Bakar kembali semangat Anda sebagai pemimpin melalui setiap pengalaman inspiratif dari kisah pemimpin hebat yang akan dibahas dalam rubrik kali ini.

Selamat membaca dan semoga terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kisah Kepemimpinan yang Menginspirasi

Ada banyak teori tentang kepemimpinan, tapi kisah nyata dari setiap pemimpin hebat tentu akan menjadi sebuah kisah yang sangat menginspiratif dan membakar semangat.

Semangat untuk menjadi pemimpin hebat daripada hanya sekedar menilik penjelasan poin per poin layaknya pelajaran di kampus yang tak jarang based on the text book.

Pompa kembali semangat kepemimpinan Anda dengan menengok kisah-kisah kepemimpinan inspiratif dan wejangan yang dialami sendiri oleh para pemimpin hebat berikut ini.

 

Eugene Kranz, Direktur Penerbangan Apollo 13 di NASA

Apa jadinya jika pesawat yang membawa para astronot mengalami kerusakan yang vital karena ledakan besar yang terjadi, sementara para astronot di dalamnya masih dalam keadaan selamat namun terkatung-katung di luar angkasa yang tak bertuan dan tak berujung?

Kerusakan dilaporkan oleh Eugene Kranz, direktur penerbangan Apollo 13 dalam sebuah gambar di layar monitor dengan pemandangan yang mencemaskan.

Saat itu para Astronot Apollo 13 dalam sebuah armada luar angkasa yang sempat mengalami ledakan yang membuat keadaan pesawat mengalami penurunan kualitas.

Pertanyaan besar yang timbul adalah bagaimana membawa para astronot itu kembali ke bumi dan menyelamatkan mereka dengan fakta sistem penyaringan udara pada Lunar Lander tidak dapat bertahan untuk mencukupi kebutuhan para astronot hingga sampai di bumi.

Hal ini disebabkan karena kemungkinan mereka akan mati oleh tingginya tingkat karbon dioksida.

Kisah Kepemimpinan 02 (Eugene Kranz) - Finansialku

[Baca Juga: Pemimpin Harus Bisa Memulai Kerja Sama Dengan Tim Baru, Begini Rahasianya!]

 

Eugene F. Kranz lahir pada 17 Agustus 1933 dan menjabat sebagai Direktur Penerbangan NASA untuk program-program Gemini dan Apollo, termasuk pendaratan di bulan oleh Apollo 11 dan misi Apollo 13.

Eugene Kranz membawa beban berat selama beberapa hari setelah kejadian tersebut dan membuatnya harus bertanggung jawab dalam setiap pengambilan keputusan yang harus seakurat mungkin.

Hal ini juga harus dilakukan di tengah sempitnya waktu demi aksi penyelamatan para astronot yang nasibnya ada di bawah setiap keputusan sang direktur NASA tersebut.

Orang-orang cerdas dan para ahli di NASA mulai mengalami kepanikan dalam situasi kritis yang tengah dihadapi.

Dalam momen tersulit tersebut, Eugene Kranz dengan tenang dan tegas mengatakan: “Mari kita selesaikan masalah ini!”

Eugene Kranz mengarahkan semua tim NASA untuk berkonsentrasi pada setiap hal yang dapat mereka lakukan. Setiap tindakan harus dilakukan dengan cepat dan tentu saja dengan tepat serta akurat.

Sang direktur sadar bahwa pengambilan keputusan yang salah – sedikit saja, akan berakibat fatal dan hanya nama-nama para astronot saja yang akan kembali ke bumi dan dikenang.

Dikenang sebagai orang-orang yang pernah melakukan misi luar angkasa dan mengalami kegagalan kembali ke bumi.

Di saat genting dan krisis inilah momen kepemimpinan muncul dan para pemimpin terlihat sosok aslinya sebagai pemimpin hebat yang membangun kerja sama tim dan membakar semangat para anggotanya.

Semangat untuk tetap optimis meski situasi tak menentu bahkan sepertinya mengalami kebuntuan.

Kisah kepemimpinan Eugene Kranz dan juga kerja sama solid antar awak kapal luar angkasa bersama dengan kru NASA ini akhirnya menjadi sebuah kisah nyata inspiratif.

Kisah ini bahkan didokumentasikan dalam sebuah film yang disutradari oleh Ron Howard yang rilis pada tahun 1995.

“Tough means we are forever accountable for what we do or what we fail to do. We will never again compromise our responsibilities. Every time we walk into Mission Control we will know what we stand for.” – Eugene Kranz

Tangguh berarti kita selamanya bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan atau atas kegagalan yang kita lakukan. Kita tidak akan pernah lagi berkompromi dengan tanggung jawab ktia. Setiap kali kita memasuki Mission Control, kita akan tahu apa yang kita perjuangkan.

 

Barrack Obama – Mantan Presiden Amerika Serikat

Bersama dengan istrinya, Michelle Obama, mereka menjadi pasangan pemimpin yang sangat inspiratif dan saling mendukung satu dengan lainnya.

Sebagai pemimpin negara adikuasa yang sempat kontroversial karena berkulit hitam, Barrack Obama mampu menunjukkan kualitas kepemimpinannya yang dekat dengan rakyat.

Selain sebagai pemimpin negara yang memberi dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan bangsa dan juga pembangunan dunia, Barrack Obama juga menjadi sosok panutan dalam keluarga.

13 Kebiasaan Orang Sukses Di Malam Hari Sebelum Tidur 09 Barack Obama Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih Pemimpin! Ini Dia Syarat Para Pemimpin Sejati Yang Jadi Pilihan & Panutan]

 

Ia disebut-sebut sebagai familyman yang penuh kasih pada keluarganya.

Sang istri pun demikian. Ia banyak memberikan pengaruh-pengaruh positif dalam pergerakan pemimpin wanita di seluruh dunia melalui motivasi tentang kemandirian dan membangun kesadaran wanita akan kemampuan mereka dalam berprestasi.

Menjadi pemimpin Amerika bahwa selama 2 periode memanglah tidak mudah.

Sebagai pemimpin yang diidolakan, Barrack Obama pernah mengungkapkan caranya menjadi pemimpin yang tetap tenang meski sedang mengalami kesulitan yang pelik.

Ia senantiasa mengantisipasi hal buruk ketika situasi sedang berjalan baik. Dan ketika situasi sedang memburuk, ia memiliki keyakinan yang kuat bahwa setiap masalah tentu akan berakhir. 

“If you’re walking down the right path and you’re willing to keep walking, eventually you’ll make progress.” – Barack Obama

Jika kamu berjalan di jalan yang benar dan kamu ingin terus berjalan, pada akhirnya kamu akan membuat kemajuan.

 

Segera unduh Ebook Perencanaan Keuangan sesuai Usia dari Finansialku yang akan membawamu pada kebebasan finansial dan kehidupan masa pensiun yang lebih sejahtera.

Salah satunya ialah ebook yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Mahatma Gandhi – Tokoh Pejuang Anti Kekerasan

Pemimpin tak lekang waktu ini mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan dan pembebasan rakyatnya dari penjajahan.

Dialah Mohandas Gandhi, salah satu dari sekian banyak pemimpin berhati mulia yang tidak hanya mampu membebaskan rakyatnya dari kejamnya pemerintah kolonial dengan caranya yang begitu humanis.

Tetapi juga mengubah paradigma dunia tentang arti kemerdekaan sesungguhnya.

Gaya Kepemimpinan Ala Mahatma Gandhi yang Perlu Anda Tiru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tanggung Jawab dan Tugas Pemimpin Dalam Materi Kepemimpinan Dasar]

 

Melalui pembebasan rakyat India dari kolonialisasi Inggris tanpa melakukan kekerasan, Mahatma Gandhi merupakan pejuang kemerdekaan yang konsisten dengan prinsip hidupnya.

Prinsip hidupnya yang meninggikan hak manusia untuk merdeka dengan perjuangan yang mengedepankan kelembutan hati melalui proses negosiasi yang damai.

Perjuangan hak asasi bahkan hingga tingkat dunia membuatnya dilirik oleh mata semua insan hingga kisah kepemimpinannya diangkat dalam sebuah karya film garapan Richard Attenborough.

Film ini berhasil menjadi film inspiratif dan mendapat banyak penghargaan dari dari Academy Awards ke-55 diantaranya, “Best Director”, “Best Picture”, “Best Actor”, “Best Writing”, “Best Art Direction”, dan “Best Cinematography”.

“The best way to find yourself is to lose yourself in the service of others.” – Mahatma Gandhi

Cara terbaik untuk menemukan dirimu sendiri adalah dengan kehilangan dirimu dalam melayani orang lain.

 

Kisah Kepemimpinan Tak Lekang Usia

Para pemimpin hebat yang menunjukkan kualitas kepemimpinannya dengan sangat baik akan dikenang sepanjang masa dan namanya tak lekang waktu.

Itu dia pembahasan dari sekian banyak pemimpin hebat dunia yang telah menorehkan sejarah sebagai orang-orang hebat dalam kapasitasnya sebagai pemimpin yang mengakomodir para anggota timnya untuk senantiasa sejalan dengan kepemimpinannya dan berjuang hingga mampu mencapai keberhasilan bersama.

 

Berikan tanggapan atau komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan dorongan motivasi melalui kisah kepemimpinan yang menginspirasi.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kisah Kepemimpinan Para Founder Startup yang Membawa Startup Mereka Menuju Kesuksesan. Ziliun.com – https://bit.ly/2Ih9Yul
  • Admin. 29 Juni 2012. Kisah Pemimpin Bijaksana. Go-motivasi.blogspot.com. https://bit.ly/2KgYc5m
  • Admin. 24 Agustus 2015. Kisah Seorang Pemimpin di Sebuah Perusahaan Roti. Anandastoon.com – https://bit.ly/2XMfNVM
  • Admin. 17 November 2017. 8 Tokoh Inspiratif Dunia yang Bisa Membuatmu semakin Termotivasi. Glints.com – https://bit.ly/2N1Wl1H
  • Dian R. Basuki. 16 Mei 2012. Kisah-kisah Inspiratif yang Mengajarkan Kepemimpinan. Indonesiana.id – https://bit.ly/2WJJvyt
  • Elise Dwi Ratnasari. 7 April 2017. Menyusuri Kisah Inspiratif 10 Pemimpin Perempuan. CNNIndonesia.com – https://bit.ly/2F8RQkl
  • Muhamad Wildan. 27 Januari 2018. 5 Film Biopik Pemimpin Dunia dengan Cerita Paling Epik. Kincir.com – https://bit.ly/2ZiqdwS
  • Rizki Akbar Hasan. 1 Juli 2017. Ini Rahasia di Balik Kepemimpinan dan Sikap Tenang Obama. Liputan6.com – https://bit.ly/2IfvUG9
  • Theresia Putri. Review Dan Analisis Film Apollo 13. Theresiaputri95.blogspot.com – https://bit.ly/2wRZiM3
  • Wildan Renaldi. 15 Agustus 2015. Kisah Sukses Para Pemimpin Dunia. Wildanrenaldi.wordpress.com – https://bit.ly/2IKOQf7

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Kepemimpinan 1 – http://bit.ly/2XUbfNp
  • Kisah Kepemimpinan 2 (Eugene Kranz) – http://bit.ly/2KW3in6