Apa kamu sedang mencari rekomendasi film horor Indonesia? Tonton film berikut deh, dijamin bikin merinding!

Film horor karya anak bangsa juga sangat menyeramkan dan seru untuk ditonton! Gak percaya? Yuk, simak artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Film Genre Horor: Film Idola di Indonesia

Di tengah genre film yang variatif, sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih film dengan genre horror sebagai genre favorit, lho.

Suasana yang begitu mencekam dan menakutkan menjadi daya pikat tersendiri untuk para pecinta film yang satu ini.

Ditambah dengan permainan adrenalin di sepanjang film yang dapat membuat siapapun yang menonton menjadi tegang.

Film horor akan sangat seru untuk ditonton untuk kamu si pemberani!

Tahukah kamu bahwa film horor Indonesia nyatanya tak kalah seram dengan film horor Hollywood?

Bagaimana tidak, beragam jenis sosok makhluk halus, cerita misteri, hingga kepercayaan mistis jauh lebih banyak ditemukan di Indonesia daripada di belahan negara lain.

Maka tak heran kalau film horor Indonesia mampu meraih jutaan penonton, bahkan hingga ke luar Indonesia.

 

Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik

Sejak dahulu kala, Indonesia sudah memproduksi banyak film horor karena kepercayaan-kepercayaan mistis yang ada di sekitarnya.

Namun tak dipungkiri bahwa beberapa di antaranya kurang berhasil karena lebih menonjolkan sisi humor dan konten dewasa dibandingkan esensi dari “horor” itu sendiri.

Dengan demikian, image film horor untuk sebagian orang adalah film yang tidak berkualitas. Namun apakah benar demikian?

Tahukah kamu bahwa dari sekian banyak film horor Indonesia, ada beberapa film yang digarap dengan sangat serius dan dinilai sangat pantas mendapatkan predikat film horor terbaik sepanjang masa?

Film-film ini sukses bikin setiap orang merinding dan ketakutan karena nuansa mistisnya yang kental!

Jangan sampai salah pilih film, tonton film horor yang berkualitas, yuk! Penasaran film apa aja? Berikut ulasannya.

 

#1 Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan merupakan film prekuel dari film dengan judul yang sama di tahun 1981.

Film garapan sutradara Joko Anwar ini bekerjasama dengan rumah produksi Korea, CJ Entertainment yang diproduksi di tahun 2017.

Film Pengabdi Setan disebut sebagai salah satu film horor terseram di sepanjang tahun 2017 hingga 2018! Karenanya, film ini sukses meraih lebih dari 4 juta penonton dengan ceritanya yang super menegangkan.

10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik yang Bikin Begidik 01 - Finansialku

[Baca Juga : Nonton Film Tentang Virus di Tengah Pandemi? Cek Daftarnya]

 

Berkisah tentang seorang ibu yang jatuh sakit dan meninggal secara misterius. Tak disangka-sangka, ternyata sang ibu merupakan seorang pengikut sekte pemuja setan.

Dalam film ini, penonton akan terus-menerus disuguhkan dengan kejadian-kejadian menyeramkan dan tak terduga yang dialami tokoh utama dan keluarganya. Siapkan adrenalinmu untuk menonton film yang satu ini, ya!

 

#2 Bangsal 13 (2004)

Dikisahkan dua orang sahabat bernama Nat (Endhita) dan Mina (Luna Maya) yang tak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera. Mereka melarikan gadis tersebut ke rumah sakit untuk diobati.

Naasnya, Rumah Sakit yang mereka kunjungi penuh sehingga suster dengan terpaksa membuka bangsal yang selama itu tertutup untuk merawat Hera, yaitu Bangsal 13.

Keanehan mulai dirasakan saat suster memberikan pesan yang tak masuk akal, seperti jangan menghiraukan suara ketukan dari luar dan jangan pernah mengetuk pintu dari dalam.

Nat melanggar kedua perintah tersebut dan teror pun mulai menghantui mereka dari waktu ke waktu. Film karya Dimas Djayadiningrat ini sukses membuat para penonton ketakutan!

Nah, apa kamu tertarik untuk menonton film yang satu ini

 

#3 Danur: I Can See Ghost (2017)

Film adaptasi novel karya Risa Saraswati ini dijamin membuat kamu merinding sepanjang film karena diangkat dari kisah nyata! Danur: I Can See Ghost merupakan film yang menggambarkan pengalaman nyata Risa ketika ia tengah melihat hantu.

Risa memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus. Sejak kecil, Risa sudah terbiasa bermain dengan teman-teman ghaibnya yaitu Peter, Janshen, dan William.

Orangtua Risa kala itu membuatnya melupakan mereka. Namun karena insiden yang dialami adiknya, Risa bertemu dengan Asih dan memanggil kembali teman-teman kecilnya tersebut.

