Gaya kepemimpinan Mahatma Gandhi adalah salah satu gaya kepemimpinan yang banyak menginspirasi para pemimpin dunia masa kini.

Mari tiru gaya kepemimpinan Mahatma Gandhi yang sangat inspiratif melalui pembahasan artikel berikut ini.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kepemimpinan Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi adalah pemimpin utama dari gerakan kemerdekaan India dan juga arsitek dari bentuk pembangkangan sipil tanpa kekerasan yang memberi pengaruh kepada dunia internasional.

Pemimpin nasionalis India, Mahatma Gandhi (nama lahir: Mohandas Karamchand Gandhi) lahir pada 2 Oktober 1869, di Porbandar, Kathiawar, India, yang kemudian menjadi bagian dari Kerajaan Inggris.

Mahatma Gandhi adalah pemimpin gerakan kemerdekaan non-kekerasan asal India yang melawan kolonialisme dari pemerintahan Inggris dan di Afrika Selatan. Mahatma Gandhi juga salah satu sosok yang mengadvokasi hak-hak sipil orang India.

Pemimpin inspirator asal India ini belajar hukum dan mengorganisasi boikot terhadap institusi Inggris dalam bentuk perdamaian melalui pembangkangan sipil.

Sayangnya, Mahatma Gandhi mati dibunuh oleh seorang fanatik pada tahun 1948.

Mahatma Gandhi secara religius tumbuh dengan memuja dewa Hindu Wisnu dan mengikuti Jainisme, agama India kuno yang secara moral ketat yang mendukung non-kekerasan, puasa, meditasi dan vegetarian.

Selama Mahatma Gandhi tinggal di London, dari tahun 1888 hingga tahun 1891, ia menjadi lebih berkomitmen pada pola makan tanpa daging, bergabung dengan komite eksekutif Masyarakat Vegetarian London, dan mulai membaca berbagai teks suci untuk mempelajari lebih lanjut tentang agama-agama dunia.

“A coward is incapable of exhibiting love; it is the prerogative of the brave.” – Mahatma Gandhi

“Seorang pengecut tidak mampu menunjukkan cinta; itu adalah hak prerogatif pemberani.”

 

Ketika tinggal di Afrika Selatan, Mahatma Gandhi juga terus mempelajari agama-agama dunia.

Kehidupan keagamaannya berkembang melalui teks spiritual Hindu yang sakral dan mengadopsi kehidupan yang sederhana, kesederhanaan, puasa dan hidup bebas dari barang-barang material.

Kata-Kata Gandhi 07 Gandhi 6 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Belajar Bersama-sama dari Kata Kata Bijak Mahatma Gandhi]

 

Pada tahun 1915, Mahatma Gandhi mendirikan ashram (biara untuk orang Hindu) di Ahmedabad, India, yang terbuka untuk semua kasta.

Dengan mengenakan cawat dan selendang sederhana, Gandhi menjalani kehidupan keras yang didedikasikan untuk doa, puasa dan meditasi. Ia dikenal sebagai “Mahatma,” yang berarti “jiwa yang hebat.”

Pada tahun 1932, Mahatma Gandhi, dipenjara di India.

Saat itu, ia memulai puasa enam hari untuk memprotes keputusan Inggris yang berusaha untuk memisahkan “orang-orang yang tak tersentuh”, yang berada di anak tangga terendah sistem kasta India, dengan membagikan mereka para pemilih yang terpisah.

Kecaman publik memaksa Inggris untuk mengamandemen keputusan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Keluarga Mahatma Gandhi

Ayah Mahatma Gandhi, Karamchand Gandhi, melayani sebagai menteri utama di Porbandar dan negara bagian lainnya di India bagian barat. Ibunya, Putlibai, adalah wanita yang sangat religius yang berpuasa secara teratur.

Pada usia 13 tahun, Mahatma Gandhi menikahi Kasturba Makanji, seorang putri pedagang, melalui sebuah perjodohan. Pada tahun 1885, ia mengalami kedukaan karena kematian ayahnya dan diikuti oleh kematian anaknya yang masih bayi.

Pada tahun 1888, istri Mahatma Gandhi melahirkan anak pertama dari empat putra yang masih hidup. Putra kedua lahir di India tahun 1893. Kasturba Makanji melahirkan dua putra lagi ketika tinggal di Afrika Selatan, satu di tahun 1897 dan satu di tahun 1900.

Kata-Kata Gandhi 08 Gandhi 7 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak dari Nelson Mandela, Seorang Penghapus Politik Apartheid]

 

Saat muda, Mahatma Gandhi adalah seorang pelajar yang pemalu dan biasa-biasa saja. Ia juga begitu penakut sampai-sampai dia tidur dengan lampu bahkan ketika masih remaja.

