Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI

Siapa yang tak kenal dengan nama Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang memproklamirkan bangsa kita hingga dikenal oleh mancanegara?

Simak kata-kata mutiara Soekarno yang menginspirasi melalui rubrik berikut ini.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Perjuangan dan Kepemimpinan Soekarno

Sukarno atau biasa disebut Ir. Soekarno, lahir pada tanggal 6 Juni tahun 1901 di Surabaya pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Soekarno meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta.

Ia adalah pemimpin gerakan kemerdekaan Indonesia dan juga presiden pertama Indonesia dari tahun 1949 hingga 1966. Dalam masa perjuangan dan juga kepemimpinannya, Soekarno berhasil menekan sistem parlementer asli negara dan mendukung kekuasaan “Demokrasi Terpimpin” dan juga berjuang menyeimbangkan komunis dengan pemimpin militer.

Soekarno digulingkan oleh Soeharto, yang menjabat sebagai presiden kedua Indonesia dan juga presiden dengan periode kepemimpinan terlama, pada tahun 1966.

 

Masa Kecil Soekarno

Soekarno adalah anak tunggal dari seorang guru sekolah ber-etnis Jawa yang tergolong miskin. Ayahnya bernama Raden Sukemi Sosrodihardjo, dan ibunya yang berasal dari Bali bernama Ida Njoman Rai.

Menurut cerita, Soekarno sebetulnya bernama Kusnasosro, namun karena ia terserang serangkaian penyakit, maka menurut kepercayaan yang dianut orangtuanya, ia diganti namanya menjadi Soekarno agar tidak gampang terserang penyakit.

Masa kecilnya ia dikenal dengan nama Djago atau seorang pemenang.

Soekarno menghabiskan masa kecilnya bersama dengan kakek dan neneknya di desa Tulungagung, dimana ia sempat mempelajari kepercayaan animisme dan mistisisme di pedesaan Jawa yang cenderung tenang.

Di sana, Soekarno gemar menonton wayang dan menjadi salah satu penggemar berat dari cerita wayang.

Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimipin?]

 

Saat berusia 15 tahun, Soekarno dikirim ke sekolah menengah di Kota Surabaya. Di sana, Soekarno dititipkan di rumah Omar Said Tjokroaminoto, seorang tokoh masyarakat dan tokoh agama terkemuka.

Omar Said Tjokroaminoto memperlakukan Soekarno sebagai anak asuh dan anak didik yang sangat disayangi.

Saking sayangnya, ia membiayai pendidikan lanjutan Soekarno, dan akhirnya menikahkannya pada usia 20 tahun dengan anak perempuannya sendiri yang berusia 16 tahun yang bernama Siti Utari.

Sebagai mahasiswa, Soekarno adalah seorang yang berprestasi, terutama dalam bahasa.

Beliau menguasai bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Bali dan juga bahasa Indonesia modern, yang sebenarnya banyak diciptakan olehnya.

Soekarno juga mempelajari bahasa Arab – sebagai seorang Muslim, dia belajar dengan mempelajari Al-Qur’an di samping bahasa Belanda, bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Inggris dan juga bahasa Jepang.

Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI 03 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

Pada tahun 1927 di Bandung, dimana ia baru saja memperoleh gelar sarjana teknik sipil, ia menemukan panggilannya sebagai seorang yang ahli dalam berpidato dan berpolitik.

Oleh karena kepiawaiannya dalam berorasi dan mengambil hati banyak orang melalui pidatonya yang memukau, ia disebut sebagai pemimpin yang berkharisma.

 

Kata-kata Mutiara Soekarno

Oleh karena karakternya yang kharismatik, bersemangat dan kehebatannya sebagai seorang pemimpin dan juga orator, Soekarno yang juga dikenal sebagai Bung Karno adalah sosok seorang pahlawan revolusioner dan juga arsitek kemerdekaan Indonesia.

Mari simak kata-kata mutiara Almarhum Presiden Soekarno yang dapat menginspirasi kita akan keberanian dan perjuangannya semasa menjadi pemimpin Bangsa Indonesia.

 

#1 “This country, the Republic of Indonesia, does not belong to any group, nor to any religion, nor to any ethnic group, nor to any group with customs and traditions, but the property of all of us from Sabang to Merauke!”

“Negara ini, Republik Indonesia, bukan milik kelompok manapun, juga agama, atau kelompok etnis manapun, atau kelompok dengan adat dan tradisi apa pun, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”

 

#2 “Reach your ambition as high as the skies! Dream it as high as the skies! Because if you’re fell, you’re gonna fall among of the stars!!”

“Gapailah ambisi Anda setinggi langit! Mimpikan ambisi Anda itu setinggi langit! Karena jika Anda jatuh, Anda akan jatuh di antara bintang-bintang!!”