Film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini berhasil masuk ke dalam box office, lho! Karena kesuksesannya, Danur juga menghadirkan film sekuel lanjutan seperti Danur 2 dan Danur 3.

Antusias para penggemar film horor tanah air pun tak terbendung!

 

#4 Ratu Ilmu Hitam (1981)

Film produksi tahun 1981 ini menjadi salah satu film horor Indonesia terbaik di sepanjang masa, lho! Diperankan oleh bintang horor legendaris, Suzzana, rasanya tak lengkap kalau kamu melewatkan film yang satu ini.

Walaupun tergolong film jadul, Ratu Ilmu Hitam berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori sinematografi terbaik dengan nominasi aktris terbaik pada FFI 1982.

Dikisahkan seorang gadis desa bernama Murni dibakar dan dibuang ke jurang oleh penduduk setempat. Murni diduga selalu mengganggu mantan kekasihnya dengan menggunakan ilmu hitam.

Beruntung, ia berhasil diselamatkan oleh seorang dukun yang ternyata adalah orang yang menggunakan ilmu hitam tersebut.

Dengan iming-iming balas dendam, Murni akhirnya mempelajari berbagai ilmu hitam dari sang dukun hingga dijuluki Ratu Ilmu Hitam. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Tonton kisahnya sekarang!

 

#5 Rumah Dara (2009)

Rumah Dara merupakan film horor lanjutan dari sekuel lepasnya pada film antologi horor Indonesia dengan judul “Takut”.

Walaupun ber-genre horor, Rumah Dara lebih mengusung sisi thriller dengan tokoh utama antagonis yang diperankan sebagai seorang psikopat.

Dikisahkan sepasang suami istri yang akan pergi berlibur ke Kota Bandung bersama anak, teman, dan saudara mereka.

Di tengah perjalanan, mereka bertemu seorang gadis bernama Maya yang mengaku baru saja dirampok. Bermaksud menolong, mereka mengantar Maya pulang ke rumahnya.

Sesampainya di rumah, seorang wanita misterius bernama Dara menyambut mereka di rumah tersebut.

Setelah itu, satu persatu dari mereka terjebak dalam permainan Dara yang menjadikan nyawa sebagai taruhan. Film ini akan sangat menegangkan dan penuh dengan kekerasan!

Untuk kamu yang tidak tahan dengan adegan penuh darah, maka akan lebih baik jika kamu melewatkan film yang satu ini. Namun untuk kamu yang berani, Rumah Dara menjadi film yang wajib untuk kamu tonton!

 

#6 Kuntilanak (2006)

Kuntilanak dipercaya menjadi salah satu sosok makhluk ghaib yang sangat menyeramkan dan paling ditakuti di Indonesia.

Kebayang kan jika sosok tersebut dijadikan film? Diperankan oleh bintang asal Indonesia, Julie Estele, film ini mampu menarik perhatian masyarakat luas.

Samantha merupakan gadis dengan latar belakang keluarga broken home yang memutuskan untuk pergi dari rumahnya dan tinggal di sebuah kost. Kost yang ia tuju ternyata cukup misterius.

Keluarga pemilik kost pernah melakukan pesugihan kepada Kuntilanak dan tak disangka-sangka, ternyata Samantha pun memiliki garis keturunan untuk memanggil Kuntilanak!

Kengerian semakin menyeruak saat Samantha menyadari bahwa di dalam kamarnya terdapat cermin keramat yang dapat menghubungkan dunia manusia dan dunia ghaib. Merinding?

 

#7 Keramat (2009)

Film karya Monti Tiwa yang berjudul “Keramat” menjadi salah satu must watch horror movie untuk kamu penggemar cerita menyeramkan! Rilis di tahun 2009, Keramat menjadi film horor legendaris yang diidolakan para penonton, lho.

Berawal ketika sebuah tim produksi film tengah melakukan pre-shooting di sebuah desa terpencil di Bantul, Yogyakarta. Banyak konflik terjadi selama proses pengambilan gambar.

Mulai dari keterlambatan jadwal, ketidaksepahaman naskah, dan sebagainya.

Konflik demi konflik terus bermunculan hingga diperparah oleh tragedi di mana pemain film yang secara tiba-tiba kerasukan.

Untuk menyelamatkannya, kru terpaksa menemui paranormal dan naasnya mereka menjadi terjebak di sebuah hutan yang sangat misterius.

Kejadian-kejadian mistis pun terus menghampiri. Film ini menjadi sangat menegangkan karena penyajiannya yang menyerupai film dokumenter. Lalu apa yang kira-kira terjadi? Penasaran?

Kalau belum punya dana untuk nonton film horor di atas, kamu bisa lho merencanakan keuangan kamu dengan aplikasi Finansialku.

Yuk download aplikasinya di sini!

playstore icon
appstore icon

 

#8 Modus Anomali (2012)

Siapa tak kenal Joko Anwar? Sutradara kawakan yang satu ini menggarap film horor berjudul Modus Anomali yang dijamin akan membuat kamu berpikir dalam ketegangan.

Diperankan oleh aktor senior, Rio Dewanto dan Marsha Timothy, film ini akan menjadi film yang super seru!

Diceritakan sebuah keluarga tengah berlibur di sebuah vila kecil di tengah hutan. Pada awalnya, liburan mereka terasa sangat menyenangkan hingga akhirnya satu persatu terbunuh.

Evan tiba-tiba kehilangan ingatan dan menemukan beragam bukti pembunuhan yang mengerikan.

Mulai dari rekaman terbunuhnya seorang wanita serta berbagai senjata yang tampaknya baru saja digunakan untuk membunuh.

Siapakah Evan sesunguhnya hingga seluruh keluarganya ikut terbunuh? Pecahkan teka-teki ini dengan menonton filmnya.

 

#9 Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film horor kedua karya Joko Anwar setelah “Pengabdi Setan” berjudul “Perempuan Tanah Jahanam”. Rilis di tahun 2019, film ini ternyata membutuhkan waktu 10 tahun untuk memantapkan jalan ceritanya lho!

10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik yang Bikin Begidik 02 - Finansialku

[Baca Juga : VIDEO : Jangan Ngaku Fans Game Of Thrones Kalau Belum Tau Pelajaran Di Balik Film Ini!]

 

Film Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan tentang Maya (Tara Basro), seorang penjaga tiket tol yang bertubi-tubi mengalami sial.

Maya mengalami trauma setelah ia diserang oleh orang tak dikenal saat bertugas.

Ia pun memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan menjadi penjual pakaian bersama sahabatnya, Dini. Usaha tersebut pun gagal dan tabungan mereka habis.

Maya mendapatkan informasi bahwa keluarganya meninggalkan harta warisan di Desa Harjosari dan ia pun pergi ke sana sekaligus berniat mencari tahu asal-usul keluarganya, karena sejak kecil ia tak tahu keberadaan ayah dan ibunya.

Di sana, berbagai keanehan terjadi. Mulai dari gangguan sosok hantu hingga kebencian warga desa saat melihat kedatangan Maya dan Dini.

Apa sebenarnya keterkaitan antara sosok misterius yang terus mengganggunya dengan keluarganya yang menghilang? Ungkap kisah misteri tersebut dengan menonton filmnya!

Pasti susah punya hobi nonton tapi dana terbatas, pelajari cara untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan lewat e-Book Finansialku yang bisa kamu dapatkan di sini!

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

#10 Mirror (2005)

Mirror dirilis pada tahun 2005. Dibintangi oleh Nirina Zubir, Mirror mengisahkan tentang anak SMA yang secara tiba-tiba memiliki kemampuan supranatural. Kikan (Nirina) dapat melihat kematian seseorang hanya lewat pantulan cermin!

Bermula dari tetangga, Kikan yang bayangannya tak terlihat di cermin dan kemudian meninggal.

Setelah kejadian itu, Kikan mulai melihat banyak kematian orang-orang terdekatnya. Suasana semakin mencekam ketika pada suatu saat Kikan tak dapat melihat bayangannya sendiri di cermin.

Apakah Kikan akan meninggal seperti korban-korban lainnya? Ataukah ia akan selamat dari maut yang mengejarnya?

 

Beranikan Diri Kamu, Tonton Filmnya Sekarang!

Film horor Indonesia nyatanya menyimpan segudang misteri yang mengerikan. Memang benar bahwa sebagian besar jalan cerita yang dibuat merupakan fiksi namun beberapa di antaranya, bahkan beberapa sosok yang digambarkan adalah nyata!

Belum lagi makhluk halus yang menghantui. Jadi, percayakah kamu bahwa “dunia lain” itu memang ada?

Nah, jika kamu merupakan penggemar film horor dan termasuk sebagai orang yang cukup berani, maka tak ada salahnya jika kamu menonton salah satu dari rekomendasi film di atas.

Saksikan juga video profil dari Reino Barack di Film Satria Garuda Bima!

 

Itu dia ulasan rekomendasi film horor Indonesia terbaik sepanjang masa. Film mana yang menjadi favoritmu?

Jangan nonton sendirian, ya! Mending kamu share artikel ini, supaya bisa pilih film untuk ditonton bersama. Selamat menonton!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Juni 2020. 14 Film Horor Indonesia Terbaik, Terseram Sepanjang Masa. Tokopedia – https://bit.ly/301xVyr
  • Deta Jauda Najmah. 29 Januari 2020. 10 Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Super Seram. Brilio.com – https://bit.ly/3hA24e8

 

Sumber Gambar:

  • Horor Indonesia 01 – https://bit.ly/3hRALMK
  • Horor Indonesia 02 – https://bit.ly/3fqhDDH
  • Horor Indonesia 03 – https://bit.ly/32Z07E0