Bagaimana cara menghemat uang di bulan Ramadhan? Berikut ini 4 tips cara menghemat uang di Bulan Ramadhan.  

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

4 Cara Menghemat Pengeluaran di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial bagi Umat Muslim. Teman-teman pastinya ada yang mulai merubah jam kerja, mengatur pola makan, pola tidur dan harusnya pola pengeluaran uang. Jika teman-teman tidak berhati-hati dengan pengeluaran, bisa jadi pengeluaran di bulan Ramadhan bisa jadi lebih boros lho. Kira-kira bagaimana cara menghemat pengeluaran di Bulan Ramadhan? 

4 Cara Menghemat Uang di Bulan Ramadhan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Apakah Anda Termasuk Orang Hemat atau Orang Pelit?]

 

Banyak orang mengira, dengan mengurangi budget makan siang, seharusnya pengeluaran bulanan makin kecil. Padahal, pengeluaran di Bulan Ramadhan bisa jadi lebih besar, karena harga-harga mulai mengalami kenaikan, ada biaya untuk buka bersama (makan luar lebih sering dibanding hari biasa) dan ada biaya untuk mudik. Anda bisa lho mudik tanpa utang, jika memang sudah dipersiapkan dengan baik.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa pemborosan yang tidak diantisipasi di bulan Ramadhan dapat berakibat buruk dalam jangka panjang.

“Saat seseorang baru menyadari bahwa pengeluaran di bulan Ramadhan menjadi boros, mereka terkadang melakukan tindakan yang salah. Sebagian orang mengambil jalan pintas dengan berhutang untuk persiapan mudik, menyiapkan uang untuk Lebaran dan THR, serta belanja kebutuhan Lebaran. Hal tersebut tentunya akan berakibat buruk dalam pengelolaan keuangan jangka panjang,” kata Jay.

 

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Berikut ini 4 cara menghemat uang di Bulan Ramadhan ala HaloMoney.co.id:

 

Cara Menghemat Uang #1 : Buat Anggaran Spesial

Ada beberapa pengeluaran yang perlu di-adjust atau diatur kembali, contoh Anda perlu meningkatkan anggaran untuk keluar makan. Biasanya di Bulan Ramadhan, orang-orang akan mengajak buka puasa bersama, berkumpul lagi dengan teman-teman atau kerabat. Disisi pendapatan, Anda tentu akan mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Manfaatkan THR dengan cara yang bijak, jangan habiskan uang THR untuk pengeluaran-pengeluaran konsumtif.  Tapi tetap ingat ya pastikan Anda memprioritaskan untuk menabung dan berinvestasi.

 

[Baca Juga: 5 Cara Alokasi Uang THR ala Halomoney.co.id]

 

Cara Menghemat Uang #2 : Beli Persiapan Sedini Mungkin

Saat memasuki Bulan Ramadhan, beberapa biaya akan mengalami kenaikan. Usahakan agar Anda dapat menyiapkan kebutuhan-kebutuhan lebaran sedini mungkin. Buatlah daftar-daftar pengeluaran, misal Anda ingin membeli parcel lebaran, pakaian baru, maknan riangan atau lainnya. 

 

Cara Menghemat Uang #3 : Tidak Semuanya Harus Dibeli

Apakah Anda suka mengirimkan parcel Lebaran aatu berkirim hadiah saat Lebaran? Ternyata ada cara hemat untuk menyiapkan hadiah lebaran yaitu dengan menggunakan kreativitas. Anda dapat memberikan ucapan selamat dalam bentu digital (email, text), membuat kerajinan tangan sebagai hadiah lebaran dan menyusun parcel Lebaran sendiri.

 

Cara Menghemat Uang #4 : Manfaatkan Promo Khusus Bulan Ramadhan

Jika Anda berbelanja di pusat perbelanjaan pada saat Bulan Ramadhan, tentu akan ada banyak diskon. Tidak hanya pusat perbelanjaan, tetapi juga rumah makan, toko baju dan toko-toko lainnya. Manfaatkan promo yang ditawarkan toko tersebut, apakah dengan promo pembelian atau promo kartu kredit. Tidak ada salahnyakan menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan potongan harga. Satu hal yang perlu diingat bayar lunas semua tagihan kartu kredit, jangan menggunakan kartu kredit untuk utang.

 

[Baca Juga: Ingat Kartu Kredit “U” untuk “Untung” bukan “Utang”]

 

Jadilah bijak dan jangan sampai lengah dalam mengelola keuangan di bulan Ramadhan. Dengan demikian, keuangan keluarga Anda dalam  jangka panjang tidak akan terganggu.

 

Bagaimana cara Anda untuk menghemat pengeluaran bulanan ?

 

Sumber Gambar

  • Shopping – http://goo.gl/S7tj0T

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang