Memilih pemimpin tidaklah sembarangan. Jika asal dilakukan akan berakibat bencana di masa mendatang. Lantas, apa saja syarat jadi pemimpin yang harus dipertimbangkan?

Ini dia syarat jadi pemimpin yang perlu dimengerti dan dipahami. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Syarat Jadi Pemimpin

Para pemimpin hebat biasanya memiliki kemiripan, diantaranya memiliki kemampuan hebat seperti mengarahkan tim, mengkoordinasikan sumber daya yang ada, dan menunjukkan kreativitas mereka untuk memajukan perusahaan/organisasi.  

Pemimpin yang hebat adalah mereka yang dapat menginspirasi dan memotivasi karyawan untuk melakukan berbagai tugas dengan standar tinggi.

“A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way.” – John C Maxwell

Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalannya, berjalan di jalan, dan menunjukkan jalannya.

 

Seorang pemimpin yang baik memiliki visi futuristik dan tahu bagaimana mengubah idenya menjadi sebuah kumpulan episode dari kisah sukses.

Kartini Kartono dalam bukunya Pemimpin dan Kepemimpinan mengemukakan bahwa syarat seorang pemimpin harus mempunyai 10 (sepuluh) sifat, yaitu:

 

  • Energi jasmani dan mental dalam artian pemimpin memiliki tenaga jasmani dan rohani yang luar biasa: yaitu mempunyai daya tahan, keuletan, kekuatan atau tenaga yang istimewa yang tampaknya tidak pernah akan habis.
  • Kesadaran akan tujuan dan arah yaitu ia memiliki keyakinan yang teguh akan kebenaran dan kegunaan dari semua perilaku yang dikerjakan; dia tahu kemana arah yang akan ditujunya, serta memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun kelompok yang dipimpinnya.
  • Antusiasme dalam melakukan pekerjaan dan tujuan yang akan dicapai itu harus sehat, berarti, bernilai, memberikan harapan-harapan yang menyenangkan, memberikan sukses, dan menimbulkan semangat serta spirit de corps.
  • Keramahan dan kecintaan ialah pemimpin harus mempunyai rasa kasih sayang, cinta, simpati yang tulus, disertai kesediaan berkorban bagi pribadi-pribadi yang disayangi.
  • Integritas ialah pemimpin harus mempunyai sifat terbuka, kejujuran, ketulusan hati serta sejiwa dan seperasaan dengan anak buahnya.
  • Penguasaan teknis, pemimpin harus mempunyai kemahiran teknis tertentu, agar ia mempunyai kewibawaan dan kekuasaan untuk memimpin kelompoknya.
  • Ketegasan dalam pengambilan keputusan, adalah pemimpin harus harus dapat mengambil keputusan secara tepat, tegas dan tepat, sebagai hasil dari kearifan dan pengalamannya
  • Kecerdasan adalah kemampuan pemimpin untuk melihat dan memahami dengan, mengerti sebab dan akibat kejadian, menemukan hal-hal yang krusial dan cepat menemukan cara penyelesaiannya dalam waktu singkat.
    Kecerdasan dan originalitas yang disertai dengan imajinasi tinggi dan rasa humor, dapat dengan cepat mengurangi ketegangan dan kepedihan-kepedihan tertentu yang disebabkan oleh masalah-masalah sosial yang gawat dan konflik-konflik ditengah masyarakat.
  • Keterampilan mengajar ialah pemimpin harus mampu menuntun, mendidik, mengarahkan, mendorong dan menggerakkan anak buahnya untuk berbuat sesuatu yang baik.
  • Kepercayaan (faith) adalah pemimpin harus memiliki kepercayaan terhadap anak buahnya (Kartono, 1994).

Berikut ini adalah syarat jadi pemimpin yang akan diulas satu-persatu:

 

#1 Syarat Jadi Pemimpin: Punya Integritas

Integritas bisa jadi satu dari sekian banyak syarat jadi pemimpin dan bisa jadi menempati bagian pertama dalam pembahasan kali ini.

Sebagai salah satu keterampilan seorang pemimpin yang paling penting, integritas nampak dalam perilaku pemimpin saat melakukan sesuatu dan kemudian menepati janji yang telah ia utarakan sebelumnya.

Integritas mampu membangun kepercayaan dan loyalitas dalam pembangunan sebuah tim yang dapat diperlihatkan dengan cara berdiri teguh pada apa yang diyakini dan berani menentang dan menyuarakan kebenaran ketika ada sesuatu yang tidak beres, meskipun harus menghadapi tantangan yang kompleks.

Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tanggung Jawab dan Tugas Pemimpin Dalam Materi Kepemimpinan Dasar]

 

Pemimpin terbaik adalah mereka yang dapat tetap memegang kendali dan tenang, bahkan ketika orang-orang di sekitar mereka ragu atau berdebat apakah itu keputusan yang tepat.

Ketika seorang pemimpin menunjukkan kepercayaan dirinya dalam setiap keputusan dan tindakan, pada waktunya kelak integritasnya tersebut akan mendorong orang lain untuk memiliki keyakinan pada pekerjaan dan kemampuan yang mereka miliki.

Para pemimpin hebat perlu menunjukkan kesabaran yang tinggi dalam menunggu sebuah hasil dari keputusan yang telah dibuat.

Selain itu, orang-orang yang memiliki kemampuan manajerial yang luar biasa dikombinasikan dengan energi, antusiasme, dan banyak visi untuk masa depan dapat dikatakan sebagai para pemimpin hebat.

“The supreme quality of leadership is unquestionably integrity.” – The 34th President of United States, Dwight.D.Eisenhower.

“Kualitas kepemimpinan tertinggi adalah integritas yang tidak perlu dipertanyakan lagi.”

 

#2 Syarat Jadi Pemimpin: Dapat Dipercaya & Kompeten

Dalam sebuah kepemimpinan, kepercayaan adalah salah satu atribut paling penting untuk ditampilkan para pemimpin. Jika seseorang tidak dapat dipercaya, seluruh reputasi bisnis, para staf, produk dan layanan akan berisiko.

Kelebihan dan Kekurangan Gaya Kepemimpinan Demokratis 01 Karyawan Rapat - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen, Lengkap dengan Berbagai Analisis]

 

Untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat, seseorang perlu mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Seperti para bawahan yang percaya akan kemampuan seorang manajer dalam memimpin mereka.

Mereka (para bawahan) perlu percaya akan gaya kepemimpinannya, setiap keputusan dan kebijakan yang diambil serta setiap arahan yang diberikan.

Bagaimana jika mereka tidak menaruh rasa percaya pada pemimpin. Apakah sebuah bisnis bisa maju? Apakah produk yang dihasilkan dapat dipasarkan kepada para pelanggan? Apakah para pelanggan menikmati produk/jasa yang diberikan?

Dapat dipercaya dan memiliki kompeten sebagai pemimpin adalah syarat mutlak menjadi seorang pemimpin yang hebat.

 

#3 Syarat Jadi Pemimpin: Kejujuran

Kejujuran adalah modal yang paling mendasar dalam sebuah kepemimpinan. Tanpa kejujuran, kepemimpinan ibarat bangunan tanpa pondasi, dari luar nampak megah namun di dalamnya rapuh dan tak bisa bertahan lama.

Dalam sebuah surat kabar, Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan bahwa melalui sifat jujur seorang pemimpin akan meningkatkan kemampuan manajerial.

Ia pun akan senantiasa membangun kelihaian berkomunikasi lewat kejujuran. Karena jujur akan membawa hati yang tulus.

“Hendaklah kalian berkomitmen dengan kejujuran, kejujuran membimbing pada kebaikan, dan kebaikan membimbing kita pada surga.” – Ahmad Heryawan

 

#4 Syarat Jadi Pemimpin: Mampu Mendelegasikan

Para pemimpin yang sukses harus belajar untuk mendelegasikan. Memperbaiki merek, visi, dan nilai-nilai adalah sangat penting untuk menciptakan bisnis yang efisien dan tertata.

Tetapi jika seorang pemimpin tidak belajar untuk mempercayai tim yang telah dibentuk untuk menindaklanjuti ide-ide dan nilai-nilai yang telah diberikan, mungkin bisnis tersebut akan sulit untuk bergerak maju.

Memercayai tim dengan sebuah ide adalah tanda kekuatan dalam kepemimpinan.

Seorang pemimpin yang dihormati semua orang memiliki tanggung jawab untuk mendelegasikan tugas dengan keterampilan dan perhatian dengan cara menugaskan tugas/pekerjaan ke departemen yang tepat.

 

Jika pemimpin hanya bekerja seorang diri tanpa memberikan kepercayaan pada tim dengan mendelegasikan tugas, maka produktivitas bisa menurun.

Kunci kesuksesan dalam kaitannya mendelegasikan tugas adalah mengidentifikasi kekuatan tim yang mendukung target kepemimpinan yang akan dituju.

