Kini, kita bisa menikmati film secara legal melalui smartphone atau desktop dengan mengakses daftar situs nonton film online di Indonesia. Pilihannya pun beragam. Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya!

 

Summary:

  • Film menjadi salah satu hiburan yang masyarakat minati, apalagi sekarang kita bisa menontonnya tanpa perlu ke bioskop.
  • Tak sedikit platform yang menyediakan layanan nonton film secara gratis, namun jika ingin lebih leluasa maka harus membayar biaya langganan.

 

Kebutuhan Akan Hiburan di Tengah Kesibukan

Para pekerja menghabiskan sebagian besar hari mereka di kantor. Tentu saja, mereka “akrab” dengan laporan keuangan, laporan pembukuan, brainstorming, dan sebagainya.

Untuk mengembalikan semangat, banyak orang yang butuh hiburan di akhir pekan.

Salah satu hiburan yang paling diminati adalah film. Namun, lagi-lagi, jika sisa lelah bekerja masih ada, rasanya enggan untuk pergi ke bioskop untuk sekadar menonton film.

Ketika di rumah, daripada menonton TV yang acaranya begitu-begitu saja, beberapa orang kini memilih mengunjungi situs streaming film.

Tenang saja, daftar situs nonton film online yang ada saat ini resmi, kok. Jadi tidak melanggar hukum.

Kini, daftar situs nonton film online di Indonesia telah berjumlah belasan. Setiap situs memiliki karakter masing-masing.

Nah, kali ini, Finansialku akan memberikan ulasan mengenai daftar situs nonton film online sebagai referensi ketika kamu ingin memilih layanan streaming. Simak baik-baik, ya!

[Baca Juga: 7 Situs Streaming Basket NBA Gratis Kualitas HD Terbaik]

 

Daftar Situs Nonton Film Online Legal di Indonesia

Dulu, daftar situs nonton film online ilegal banyak peminatnya. Padahal, aktivitas tersebut tidak benar karena merampas hak-hak pegiat kreatif.

Tapi, saat ini, jika membicarakan daftar situs nonton film online, sudah pasti yang dibahas adalah situs legal.

Menonton film di daftar situs nonton film online lebih aman daripada di website abal-abal. Situs web ilegal kerap ditempeli banyak iklan dan berpotensi mengandung malware.

Di mana, hal tersebut tidak ada di daftar situs nonton film online legal.

Berikut ini adalah daftar situs nonton film online yang dapat kamu pilih untuk menonton tayangan kesayangan.

 

#1 Netflix

Netflix merupakan layanan streaming film paling populer di dunia. Situs ini memiliki banyak katalog film, termasuk film-film dalam negeri.

Menempati posisi pertama daftar situs nonton film online, Netflix sangat direkomendasikan karena kualitas visualnya yang baik. Dalam layanan ini, pengguna bisa menonton film hingga resolusi 4K HDR.

Netflix tak hanya hadir dalam bentuk situs, melainkan aplikasi yang dapat kamu akses dari smartphone (android dan iOS), desktop, dan smart TV.

Biaya langganan per bulan Netflix berkisar mulai dari Rp54.000 sampai dengan Rp186.000. Biaya ini relatif terjangkau karena pengguna bisa menonton film sepuasnya selama periode langganan.

Sebagai daftar situs nonton film online nomor satu, banyak film dan serial populer yang tayang di Netflix.

Sebut saja Money Heist, Stranger Things, Squid Game, dan sebagainya. Selain itu, konten dokumenter dengan sinematografi cantik juga hadir di sini.

 

#2 HBO Go

HBO Go merupakan daftar situs nonton film online besutan Warner Media Company. Situs ini menyediakan konten film dan serial Hollywood dan negara lain, termasuk Indonesia.

HBO Go dapat diakses melalui smartphone, smart TV, serta tablet. Dengan harga langganan mulai dari Rp60.000 per bulan, pengguna bisa mendapatkan seluruh film populer dan berkualitas.

Jika kamu penggemar superhero DC, kamu bisa berlangganan HBO Go karena DCEU dan film lain karakter DC tayang di sini.

Beberapa di antaranya adalah Aquaman, Wonder Woman, Batman v Superman, dan serial Superman and Lois.

 

#3 Disney+

Situs berikutnya adalah Disney+ yang merupakan layanan menonton film legal besutan Walt Disney Company, perusahaan raksasa media dan anak-anak.

Di Indonesia dan beberapa kawasan lain di Asia, Disney+ terkenal sebagai Disney+ Hotstar. Hal ini karena akuisisi Disney terhadap 20th Century Fox, di mana di dalamnya termasuk Star India.

Pada akhirnya, Disney mengintegrasikan layanan Disney+ miliknya dengan Hotstar (layanan milik Star India) ke dalam layanan gabungan.