Pada tahun-tahun berikutnya, seperti remaja pada umumnya, Mahatma Gandhi adalah remaja yang nakal dengan perilakunya yang mulai mencoba merokok, makan daging dan mencuri uang dari pembantu rumah tangga.

Meskipun Mahatma Gandhi tertarik untuk menjadi seorang dokter, ayahnya berharap dia juga akan menjadi menteri pemerintah, sehingga keluarganya mengarahkannya untuk memasuki profesi hukum.

“Freedom is not worth having if it does not include the freedom to make mistakes.” – Mahatma Gandhi

“Kebebasan tidak berharga jika tidak termasuk kebebasan melakukan kesalahan.”

 

Pada tahun 1888, Mahatma Gandhi yang berusia 18 tahun berlayar ke London, Inggris, untuk belajar hukum.

Setelah kembali ke India pada tahun 1891, Mahatma Gandhi mengetahui bahwa ibunya telah meninggal beberapa minggu sebelumnya.

Dalam kesedihannya kehilangan sang ibu, Mahatma Gandhi berjuang untuk mendapatkan pijakannya sebagai seorang pengacara.

Dalam kasus ruang sidang pertamanya, Mahatma Gandhi yang gugup dan merasa canggung ketika waktunya tiba untuk memeriksa silang seorang saksi. Dia segera melarikan diri dari ruang sidang setelah mengembalikan uang kliennya untuk biaya hukumnya.

Jadilah pemimpin yang menginspirasi melalui pengaturan arus keuangan yang sehat.

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat arus keuangan Anda setiap hari dengan lebih mudah dan praktis melalui gadget pintar Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain mencatat keuangan setiap hari, Anda juga menikmati fitur lainnya seperti merencanakan dana membeli barang dan juga merencanakan liburan Anda bersama keluarga atau sahabat.

Manfaatkan free trial-nya untuk menikmati lebih lanjut setiap fitur Aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam finansial.

Jika Anda tertarik untuk berlangganan, Anda bisa langsung berlangganan selama 1 tahun untuk menghemat biaya registrasi dan juga mendapatkan keuntungan tambahan, yaitu mendapatkan kursus online gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

 

Kematian Mahatma Gandhi yang Tragis

Pada sore hari tanggal 30 Januari 1948, Mahatma Gandhi yang berusia 78 tahun, sedang mengalami kelemahan tubuh karena aksi mogok makan beruang kali yang ia lakukan

Saat itu, kedua cucunya membawa Mahatma Gandhi dari tempat tinggal di Rumah Birla, New Delhi ke sebuah pertemuan doa.

Seorang ekstremis Hindu bernama Nathuram Godse yang kesal pada toleransi Gandhi terhadap Muslim berlutut di hadapan Mahatma Gandhi sebelum mengeluarkan pistol semiotomatis dan menembaknya tiga kali pada jarak yang sangat dekat.

Insiden penembakan tersebut merenggut nyawa sang inspirator pembebas India yang sangat humanis.

Kata-Kata Gandhi 06 Gandhi 5 - Finansialku

[Baca Juga: 50 Kata-kata Motivasi Tokoh Terkenal Dunia Dalam Menggapai Mimpi]

 

Nathuram Godse dan seorang rekan konspirator dihukum mati pada bulan November 1949, sementara para konspirator lainnya dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara.

Bahkan setelah insiden pembunuhan Mahatma Gandhi, komitmen pada non-kekerasan dan keyakinannya dalam hidup sederhana, membuat pakaiannya sendiri, makan diet vegetarian dan menggunakan puasa untuk pemurnian diri serta sebagai sarana protes — telah menjadi harapan bagi yang tertindas dan terpinggirkan bagi orang-orang di seluruh dunia.

Satyagraha tetap menjadi salah satu filosofi yang paling kuat dalam perjuangan kebebasan di seluruh dunia saat ini, dan tindakan Mahatma Gandhi mengilhami gerakan hak asasi manusia bagi masa depan di seluruh dunia, termasuk pemimpin hak sipil Martin Luther King Jr di Amerika Serikat dan Nelson Mandela di Afrika Selatan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Kepemimpinan Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi menjadi orang penting dan terhitung sebagai pemikir dan penggerak pemberontakan tanpa kekerasan yang menginspirasi dunia internasional.

Mahatma Gandhi dihormati sebagai bapak bangsa oleh pergerakan Negara demokrasi di dunia dan menjadi inspirator yang diakui oleh karena kepemimpinannya dalam memperjuangkan rakyatnya dan kesuksesan dalam memperbaiki kehidupan serta kesejahteraan manusia.

Bahkan setelah kematiannya, gaya kepemimpinan Mahatma Gandhi tetap menjadi sebuah pedoman, pegangan dan juga langkah yang diambil oleh para pemimpin modern dengan segala lini usaha dan pekerjaan mereka. 

