Menjadi pemimpin yang dirindukan perlu memiliki kualitas untuk mengevaluasi diri.

Mari evaluasi diri Anda untuk menjadi seorang pemimpin yang semakin berkualitas dengan refleksi dari 10 kualitas yang akan dibahas dalam rubrik ini.

Apakah Anda sudah memiliki yang ke-7?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin yang Dirindukan

Setiap orang memiliki gagasan dan pendapat yang berbeda tentang kualitas yang dimiliki oleh para pemimpin.

Tidak ada sebuah aturan baku yang membentuk seorang pemimpin karena mereka terbentuk dalam segala situasi, kondisi dan ukuran yang sering kali tidak dapat disangka sebelumnya. 

Para pemimpin biasanya dapat ditemukan dalam perjalanan dan pengalaman pekerjaan atau usaha mereka hingga mereka mampu mencapai ke puncak kepemimpinan.

Para pemimpin berkualitas yang masih merangkak dari bawah akan menunjukkan karakteristik dan sifat yang berbeda dari orang-orang pada umumnya yang tidak memiliki jika kepemimpinan yang hebat dan tangguh.

Mungkin Anda dapat menganalisis orang-orang seperti ini dalam komunitas Anda, dan jika Anda adalah seorang pemimpin sejati yang ingin regenerasi pemimpin yang dirindukan, inilah saatnya mengetahui kualitas-kualitas apa saja yang melekat pada pemimpin yang hebat.

Selain itu, murnikan kualitas kepemimpinan Anda agar tetap berada pada kondisi yang siap untuk menjadi pemimpin yang semakin berkualitas.

 

#1 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Sikap Positif

Kepemimpinan tanpa sikap positif agak sulit dicapai. Siapa yang ingin mengikuti seorang pemimpin yang tampak pesimis atau gampang marah sepanjang waktu? Seorang pemimpin hebat tahu kepemimpinan adalah tentang memimpin dengan memberi contoh.

Jika Anda dapat tetap positif dalam menghadapi kesulitan dan Anda dapat mendekati tantangan dengan senyum di wajah Anda, Anda memberi contoh untuk bawahan Anda.

Para pemimpin besar telah melakukan pekerjaan rumah mereka dalam hal ilmu berpikir positif.

Sikap positif bukan hanya tentang menjaga suasana hati untuk tetap optimis dalam tim – itu dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi tim dalam hal produktivitas dan inovasi.

Contoh populer dari kualitas pemimpin yang dirindukan ini datang dalam bentuk eksperimen tes lilin, yang peneliti gunakan untuk mempelajari emosi positif.

Dan Pink, penulis buku A Whole New Mind and Drive, telah menulis tentang eksperimen tersebut.

Dalam percobaan tersebut, peserta diminta untuk menempelkan lilin ke dinding tanpa lilin menetes di atas meja. Peserta diberikan buku korek api, lilin dan sekotak paku payung sebagai peralatan yang dapat mereka gunakan.

Cukup mengejutkan, semakin banyak hadiah yang ditawarkan kepada peserta, semakin lambat mereka memecahkan teka-teki. Eksperimen itu menyoroti, menurut Dan Pink, esensi dari berpikir positif, bukanlah terletak pada penghargaan dan hukuman sebagai inti dari sebuah kepemimpinan.

Mengapa sikap positif berdampak besar pada kinerja?

Pemimpin yang Dirindukan itu Pasti Punya 10 Kualitas Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pemimpin HARUS Tahu Tentang Manajemen Waktu]

 

Shawn Archor, penulis The Happiness Advantage, menulis dalam bukunya:

“Emosi positif membanjiri otak kita dengan dopamin dan serotonin, bahan kimia yang tidak hanya membuat kita merasa baik, tetapi juga mendorong pusat pembelajaran otak kita ke tingkat yang lebih tinggi. Mereka membantu kami mengatur informasi baru, menyimpan informasi itu di otak lebih lama, dan mengambilnya lebih cepat pada saatnya nanti.”

 

Sikap positif tidak berarti pemimpin buta terhadap masalah atau penderitaan. Ini hanya membutuhkan pendekatan untuk menyelesaikan masalah dan menyelesaikan tugas untuk menjadi positif daripada negatif.

Alih-alih memikirkan sisi buruk dari pekerjaan yang ada di depan mata, para pemimpin yang berkualitas ingin fokus pada aspek-aspek atau hal-hal yang baik.

 

#2 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Pertahankan Fokus

Kepemimpinan berkaitan dengan implementasi terhadap visi tertentu. Ini berarti pemimpin yang hebat mampu tetap fokus dan memastikan tim bekerja secara efisien untuk mencapai tujuan.