 

#3 “A thousand of old man are just able to dream, but a young man is able to change the world!”

“Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tapi seorang pemuda mampu mengubah dunia!”

 

#4 “Learning without thinking is useless, but thinking without learning is very dangerous!”

“Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, tapi berpikir tanpa belajar sangat berbahaya!”

 

Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Susi Pudjiastusi, Pendiri Susi Air dan Susi Brand]

 

#5 “Independence can only be obtained and secured by a nation that has its spirit raging with determination: independence or death!”

“Kemerdekaan hanya bisa diperoleh dan diamankan oleh sebuah bangsa yang semangatnya mengamuk dengan tekad: Merdeka atau Mati!”

 

#6 “Don’t ever forget the history. It will make and change who we are.”

“Jangan pernah melupakan sejarah. Ini akan membuat dan mengubah siapa diri kita.”

 

#7 “Do good to another man, even when they do not do you good; another will certainly do you good. If there is still shame and fear in one’s heart to do good, there will certainly be no progress at all.”

“Lakukan kebaikan untuk orang lain, bahkan ketika mereka tidak melakukan kebaikan bagi Anda; orang lain tentu akan berbuat baik kepada Anda. Jika masih ada rasa malu dan takut di hati seseorang untuk berbuat baik, pasti tidak akan ada kemajuan sama sekali.”

 

#8 “Nationalism cannot flower if it does not grow in the garden of internationalism.”

“Nasionalisme tidak bisa berbunga jika tidak tumbuh di taman internasionalisme.”

 

#9 “It was [the concept of] nationalism that Indonesia was established on. Not the Javanese, not the Sumatran, not the Bornean, Sulawesi, Bali or others, but the Indonesian, that together became the foundation of one nationale staat (nation-state).”

“Itulah konsep nasionalisme yang didirikan Indonesia. Bukan orang Jawa, bukan orang Sumatera, bukan orang Kalimantan, Sulawesi, Bali atau lainnya, tapi orang Indonesia, yang bersama-sama menjadi fondasi satu kesatuan nasional.”

 

Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI 05 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-Kata Bob Sadino yang Harus Diketahui Setiap Entrepreneur]

 

#10 “Rose never propagandize its fragrant, but its own fragrance spreads through its surrounding.”

“Bunga mawar tidak pernah mempropagandakan harumnya, namun keharumannya sendiri menyebar melalui sekitarnya.”

 

#11 “I hate imperialism. I detest colonialism. And I fear the consequences of their last bitter struggle for life. We are determined, that our nation, and the world as a whole, shall not be the play thing of one small corner of the world.”

“Saya benci imperialisme. Saya membenci kolonialisme. Dan saya takut konsekuensi perjuangan terakhir mereka untuk hidup. Kami bertekad, bahwa bangsa kami, dan dunia secara keseluruhan, tidak akan menjadi tempat bermain dari satu sudut kecil dunia.”

 

#12 “Conquer the thousands of man may not be called a winner, but be able to conquer yourself is called a brilliant conqueror!”

“Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!”

 

#13 “We are living in a world of fear. The life of man today is corroded and made bitter by fear-fear of the future, fear of the hydrogen bomb, fear of ideologies. Perhaps this fear is a greater danger than the danger itself, because it is fear which drives men to act foolishly to act thoughtlessly, to act dangerously.”

“Kita hidup dalam dunia ketakutan. Kehidupan manusia saat ini berkarat dan terasa pahit karena ketakutan akan masa depan, takut akan bom hidrogen, takut akan ideologi. Mungkin ketakutan ini adalah bahaya yang lebih besar daripada bahaya itu sendiri, karena ketakutanlah yang mendorong manusia untuk bertindak bodoh untuk bertindak tanpa berpikir, untuk bertindak berbahaya.”

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#14 “Revolution is only truly revolution if it is a continuous struggle-not just an external struggle against an enemy, but an inner struggle, fighting and subduing all negative aspects which hinder or do damage to the course of the revolution. In this light, revolution is … a mighty symphony of victory over the enemy and over oneself.”

“Revolusi hanya benar-benar revolusi jika ini adalah perjuangan terus-menerus – bukan hanya perjuangan eksternal melawan musuh, tapi perjuangan batin, berjuang dan menundukkan semua aspek negatif yang menghambat atau merusak jalannya revolusi. Dalam pencerahan ini, revolusi adalah … sebuah simfoni kemenangan atas musuh dan diri sendiri.”

 

#15 “Where Slavery is, there Liberty cannot be; and where Liberty is, there Slavery cannot be.”

“Dimana perbudakan berada, di sana tidak ada kebebasan; dan dimana kebebasan berada, perbudakan pun tidak ada.”

 

#16 “I am fascinated by revolution. I am completely absorbed by it. I am crazed, am obsessed by the romanticism… Revolution surges, flashes, thunders in almost every corner of the earth… Brothers and sisters, keep fanning the flames of the leaping fire… Let us become logs to feed the flames of revolution.”

“Saya terpesona oleh revolusi. Saya benar-benar terserap olehnya. Saya gila, terobsesi oleh romantisme… Revolusi melonjak, berkedip, guntur hampir di setiap penjuru bumi… Saudara-saudara, teruslah mengipasi kobaran api (tetap semangat)… Mari kita menjadi kayu bakar yang memberi makan api (semangat) revolusi.”

 

Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI 06 - Finansialku

[Baca Juga: Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia]

 

#17 “Sometimes people have sympathized with me because long years of my life were spent in jail and in exile. Well, those years… were a mixed experience. I hated them because they separated me from the dearest thing in the world-the struggle of my people for rebirth. At the same time, they were a blessing because I had what is so rare in this world-the opportunity of thinking about basic issues, the opportunity of examining afresh the beliefs I held.”

“Terkadang orang bersimpati padaku karena umurku yang panjang dihabiskan di penjara dan diasingkan. Nah, tahun-tahun itu… adalah pengalaman yang campur aduk. Saya membenci mereka karena mereka memisahkan saya dari hal yang paling aku sayangi di dunia – perjuangan rakyat saya untuk kelahiran kembali. Pada saat yang sama, mereka adalah berkah karena saya memiliki apa yang sangat langka di dunia ini – kesempatan untuk memikirkan masalah dasar, kesempatan untuk memeriksa kembali keyakinan yang saya pegang.”

 

#18 “There is not one state truly alive if it is not as if a cauldron burns and boils in its representative body, and if there is no clash of convictions in it.”

“Tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih dan terbakar, dan jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya.”

 

#19 “We liberate our nation’s heart inside of Indonesian independence!! Ibn Saud liberated Arabian’s heart inside of Saudi Arabian independence one by one!! Stalin liberated Soviet-Russian’s heart inside of Soviet one by one!!”

“Kita membebaskan hati bangsa kita di dalam kemerdekaan Indonesia!! Ibn Saud membebaskan hati orang Arab di dalam kemerdekaan Arab Saudi satu per satu!! Stalin membebaskan hati Soviet-Rusia di dalam Soviet satu demi satu!!”

 

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama]

 

#20 “They, OLDEFO (Old Established Forces), carry out l’exploitation de l’homme par ‘homme (the exploitation of man by man). Do not let them live, so that there’s no colonialism anymore in the world.”

“Mereka, OLDEFO (Old Establish Force), melaksanakan eksploitasi l’homme par ‘homme (eksploitasi manusia oleh manusia). Jangan biarkan mereka hidup, sehingga tidak ada lagi kolonialisme di dunia ini.”

 

#21 “If, for example, one day Ki Bagoes Hadikoesoemo becomes the Indonesian Head of State, and dies, won’t his child be [his replacement]? Then because of that I do not adhere to the principle of monarchism.”

“Jika, misalnya, suatu hari Ki Bagoes Hadikoesoemo menjadi Kepala Negara Indonesia, dan meninggal, bukankah anaknya akan menjadi penggantinya? Maka karena itu saya tidak berpegang pada prinsip monarki.”

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Willard. A. Hanna. Sukarno, President of Indonesia. Britannica.com – https://goo.gl/6w4eTQ
  • Trending Topics Info. Kumpulan Kata Kata Bijak Bung Karno yang menggetarkan (Lengkap). Trending-topic.info – https://goo.gl/kqvauZ
  • Pamungkas Adipura. Biografi Singkat Ir Soekarno “Bapak Proklamator Indonesia”. Notepam.com – https://goo.gl/vzndFb
  • Biografi Tokoh. Biografi Presiden Soekarno. Bio.or.id – https://goo.gl/kHdqQC
  • AZ Quotes. Sukarno Quotes. Azquotes.com – https://goo.gl/KLyc99

 

Sumber Gambar:

  • Kata-kata Mutiara Soekarno 01 – https://goo.gl/zS6zVh
  • Kata-kata Mutiara Soekarno 02 – https://goo.gl/We9Lxa
  • Kata-kata Mutiara Soekarno 03 – https://goo.gl/PbLvi6
  • Kata-kata Mutiara Soekarno 04 – https://goo.gl/YUCTwp
  • Kata-kata Mutiara Soekarno 05 – https://goo.gl/v8696i
  • Kata-kata Mutiara Soekarno 06 – https://goo.gl/dQsgDg

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI
Article Name
Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI
Description
Siapa yang tak kenal dengan nama Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang memproklamirkan bangsa kita?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment