Setiap orang mampu menjadi pemimpin, namun tidak semua orang dapat menjadi seorang pemimpin. Hal ini dikarenakan beberapa alasan tertentu, salah satunya tidak memenuhi kriteria pemimpin yang baik.

Artikel berikut ini akan membahas kriteria pemimpin yang baik dan layak dipilih sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi atau tim. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin yang Baik

Baik merupakan sifat yang begitu umum dan tidak semua orang memiliki standar yang sama atas kriteria pemimpin yang baik.

Jika menurut si A pemimpin ini baik, belum tentu menurut si B. Demikian juga sebaliknya.

Seperti apakah sebetulnya pemimpin yang baik? Lanjutkan pembacaan artikel Anda untuk mengetahui lebih lanjut!

 

“If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.” President John Quincy Adams

“Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak dan menjadi lebih banyak, Anda adalah seorang pemimpin.”

 

Sebuah organisasi atau tim yang berhasil ternyata didukung secara kuat oleh seorang pemimpin dengan segala kemampuan dan intelektual yang mumpuni.

Para pemimpin inilah yang memiliki tujuan secara visioner untuk mengarahkan setiap divisi kepada tujuan besar tersebut.

Mereka – para pemimpin, mengetahui kapan harus memanfaatkan peluang yang datang dan cara memobilisasi para anggota dengan setiap keterampilan mereka masing-masing demi kemajuan perusahaan atau organisasi.

Mereka tidak hanya sekadar bos atau manajer biasa, karena mereka memiliki kombinasi yang tepat dalam memancarkan karisma mereka untuk meningkatkan antusiasme yang memotivasi para anggota tim untuk yakin dalam kepemimpinannya dan melakukan tanggung jawab mereka.

Dengan kemampuan dasar seorang pemimpin yang ditempa oleh pengalaman yang tak sebentar dan dipertajam dengan berbagai tantangan, disalut oleh konsistensi dan semangat kerja tim, pemimpin yang sukses akan mampu menjadi penggerak tim yang efektif dalam usaha kepemimpinannya.

 

“Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others.” – Jack Welch 

“Sebelum Anda seorang pemimpin, kesuksesan adalah tentang mengembangkan diri. Ketika Anda menjadi seorang pemimpin, kesuksesan adalah tentang menumbuhkan orang lain.”

 

Miliki Panduan Berinvestasi dari Finansialku dengan men-download ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Kriteria Pemimpin yang Baik dan Layak Dipilih

Dalam memilih seorang pemimpin yang pantas menjalankan fungsinya dengan posisi sebagai pengarah visi, ada kriteria yang setidaknya perlu dipenuhi.

Anda ingin menjadi pemimpin yang baik? Miliki kriteria pemimpin yang baik berikut ini!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Self-Managing – Mampu Mengatur Diri Sendiri

Sulit untuk mengelola orang lain secara efektif jika Anda tidak dapat mengelola diri sendiri. Mengelola diri berarti mampu memprioritaskan tujuan Anda dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebagai pemimpin yang baik dan efektif dalam tim, Anda harus dapat mengatur waktu, perhatian dan emosi Anda, sambil tetap menyadari kekuatan, kelemahan, dan sumber dari potensi yang Anda miliki.

Kriteria-Pemimpin-yang-Baik-dan-Layak-Dipilih-02-Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Pemimpin yang luar biasa adalah mereka yang terampil dalam menangani stres dan menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional mereka.

Tetapi Anda juga harus mengingat pentingnya belas kasih dan mampu menanggapi orang dan peristiwa dengan cara yang tepat.

Ingatlah untuk mempertahankan kontrol diri dan disiplin dalam tindakan Anda, termasuk Anda harus menghindari sikap yang kaku atau tidak fleksibel.

 

“The first responsibility of a leader is to define reality. The last is to say thank you. The leader is a servant.” – Max DePree

“Tanggung jawab pertama seorang pemimpin adalah mendefinisikan realitas. Yang terakhir adalah mengucapkan terima kasih. Pemimpin adalah seorang pelayan.”

 

#2 Acting Strategically – Bertindak Secara Strategis

Memiliki pikiran yang maju dan berpikiran terbuka sangat diperlukan untuk para pemimpin saat ini.

Menurut laporan dari Harvard Business Publishing, Leading Now: Critical Capabilities for a Complex World,

“Leaders must always be prepared to adjust their strategies to capture emerging opportunities or tackle unexpected challenges.”

 

Pemimpin-Dilahirkan-Atau-Dibentuk-02-Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

Memimpin Sekarang: Kemampuan Kritis untuk Dunia yang Kompleks,

“Para pemimpin harus selalu siap untuk menyesuaikan strategi mereka untuk menangkap peluang yang muncul atau mengatasi tantangan yang tak terduga.”

 

Berpikir strategis adalah proses berkelanjutan yang melibatkan penilaian lingkungan Anda.

Anda dapat mengembangkan pemikiran strategis dengan:

  • Penasaran dan benar-benar tertarik dengan perusahaan Anda dan lingkungan bisnis yang lebih luas,
  • Bersikap fleksibel dalam pola pikir Anda dan mencoba berbagai pendekatan dan ide baru,
  • Berfokus pada masa depan dan memikirkan kondisi operasional perusahaan Anda, dan
  • Mempertahankan pandangan positif.

 

“Leadership is lifting a person’s vision to high sights, the raising of a person’s performance to a higher standard, the building of a personality beyond its normal limitations.” – Peter Drucker

“Kepemimpinan adalah mengangkat visi seseorang ke pemandangan yang tinggi, peningkatan kinerja seseorang ke standar yang lebih tinggi, membangun kepribadian di luar batas normalnya.”

 

#3 Being An Effective Communicator – Menjadi Komunikator yang Efektif

Pemimpin yang kuat tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan.

Mereka adalah komunikator yang efektif dan mampu dengan jelas dan ringkas menjelaskan kepada karyawan atau anggota tim mereka tentang segala sesuatu mulai dari tujuan organisasi hingga tugas khusus tertentu.

Jika orang tidak mengerti atau tidak menyadari harapan atau maksud Anda, mereka akan gagal. Oleh sebab itu, semakin spesifik Anda menjelaskan, itu akan semakin baik.

Anda harus dapat berkomunikasi di semua tingkatan: berkomunikasi secara empat mata, berkomunikasi ke bagian departemen dan ke seluruh staf, berkomunikasi melalui telepon, email, dan juga media sosial.

14 Kepribadian Pemimpin yang Akan Mengurangi Performasi Anda Sebagai Seorang Manajer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kumpulan Kata Kata Motivasi Usain Bolt yang Membuat Anda Tetap Semangat!]

 

Komunikasi dibangun di atas aliran pertukaran ide, baik informasi verbal dan nonverbal, sehingga perlu mengusahakan untuk mampu didekati oleh siapapun dan melibatkan orang-orang di berbagai tingkatan.

 

“Become the kind of leader that people would follow voluntarily; even if you had no title or position.” – Brian Tracy 

“Jadilah tipe pemimpin yang orang akan ikuti secara sukarela; bahkan jika Anda tidak memiliki gelar atau posisi.”

 

#4 Being Accountable And Responsible – Menjadi Akuntabel dan Bertanggung Jawab

Pemimpin yang sukses tahu bagaimana menggunakan kekuasaan dan wewenang secara tepat.

Para pemimpin yang baik dan efektif menganggap diri mereka bertanggung jawab atas kesalahan mereka sendiri — dan mereka mengharapkan orang lain melakukan hal yang sama.

Mereka dapat bekerja dalam prosedur yang ditetapkan, dan menjadi produktif dan efisien dalam keputusan mereka.

Mereka menghargai pentingnya mendukung dan mendorong potensi tiap individu di samping mereka juga memahami struktur organisasi dan kebutuhan untuk mengikuti aturan dan kebijakan.