Seorang pemimpin adalah orang yang akan membimbing di setiap jalan dan jika pemimpin tidak mengetahui ke mana dia akan pergi, tim akan dengan cepat menemukan orang lain untuk diikuti.

Pendekatan yang terfokus bukan artinya tetap berhubungan dengan apa yang terjadi saat ini. Meskipun penting bagi pemimpin untuk selalu berada di atas apa yang sedang terjadi, mereka juga perlu untuk melihat ke depan juga.

12-Cara-Fokus-Kerja-1-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Kepemimpinan Generasi Milenial yang Membawa Keberhasilan?]

 

Untuk mempertahankan fokus, pemimpin harus memiliki rencana tindakan yang terperinci untuk mengatasi berbagai rintangan yang akan dilewati di masa mendatang.

Pendekatan yang terfokus pada dasarnya adalah tentang memiliki strategi dan kerangka kerja kepemimpinan yang solid untuk mendukungnya.

Mempertahankan fokus bisa jadi sulit di dunia yang semakin kompleks saat ini. Sangat penting dalam mempersiapkan diri Anda untuk tugas-tugas di masa depan dan meningkatkan reaksi Anda terhadap peristiwa kecil dalam hidup dengan memperoleh lebih banyak pengetahuan.

Semakin banyak Anda tahu tentang kepemimpinan, industri atau usaha yang sedang Anda jalankan, pikiran manusia dan sebagainya, semakin mudah untuk bereaksi dan bersiap. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa visi tersebut diidentifikasi dengan jelas.

Sulit untuk tetap fokus di jalan setapak, jika Anda tidak yakin dimana dan kemana Anda berjalan.

 

#3 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Mampu Menentukan Keputusan

Para pemimpin perlu membuat keputusan.

Jika Anda tidak dapat memutuskan antara Rencana A dan Rencana B dalam jangka waktu yang ditentukan, kemungkinan besar Anda melakukan sesuatu yang salah: apakah Anda tidak memiliki pengetahuan untuk menjadi pemimpin atau Anda tidak cukup tegas untuk membuat pendirian.

Tidak ada yang mengatakan kepemimpinan itu mudah.

Pengambilan keputusan penting karena para pemimpin tidak selalu memiliki waktu luang atau waktu yang banyak untuk memutuskan. Dunia bisnis bergerak cepat dan pemimpin harus selalu siap untuk membuat keputusan dimana dan kemana harus pergi ada level selanjutnya.

Tantangannya tentu saja lebih curam karena seorang pemimpin tidak bisa hanya membuat keputusan, tetapi mereka harus memastikan bahwa keputusan itu benar dan bermanfaat bagi tim.

Cara mengambil Keputusan Yang Tepat Bijaksana dan Bertanggung Jawab 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Ala Mahatma Gandhi yang Perlu Anda Tiru]

 

Bagaimana menjadi lebih baik dalam membuat keputusan?

  • Define Goals & Priorities – Tentukan Tujuan & Prioritas
  • Explore Ideas & Opportunities – Jelajahi Setiap Ide & Kesempatan
  • Challenge Assumptions – Tantang Setiap Asumsi
  • Investigate Realities – Selidiki Realitas
  • Decide & Take Action – Tentukan & Ambil Tindakan
  • Evaluate Your Satisfaction – Evaluasi Standar Kepuasan Anda

 

Panduan di atas dapat membantu Anda di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi.

Kuncinya adalah memahami ‘mengapa’, jelajahi peluang yang berbeda, alih-alih hanya berpegang teguh pada ide pertama Anda, dan tetap berpegang teguh pada keputusan Anda begitu Anda berhasil.

Akhirnya, tidak peduli seberapa besar atau kecil keputusan itu, cobalah mengevaluasinya setelah itu untuk memahami seberapa efektif keputusan Anda dalam mencapai apa yang Anda inginkan untuk dicapai.

Tunjukkan empati Anda terhadap kehidupan masa depan finansial anak buah Anda dengan memberikan ebook Gratis dari Finansialku tentang Panduan Berinvestasi bagi Pemula berikut ini:

 

#4 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Karakter yang Memberdayakan

Seorang pemimpin sering kali hanya sebaik orang-orang di sekitarnya. Meskipun kepemimpinan dapat berarti struktur kekuasaan yang bersifat hierarkis daripada sebuah posisi yang setara, itu tidak berarti pemimpin adalah satu-satunya orang yang menyelesaikan sesuatu.

Faktanya, kepemimpinan sering kali lebih dititikberatkan pada pengembangan keterampilan orang lain daripada melakukan tugas sebagai pemimpin.