Disney+ memiliki segmen penonton yang luas. Sebab, banyak kategori film yang tersedia. Mulai dari kartun klasik, animasi, superhero Marvel, National Geographic, sampai konten lokal Indonesia.

Disney+ memiliki harga langganan yang relatif murah dibanding HBO dan Netflix. Saat ini, kamu bisa berlangganan Disney+ mulai dari Rp39.000.

Menariknya, Disney+ bekerja sama dengan operator layanan seluler di Indonesia, yakni Telkomsel.

Sehingga, jika pengguna membeli paket tertentu, mereka akan mendapatkan gift berupa langganan Disney+ selama periode tertentu.

 

#4 Klik Film

Klik Film adalah masuk daftar situs nonton film online yang cocok untuk menonton tayangan dari berbagai negara.

Di aplikasi Klik Film, pengguna bisa menyaksikan konten film mancanegara, seperti Hongkong, Korea, Thailand, dan sebagainya.

Klik Film juga kerap membuat konten original dengan melakukan kolaborasi dengan Falcon Pictures. Sudah banyak konten original yang telah tayang di Klik Film.

[Baca juga, 10+ Situs Penerjemah Selain Google Translate, Akurat!]

 

#5 VIU

Selanjutnya, ada VIU dalam daftar situs nonton film online legal. Seperti layanan sebelumnya, VIU juga menyajikan layanan yang cukup lengkap, seperti tayangan asal Indonesia, Korea, Jepang, dan sebagainya.

Aplikasi VIU tersedia di banyak perangkat, seperti smartphone, smart TV, dan tablet.

Biaya langganan VIU tergolong terjangkau, yakni mulai dari Rp66.000 untuk 3 bulan. Sementara itu, biaya langganan per tahun hanya Rp220.000 saja. Metode pembayaran tersedia sangat beragam, termasuk e-wallet

 

#6 Apple TV+

Apple TV+ merupakan layanan streaming yang milik Apple inc. Platform ini dapat dinikmati melalui perangkat Apple, yakni iPhone, iPad, iPod Touch, Apple TV dan melalui situsnya di tv.apple.com.

Apple TV+ memiliki konten-konten eksklusif populer seperti Ted Lasso, Cha Cha Real Smooth, Black Bird, dan sebagainya.

Sebagai daftar situs nonton film online  yang populer, biaya langganan Apple TV+ mirip dengan layanan lain, yakni mulai dari Rp69.000.

 

#7 MAXstream

MAXstream ada di daftar situs nonton film online sebagai layanan menonton film asal Indonesia. Layanan milik Telkomsel ini meluncur pertama kali pada 2018 bersama dengan FIFA World Cup.

MAXstream kerap membuat konten original dalam format film maupun web series. Selain itu, layanan ini memiliki lebih dari 60 saluran televisi dari dalam dan luar negeri.

Meski legal, MAXstream masih bisa kamu akses secara gratis untuk beberapa kontennya. Tetapi, jika kurang puas dengan fitur dasar, kamu perlu berlangganan.

 

#8 Viki

Daftar situs nonton film online selanjutnya ada Viki. Layanan ini cocok untuk pengguna yang sering menonton serial Korea. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di App Store atau Google Play. Selain itu, akses juga bisa melalui viki.com.

 

#9 CatchPlay+

Di nomor sembilan dalam daftar situs nonton film online, ada CatchPlay+ yang memberikan tontonan untuk segala usia. CatchPlay+ menyediakan akses terbatas pada beberapa film untuk ditonton gratis. Selebihnya, kamu perlu berlangganan.

Tarif langganannya tergolong murah, kok. Per satu bulan, kamu kena biaya Rp45.000 atau hanya Rp270.000 jika membeli untuk 6 bulan sekaligus.

 

#10 Bioskop Online

Bioskop Online ada dalam daftar situs nonton film online yang berasal dari Indonesia. Layanan ini pertama kali hadir pada 2021 ketika bioskop tutup akibat COVID-19.

Berbeda dengan layanan lain yang memberikan layanan per bulan, Bioskop Online memberlakukan sistem semacam penyewaan.

Misal, kamu ingin membeli tiket film Selesai seharga Rp10.000. Maka, kamu dapat menonton film tersebut selama 48 jam ke depan.

 

#11 WeTV

WeTV menjadi salah satu nominasi daftar situs nonton film online yang populer karena kerap memberikan akses gratis kepada pengguna. Layanan ini kerap memproduksi serial viral dalam hingga luar negeri.

Kamu mungkin ingat bagaimana Layangan Putus, My Lecturer My Husband, atau serial Sianida yang bombastis. Kejelian WeTV melihat hal-hal yang populer di masyarakat membuat mereka menikmatinya.

