Adakah “Kepemimpinan” pada diri Anda? Lalu, bagaimana dengan “Manajemen”? Apakah Anda sudah tahu apa perbedaan kepemimpinan dan manajemen?

Dua hal tersebut tentu sudah sering ditemukan di dunia karier. Dua hal tersebut bisa dikatakan menjadi hal dasar yang harus dipahami oleh setiap orang, khususnya seorang pemimpin.

Ingin tahu apa saja perbedaannya? Mari simak ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perbedaan Kepemimpinan & Manajemen

Banyak yang bertanya-tanya tentang perbedaan antara kepemimpinan dan manajemen.

Apakah kepemimpinan dan manajemen tidak saling bersinggungan? Apakah para profesional memiliki kedua kualitas tersebut — atau apakah mereka belajar satu atau yang lain dalam jangka waktu yang lama?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut baru membahas sisi permukaannya saja. Pada artikel ini, kita akan melihat keduanya, kepemimpinan dan manajemen, perbedaan di antaranya dan hubungan dari keduanya.

Kata “pemimpin” dan “manajer” adalah kata yang paling umum digunakan dalam bisnis dan sering digunakan secara bergantian. Tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa arti istilah itu sebenarnya?

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apa yang Dilakukan oleh Manajer?

Seorang manajer adalah anggota suatu organisasi dengan tanggung jawab melaksanakan empat fungsi penting manajemen: perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan.

Tetapi apakah semua pemimpin adalah seorang manajer yang memiliki kemampuan melaksanakan 4 fungsi tersebut?

Sebagian besar manajer juga cenderung menjadi pemimpin, tetapi hanya JIKA mereka juga secara memadai melaksanakan tanggung jawab kepemimpinan manajemen.

Tanggung jawab kepemimpinan meliputi komunikasi, motivasi, memberikan inspirasi dan bimbingan dan mendorong karyawan untuk naik ke tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Sayangnya, tidak semua manajer adalah pemimpin, demikian juga sebaliknya.

Beberapa manajer memiliki kualitas kepemimpinan yang buruk, dan karyawan mengikuti perintah dari manajer mereka karena mereka berkewajiban untuk melakukannya, bukan karena mereka dipengaruhi oleh pemimpin tersebut.

Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen 02 - Finansialku

[Baca Juga: Finansialku Podcast Eps 07 – Investasi Terbaik untuk Karyawan Usia 24 – 38]

 

Tugas manajerial biasanya merupakan bagian formal dari gambaran pekerjaan dimana bawahan mengikuti instruksi atasan sebagai akibat dari gelar atau penunjukan profesional.

Fokus utama manajer adalah untuk memenuhi tujuan dan sasaran organisasi; mereka biasanya tidak mempertimbangkan hal lain.

Manajer bertanggung jawab atas tindakan mereka dan atas tindakan bawahan mereka.

Dengan gelar melekat padanya, muncul wewenang dan hak istimewa yang dapat ia lakukan, di antaranya mempromosikan, merekrut, memecat, mendisiplinkan, atau memberi penghargaan kepada karyawan berdasarkan kinerja dan perilaku mereka.

 

Apa yang Dilakukan Pemimpin?

Perbedaan utama antara manajemen dan kepemimpinan adalah bahwa para pemimpin tidak perlu memegang atau menduduki posisi manajemen.

Sederhananya, seorang pemimpin tidak harus menjadi figur otoritas dalam organisasi. Dengan demikian, seorang pemimpin bisa difungsikan oleh siapa saja.

Tidak seperti manajer, pemimpin diikuti karena kepribadian, perilaku dan kepercayaan mereka. Seorang pemimpin secara pribadi berinvestasi dalam tugas dan proyek dan menunjukkan semangat kerja yang tinggi.

Para pemimpin menaruh minat besar pada keberhasilan pengikut mereka, memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan mereka untuk kepuasan, meskipun hal ini bukanlah tujuan organisasi.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tidak selalu ada kekuatan nyata atau formal yang dimiliki seorang pemimpin atas pengikutnya.

Kekuasaan sementara diberikan kepada seorang pemimpin dan dapat bersyarat berdasarkan pada kemampuan pemimpin untuk terus menginspirasi dan memotivasi pengikut mereka.

Bawahan seorang manajer diharuskan untuk mematuhi perintah dan mengikuti arahan. Berbeda dengan kepemimpinan dimana ini bisa menjadi sebuah opsional.

Kepemimpinan bekerja berdasarkan inspirasi dan kepercayaan di antara karyawan. Secara umum, pemimpin adalah orang yang menantang status quo.

Kepemimpinan bergerak dalam lini perubahan, visioner, gesit, kreatif dan adaptif.

 

Ciri-ciri Seorang Manajer?

Di bawah ini adalah empat sifat penting seorang manajer, yaitu:

 

#1 Kemampuan untuk Menjalankan Visi

Manajer membangun visi strategis dan memecahnya menjadi beberapa bagian layaknya sebuah peta untuk diikuti oleh tim mereka.