The best way to find yourself is to lose yourself in the service of others.” – Mahatma Gandhi

“Cara terbaik untuk menemukan diri Anda adalah kehilangan diri sendiri dalam melayani orang lain.”

 

Ideologi seorang Mahatma Gandhi dalam mengimplementasikan perjuangan kemerdekaan India pada tahun 1947 dikenal dengan kepemimpinan transformasional, sebuah kepemimpinan yang berkolaborasi juga dengan gaya transaksional.

Perjalanan kepemimpinan Mahatma Gandhi terekam jelas melalui berbagai karya tulis dari para pemerhati dan pengamat politik.

Kepemimpinan yang terdokumentasi dapat memberikan sumbangsih bagi generasi selanjutnya dalam mengembangkan kepemimpinan organisasi agar lebih baik.

Kata-Kata Gandhi 09 Gandhi 8 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Sukses Kepemimpinan: 3P (Passion, Persistence, Panache)]

 

Kepemimpinan Dengan Contoh

Dalam setiap diskusi dan perbincangan, Mahatma Gandhi mampu mempengaruhi lawan bicara dengan berbagai ideologi kemanusiaannya tanpa memaksakan pendapatnya namun ia mampu menggiring mereka untuk mengerti pijakan Mahatma Gandhi dan bahkan setuju atas pendapatnya.

Inilah kemampuan verbal Mahatma Gandhi yang sangat luar biasa sebagai seorang pemimpin dengan gaya transformasional.

Degan contoh konkret dan terlihat, bahkan ia melakukannya sendiri, Mahatma Gandhi memberi inspirasi tidak hanya berupa verbal tetapi melalui contoh nyata yang membuat dunia melihat seorang pemimpin yang bukan bossy tetapi pemimpin yang rendah hati dan mau bekerja sama dengan berbagai kelompok dan latar belakang tanpa memandang perbedaan.

Otoritas sebagai seorang pemimpin ia dapatkan dari pengakuan para pengikutnya, rakyat India kalangan menengah ke bawah pada umumnya yang mengalami ketidakadilan akibat kolonialisme.

Namun berbeda dengan pemimpin lainnya, otoritas ia gunakan untuk menjalankan amanat rakyat dan bekerja untuk kepentingan banyak orang.

Mahatma Gandhi memandang bahwa setiap orang memiliki derajat yang sama. Ia hidup secara sederhana dan melepaskan segala atribut kekayaan sebagai sebuah contoh seorang pemimpin yang rendah hati dan membumi.

Kata-Kata Gandhi 10 Gandhi 9 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Kata-kata Mutiara Mother Teresa yang Membuat Hidup Anda Lebih Baik]

 

Jika Anda adalah seorang pemimpin yang sedang membaca artikel ini, menurut Anda, sejauh mana Anda sebagai pemimpin memberikan contoh kepada anak buah Anda dalam kepemimpinan yang Anda jalankan?

Segera dapatkan ebook Perencanaan Keuangan yang dapat Anda download secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Seorang pemimpin sejati, dengan setiap ranah pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan, sudah seharusnya memiliki kemampuan untuk memimpin dengan contoh (lead by example).

Kemampuan yang merupakan soft skill dan juga passion tersendiri ini akan membuatnya dengan mudah mempengaruhi orang-orang yang ia pimpin bahkan secara psikologis dan juga daya tarik yang penuh karisma.

Sebuah nilai tambah yang membuat pemimpin dengan mudah mengatur atmosfer dari kepemimpinannya dan mengatur strategi jitu mencapai keberhasilan kelompok.

Lead by example tidak dengan sembarangan diberikan, bagi mereka yang sudah mengerti celah bagaimana mengejawantahkannya.

Intinya menjadi contoh yang positif bagi anggotanya pada waktu yang tepat. Tidak semua hal memang harus diberikan contoh, tetapi bahkan ada hal-hal kecil yang memang seharusnya seorang pemimpin juga memberi keteladanan di dalamnya, seperti kedisiplinan.

“If I have the belief that I can do it, I shall surely acquire the capacity to do it even if I may not have it at the beginning.” – Mahatma Gandhi

“Jika saya memiliki keyakinan bahwa saya dapat melakukannya, saya pasti akan mendapatkan kapasitas untuk melakukannya bahkan jika saya tidak memilikinya di awal.”

 

Tidak hanya berupa kata-kata, perintah atau menggunakan otoritasnya, para pemimpin mendapat simpati dari para anggota melalui cara mereka mengambil tindakan, saat mereka melakukan apa yang mereka katakan.

Setiap anggota akan tergerak dengan sendirinya tanpa ada suruhan karena gerakan dari hati untuk mengikuti keteladanan seorang pemimpin, terutama saat menyelesaikan tugas dan memperlihatkan hasil kinerja mereka.

