkan merupakan kenyataan yang sesungguhnya. Intinya, kamu tidak perlu men-generalisasi sesuatu.

Padahal, itu belum tentu kebenarannya. Ambil dan ikuti yang sekiranya baik menurut kamu. Mungkin kamu bisa mencontoh kesuksesan seseorang dalam video ini.

 

Lalu, kalau kamu berencana liburan ke Negeri Sakura ini, jangan lupa untuk membuat anggarannya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Dengan fitur anggaran, kamu dapat memprediksi berapa uang yang perlu kamu sisihkan setiap bulannya. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi untuk menabung.

Yuk, download aplikasinya.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia mitos dan fakta unik Jepang. Sudah tidak penasaran lagi, kan? Kamu punya mitos dan fakta unik Negeri Sakura lainnya? Yuk, share di kolom komentar, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Februari 2020. Yuk Ketahui Mitos dan Fakta Unik Seputar Jepang. His-travel.co.id- https://bit.ly/2zzPX0o
  • Admin. 30 Juni 2016. Mitos Dan Fakta Tentang Jepang Dan Orang Jepang. Adventuretravel.co.id – https://bit.ly/3d3qDNV

 

Sumber Gambar:

  • Fakta 1 – https://bit.ly/3e1CZYl
  • Fakta 2 – https://bit.ly/2UM5Icb
  • Fakta 3 – https://bit.ly/3ejelTn