Pemimpin Masa Depan Idaman yang Dinantikan oleh Dunia 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Pemimpin yang baik mampu menyeimbangkan berbagai perspektif saat mengambil tindakan yang tepat.

 

“The best executive is the one who has sense enough to pick good men to do what he wants done, and self-restraint enough to keep from meddling with them while they do it.” – Theodore Roosevelt 

“Eksekutif terbaik adalah orang yang memiliki cukup akal untuk memilih orang-orang baik untuk melakukan apa yang diinginkannya, dan menahan diri agar tidak ikut campur dengan mereka sementara mereka melakukannya.”

 

#5 Setting Clear Goals And Persisting In Achieving Them – Menetapkan Tujuan Yang Jelas dan Bertahan Dalam Mencapai Mereka

Berikut ini adalah versi yang direbus untuk mendapatkan karisma: Tetapkan tujuan yang jelas dan secara terarah dan serta konsisten mencapainya.

Ketika mengalami kebimbangan, kembalikan semuanya dengan keyakinan diri yang tak tergoyahkan.

Jika Anda memancarkan antusiasme dan benar-benar bersemangat dengan apa yang Anda lakukan, orang akan tertarik secara alami kepada Anda.

Pemimpin-Perusahaan-yang-Baik-01-Finansialku

[Baca Juga: Ramuan David Ogilvy: 10 Hal Yang Perlu Ditemukan Dalam Gaya Kepemimpinan Anda]

 

Ingat bahwa menuliskan tujuan Anda adalah kunci kesuksesan Anda dan perusahaan Anda. Tetapi mencapai tujuan itu membutuhkan waktu.

Jika Anda menyerah, begitu juga semua orang di sekitar Anda. Untuk menjadi pemimpin yang sukses, Anda harus bersedia untuk terus berjalan ketika orang lain tergoda untuk menyerah.

 

#6 Having A Vision For The Future – Memiliki Visi Untuk Masa Depan

Pemimpin yang luar biasa memiliki kemampuan untuk melihat masa depan perusahaan mereka, membuat tujuan yang jelas dan konkrit yang akan menguntungkan organisasi yang mereka pimpin.

Mereka percaya diri dan optimis, menginspirasi antusias pada orang-orang di sekitar mereka.

Menjadi seorang yang visioner adalah tentang mengelola perubahan sambil mengimbangi keseimbangan antara stabilitas dan pertumbuhan. Anda harus memasukkan pendekatan baru tanpa mengganggu atau terlepas dari tujuan utama.

Menjadi seorang yang visioner berarti memahami bahwa perubahan terus-menerus terjadi di sekitar Anda, jadi apa yang berhasil di masa lalu mungkin tidak selalu berhasil sekarang.

Menjadi-Pemimpin-Sukses-Hebat-di-Lingkungan-Bisnis-2-Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Berlatihlah untuk mampu beradaptasi dengan mudah dan gesit saat Anda menerapkan strategi baru dan memungkinkan model bisnis Anda berkembang dari waktu ke waktu.

 

“Men make history and not the other way around. In periods where there is no leadership, society stands still. Progress occurs when courageous, skillful leaders seize the opportunity to change things for the better.” – Harry S. Truman 

“Manusia membuat sejarah dan bukan sebaliknya. Dalam periode di mana tidak ada kepemimpinan, masyarakat tetap berdiri. Kemajuan terjadi ketika para pemimpin yang berani dan terampil memanfaatkan kesempatan untuk mengubah berbagai hal menjadi lebih baik.”

 

#7 Managing Complexity – Mengelola Kompleksitas

Pemimpin harus menjadi pemecah masalah yang dapat membuat keputusan dalam keadaan tak menentu (berubah dengan cepat).