 

#2 Kemampuan untuk Mengarahkan

Manajer bertanggung jawab atas kinerja sehari-hari sambil meninjau sumber daya yang diperlukan dan mengantisipasi kebutuhan untuk membuat perubahan yang diperlukan.

Menjadi Pemimpin Hebat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan? Hati-hati Anda Bisa Kehilangan Karyawan!]

 

#3 Manajemen Proses

Manajer memiliki wewenang untuk menetapkan aturan kerja, proses, standar, dan prosedur operasi.

 

#4 Memiliki Fokus Kerja

Manajer dikenal untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan orang-orang yang menjadi tanggung jawab mereka, di antaranya mendengarkan mereka, melibatkan mereka dalam keputusan tertentu, dan mengakomodasi permintaan perubahan yang masuk akal untuk berkontribusi pada peningkatan produktivitas.

 

Sifat Apa yang Dimiliki Pemimpin?

Di bawah ini adalah lima sifat penting seorang pemimpin, yaitu:

 

 

#1 Visi

Seorang pemimpin tahu di mana mereka berdiri, ke mana mereka ingin pergi dan cenderung melibatkan tim dalam memetakan jalur dan arah masa depan.

 

#2 Kejujuran dan Integritas

Para pemimpin memiliki orang-orang yang mempercayai mereka dan berjalan di sisi mereka di jalan yang ditetapkan pemimpin.

 

#3 Inspirasi

Pemimpin biasanya memberi inspirasi dan membantu tim mereka memahami peran mereka sendiri dalam konteks yang lebih besar.

Kepemimpinan Visioner 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Mencatat Keuangan Karyawan Secara Efektif Agar Karier Cemerlang]

 

#4 Keterampilan Komunikasi

Para pemimpin selalu memberi informasi kepada tim mereka tentang apa yang terjadi, baik saat ini maupun di masa depan — bersama dengan semua hambatan yang menghalangi mereka.

 

#5 Kemampuan Menantang

Pemimpin adalah mereka yang menantang status quo. Mereka memiliki gaya sendiri dalam melakukan sesuatu dan memecahkan masalah.

Para pemimpin biasanya adalah orang-orang yang berpikir di luar kebiasaan pada umumnya.

 

Tiga Perbedaan Utama Kepemimpinan & Manajemen

Menjadi manajer dan pemimpin pada saat yang sama adalah kombinasi yang hebat dan luar biasa.

Tetapi ingat, hanya karena seseorang adalah pemimpin yang fenomenal, tidak selalu menjamin bahwa orang itu akan menjadi manajer yang luar biasa juga.

Begitu juga sebaliknya. Jadi, apa perbedaan menonjol antara kedua peran itu, pemimpin dan manajer?

Jawabannya ialah sebagai berikut:

 

#1 Seorang Pemimpin Menciptakan atau Berinovasi Sedangkan Seorang Manajer Mengatur

Pemimpin tim muncul dengan ide-ide baru dan memulai pergeseran atau transisi organisasi ke fase berpikiran maju. Seorang pemimpin selalu memiliki pandangan jauh ke depan, mengembangkan teknik dan strategi baru untuk organisasi.

Seorang pemimpin memiliki pengetahuan luas tentang semua tren, kemajuan, keterampilan masa kini, dan memiliki kejelasan tujuan dan visi.

Sebaliknya, seorang manajer adalah seseorang yang umumnya hanya mempertahankan apa yang sudah ditetapkan.

Seorang manajer biasanya memberikan pengawasan sambil mengendalikan karyawan serta alur kerja dalam organisasi dan mencegah segala jenis kekacauan.

Tantangan-Seorang-Pemimpin-01-Finansialku

[Baca Juga: Kondisi Dompet Sahabat Sehat? Lihat melalui Aplikasi Cek Kesehatan Keuangan!]

 

Dalam bukunya, The Wall Street Journal Essential Guide to Management: Lasting Lessons from the Best Leadership Minds Our Time, Alan Murray mengutip bahwa seorang manajer adalah seseorang yang “menetapkan target dan tolok ukur yang tepat dan menganalisis, menilai dan menginterpretasikan kinerja.”

Manajer memahami orang-orang yang bekerja dengan mereka dan tahu siapa yang paling cocok untuk melaksanakan tugas tertentu.

 

#2 Seorang Manajer Membangun Kendali Sedangkan Seorang Pemimpin Menginspirasi Melalui Kepercayaan

Seorang pemimpin adalah orang yang mendorong karyawan untuk melakukan yang terbaik dan tahu bagaimana mengatur kecepatan dan tempo yang tepat untuk anggota kelompok lainnya.

Manajer, di sisi lain, diharuskan oleh uraian tugas mereka untuk membangun kendali atas karyawan yang pada gilirannya, membantu mereka mengembangkan aset mereka sendiri untuk mengeluarkan yang terbaik.

Dengan demikian, manajer harus memahami bawahan mereka dengan baik untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif.