 

Soft skill ini sebetulnya perlu dilatih dengan melihat situasi dan peluang yang ada, tentunya dengan membiasakan diri secara positif melakukan setiap pekerjaan dengan penuh tanggung jawab.

Membentuk kepribadian yang positif dengan aktif dalam melakukan aturan yang telah ditetapkan, inilah salah satu cara agar setia pemimpin terbiasa untuk memimpin dengan contoh.

Beberapa kualitas positif yang perlu dilatih dan diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin sejati, diantaranya, bertanggung jawab, jujur, berani mengambil risiko, mengakui kegagalan, ulet, bekerja keras, pemberi solusi atau jalan keluar atau penengah dalam situasi sulit, mendengarkan pendapat orang lain dan senang berdiskusi serta bertukar pemikiran.

Kata-Kata Gandhi 11 Gandhi 10 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Tipe Kepemimpinan Apa Yang Menggambarkan Diri Anda?]

 

Soft skill diatas dimiliki oleh pemimpin dengan gaya transformasional seperti Mahatma Gandhi.

Keteladanannya dalam memenuhi janji ia tepati melalui ikrarnya kepada sang ibu saat akan pergi ke Inggris dan terus menjadi seorang vegetarian. Ia mempertahankan janji ini dengan segenap kekuatannya selama hidupnya.

Komitmennya yang kuat untuk menjadi seorang vegetarian ini bahkan membuatnya tergabung dalam komunitas vegetarian di London dan melakukan gerakan untuk meningkatkan kesadaran bagi orang lain tentang manfaat dan dampak dari seorang vegetarian.

Tidak hanya dalam gerakan vegetarian, ia juga berpegang teguh saat mempertahankan komitmennya membela nasib rakyat India atas pembebasan dan kemerdekaan, tentu dengan caranya yang lebih manusiawi, yakni tanpa kekerasan dan penuh belas kasihan.

Ideologinya mampu mempengaruhi partai yang ia pimpin, para pengikutnya, bahkan rakyat dan juga dunia.

Kesuksesan dan reputasinya sebagai seorang pemimpin yang berciri khas kental dengan kerendahan hati dan kemanusiaan ini membuatnya patut ditiru oleh para pemimpin sejati.

Gaya kepemimpinan dan keteladanannya patut menjadi sebuah pedoman dan acuan dimana keotentikan kepemimpinannya yang mendasar mampu memberikan pemahaman baru dan mendalam tentang arti sebuah kedamaian, kehidupan berbangsa yang penuh kesejahteraan tanpa adanya kekerasan dan pemaksaan melalui pertumpahan darah dan juga ambisi menuntut kebebasan melalui peperangan.  

Banyak pemimpin yang ngotot dengan ambisi dan prinsip mereka yang kuat untuk memaksakan ideologi bahkan saling sikut dan menghalalkan segala cara tanpa memikirkan adanya pertumpahan darah sekalipun.

Mahatma Gandhi dengan kepemimpinannya yang penuh nilai-nilai kemanusiaan mampu membuka mata dunia akan pentingnya sebuah kemerdekaan tanpa adanya perseteruan dan gerakan yang membawa pada percideraan serta hilangnya nyawa.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Menurut Anda, apakah gaya kepemimpinan Mahatma Gandhi sangat relevan dan dapat diterapkan di segala lini pekerjaan atau usaha setiap pemimpin?

Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar yang ada di bawah ini!

Anda juga bisa membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Karl Moore. 22 Agustus 2011. Two Lessons From India’s Greatest Leader – Gandhi. Forbes.com – https://goo.gl/JRt7nu
  • Alejandra Reynafarje. Mahatma Gandhi. Fatherofthenation.weebly.com – https://goo.gl/So9mKH
  • Admin. Leadership Style And Power Tactics Of Gandhi History Essay. Ukessays.com – https://goo.gl/jKYsRG
  • Leadership Expert. 25 Juni 2015. The Leadership of Mahatma Gandhi. Leadership.expert.com – https://goo.gl/WVay9X
  • Biography. Mahatma Gandhi Biography. Biography.com – https://goo.gl/1yQMJk
  • Goalcast. 20 Maret 2017. Top 20 Most Inspiring Mahatma Gandhi Quotes. Goalcast.com – https://goo.gl/Fb8iFd

 

Sumber Gambar:

  • Gaya Kepemimpinan Mahatma Gandhi 01 – https://goo.gl/Cznrrd
  • Gaya Kepemimpinan Mahatma Gandhi 02 – https://goo.gl/vdi2Lm
Summary
Gaya Kepemimpinan Ala Mahatma Gandhi yang Perlu Anda Tiru
Article Name
Gaya Kepemimpinan Ala Mahatma Gandhi yang Perlu Anda Tiru
Description
Gaya kepemimpinan Mahatma Gandhi adalah salah satu gaya kepemimpinan yang banyak menginspirasi para pemimpin dunia masa kini.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo