“UP”, “Finding Nemo”, atau “Toy Story”, film animasi terkenal ini pastinya pernah Anda dengar atau bahkan pernah ditonton bukan?

Film-film ini tidak diragukan lagi masuk dalam 10 film animasi terbaik di dunia. Namun apa film animasi terbaik sepanjang masa dan mana yang menempati urutan pertama? Yuk simak ulasannya disini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Mengisi hobi atau waktu tentunya bisa dilakukan dengan berbagai macam aktivitas.

Mungkin ada yang suka membaca buku untuk menambah pengetahuan, ada yang lebih memilih untuk berbincang-bincang dengan teman, dan masih banyak lagi.

Tapi saya yakin bahwa salah satu yang menjadi favorit para pembaca tentunya menonton film. Selain menarik dan menyenangkan untuk menonton film, biasanya ini juga menjadi aktivitas keluarga.

Jika bicara soal film keluarga tentunya tak terlepas dari film animasi yang aman untuk segala usia. Tapi terkadang bingung kan mau mengajak keluarga menonton film animasi apa lagi?

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 02

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Jangan khawatir, Finansialku siap menjabarkan 10 film animasi terbaik sepanjang masa yang terbukti berhasil memikat para pecinta film di seluruh dunia.

Film-film ini begitu menarik hingga sukses menghasilkan pendapatan tertinggi baik secara lokal maupun internasional.

Selain menarik, karena dibuat dengan sangat teliti dan penuh perencanaan, biasanya film-film franchise ini memiliki pesan atau inspirasi di dalamnya yang bisa kita petik.

Jadi sangat baik untuk mengajak keluarga menonton film semacam ini.

Tapi sebelum Finansialku memberikan daftar film animasi terbaik sepanjang masa, setujukah Anda mengenai pernyataan bahwa pendidikan adalah sebuah hal yang sangat penting?

Apabila Anda setuju dengan pernyataan ini, sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan untuk anak Anda?

Mendidik anak melalui pendidikan formal dewasa ini cukup memakan biaya besar, untuk itu Anda harus mempersiapkan dananya.

Anda bisa mencari tahu bagaimana caranya dengan membaca e-book gratis Finansialku mengenai Cara Menyekolahkan Anak Dari TK sampai Sarjana Tanpa Utang.

Nah, jika Anda juga ingin mengajak keluarga mencari pesan moral yang baik dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan menonton film, simak beberapa film animasi terbaik sepanjang masa berikut ini:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#10 The Incredibles 1 & 2

The Incredibles (2004) disutradarai oleh Brad Bird yang mahsyur berkat karya sebelumnya yaitu Iron Giant (1999).

Dalam film superhero keluarga ini, dikisahkan sebuah keluarga Parr dengan super power-nya yang luar biasa.

Meski punya kekuatan super, mereka dihadapkan dengan berbagai tantangan mematikan yang juga menguji keutuhan keluarga mereka.

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 03

[Baca Juga: Inilah Usia dan Investasi yang Tepat Bagi Anda]

 

Film ini sukses di layar lebar, dan bahkan 14 tahun kemudian muncul sequel dari The Incredibles yakni The Incredibles 2 (2018). Film besutan Disney dan Pixar yang ditunggu-tunggu ini, pada minggu pertama penayangannya di bioskop telah meraup keuntungan senilai US$180 juta.

Inilah yang membuat film ini mampu memecahkan rekor sebagai film animasi terbaik sepanjang masa. Bahkan film ini mampu mengalahkan rekor Film Finding Dory (2016) karya dari Pixar juga.

 

#9 The Lion King (1994)

Nilai Moral Film Lion King yang Bisa Buat Keuangan Lebih Baik 03 - Finansialku

The Lion King

 

Terinspirasi oleh kisah Hamlet, film The Lion King (1994) mengangkat kisah seekor singa bernama Simba yang mengalami tragedi besar di usia muda.

Film ini merupakan salah satu film produksi Walt Disney Animation yang rilis tahun 1994 silam.

Film The Lion King dianggap sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa yang berhasil menguras emosi penonton.

Bahkan, film ini sempat menjadi yang terlaris dan terpopuler di dunia, hingga menjadi standar film animasi di zamannya.

Pada akhirnya film ini mendapat banyak penghargaan termasuk kategori Best Original Score dan Best Original Song di ajang Oscar.

 

#8 Despicable Me

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 04

Despicable Me

 

Siapa yang tidak kenal dengan minion, penjahat kecil mungil yang berwarna kuning ini?

Minion pertama kali dikenal via sebuah film keluaran Universal Studios, yang pertama kali dirilis pada tahun 2010 dan dibuat sekuelnya tiga tahun kemudian alias 2013 yang lalu, Despicable Me.