 

#3 Seorang Pemimpin Menanyakan Pertanyaan “Apa” dan “Mengapa Sedangkan Manajer Lebih Condong ke Pertanyaan” Bagaimana ” dan ” Kapan”

Untuk dapat melakukan keadilan terhadap peran mereka sebagai pemimpin, beberapa orang mungkin mempertanyakan dan menantang otoritas untuk mengubah atau bahkan membalikkan keputusan yang mungkin tidak mewakili kepentingan terbaik dari tim.

Kepemimpinan yang baik membutuhkan banyak pertimbangan yang baik, terutama ketika menyangkut kemampuan untuk menghadapi manajemen senior atas suatu masalah atau jika ada aspek yang perlu diperbaiki.

Jika sebuah perusahaan melewati masa sulit, seorang pemimpin akan menjadi orang yang akan berdiri dan mengajukan pertanyaan: “Apa yang kita pelajari dari hal ini?”

Apa-Saja-Faktor-Kegagalan-Pemimpin-4-Finansialku

[Baca Juga: 5 Petunjuk Menyusun Rencana Keuangan Tahun 2019 Bagi Freelance]

 

Manajer, bagaimanapun juga tidak diharuskan untuk menilai dan menganalisis kegagalan.

Deskripsi pekerjaan mereka memberikan penekanan pada pengajuan pertanyaan “bagaimana” dan “kapan,” yang biasanya membantu mereka memastikan bahwa rencana dilaksanakan dengan benar.

Mereka cenderung menerima status quo apa adanya dan tidak berusaha melakukan perubahan.

 

Tiga Tes Perbedaan Kepemimpinan & Manajemen

Dalam artikel Three Differences Between Managers And Leaders, Vineet Nayar membahas tiga tes yang dirancangnya untuk membantu para manajer memutuskan apakah mereka berhasil membuat perubahan dari pengelola menjadi pemimpin.

 

 

#1 Menghitung Nilai VS Menciptakan Nilai

Vineet Nayar menyatakan bahwa manajer adalah satu-satunya yang menghitung nilai. Ada beberapa yang mengurangi nilai dengan menonaktifkan atau menentang ide-ide dan orang-orang yang menambah nilai.

Namun, para pemimpin berfokus pada upaya untuk menghasilkan nilai tertentu yang melebihi harapan dan melampaui di atas apa yang diciptakan oleh tim.

Selain itu, pemimpin juga pencipta nilai seperti halnya pengikut mereka. Vineet Nayar melanjutkan dengan mengatakan bahwa,

Memimpin dengan contoh dan memimpin dengan mendelegasikan adalah keunggulan kepemimpinan berbasis tindakan.”

Kenali Manajemen Yang Buruk Dalam Kepemimpinan Anda! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bagi Yang Punya Hobi Menguras Kantong]

 

#2 Lingkaran Pengaruh VS Lingkaran Kekuasaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, manajer memiliki bawahan dan pemimpin memperoleh pengikut, yang menyiratkan bahwa manajer menciptakan lingkaran kekuasaan sementara pemimpin menciptakan lingkaran pengaruh.

Vineet Nayar menawarkan saran tentang cara mengidentifikasi lingkaran mana yang Anda miliki di sekitar Anda.

Dia mengatakan,

Cara tercepat untuk mengetahui siapakah Anda (apakah pemimpin atau manajer) melalui apa yang Anda lakukan adalah dengan menghitung jumlah orang di luar hierarki jabatan Anda yang datang kepada Anda untuk meminta nasihat. Semakin banyak Anda melakukannya, semakin besar kemungkinan Anda dianggap sebagai seorang pemimpin.”

 

#3 Memimpin Orang VS Mengelola Orang

Salah satu tanggung jawab manajer adalah mengendalikan kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.

Kepemimpinan, di sisi lain adalah kemampuan individu untuk memotivasi, mempengaruhi dan memungkinkan karyawan lain untuk memberikan kontribusi terhadap keberhasilan suatu organisasi.

Inspirasi dan pengaruh memberikan perbedaan yang menonjol antara pemimpin dan manajer, bukan kontrol dan kekuasaan seperti yang dilakukan oleh manajer.

9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: Catat! 11 Tips Jitu Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil]

 

Kepemimpinan & Manajemen – Perpaduan yang Luar Biasa

Manajer dan pemimpin sama-sama penting — dan ketika Anda menemukan kedua kualitas dalam diri orang yang sama, rasanya seperti mendapatkan sebuah jackpot hadiah yang tak terduga yang membawa Anda pada keberuntungan.

Jadi, tetap tonjolkan sisi keduanya dan tetap berusaha menjadi sosok yang dapat menjadi inspirasi dan teladan bagi orang lain.

 

Menurut Anda, apakah sifat pemimpin atau manajer melekat pada diri Anda? Bagaimana penilaian Anda atas diri Anda sendiri? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Avantika Monnappa. 3 Oktober 2018. What’s the Difference Between Leadership and Management?. Simplilearn.com – https://goo.gl/2P57Gj

 

Sumber Gambar:

  • Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen 1 – https://goo.gl/BMzqBh
  • Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen 2 – https://goo.gl/tVctnh