Film tentang virus berikut akan mengingatkanmu pada pandemi yang sedang melanda masyarakat dunia saat ini. Seru dan menegangkan!

Covid-19 belum juga berakhir. Masyarakat dunia masih berada di bawah bayang-bayang ketakutan akan wabah yang belum dapat diidentifikasi dengan jelas.

Ruang gerak setiap orang pun dibatasi. Sama halnya dengan beberapa film tentang virus berikut yang akan membuat kamu tercengang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mirip Kejadian Nyata! Film tentang Virus Semakin Seru untuk Ditonton

Dunia sedang dilanda wabah virus yang mematikan. Untuk mencegah penyebarannya, pemerintah di setiap negara berlomba-lomba mendorong gerakan keselamatan pada masyarakat.

Dari mulai menerapkan social distancing, membatasi jam operasional hingga menutup tempat-tempat umum, melarang masyarakat pergi ke luar rumah jika tidak berkepentingan, bahkan mewajibkan pemakaian alat pelindung diri ke manapun seseorang pergi.

Ternyata, apa yang sedang dialami dunia saat ini mirip dengan beberapa cerita pada film tentang virus yang sudah ada. Jadi, akan sangat seru kalau kamu menonton film-film bertema virus ini sekarang! Siap melihat list film-nya?

 

Daftar Film Terbaik tentang Wabah Virus Mematikan

Pada artikel kali ini, Finansialku akan memberikan kamu rekomendasi film terbaik yang menceritakan tentang virus. Mirip dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi saat ini, film-film berikut akan membuat kamu berpikir.

Penasaran apa saja? Berikut daftarnya:

 

#1 Contagion

Film thriller garapan Steven Soderbergh ini menceritakan tentang penyebaran virus misterius yang menyerang warga dunia.

Berawal saat Beth Emhoff kembali dari perjalanan bisnisnya di Hong Kong. Setibanya di rumah, ia mengalami flu dan terus memburuk hingga meninggal dunia. Tak lama, putri Beth juga turut tewas.

Setelah ditelusuri, kematian keluarga Emhoff disebabkan oleh virus mematikan dengan nama Virus Meningoencephalitis One (MEV-1) yang berasal dari kelelawar.

Virus ini dapat menyebar melalui droplet yang masuk ke saluran pernapasan.

Nonton Film Tentang Virus di Tengah Pandemi Cek Daftarnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anti Bosan Ditemani 10 Situs Download Film Indonesia Terbaru Ini]

 

Kasus infeksi karena virus tersebut pun menyebar dan terus menimbulkan korban jiwa. Masyarakat dunia menjadi ketakutan dan tatanan sosial perlahan rusak.

Para peneliti dan tenaga medis membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengidentifikasi virus tersebut sementara jumlah korban semakin banyak.

 

#2 The Flu

The Flu mengisahkan tentang virus menular yang mewabah di Kota Bundang, Korea Selatan. Virus dengan gejala batuk hingga kejang tersebut mengakibatkan kematian pada orang yang terinfeksi dalam 36 jam.

Bermula dari penyelendupan imigran gelap dalam sebuah kontainer dengan tujuan akhir Kota Bundang, ternyata salah satu imigran merupakan pembawa virus.

Virus mematikan itu pun akhirnya menyebar di udara dan menyerang seluruh masyarakat kota. Korban yang terinfeksi semakin banyak hingga pihak Rumah Sakit mulai kewalahan.

Pemerintah pun mengambil sikap tegas untuk menetapkan tindakan karantina kepada seluruh masyarakat agar virus tidak tersebar ke seluruh dunia. Dokter Kim In Hae terus berusaha untuk menemukan vaksin dari virus tersebut.

 

#3 12 Monkeys

Film keluaran tahun 1995 ini masih sangat layak tonton karena ceritanya yang seru dan menegangkan.

Film ini menceritakan tentang organisasi bernama “12 Monkeys” yang menjadi dalang dalam penyebaran wabah virus mematikan. Virus inilah yang nantinya mengakibatkan populasi manusia hanya tersisa 1% pada tahun 2035.