Film ini menceritakan kisah komedi seorang penjahat yang punya banyak bawahan berwarna kuning yang tingkahnya bisa bikin kamu ketawa.

Meski digambarkan sebagai penjahat, kelakuan mereka pastinya bikin Anda tertawa puas.

Selain Despicable Me, Minion juga digambarkan sebagai spin-off dan franchise film ini jadi salah satu yang paling sukses dan terlaris sepanjang sejarah film animasi dunia.

 

#7 How To Train Your Dragon (2010)

DreamWorks Animation sebagai salah satu rumah produksi film terbesar memang terus merilis film-film animasi dengan kualitas tak kalah bagus dibanding film-film Pixar.

Salah satu karya terbaik mereka adalah How To Train Your Dragon (2010). Film ini mengisahkan tentang petualangan Hiccup, seorang anak kepala desa Viking yang belum bisa menerima takdirnya sebagai penerus sang ayah.

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 05

[Baca Juga: Konsultasi: 3 Investasi yang Cocok untuk Pemula Tahun 2018, Apakah Bitcoin, Etherum dan Cryptocurrency Lainnya Termasuk?]

 

Dalam desa tersebut, mereka memiliki kebiasaan memburu naga yang sering mengambil ternak dan merusak rumah mereka.

Suatu saat, Hiccup berhasil menembak jatuh seekor naga jenis Night Fury yang misterius dan kuat. Selanjutnya, kisah Hiccup dan sang naga akan terus memukau Anda.

Film sekuel keduanya yang berjudul How to Train Your Dragon 2 yang dirilis tahun 2014 yang lalu juga mendulang sukses.

 

#6 Wreck-It Ralph

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 06

Wreck It Ralph

 

Film animasi Hollywood Wreck-It Ralph rilis pada tahun 2013 yang lalu. Film ini menceritakan tokoh game yang ada dalam sebuah video game arcade.

Masalah kemudian muncul karena tokoh game tersebut berusaha melawan sistem untuk menguasai seluruh game arcade yang ada.

Film ini cukup unik karena beberapa tokoh game asli lainnya juga muncul dalam film ini seperti Sonic, Pacman dan Street Fighter yang populer di era 80 hingga 90 an.

Tentunya bisa menjadi ajang nostalgia untuk kita anak tahun 80 dan 90 an.

 

#5 Finding Nemo

Finding Nemo (2003) mengisahkan tentang perjalanan Marlin, seekor ikan yang berkelana melintasi samudra demi menemukan anak satu-satunya, Nemo.

Dalam prosesnya ia bertemu dengan Dory, seekor ikan berwarna biru yang memiliki keterbatasan memori jangka pendek.

Keduanya harus menghadapi banyak tantangan dan kejadian unik yang membuat petualangan mereka menjadi sangat seru.

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 07

[Baca Juga: Konsultasi: Mengapa Harus Berinvestasi? Ini 3 Alasan Kamu Harus Berinvestasi (Khususnya Buat Kamu Para Fresh Graduate)]

 

Film ini diterima dengan begitu baik oleh masyarakat hingga mencetak kesuksesan besar di box office dengan raihan hingga US$940 juta.

Film ini juga meraih banyak penghargaan termasuk Best Animated Feature di ajang Academy Awards, Saturn Awards, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2016 silam, sekuel dari film ini rilis dengan judul Finding Dory, dengan sukses besar yang juga diberi kritik positif dari para kritikus ternama.

 

#4 Toy Story 1-3 (1995-2010)

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 08

Woody and Buzz, Toy Story

 

Film animasi trilogi ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar film animasi. Toy Story memang disebut-sebut sebagai  salah satu franchise terbaik sepanjang masa.

Ketiga film yang dirilis secara konsisten mendapat rating tinggi dari para kritikus top. Oleh para kritikus, film Toy Story 2 (1999) bahkan dianggap lebih bagus daripada film pertamanya.

Terbukti film ini meraih lebih dari 35 nominasi penghargaan bergengsi.

Toy Story mengisahkan persahabatan anak manusia dengan mainannya yang penuh suka duka dengan banyak pesan moral di dalamnya.

 

#3 UP

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 09

Up

 

Film keluaran Pixar tahun 2009 yang lalu ini berhasil membuat nangis bombay.

Bagaimana tidak? Selain punya konsep yang unik, Up menceritakan tentang  seorang kakek bersama cucunya yang berpetualang dalam sebuah rumah terbang setelah kehilangan pasangan hidupnya.

Petualangan Carl dan Russell di atas awan dengan ribuan balon tersebut menawarkan rasa marah, cinta, hingga sedih, semuanya bercampur menjadi satu storyline yang menarik.

Film ini mendapat nominasi Best Picture di ajang Oscar di samping 4 nominasi lainnya. Hal ini menjadikan film Up (2009) sebagai film animasi kedua sepanjang sejarah yang berhasil meraih nominasi kategori prestisius tersebut.

 

#2 Inside Out (2015)

Merupakan salah satu karya terbaik Pixar yang mengisahkan sisi psikologis manusia.

Dalam proses pembuatan film, sutradara sekaligus penulis naskah Pete Docter bahkan menyempatkan untuk berkonsultasi dengan banyak psikolog profesional.

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 10

[Baca Juga: Konsultasi: 3 Investasi yang Cocok untuk Pemula Tahun 2018, Apakah Bitcoin, Etherum dan Cryptocurrency Lainnya Termasuk?]

 

Film ini pun keluar dengan hasil yang memuaskan, dimana disajikan dengan visual yang memukau dan alur cerita yang benar-benar luar biasa menarik.

Tak heran jika Pete Docter meraih penghargaan Best Animated Feature di 6 ajang sekaligus termasuk Academy Awards.

Inside Out (2015) sendiri menceritakan seorang gadis remaja tanggung bernama Riley yang pindah bersama orang tuanya dari Minnesota ke San Francisco.

Kepindahan mereka membawa efek buruk bagi kondisi mental Riley yang harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru sama sekali.

Lima jenis emosi dalam kepalanya yaitu Joy, Sadness, Anger, Fear, dan Disgust, bekerja sama untuk mengembalikan Riley agar ceria seperti sedia kala.

 

#1 Wall-E (2008)

Wall-E sering dikaitkan sebagai film animasi Hollywood terbaik sepanjang masa oleh berbagai kritikus film ternama di seluruh dunia.

Hal tersebut disebabkan film Wall-E yang memang layak mendapatkan apresiasi karena storyline yang baik dan konsep yang mengagumkan dan mudah untuk dipahami segala kalangan.

Meski film ini sangat minim dialog, bahkan dalam film ini ada sebuah cuplikan film selama 45 menit tanpa dialog sama sekali.

10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, No 5 Pasti Kamu Tahu! 11

[Baca Juga: Para Karyawan, Menyiapkan Dana Pensiun, Menabung, dan Investasi saja Tidak Cukup! Mulai Buat Perencanaan Dana Hari Tua]

 

Namun tentunya tidak mengurangi jalan ceritanya serta berbagai pesan moral dan kemanusiaan yang tersemat dalam film animasi ini.

Wall-E sendiri merupakan  film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada 27 Juni 2008 silam.

Film yang disutradarai oleh Andrew Stanton, yang sebelumnya menyutradarai Finding Nemo dan memenangkan Academy Award untuk kategori film animasi.

 

Apakah Anda Setuju?

Nah, bagaimana, apakah ada film yang menarik perhatian Anda? Tentunya 10 film tersebut akan menghisap Anda dalam dunia animasi yang menarik dan memukau.

Adakah film animasi sukses lainnya yang Anda pikirkan? Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ya. Kami sangat menghargai sharing dan pendapat Anda.

Nah, jika Anda malas menonton film berdurasi 1 hingga 2 jam tersebut, Anda bisa mengisi waktu dengan membaca artikel-artikel ringan Finansialku. Anda bisa langsung mengaksesnya di website ini.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Sudah tahu film animasi terbaik versi Finansialku, manakah yang pernah Anda tonton? Pelajaran seperti apa yang Anda dapatkan dari filmnya? Anda bisa kemukakan pendapat Anda dalam kolom komentar di bawah ini.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui informasi ini, yuk jadi teman yang informatif dengan membagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Stephen Lukas. 9 Film Animasi Hollywood Terbaik di Dunia Sepanjang Masa yang Sarat Makna. Keepo.me – http://bit.ly/2N8sjep
  • Admin. 15 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa. Gotomalls.com – http://bit.ly/2pH8FOq

 

Sumber Gambar:

  • Film Animasi Terbaik 01 – http://bit.ly/2Pd41SW
  • Film Animasi Terbaik 02 – http://bit.ly/2BCFdM5
  • Film Animasi Terbaik 03 – http://bit.ly/31AJz12
  • Film Animasi Terbaik 04 – http://bit.ly/2BG4GnP
  • Film Animasi Terbaik 05 – http://bit.ly/33XJh62
  • Film Animasi Terbaik 06 – http://bit.ly/31F5gwX
  • Film Animasi Terbaik 07 – http://bit.ly/31Dy3ll
  • Film Animasi Terbaik 08 – http://bit.ly/2Jd3oVy
  • Film Animasi Terbaik 09 – http://bit.ly/35Y126V
  • Film Animasi Terbaik 10 – http://bit.ly/31HJyYV
  • Film Animasi Terbaik 11 – http://bit.ly/2qCpYRg