Cari tahu tentang setiap anggota tim, jelajahi kekuatan dan kelemahan mereka dan kemudian tugaskan mereka dengan pekerjaan yang sesuai.

Memberikan tanggung jawab pekerjaan dengan mendelegasikan akan memastikan bahwa pekerjaan selesai dengan antusiasme yang lebih besar dan anggota tim atau karyawan akan mengambil lebih banyak waktu dan upaya untuk menyelesaikan tugas.

Mendelegasikan tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga memberi mereka keyakinan bahwa para pemimpin menaruh rasa percaya akan kemampuan yang mereka miliki.

Selain itu, para pemimpin bisa memiliki waktu lebih banyak untuk dapat memfokuskan diri pada tugas lain yang tidak dapat didelegasikan atau mengembangkan serta memikirkan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pengembangan bisnis/perusahaan.

 

#5 Syarat Jadi Pemimpin: Komunikasi

Dari semua kualitas yang dimiliki seorang pemimpin yang baik, komunikasi harus menjadi salah satu yang paling penting. Mampu mengkomunikasikan apa yang dibutuhkan dengan jelas dan singkat adalah penting bagi seorang pemimpin yang handal.

Apakah Anda Sudah Tahu Tentang Fungsi Kepemimpinan Ini Informasinya 03 Leader 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Smart Leadership (Kepemimpinan Cerdas) Yang Dapat Anda Tiru]

 

Jika seorang pemimpin tidak dapat mengkomunikasikan visi, nilai, dan harapan yang ia miliki kepada tim atau karyawan, hampir mustahil untuk bekerja sama mencapai tujuan yang sama.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang memberikan layanan kepemimpinan yang berkualitas untuk tim mereka dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif.

Semua ini membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat.

Ketika organisasi atau perusahaan sedang mengalami masalah yang cukup kompleks, anggota tim dapat melihat bagaimana sang nahkoda kapal alias pemimpin memberikan arahan melalui komunikasi yang jelas dan terarah dalam masa-masa yang sulit.

 

#6 Syarat Jadi Pemimpin: Menjadi Inspirasi

Pekerjaan yang paling sulit dilakukan bagi seorang pemimpin mungkin adalah membujuk orang lain untuk mengikuti apa yang ia arahkan.

Anggota tim hanya akan mengikuti arahan pemimpin jika mereka menginspirasi para pengikut dengan memberikan contoh yang baik.

Ketika keadaan menjadi sulit, mereka memandang pemimpin mereka dan melihat bagaimana mereka bereaksi terhadap situasi tersebut.

Seorang pemimpin yang memberikan inspirasi, sudah pasti mereka akan diikuti oleh para pengikutnya. Pemimpin yang menginspirasi adalah mereka yang selalu berusaha untuk berpikir positif.

“If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.” – John Quincy Adams

“Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih banyak, Anda adalah seorang pemimpin.”

 

Seorang pemimpin yang berhasil menginspirasi para bawahannya, mereka dapat dengan mudah mengatasi tantangan saat ini dan masa depan dengan mudah.

 

Pemimpin yang Baik

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, seperti yang sudah dijelaskan di atas terdapat beberapa syarat agar seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik.

Tentunya syarat-syarat tersebut dapat dilakukan dengan proses dan tekad yang kuat, asalkan memiliki tujuan yang positif semuanya akan berjalan dengan positif juga.

Jadilah pemimpin yang baik dimulai dari memimpin diri sendiri, terutama mengenai masalah keuangan.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda dengan tepat.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Tuliskan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Sarmad Hasan. 13 Februari 2017. Top 10 Leadership Qualities That Make Good Leaders. blog.taskque.com/ – https://bit.ly/2IhdBgO
  • Mark Kijo. 18 Juni 2017. Top 6 Key Qualities Required For A Great Leader. Knowledgehut.com – https://bit.ly/300toKF
  • Ahad. 13 Mei 2012. Pemimpin dan Kejujuran. Republika.co.id – https://bit.ly/2JbrmCm
  • Zahira Moslem Corner. Kejujuran Dalam Kepemimpinan. https://bit.ly/2PUYI9i
  • Rizka Diputra. 28 Mei 2018. Arti Penting Kejujuran bagi Seorang Pemimpin dalam Perspektif Kang Aher. Okezone.com – https://bit.ly/2LtWqPD

 

Sumber Gambar:

  • Pemimpin – http://bit.ly/2JJERc5