Belajar memimpin dalam lingkungan yang kompleks adalah keterampilan penting bagi pemimpin di mana pun. Bahkan sebelum kebenaran informasi tersedia, pemimpin yang efektif harus menilai kompleksitas situasi dan memilih tindakan yang sesuai.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-2-Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Menurut laporan dari Harvard Business Publishing, para pemimpin perlu memindai lingkungan untuk mencari tren yang dapat diterapkan secara halus dan mengetahui indikator perubahan yang mengganggu, serta membangun praktik yang memungkinkan organisasi Anda merespon dengan cepat.

 

“The key to successful leadership today is influence, not authority.” – Kenneth Blanchard

“Kunci untuk kepemimpinan yang sukses saat ini adalah pengaruh, bukan otoritas.”

 

#8 Fostering Creativity And Innovation – Membina Kreativitas dan Inovasi

Pemimpin harus berani melakukan eksperimen dan mendorong kreativitas.

Melakukan hal ini akan menumbuhkan inovasi yang akan mengarahkan organisasi Anda ke tujuan baru di tengah perubahan yang dinamis dan tak terkontrol.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-3-Finansialku

[Baca Juga: Miliki 11 Kunci Sukses Kepemimpinan untuk Mengubah Dunia]

 

Kuncinya adalah untuk selalu gigih dalam mengejar tujuan Anda, dan berpikiran terbuka serta fleksibel dalam cara Anda untuk mencapai tujuan besar.

Dorong orang-orang di sekitar Anda untuk menghabiskan setidaknya 15 persen waktu mereka menjelajahi ide-ide baru melalui brainstorming.

 

“A true leader has the confidence to stand alone, the courage to make tough decisions, and the compassion to listen to the needs of others. He does not set out to be a leader, but becomes one by the equality of his actions and the integrity of his intent.” – Douglas MacArthur

“Seorang pemimpin sejati memiliki kepercayaan diri untuk berdiri sendiri, keberanian untuk membuat keputusan sulit, dan belas kasih untuk mendengarkan kebutuhan orang lain. Dia tidak ditetapkan untuk menjadi pemimpin, tetapi menjadi satu oleh kesetaraan tindakannya dan integritas niatnya.”

 

#9 Team Building And Promoting Teamwork – Membangun Tim dan Mempromosikan Kerja Tim

Kepemimpinan yang berhasil adalah kepemimpinan yang dibangun di atas orang-orang di sekitar Anda.

Membangun tim sangat penting untuk memimpin kelompok orang yang beragam dan unik dengan kepribadian, motivasi, dan keterampilan yang berbeda.

Memiliki tim dengan kerja tim yang kuat adalah kunci untuk mencapai banyak hal, seperti membina inovasi, komunikasi yang efektif, dan mencapai tujuan organisasi Anda.

Kunci-Sukses-Kepemimpinan-2-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Jika Anda merekrut dan mengembangkan tim yang tepat, Anda akan menciptakan kekuatan hebat yang akan mendorong keberhasilan organisasi Anda.

 

“Leadership is the art of getting someone else to do something you want done because he wants to do it.” – General Dwight Eisenhower

“Kepemimpinan adalah seni untuk membuat orang lain melakukan sesuatu yang Anda inginkan karena ia ingin melakukannya.”

 

#10 Creating Lasting Relationships – Menciptakan Hubungan Abadi

Pemimpin yang memikat melakukan lebih dari sekedar menginspirasi orang lain untuk mengikuti mereka.

Mereka tahu bagaimana memotivasi karyawan mereka untuk berjuang dengan sepenuh hati demi tujuan perusahaan.

Karyawan yang merasa dihargai dan diperhatikan akan merasa bersemangat untuk mendorong diri lebih keras dalam mencapai kesuksesan bagi perusahaan, tempat mereka bekerja.

Bagaimana Kualitas Pemimpin Supaya Menjadi Seorang Pemimpin yang Hebat 02 - Karyawan Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Smart Leadership (Kepemimpinan Cerdas) Yang Dapat Anda Tiru]

 

Pemimpin yang baik juga memahami bahwa mereka perlu efektif dalam membangun jaringan, bukan hanya untuk memajukan karir mereka sendiri, tetapi untuk kepentingan organisasi mereka.

Dengan menciptakan jaringan orang yang luas dan beragam, para pemimpin membangun hubungan yang berdampak dengan pelanggan, klien, mitra dan bahkan pesaing.

 

“Never tell people how to do things. Tell them what to do and they will surprise you with their ingenuity.” – General George Patton

“Jangan pernah memberi tahu orang bagaimana melakukan sesuatu. Katakan kepada mereka apa yang harus dilakukan dan mereka akan mengejutkan Anda dengan kecerdikan mereka.”

 

Apakah Anda sudah mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan pribadi?

Menjadi seorang pemimpin yang baik tentu salah satunya perlu memiliki keahlian dalam mengatur keuangan pribadi terlebih dahulu.

Awali perjalanan mengatur keuangan pribadi yang menyenangkan dengan Aplikasi Finansialku yang dapat Anda coba free trial-nya secara gratis selama 30 hari.

Selain Anda bisa mencatat arus kas keuangan pribadi Anda setiap waktu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas fitur merencanakan dana membeli rumah, dana liburan, atau mengecek kesehatan finansial Anda.

 

#11 Learning Agility – Belajar Lincah

Para pemimpin yang benar-benar hebat tahu bahwa kekuatan kepemimpinan mereka dibangun di atas kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan keadaan yang tiba-tiba berubah dan untuk mengetahui bagaimana dan kapan harus memanfaatkan peluang di tengah persaingan dan perubahan global yang dinamis.

Memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan akan mendorong keinginan Anda untuk terus belajar dan bertumbuh sebagai seorang pemimpin.

Kiat-Sukses-untuk-Pemimpin-Bijaksana 01 Finansialku

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

 

Ketangkasan belajar bergantung pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, menerima ketidakpastian, memiliki kecerdasan sosial dan emosional, selalu memiliki keinginan dan tekad untuk maju dan termotivasi.

 

Pemimpin yang Baik Mengetahuinya

Posisi “pemimpin” membutuhkan banyak kerja dan dedikasi. Sebuah organisasi yang ingin bertumbuh secara efektif perlu memiliki pemimpin yang baik dan efektif.

Setiap orang mendefinisikan kepemimpinan secara berbeda, tetapi menurut Jon C Macwell:

“A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way.”

“Seorang pemimpin adalah orang yang tahu jalannya, berjalan di jalan, dan menunjukkan jalannya.”

 

Terlepas dari bagaimana Anda mendefinisikan seorang pemimpin, seorang pemimpin yang baik memiliki visi yang futuristik dan tahu bagaimana mengubah ide-idenya menjadi kisah sukses bagi dunia.

 

Jika Anda seorang pemimpin, kriteria manakah yang cukup sulit untuk dilakukan bagi seorang pemimpin? Berikan tanggapan melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Bagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan. Selamat mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Deep Patel. 22 Maret 2017. 11 Powerful Traits Of Successful Leaders. Forbes.com – https://goo.gl/GKhu5J
  • Sarmad Hasan. 13 Februari 2017. Top 10 Leadership Qualities That Make Good Leaders. Taskque.com – https://goo.gl/X1ajis
  • Admin. The Criteria for Picking a Leader. Smallbusiness.chron.com – https://goo.gl/qynaS
  • Charles Rogel. 8 Januari 2013. 5 Criteria of Effective Leadership Coaching. Decision-wise.com – https://goo.gl/kAWAVp
  • Mark Pentecost. 2 November 2016. 5 Essential Criteria For Being A Leader. Bizjournals.com – https://goo.gl/8csjGe

 

Sumber Gambar:

  • Kriteria Pemimpin yang Baik dan Layak Dipilih 1 – https://goo.gl/6UbGdS
  • Kriteria Pemimpin yang Baik dan Layak Dipilih 2 – https://goo.gl/x1bjLV