Demi mempertahankan keberadaan manusia, mesin waktu digunakan untuk kembali ke masa lalu dan mencari tahu siapa yang menciptakan dan menyebarkan virus mematikan tersebut.

Seorang narapidana secara sukarela mengajukan diri sebagai relawan untuk dikirim ke tahun 1990, enam tahun sebelum wabah menyebar, dengan harapan kepunahan umat manusia dapat digagalkan.

 

#4 Outbreak

Outbreak bercerita tentang virus mematikan yang mewabah di California, Amerika Serikat. Virus tersebut ternyata berasal dari monyet Afrika yang diselundupkan ke sana.

Monyet tersebut mengidap virus menular yang dapat membunuh seseorang dalam hitungan jam. Lebih menular dari flu, virus tersebut mampu menyebar di udara maupun melalui kontak fisik.

Nonton Film Tentang Virus di Tengah Pandemi Cek Daftarnya 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Rekomendasi Film Islam Terbaik Sepanjang Masa (Part 1)]

 

Para ilmuwan CDC berusaha untuk menghentikan penyebaran virus tersebut. Sayangnya, niat baik mereka terhalang karena harus berhadapan dengan jenderal Angkatan Darat yang ingin menjadikan virus tersebut sebagai bioweapon.

Alhasil, seluruh masyarakat California terkontaminasi virus mematikan itu hingga Angkatan Darat Amerika Serikat terpaksa melakukan karantina.

Pasukan militer dan dokter terhebat dari seluruh dunia pun turut dikerahkan untuk menyelamatkan warga.

 

#5 Blindness

Secara tiba-tiba, wabah aneh melanda seisi kota. Satu per satu warga mengalami gangguan penglihatan hingga berujung kebutaan.

Karena jumlah penderita semakin banyak, maka pemerintah tak punya pilihan lain selain mengkarantina mereka pada sebuah rumah sakit jiwa yang sudah tak terpakai.

Para penjahat dan orang-orang yang kuat secara fisik mulai mendominasi dan memberlakukan hukum rimba dalam keadaan tersebut.

Setiap orang menggunakan insting bertahan hidup di tengah suasana rumah sakit yang telah penuh dengan orang buta. Kejahatan demi kejahatan terus terjadi lantaran pasokan makanan dari pemerintah pun semakin berkurang.

Seorang wanita yang diperankan oleh Julianne Moore sebenarnya tidak tertular oleh penyakit aneh itu.

Namun, karena suaminya terjangkit, maka ia menemaninya dengan harus berpura-pura buta agar tidak menimbulkan kecurigaan. Film adaptasi novel yang menjadi international best seller ini wajib kamu tonton!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#6 I Am Legend

Seorang ilmuwan cerdas sekaligus ahli virus bernama Robert Neville bekerja untuk militer negara. Walaupun cerdas, ia tetap tidak mampu menghentikan virus mematikan yang tengah mewabah.

Anehnya, ia tetap bertahan dan menjadi satu-satunya manusia yang selamat dari infeksi virus.

Nonton Film Tentang Virus di Tengah Pandemi Cek Daftarnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar 10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa]

 

Neville telah mengirimkan pesan lewat radio setiap hari, berharap masih ada manusia yang selamat di luar sana. Ternyata, manusia sudah terinfeksi dan bermutasi menjadi mahluk karnivora.

Mereka memiliki kecerdasan seperti manusia yang hanya muncul dalam kegelapan dan akan menginfeksi siapapun yang berada didekatnya. Dalam situasi yang menakutkan, Neville menjadi buruan para mutan tersebut.

Ia menyadari bahwa kekebalan tubuh yang mengalir dalam darahnya menjadi incaran. Maka kini misinya hanyalah satu yaitu menemukan cara untuk membalikkan efek virus menggunakan darahnya yang memiliki imunitas.

Apakah berhasil? Ia kalah jumlah dan mulai kehabisan waktu.