 

#12 Vidio

Layanan selanjutnya dalam daftar situs nonton film online adalah Vidio. Platform milik EMTEK Grup ini juga banyak digunakan masyarakat.

Sebab, Vidio menghadirkan tayangan gratis, seperti sinetron dan FTV yang pernah tayang di SCTV atau Indosiar.

Tak hanya sinetron dan FTV, Vidio juga menghadirkan beberapa drama Korea hits secara cuma-cuma, seperti The Penthouse all season dan The World of The Married.

Tapi, jika kamu ingin akses penuh, kamu bisa berlangganan mulai dari Rp49.000 per bulan.

 

#13 Genflix

Genflix menjadi rekomendasi selanjutnya dalam daftar situs nonton film online. Layanan ini terkenal karena up to date dengan film baru. Biaya langganan Genflix sama dengan Vidio, yakni hanya Rp49.000 per bulan.

 

#14 Iflix

Daftar situs nonton film online berikutnya adalah Iflix. Layanan ini merupakan platform yang berasal dari Malaysia. Saat ini telah banyak konten menarik di Iflix yang berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Jika Disney+ bekerja sama dengan Telkomsel, maka Iflix memiliki kemitraan dengan XL Axiata. Dengan begitu, pengguna XL dapat menikmati layanan ini tanpa biaya langganan.

 

#15 iQiYi

Sebagai salah satu situs resmi dalam daftar situs nonton film online, iQiYi patut mendapat acungan jempol karena menyediakan konten gratis. Tapi tentu saja, untuk akses yang lebih baik, pengguna perlu meng-upgrade akun menjadi VIP.

iQiYi terkenal dengan konten anime, serial Korea, dan kawasan Asia Timur lainnya. Tak heran, banyak penggemar anime berlangganan situs ini.

iQiYi menjadi layanan paling murah daripada situs lain, sebab, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp3.000 untuk langganan selama satu bulan.

 

#16 Amazon PrimeVideo

Selanjutnya, ada Amazon PrimeVideo. Layanan milik Jeff Bezos ini sebenarnya memiliki konten yang bagus. Hanya saja tampilan user interface-nya terkesan kuno.

Beberapa konten populer di layanan ini adalah The Boys, Tom Clancy’s Jack Ryan, dan The Marvelous Mrs Maisel. PrimeVideo memungkinkan pengguna mengunduh film dan menontonnya secara offline.

 

#17 Kanopy

Kanopy masuk dalam situs nonton film online yang dapat kamu akses secara gratis. Namun, ada syarat tertentu jika kamu ingin mendapatkannya.

Kamu harus menjadi anggota perpustakaan untuk menggunakan layanan ini, mulai dari perpustakaan kampus, perpustakaan kota, dan sebagainya.

 

Hiburan Murah dari Rumah

Hadirnya belasan situs nonton film online menjadi alternatif bagi mereka yang enggan ke bioskop. Selain bisa kamu akses dari mana pun, biaya langganan layanan-layanan tersebut juga tergolong murah.

Walaupun murah, kamu harus memasukkan biaya langganan tersebut ke dalam anggaran keuangan kamu, ya. Supaya keuangan kamu tetap aman dan tidak menggunakan uang di pos yang lain.

Biar makin gampang, kamu bisa gunakan fitur Anggaran di aplikasi Finansialku secara gratis! Selain itu, terdapat juga berbagai fitur keuangan yang akan membantu kamu dalam mengatur keuangan, lho.

Lengkap dengan ebook, course, hingga webinarnya. Yuk, download aplikasi Finansialku sekarang di Play Store atau App Store.

Dan untuk melengkapi kamu dalam membuat anggaran, kamu bisa ikuti cara-cara yang ada dalam ebook berikut ini.

Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - PC

 

Dari daftar situs di atas, manakah yang menjadi favoritmu? Kira-kira tayangan apa saja yang sering kamu tonton? Yuk, tulis di kolom komentar untuk referensi Sobat Finansialku yang lain.

Jangan lupa share juga artikel ini, ya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Adi Fida Rahman. 07 Mei 2022. 15 Link nonton Film Online Legal Terbaru, Jangan nonton LK21 & Indo XXI. Inet.detik.com – https://bit.ly/3ALL5T4
  • Admin. 14 Mei 2022. 14 Situs nonton Fim Online Legal Terbaru, Bye LK21 & IndoXXI. Cnbcindonesi.com – https://bit.ly/3It19Ls
  • Daniel Cahyadi. 27 Mei 2022. 17 Situs nonton Film Gratis & Terbaik 2022, Paling Update dan Aman! Jalantikus.com – https://bit.ly/2rqQ0nL