Mengapa seorang fresh graduate perlu memiliki kartu kredit sendiri? Berikut ini 5 alasan dan 1 syarat ketentuan (berlaku) yang harus Anda ketahui. 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

DuitPintar

 

5 Alasan Fresh Graduate Perlu Kartu Kredit Sendiri

Teman-teman yang baru fresh graduate biasanya paling getol buat cv dan kirim cv ke perusahaan. Ada orang yang bilang masa-masa antara fresh graduate dan masuk dunia kerja adalah masa yang menegangkan. Biasanya masa penantian tersebut tidak lebih dari 6 bulan, dan selamat Anda akan masuk ke dunia kerja sebagai first jobber

Mengapa Fresh Graduate Perlu Memiliki Kartu Kredit Sendiri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ingat U untuk Kartu Kredit bukan Utang tetapi Untung]

 

Sebagian teman-teman fresh graduate tentu saja ada yang belum memiliki kartu kredit (credit card). Omong-omong apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit? Ternyata ada teman-teman fresh graduate yang merespon positif dan ada juga yang merespon negatif. Sebagian mengatakan “Saya Butuh Kartu Kredit” dan sebagian mengatakan “Orang Tua Saya Melarang Berutang”. Kenyataannya ada beberapa keuntungan memiliki kartu kredit sendiri, seperti:

 

Keuntungan 1: Mempermudah Pembayaran

Keuntungan pertama dan fungsi utama kartu kredit adalah mempermudah pembayaran. Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa uang tunai untuk melakukan transaksi pembayaran.

  • Teman-teman yang hobi travelling pasti setuju jika kartu kredit mempermudah proses pembayaran, mulai dari beli tiket, proses pembayaran di negara tujuan wisata dan lain sebagainya.
  • Teman-teman yang sering belanja online, pasti berterima kasih dengan adanya kartu kredit.

 

[Baca Juga: 10 Tips Mengatur Tagihan Kartu Kredit]

 

Ow ya buat teman-teman fresh graduate perlu tahu, meskipun namanya kartu kredit, sebaiknya jangan digunakan untuk kredit. Teman-teman tahu gak, kalo teman-teman tidak perlu bayar bunga kartu kredit jikaa tidak ada utang lho. Nah ada tipsnya untuk mengatur tagihan kartu kredit.

 

Keuntungan 2: Nikmati Beragam Promo

Dunia anak muda, dunia teman-teman yang baru fresh graduate tentu saja dunia yang masih gaul, mulai dari nongkrong di kafe, shopping, belanja gadget, liburan ke luar kota atau ke luar negeri dan lain sebagainya. Berita baiknya, banyak bank penerbit kartu kredit memahami kebutuhan tersebut dan memberikan beragam promo. Sayangkan jika sudah ada promo tetapi tidak dimanfaatkan?

[Baca Juga: Untung Ruginya Program Cash Back]

 

Keuntungan 3: Lebih Mudah Memantau Pengeluaran

Ayo ngaku apakah Anda termasuk orang memantau pengeluaran Anda? Jika ya, kami ucapkan selamat karena Anda sudah mengatur keuangan dengan cara yang benar. Jika belum, coba Anda tarik nafas, dan lihat tagihan kartu kredit Anda. Violaa Anda sudah memiliki daftar pengeluaran bulanan Anda lho. Walaupun bukan cara yang bagus untuk mengelola keuangan, tetapi harus diakui Anda mendapatkan laporan pengeluaran bulanan Anda melalui tagihan kartu kredit. 

[Baca Juga: 4 Kesalahan Pengguna Pertama Kartu kredit]

 

Keuntungan 4 : Membangun Skor Kredit 

Apakah Anda tahu, setiap orang memiliki skor kredit (credit score)? Bagaimana sebuah bank mengetahui bahwa Anda layak diberi pinjaman KTA? pinjaman KPR? dan pinjaman lainya? Bank tentu saja akan mengecek skor kredit Anda. Berita baiknya, kartu kredit juga dicatat dalam skor kredit seseorang. Jika Anda selalu bayar tepat waktu, bayar lunas utang dan tidak pernah ada masalah dengan pembayaran kartu kredit, skor kredit Anda akan bagus dan diharapkan lebih mudah dalam mengajukan kredit lainnya. Disisi lainnya, jika Anda bermasalah dengan pembayaran (nunggak tagihan), Anda akan menyesal.

[Baca Juga: Apa Akibatnya Jika Kita Nungggak Tagihan Kartu Kredit?]

 

 Keuntungan 5 : Mempermudah Penerimaan Pembayaran

Ada tren baru, untuk fresh graduate  yang lahir dari generasi Y dan Z. Teman-teman fresh graduate ini selain ngantor juga menerima pekerjaan sebagai  freelance.

  • Ada yang menjadi copywriter.
  • Ada yang jualan desain baju, desain grafis.
  • Ada yang jualan foto di Shutterstock.
  • Freelance di website-website Amerika.
  • dan lain sebagainya. 

 

Menurut Anda bagaimana cara mereka menerima pembayaran dari bule-bule tersebut? Jawabannya, para bule tersebut akan membayara gaji atau fee melalui  kartu kredit. Jadi pembayaran akan ditransfer ke kartu kredit. Wow keren kan?

 

Tapi Tidak Semuanya Indah…

Kartu kredit memang memberikan kemudahan ini itu, fasilitas ini itu, tetapi ada juga syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika Anda tidak dapat menggunakan kartu kredit dengan benar, Anda akan terjebak dalam jeratan utang konsumtif. dan tentu saja ini akan sangat merugikan keuangan Anda. Ingat kartu kredit bukan alat untuk berutang!

 

Apakah Anda sudah memiliki kartu kredit sendiri ? Kira-kira apa yang ingin Anda belanjakan dengan kartu kredit tersebut?

 

Sumber Artikel:

  • DuitPintar. 3 Juni 2016. 6 Alasan Kenapa Fresh Graduate Perlu Punya Kartu Kredit Sendiri. Duitpintar.com – https://goo.gl/QxPKJk

Sumber Gambar:

  • Woman Credit Card – http://goo.gl/osnq95

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku