Menunggu waktu berbuka puasa, yuk nonton film Islam terbaik sepanjang masa. Film apa saja? Simak dalam artikel Finansialku berikut ini.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rekomendasi Film Islam Terbaik

Film Islam dapat menjadi media pembentuk perspektif. Pasalnya, penonton akan mendapatkan sudut pandang humanis tentang Islam. Islam bukan soal terorisme seperti yang selama ini digemborkan media.

Justru, Islam itu indah. Hal ini justru yang membuat beberapa produser atau sutradara tergerak untuk membuktikannya.

Berikut ini beberapa film Islam terbaik sepanjang masa yang dapat mengubah perspektif kamu terhadap Islam.

banner -kenali lebih dalam tentang anjuran zakat (1)

 

#1 Ali

Siapa yang tak kenal Muhammad Ali? Kisah legenda dunia tinju ini difilmkan dengan judul Ali.

Film Ali buatan Hollywood ini diperankan oleh Will Smith sebagai Ali. Film ini mengambil sudut pandang kehidupan Ali selama 10 tahun dari 1964 sampai 1974.

Dalam rentang waktu tersebut, Muhammad Ali melewati banyak rintangan sampai-sampai sempat dikeluarkan dari dunia tinju.

 

#2 Malcolm X

Malcolm X adalah seorang aktivis HAM berdarah Afrika-Amerika.

Film ini menceritakan sisi kehidupan Malcolm yang awalnya adalah seorang kriminal hingga akhirnya ia menjadi mualaf. Perkembangan Islam di dunia Barat pun ditunjukkan dalam film biopik ini.

 

#3 My Name Is Khan

Film Islam 1

[Baca Juga: 4 Cara Menghemat Uang di Bulan Ramadhan]

 

Film Bollywood ada juga lho yang berbau Islami. Salah satunya, My Name Is Khan. Film yang satu ini mengangkat isu teroris. Dalam film ini pun banyak nilai tersirat mengenai muslim.

Diperankan oleh aktor terbaik Shahrukh Khan dan Kajol, film ini mendapatkan beberapa penghargaan. Bahkan, berhasil masuk dalam nominasi dalam berbagai festival film.

 

#4 The Kite Runner

Film produksi Hollywood yang satu ini diangkat dari novel berjudul sama, The Kite Runner karya Khaled Hosseini.

Berkisah tentang seorang remaja bernama Amir yang berasal Afghanistan. Amir yang tinggal di San Francisco teringat dengan masa kecilnya pada saat tinggal di Afghanistan.

Film Islam 4

[Baca Juga: Inilah 7 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Pahami]

 

Keadaan yang kompleks karena terpecahnya bangsa Afghanistan membuat Amir harus berimigrasi ke berbagai negara.

Film ini akan membuat perasaanmu terombang ambing. Apalagi ketika menyaksikan persahabatan Amir dan Hassan. Jalan hidup yang mereka tempuh sangat berbeda.

 

#5 99 Cahaya Di Langit Eropa

Film Indonesia ini merupakan adaptasi dari novel 99 Cahaya Di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais.

Dalam film ini, kamu dapat mengetahui sejarah Islam di Eropa dan novel ini merupakan kisah nyata dari putri Amien Rais dan suaminya, lho.

Kisahnya sendiri mengangkat Islam dengan cara yang baik, tanpa kekerasan dan juga diselingi dengan keadaan sosial dan budaya sekitar.

 

#6 Persepolis

Persepolis merupakan film animasi yang diangkat dari sebuah graphic novel berjudul sama karya Marjane Satrapi.

Film ini bercerita tentang hidup seorang wanita Iran yang bernama Marjane Satrapi. Ya, ini adalah kisah nyata yang dialami penulisnya.

Konflik yang diangkat dalam film ini diambil dari perspektif kaum proletar di Iran. Mereka kebanyakan adalah orang-orang yang berhaluan kiri dalam memperjuangkan revolusi Iran.

 

#7 Sang Kiai

Jangan salah, film Indonesia yang satu ini sangat berkualitas. Buktinya, film ini masuk ke nominasi 86 Oscar, lho!

Film Sang Kiai berkisah tentang sosok  K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu.

Film Islam 2

[Baca Juga: Peluang Investasi di Bulan Puasa, Inilah Saham yang Berpotensi Naik di Bulan Ramadhan]

 

Tidak hanya menambah ilmu mengenai Islam, kamu juga akan mengetahui sejarah dan perjuangan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

 

#8 Fetih 1453

Fetih 1453 merupakan sebuah film aksi epik Turki. Film ini berdasarkan pada peristiwa-peristiwa menjelang Keruntuhan Konstantinopel (sekarang Istanbul) sampai Turki Ottoman pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II.

Kamu akan mengetahui sejarah Islam di Konstantinopel. Selain itu, kamu juga akan mengetahui bahwa sosok Fetih 1453 adalah sosok yang cerdas dan tak bisa dipandang sebelah mata.

Wajar jika Sultan Mehmed Al Fatih sangat diagungkan rakyatnya, bahkan sampai sekarang.

 

#9 Assalamualaikum, Beijing

Film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia ini menceritakan perjuangan cinta segitiga antara Asma, Dewa, dan Anita. Jalan cerita dan latar belakang karakternya bisa membuat penonton terharu.

 

#10 Mencari Hilal

Dalam film Hilal, penonton akan menemukan makna Islam lebih dalam. Beberapa isu seperti masalah tradisi, pola pikir, hingga agama yang erat dengan kehidupan sosial turut dibahas. Hal ini akan mengubah perspektif terhadap Islam.

 

#11 Film Islam Terbaik, Qur’an By Heart

Film ini merupakan film dokumenter garapan sutradara Greg Barker yang pernah ditayangkan jaringan televisi Amerika, HBO.

Film dokumenter ini mengisahkan perjalanan tiga anak berusia 10 tahun dari Senegal, Tajikistan, dan Maladewa menuju Mesir untuk mengikuti MTQ Internasional.

Selain menceritakan tentang lomba yang diikuti ketiga bocah tersebut, film ini memaparkan pula keadaan Islam saat ini. Terutama lewat perspektif umat muslim di berbagai negara.

Film ini akan membuat penonton trenyuh dengan usaha yang dilakukan ketiga bocah dengan latar belakang geografis yang berbeda itu. Penonton pun akan terharu betapa hebatnya seorang bocah dalam menghapalkan Al-Quran.

 

#12 Film Islam Terbaik, Haji Backpacker

Film ini mengisahkan tentang perjalanan inspiratif sang tokoh utama melintasi sembilan negara melalui darat untuk menuju Mekah.

Banyak orang yang mengira bahwa film ini tentang perjalanan seseorang pergi haji dengan biaya murah. Padahal, ada makna yang lebih daripada itu.

Justru, Haji Backpacker bercerita tentang perjalanan spiritual seseorang. Pasalnya, sang tokoh utama sedang berada pada satu titik hidup yang membuatnya marah kepada Tuhan dan mencoba melupakan agama.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

6 Panduan Berinvestasi Emas Batangan/Perhiasan Untuk Pemula

 

#13 Jilbab Traveler: Love Sparks In Korea

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Asma Nadia. Berkisah tentang petualang hijaber Indonesia yang berkeliling dunia.

Seperti judulnya, film ini dibumbui dengan adegan dan latar tempat yang romantis. Alur ceritanya akan membuatmu tak sabar ingin mengetahui akhir ceritanya.

 

#14 One Day In The Haram

Film dokumenter yang satu ini digadang-gadang sebagai film dokumenter terbaik sepanjang masa tentang Masjidil Haram.

Film ini diproduseri dan disutradarai oleh Abrar Hussain asal Inggris. Pengambilan gambar di film ini pun terlihat sangat dahsyat, menggambarkan Masjidil Haram yang megah. Film ini memang dirancang untung penonton non-muslim.

Tujuannya untuk menunjukkan betapa pentingnya Mekkah bagi umat muslim. Ditambah lagi, untuk menunjukkan sisi indah Islam melalui tempat paling suci di dunia ini.

Film Islam Terbaik 2

[Baca Juga: Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga!]

 

Film dokumenter yang berdurasi 85 menit ini memperlihatkan suasana peribadatan di tempat suci umat Muslim sedunia itu dalam satu hari.

Selain itu, film ini memberikan pengalaman yang tidak pernah terlihat sebelumnya di Masjidil Haram melalui pandangan orang-orang yang bekerja di Masjidil Haram.

 

#15 Bilal

Film animasi yang satu ini sangat menginspirasi. Film ini menceritakan sosok Bilal Bin Rabah, sahabat rasulullah yang memiliki suara indah saat adzan.

Dalam film ini, Bilal mengilhami banyak orang dengan kekuatannya melawan perbudakan, penindasan, diskriminasi, penyampaian akan keadilan di bawah naungan Allah.

Walaupun begitu, muatan islami dalam film ini disamarkan, sehingga dapat ditonton berbagai kalangan. Yang jelas, lewat sosok bilal, penonton akan mendapat banyak pesan moral.

#16 Taqwacores

Film ini menceritakan tentang komunitas punk rock yang juga merupakan penganut ajaran agama islam. Sebagai anak punk, mereka sama seperti anak punk pada umumnya: melakukan protes, menyukai musik keras. tapi ternyata, mereka tidak melupakan kewajiban-kewajiban mereka sebagai seorang muslimin sejati.


 

Perspektif Islam Lewat Film

Film memang dapat menjadi media pembentukan karakter. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menonton film bernuansa Islam yang mengusung nilai kebaikan.

Film-film di atas menjadi film terbaik sepanjang masa karena menyuguhkan Islam yang memang begitu adanya.

 

Simak video berikut ini juga yuk!

 

Mungkin banyak juga teman kamu yang sedang mencari referensi film untuk menghilangkan kebosanan mereka, jadi kamu dipersilakan untuk share artikel ini ke banyak teman kamu ya…. 

Selamat menonton. Sampai bertemu di artikel Finansialku berikutnya, karena Finansialku mengulas banyak hal untuk kamu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rayi Dwitya Larasati. 9 Maret 2020. 15 Rekomendasi Film Tentang Islam Terbaik yang Menyentuh Hati. Bukalapak.com – https://bit.ly/2SpT8OE

 

Sumber Gambar:

  • Film Islam 1 – https://bit.ly/3fSQuuy
  • Film Islam 2 – https://bit.ly/2ApIssV
  • Film Islam 3 – https://bit.ly/3cz5NXt
  • Film Islam 4 – https://bit.ly/2WvU8mw