 

#7 28 Days Later

Sekelompok aktivis hewan membebaskan seekor simpanse yang tengah menjadi bahan eksperimen penelitian. Rupanya simpanse tersebut telah terinfeksi virus mematikan yang dapat menular dengan cepat ke tubuh manusia.

Virus pun menyebar dengan cepat lantaran simpanse kabur dan membaur di kerumunan manusia. Parahnya, setiap orang yang terinfeksi oleh virus tersebut akan berubah menjadi zombie.

Tepat 28 hari setelah virus itu menyebar, Jim terbangun dari kondisi koma di sebuah rumah sakit. Ia heran karena seisi kota sunyi, termasuk rumah sakit di mana ia dirawat. Hanya sisa-sisa kerusakan yang dilihatnya.

Ia pun bertemu dengan orang-orang yang selamat dalam perjalanannya dan mencari perlindungan dari zombie yang mengepung kota. Setiap orang yang terinfeksi harus segera dibunuh agar tidak membahayakan orang lainnya.

Dalam petualangan menuju bala bantuan, mereka kembali harus kecewa karena bantuan yang ditawarkan ternyata palsu.

 

#8 Train to Busan

Seorang perempuan belia berjalan terseok-seok di dalam KTX (Korea Train Express) yang mengantar penumpang dari Seoul ke Busan.

Ia tampak kesakitan sehingga salah satu petugas wanita dalam kereta cepat mencoba memberikan pertolongan. Namun tak disangka, leher petugas tersebut malah dicabik.

Rupanya, perempuan muda itu telah terinfeksi virus misterius yang mengubahnya menjadi zombie. Perempuan belia itu menyerang seluruh penumpang.

Seok Woo bersama putrinya, Soo An juga berada dalam kereta tersebut dengan niat mengunjungi mantan istrinya di Busan. Dalam kondisi yang genting, ia berusaha menyelamatkan diri dan anaknya.

Masinis kereta mengumumkan bahwa kereta akan berhenti di Daejeon, tempat para tentara telah bersiap untuk menolong mereka.

Nonton Film Tentang Virus di Tengah Pandemi Cek Daftarnya 04 - Finansialku

[Baca Juga: Checklist Yuk, Film Action Terbaik Mana yang Udah Kamu Tonton]

 

Nahasnya, keadaan stasiun Daejeon sepi dan tak berpenghuni. Seluruh tentara telah menjadi zombie dan para penumpang pun masuk kembali ke kereta api menuju Busan, tempat yang dianggap aman.

Di sepanjang perjalanan, mereka dikejar oleh segerombolan zombie. Termasuk Sung Gyeong yang tengah hamil besar dan suaminya, Sang Hwa yang berupaya melindungi.

 

#9 Quarantine

Quarantine merupakan remake dari film horor Spanyol di tahun 2007 berjudul Rec. Film ini bercerita tentang salah satu stasiun TV yang ingin meliput secara langsung aksi pemadam kebakaran di malam hari.

Panggilan darurat 911 datang dengan misi untuk pergi ke sebuah apartemen yang dilaporkan terdengar suara teriakan histeris seorang wanita. Tidak disangka, misi yang mereka ikuti berujung petaka.

Ternyata wanita di apartemen tersebut telah terinfeksi virus ganas yang belum diketahui penyebabnya. Wanita itu pun menyerang para penghuni apartemen lainnya dengan brutal.

Kru berita mencoba untuk menyelamatkan diri dengan meninggalkan apartemen tersebut. Namun nahasnya, pihak pemerintah telah menginstruksikan untuk menyegel apartemen itu demi keselamatan.

Semua komunikasi terputus dan satu-satunya bukti dari apa yang terjadi adalah rekaman video yang diambil oleh kru berita tersebut.

 

Bergabung Dengan Komunitas Belajar Saham Finansialku Sekarang!

komunitas saham

SAYA MAU JOIN

 

#10 Black Death

Black Death akan membawa kamu kembali ke masa medieval, tepatnya pada tahun 1348. Pada tahun itu, Inggris tengah dihantui oleh sebuah wabah virus mematikan yang tidak diketahui penyebabnya.

Keadaan menjadi semakin rumit ketika sebagian besar masyarakat percaya bahwa penyebaran penyakit tersebut terjadi karena perbuatan sihir yang menyebabkan gejolak antara masyarakat dengan para pemuka agama.

Nonton Film Tentang Virus di Tengah Pandemi Cek Daftarnya 05 - Finansialku

[Baca Juga: Dibalik Kematian Gregory Tyree Boyce, Pemain Film Twilight]

 

Ulric, seorang ksatria, ditugaskan untuk mencari sebuah desa yang dikabarkan belum terkena dampak penyakit tersebut.

Bersama sekelompok ksatria lainnya, mereka dipimpin oleh Osmund, seorang rahib gereja muda yang sedang mengalami guncangan kepercayaan.

Setelah menempuh perjalanan dengan banyak tantangan, Ulric beserta pasukannya berhasil menemukan desa tersebut. Benar saja, desa tersebut aman dari berbagai penyakit.

Dipimpin oleh seorang wanita cantik misterius, Langiva, Ulric dan pasukannya harus mencari tahu alasan mengapa desa tersebut aman dari penyakit yang tengah mewabah di seluruh Inggris.

Mereka juga mencari seorang necromancer yaitu orang yang dianggap dapat menghidupkan kembali orang yang telah meninggal.

 

#11 World War Z

World War Z menceritakan kisah seorang mantan pegawai PBB yang berusaha mencari vaksin untuk sebuah virus mematikan yang melanda dunia.

Gerry Lane membawa keluarganya ke New Jersey, setelah wabah mematikan menyerang Amerika Serikat dan dunia. Gerry mendapat telepon dari rekan lamanya di PBB, Thierry Umutoni, yang menjelaskan tentang situasi yang tengah mereka hadapi.

Thierry mengatakan bahwa Pemerintah AS bersama PBB sedang menguji coba vaksin untuk wabah mematikan ini. Namun, mereka belum juga menemui hasil. Gerry diminta untuk membantu mereka dalam mencari jawaban.

Bersama ahli virus, Andrew Fassbach, ia dikirim menuju pangkalan militer AS di Korea Selatan, tempat yang diduga menjadi lokasi penyebaran pertama wabah zombie ini.

Selama perjalanan, Gerry harus berhadapan dengan ratusan makhluk mengerikan yang lapar dan haus darah.

 

Nikmati Film Favoritmu di Rumah Aja

New normal menjadi cara hidup baru yang mengharuskan semua orang untuk peduli dengan kondisi dunia. Mulai dari menjaga diri dan peduli terhadap kesehatan orang-orang di sekitarnya.

Walaupun fasilitas-fasilitas umum sudah mulai beroperasi, alangkah baiknya jika kamu tetap berdiam di rumah jika tak perlu sekali.

Semoga rekomendasi film di atas dapat mengisi hari-hari kamu selama new normal. Kamu bisa menghabiskan waktumu dengan menonton film favorit di rumah aja, kan?

Selain menarik untuk ditonton, kamu juga bisa mendapat pelajaran bermakna dari film tersebut. Seperti salah satunya makna yang bisa didapat dalam drama yang sempat heboh di televisi Indonesia berikut ini.

 

Nah, itu dia film tentang virus yang wajib kamu tonton. Punya rekomendasi film lainnya? Yuk, tulis di kolom komentar!

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan juga kepada teman-temanmu. Selamat menonton!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Maret 2020. 15 Film Tentang Virus dan Wabah Penyakit Paling Mengerikan. Tokopedia – https://bit.ly/383XrWg

 

Sumber Gambar:

  • Film tentang Virus 1 – https://bit.ly/2O7OZwh
  • Film tentang Virus 2 – https://bit.ly/2ZAXXr9
  • Film tentang Virus 3 – https://bit.ly/2NUZPWb
  • Film tentang Virus 4 – https://bit.ly/3f4CYU0
  • Film tentang Virus 5 – https://bit.ly/38vLCIS