Ketika para pemimpin fokus pada pemberdayaan dan pemeliharaan bakat orang-orang di sekitar mereka, mereka memastikan tim mencapai tujuannya yang lebih cepat.

Mencapai dan memenuhi visi pemimpin menjadi lebih mudah ketika keahlian tim ditingkatkan. Tetapi pemberdayaan itu lebih penting di luar aspek praktis, yaitu mengajar orang dengan keterampilan baru.

Para-Investor,-Behavioral-Finance-Pengaruhi-Keputusan-Investasi-1-Percaya-Diri-Finansialku

[Baca Juga: Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan yang Bosan dan Tidak Semangat Bekerja!]

 

Mengakui bakat orang lain dapat memberikan aspek motivasi yang besar. Jika Anda membantu seseorang menjadi lebih baik, Anda memberi mereka peluang dan tantangan baru – yang semuanya dapat membuat orang itu merasa lebih bahagia dan lebih termotivasi setiap harinya.

Anda dihadapkan dengan tim yang bersemangat; yang ingin menghabiskan waktu bereksperimen dan belajar ketimbang melakukan hal yang sama berulang kali.

 

#5 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Komunikatif

Kemampuan untuk berkomunikasi mungkin merupakan karakteristik yang diasosiasikan oleh kebanyakan orang dengan kepemimpinan yang baik. Seorang pemimpin harus dapat mengkomunikasikan visi dengan jelas untuk dapat diikuti, mencapai target dan memotivasi orang lain.

Namun, komunikasi dan semua yang dilakukannya sering agak disalah mengerti sebagai konsep.

Ini bukan hanya tentang kemampuan untuk menjelaskan sesuatu kepada orang lain, tetapi juga tentang kemampuan untuk membaca orang lain dan mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitar Anda.

Komunikasi yang baik dibangun berdasarkan beberapa bagian berikut ini:

  • Kemampuan untuk mendengarkan – Ini termasuk memahami isyarat non-verbal, tetapi juga dapat menggunakan refleksi dan klarifikasi untuk keuntungan Anda.
  • Kemampuan untuk bersimpati dan berempati – Anda harus memiliki kemampuan untuk memahami emosi orang lain. Untuk seorang pemimpin, sangat penting untuk menyadari apa yang sedang terjadi dalam kehidupan bawahan untuk lebih mencerminkan emosi mereka.
  • Kemampuan untuk mendorong – Ini bisa berarti memuji upaya orang itu, membuat mereka merasa diterima, atau membiarkan mereka merasa bahwa pendapat mereka dihargai. Dorongan pada dasarnya adalah kemampuan untuk berinteraksi; untuk memastikan diskusi tidak hanya sepihak.

 

Quiz Para Entrepreneur, Apakah Anda Seorang Bos atau Seorang Pemimpin 04 Pemimpin 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Sukses Kepemimpinan: 3P (Passion, Persistence, Panache)]

 

Selain itu, ketika Anda berkomunikasi dengan seseorang, Anda harus terlebih dahulu mengklarifikasi pesan Anda kepada diri sendiri.

Selalu pastikan Anda menyadari pesan inti yang Anda ingin orang dapatkan dari diskusi Anda karena ini saja dapat menambah banyak kejelasan dalam diskusi.

 

#6 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Sifat Empati

Pandangan kuno tentang seorang pemimpin sering kali melukiskan citra bos yang digambarkan dengan sisi negatif. Pemimpin hampir dianggap sebagai diktator, yang tidak peduli dengan karyawan, tetapi mengejar tujuan terlepas dari konsekuensinya.

Tetapi dunia telah berubah dan orang-orang sekarang menyadari betapa pentingnya nilai-nilai ‘lembut’ dalam hal kepemimpinan yang sukses. Empati dan kemampuan untuk mempertimbangkan pendapat dan perasaan orang lain, sambil mengejar visi, adalah bagian dari agenda pemimpin.

Artikel Leigh Buchanan di Inc. menyoroti pentingnya empati, tidak hanya dalam hal inovasi, tetapi juga untuk keberlanjutan sebuah bisnis.

Empati dan kepedulian yang nyata terhadap orang lain tidak hanya alat motivasi yang kuat untuk menyelesaikan sesuatu, tetapi juga membantu para pemimpin untuk mengimplementasikan visi mereka dengan lebih baik. Kemampuan untuk memahami apa yang orang lain lalui membantu dalam pengambilan keputusan.

Perbedaan Pemimpin yang Membangun dan Pemimpin yang Menghancurkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 14 Kepribadian Pemimpin yang Akan Mengurangi Performasi Anda Sebagai Seorang Manajer]

 

Anda bisa menjadi inspirasi dalam cara merencanakan keuangan pribadi dan menggapai masa depan finansial yang gemilang.

Buktikan bahwa Anda adalah pemimpin panutan melalui kesehatan finansial melalui ebook Gratis Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini:

 

#7 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Berkomitmen

Seorang pemimpin yang baik harus menunjukkan komitmen. Memenuhi visi Anda tidak akan terjadi dalam semalam dan Anda harus dapat meyakinkan semua orang bahwa Anda tidak akan menghilang ketika keadaan menjadi sulit.

Jika Anda berjanji, Anda harus menaatinya. Anda tidak bisa hanya memberikan ceramah tentang mencapai A, B dan C, tetapi Anda harus menunjukkan bahwa Anda benar-benar akan melakukannya.

Komitmen penting karena dua alasan. Pertama, ketika Anda menunjukkan komitmen, Anda membantu membangun kepercayaan. Tim dan siapa pun yang terlibat dalam proyek ini akan dapat mempercayai kata-kata Anda.

Kepercayaan akan terus meningkatkan semangat dan membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat karena orang tidak perlu menebak-nebak apa tujuan Anda.

Namun lebih jauh, aspek kedua dari komitmen adalah tentang memberi contoh. Seperti yang disebutkan di setiap artikel bahwa kepemimpinan adalah tentang memberi contoh dan jika Anda menunjukkan komitmen pada kata-kata Anda, bawahan Anda akan terinspirasi untuk menepati janji mereka.

Dengan menggunakan contoh kerja keras Anda sendiri, Anda akan memastikan orang-orang di sekitar Anda merasa termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

 

#8 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Bergairah

Gairah harus menjadi inti dari semua yang Anda lakukan. Tidak masalah apakah Anda seorang pemimpin perusahaan multinasional atau startup berusia seumur jagung, tanpa semangat, Anda tidak akan mencapai kesuksesan.

Anda dapat memahami pentingnya semangat ketika Anda melihatnya sebagai bahan bakar untuk “truk perusahaan” Anda.

Jika Anda tidak memiliki cukup bahan bakar (semangat), Anda akhirnya akan kehabisan tenaga dan perjalanan Anda akan terhenti di tengah jalan. Tetapi jika Anda memastikan tangki Anda penuh, Anda dapat terus mengemudi.

Selain itu, gairah membantu dalam kepemimpinan karena dapat memotivasi orang lain.

Menjadi Pemimpin Hebat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Lakukan 5 Hal Berikut untuk Menjadi Pemimpin Perusahaan yang Baik]

 

Richard Branson, pendiri Virgin Group, pernah berkata:

“Ketika Anda percaya pada sesuatu, kekuatan keyakinan Anda akan memicu minat orang lain dan memotivasi mereka untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.”

 

Gairah, tentu saja bisa menipis. Sama seperti menambahkan bahan bakar ke mobil Anda, Anda perlu sesekali menyalakan kembali passion Anda.

Muse menyarankan enam cara ini untuk menemukan hasrat Anda sebagai berikut:

  1. Adopsi pendekatan yang tepat untuk mencari hasrat – Jangan anggap tidak mungkin dalam menemukan hasrat Anda, tetapi terinspirasilah oleh peluang yang Anda miliki di depan Anda.
  2. Identifikasi ‘momen puncak’ Anda – Periksa pengalaman Anda dan temukan momen yang menonjol.
  3. Temukan koneksi – Kesukaan Anda kadang-kadang mungkin tampak berbeda satu sama lain, tetapi cobalah untuk mengidentifikasi koneksi yang menghubungkan minat Anda bersama.

  1. Bedakan hobi dari karier – Dalam dunia bisnis, Anda tentu perlu menemukan sudut yang menguntungkan untuk hasrat Anda. Meskipun Anda tidak boleh melakukan sesuatu demi menghasilkan uang, Anda ingin memastikan gairah Anda dapat mempertahankan gaya hidup yang Anda inginkan.
  2. Jangan takut akan perlawanan – Suara hati Anda akan mencoba memunculkan segala macam alasan agar Anda tidak mengikuti kata hati Anda. Tahan rasa takut tersebut.
  3. Jelajahi zona nyaman Anda – Passion mengharuskan Anda untuk terjun dan keluar dari zona nyaman.

 

#9 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Jujur

Ciri lain dari para pemimpin yang berkualitas, yang perlu dimiliki para pemimpin, adalah kejujuran. Seorang pemimpin yang kuat mampu memperlakukan orang dengan hormat dan penuh kepedulian dan tetap jujur.

Jika ada masalah, seorang pemimpin yang hebat dapat mengidentifikasinya, membicarakannya dan menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Seorang pemimpin menggunakan keterampilan komunikasi mereka untuk memastikan orang mengetahui masalah tersebut.

Quiz Apakah Anda Seorang Bos Atau Pemimpin Ketahui Perbedaan Bos dan Pemimpin 04 Boss Vs Leader 4 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Praktikan Cara Menjadi Pemimpin Sukses Hebat Di Kampus!]

 

Kejujuran juga berarti keterbukaan tentang proses dan implementasi visi. Pemimpin harus selalu informatif dan terbuka tentang tugas-tugas di masa depan dan mungkin dengan bawahan.

Semakin banyak informasi yang dimiliki bawahan, semakin baik mereka mampu melakukan pekerjaan mereka juga. Jika visi dan tujuan diselimuti misteri, mungkin sulit bagi bawahan untuk berkomitmen penuh pada pekerjaan.

 

#10 Kualitas Pemimpin yang Dirindukan – Percaya Diri

Pemimpin yang hebat memiliki kepercayaan diri. Dia tidak menebak apakah mereka siap dengan pekerjaan yang mereka lakukan; tetapi orang tersebut tahu kekuatannya dan bagaimana menggunakannya untuk mengimplementasikan visi tersebut.

Jika mereka ragu-ragu atau tampaknya kurang percaya pada kemampuan mereka sendiri, bawahan tidak akan merasa nyaman mengikuti jejak mereka.

Ketika ada masalah, orang sering mulai mencari kenyamanan dan dukungan di sekitarnya. Seorang pemimpin adalah orang yang menonjol pada masa-masa sulit karena mereka menunjukkan ketenangan yang membuat orang lain santai.

Jika Anda berada dalam sebuah kapal yang akan tenggelam, Anda melihat kapten dan Anda tentu ingin agar dia memberi Anda perintah dengan tenang tentang apa yang harus dilakukan, bukannya berlarian sambil berteriak, “kita semua akan mati”, bukan?

Kunci untuk memahami dan unggul dalam kepercayaan adalah kesadaran bahwa itu tidak berarti kepuasan diri atau kesombongan. Kemampuan untuk mengetahui bahwa Anda dapat mencapai tujuan Anda tidak berarti sama dengan berpikir bahwa Anda adalah satu-satunya yang dapat menyelesaikan pekerjaan.

Bagaimana cara mencapai kepercayaan diri?

Anda perlu belajar mengenal diri sendiri dan kemampuan Anda. Sangat penting untuk merefleksikan diri dan mengevaluasi kekuatan serta kelemahan Anda sebagai pribadi, pemimpin, dan karyawan.

Anda dapat menggunakan tips di bawah ini untuk mengidentifikasi atribut dan kemampuan terbaik Anda.

 

Tiga Latihan untuk Refleksi & Kesadaran Diri

  1. Test Kaca – Dapatkan Anda melihat karakter Anda yang sebenarnya ketika Anda melihat ke cermin?
  2. Test Peti Mati – Dalam peti mati Anda, apa yang paling Anda sesali?
  3. Test Sanjungan atau Pujian – Pujian apa yang orang lain (yang paling mengenal Anda) akan katakan terhadap Anda?

 

Anda juga perlu terus belajar lebih banyak tentang dunia di sekitar Anda.

Kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru, serta keberanian untuk mencoba hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya adalah penting untuk meningkatkan dan menumbuhkan kepercayaan diri Anda.

 

Itu dia 10 kualitas pemimpin yang dirindukan yang dapat membangun Anda sebagai pemimpin untuk semakin efektif dalam pekerjaan dan usaha yang sedang Anda lakukan.

Dari ke-10 kualitas di atas, mana yang sedang Anda usahakan untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan Anda? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Linda Le Phan. 15 Maret 2017. 21 Most Compelling Qualities of Great Leaders. Transparency.kununu.com – https://bit.ly/2naclER
  • Marcel Schwantes. 7 Must-Have Traits You Want in Your Future Leaders. Inc.com – https://bit.ly/2uJ3xWK
  • Anastasia. 31 Desember 2017. Characteristics of Leadership & Leadership Qualities and Traits. Cleverism.com – https://bit.ly/2JieEzk

 

Sumber Gambar:

  • Pemimpin yang Dirindukan 01 – https://bit.ly/2XYBwcE
  • Pemimpin yang Dirindukan 02 – https://bit.ly/2xNRqf6

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG