Anda adalah seorang pemimpin sukses yang sedang menjalani proses menuju keberhasilan.

Simak kunci sukses kepemimpinan yang akan membawa Anda pada posisi teratas dalam hidup Anda melalui artikel berikut ini.

Selamat membaca dan selamat meraih kesuksesan Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin yang Sukses

Di balik keberhasilan sebuah organisasi, pasti berdiri seorang pemimpin yang baik.

Para pemimpin adalah orang-orang visioner yang dituntut untuk mengarahkan perusahaan atau “brand” mereka melewati berbagai kemungkinan yang tidak menentu.

Mereka perlu tahu kapan harus memanfaatkan peluang sekecil apapun dan bagaimana mengarahkan karyawan untuk bekerja keras menuju tujuan perusahaan mereka.

Mungkin banyak pandangan yang mengatakan bahwa pemimpin itu sudah memiliki bakat sejak dari lahirnya, namun sebetulnya, tanpa adanya praktik di lapangan dengan pengalaman yang segudang, seorang pemimpin yang dikatakan “terlahir sebagai pemimpin” pun tidak akan mempu menjadi pemimpin yang sukses.

Pengalaman telah membuat para pemimpin ini menemukan cara untuk mencapai kombinasi antara karisma, antusiasme, dan kepercayaan diri.

Anda ingin meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda?

Dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada, memperbaiki sifat serta karakter, Anda bisa menjadi pemimpin yang sukses dan efektif!

Simak 11 kunci untuk menjadi pemimpin sukses di bawah ini!

 

#1 Kemampuan Mengatur Diri Sendiri

Sulit untuk mengelola orang lain secara efektif jika Anda tidak dapat mengatur diri sendiri.

Selfmanaging atau kemampuan dalam mengatur diri sendiri artinya dapat memprioritaskan tujuan dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebagai pemimpin yang efektif, Anda perlu memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dan emosi Anda, Anda juga harus mahir menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan kehidupan profesionalitas.

Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Produktif Melihat Waktu Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Untuk memiliki kemampuan tersebut, Anda harus terlebih dahulu memahami kekuatan, kelemahan, dan potensi yang ada dalam diri Anda.

Dengan demikian, Anda bisa mengontrol diri dalam bertindak dan mengambil keputusan.

Pemimpin yang baik harus bisa bersikap sesuai situasi dan kondisi, ini artinya Anda harus memiliki fleksibilitas tinggi.

 

#2 Bertindak secara Strategis

Pemimpin masa kini perlu memiliki pemikiran yang jauh ke depan, terbuka dengan berbagai pengetahuan dan saran yang ada.

Menurut Majalah Harvard Business, pemimpin saat ini perlu memiliki kemampuan yang kritis dalam memandang dunia yang semakin kompleks.

Pemimpin harus selalu siap untuk menyesuaikan strategi mereka dengan peluang yang muncul. Pemimpin juga harus selalu siap mengatasi tantangan yang tak terduga di masa mendatang.

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir strategis, Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Miliki keingintahuan yang tinggi atas kemajuan perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin dan lingkungan bisnis yang luas.
  • Miliki pola pikir yang luas dan selalu mencoba berbagai pendekatan serta ide-ide baru.
  • Berfokus pada masa depan dan kondisi operasional perusahaan.
  • Pertahankan pandangan yang positif.

 

#3 Komunikator yang Efektif

Pemimpin yang efektif tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan.

Mereka adalah komunikator yang efektif dan memiliki kemampuan dalam memberi penjelasan secara jelas dan singkat kepada orang lain tentang segala sesuatu, mulai dari tujuan organisasi hingga tugas-tugas tertentu yang mendetail.

Jika orang tidak mengerti atau tidak menyadari maksud, tujuan, dan juga harapan Anda, mereka tidak akan menganggap Anda sebagai pemimpin yang efektif. Semakin spesifik Anda dalam memberikan penjelasan, maka semakin baik.

Tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Tipe Kepemimpinan Transformasional 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Calon Pebisnis, Inilah Syarat Pendirian CV – Comanditaire Venootschap yang Harus Anda Lengkapi]

 

Maka, jika ingin menjadi pemimpin yang sukses, Anda dituntut untuk dapat berkomunikasi di semua tingkatan: satu lawan satu, berhadapan dengan bagian departemen dan seluruh staf, melalui telepon, email dan juga media sosial.

Komunikasi yang Anda bangun harus melibatkan pertukaran gagasan dan informasi, baik verbal maupun non-verbal.

Dengan demikian, Anda mampu melakukan pendekatan dan melibatkan orang lain untuk merasa nyaman berkomunikasi dengan Anda.

Di akhir, para pemimpin sukses harus mampu menyeimbangkan perspektif yang berbeda dari banyak orang, kemudian merangkumnya sehingga menghasilkan hasil yang tepat.

 

#4 Memiliki Sikap yang Bertanggung Jawab

Pemimpin yang efektif adalah mereka yang tidak sok berkuasa atas jabatan yang ia miliki.

Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab, bahkan atas kesalahan mereka sendiri. Tentu, mereka tidak akan melemparkan kesalahan kepada orang lain.

Bila karyawan yang dipimpinnya melakukan kesalahan, pemimpin tersebut juga harus bertanggung jawab.

 

#5 Merancang Tujuan dengan Jelas & Tekun dalam Mengejar Impian

Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang berkarisma, tetapkan tujuan Anda secara jelas dan miliki tekad yang kuat untuk mewujudkannya.

Jika Anda memancarkan optimisme dan antusiasme terhadap apa yang Anda lakukan, orang akan tertarik secara alami pada Anda.

Ingat bahwa menetapkan tujuan adalah kunci keberhasilan Anda, tim Anda, dan perusahaan Anda.

Untuk mencapai tujuan tersebut tentu membutuhkan waktu. Jika Anda menyerah, demikian juga orang yang ada di sekitar Anda. Sebagai pemimpin yang baik, Anda harus rela terus berjalan dan berjuang saat orang lain tergoda untuk menyerah.

 

#6 Miliki Visi Masa Depan Jangka Panjang

Pemimpin yang sukses adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk melihat masa depan perusahaan mereka dan membuat tujuan riil yang mampu diimplementasikan.

Menjadi seorang visioner berarti memahami bahwa perubahan terus menerus terjadi di sekitar Anda.

Oleh karena itu, pemimpin yang visioner harus mampu mengelola perubahan sambil mencapai keseimbangan antara stabilitas dan pertumbuhan. Anda harus memasukkan pendekatan baru tanpa mengganggu sasaran utama.

Kiat-Sukses-Motivasi-Bisnis-04 planning-Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Penyelesaian Konflik dan Resolusi Konflik di Tempat Kerja, No 5 adalah Cara yang Harus Anda Buktikan]

 

Mungkin ada hal-hal yang efektif untuk dilakukan pada masa lalu, namun belum tentu akan tetap relevan di masa mendatang.

Berlatihlah untuk beradaptasi dan memiliki “sense” menerapkan strategi baru dan biarkan model bisnis Anda berkembang seiring berjalannya waktu.

 

#7 Menyelesaikan Masalah yang Terjadi

Pemimpin harus menjadi pemecah masalah yang bisa membuat keputusan dalam situasi yang dinamis.

Belajar memimpin dalam lingkungan yang kompleks adalah keterampilan vital bagi pemimpin manapun.

Menurut laporan Harvard Business Publishing, pemimpin yang demikian mampu mengindikasi informasi yang ada di sekitar untuk mencari faktor perubahan yang mengganggu dan menetapkan strategi atau langkah riil yang memungkinkan organisasi yang dipimpin dapat merespons dengan cepat.

 

#8 Pengembangan Kreativitas & Inovasi

Pemimpin perlu memiliki keberanian untuk mengambil risiko dan mencoba ide baru.

Mereka harus bisa mengembangkan kreativitas hingga menelurkan suatu inovasi. Dengan begitu, organisasi yang dipimpinnya akan tiba pada satu kondisi baru dan memiliki perubahan-perubahan yang mengarah kepada kemajuan.

Doronglah karyawan atau bawahan Anda untuk setidaknya meluangkan waktu minimal 15 menit untuk bertukar pemikiran dan menjelajahi setiap ide baru.

 

#9 Pengembangan Kerja Sama dalam Tim

Kepemimpinan yang baik dapat dinilai ketika orang-orang di sekitar Anda “terprovokasi” secara positif oleh Anda untuk melakukan tujuan yang sudah disepakati bersama.

Pengembangan kerja sama dalam tim sangatlah penting, mengingat karakter serta kemampuan orang yang Anda pimpin sangat beragam.

Tim yang kuat dan solid adalah kunci penting agar suatu perusahaan bisa mencapai tujuannya.

Jika Anda sebagai pemimpin memilih tim yang benar, Anda akan menciptakan sebuah armada yang tidak terkalahkan yang akan membawa organisasi Anda semakin sukses.

 

#10 Menciptakan Hubungan yang Tak Terputus

Dalam kepemimpinan yang efektif, tidak ada unsur pemaksaan, karena pemimpin yang benar akan memancarkan inspirasi kepada orang-orang yang mengikuti dan menganggapnya sebagai pemimpin.

Mereka tahu bagaimana memberikan motivasi dan dorongan kepada setiap karyawan mereka untuk bekerja dengan segenap hati demi kemajuan dan pencapaian tujuan dari organisasi.

Para karyawan yang merasa dihargai dan merasa membawa perubahan positif bagi perusahan, akan merasa bangga dan akan bekerja lebih keras untuk kesuksesan dan kemajuan perusahaan.

Miliki-10-Kunci-Sukses-Kepemimpinan-2-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Perusahaan Memberikan Ilmu Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Karyawannya?]

 

Pemimpin yang efektif juga memiliki kesadaran akan betapa pentingnya sebuah jejaring hubungan, tidak hanya untuk karier mereka ke depan, tetapi juga manfaat yang diterima bagi perusahaan.

Dengan menciptakan jejaring yang luas, para pemimpin akan menciptakan pengaruh hubungan yang kuat dengan para pelanggan, klien, rekan kerjasama dan bahkan juga dengan para pesaing.

 

#11 Mengembangkan Kecerdasan di Berbagai Bidang

Pemimpin yang benar-benar hebat tahu bahwa kekuatan kepemimpinan mereka dibangun berdasarkan kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan keadaan yang dinamis serta memanfaatkan peluang di tengah kondisi yang dinamis tersebut.

Memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan akan mendorong keinginan Anda untuk terus belajar dan bertumbuh.

Jadilah pemimpin yang selalu ingin tahu bagaimana mengembangkan keterampilan dalam berpikir kritis, menerima ketidakpastian, memiliki kecerdasan sosial dan emosional, serta selalu memiliki keinginan dan tekad untuk terus maju.

 

Jadilah Pemimpin Sukses dengan Pribadi yang Baik

Di atas adalah 11 kunci untuk menjadi pemimpin yang sukses.

Kuncinya ada pada ketekunan dalam mengejar impian yang telah Anda tetapkan, serta pikiran yang terbuka dengan berbagai ide dan kemungkinan.

 

“If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.” – John Quincy Adams

“Jika tindakan Anda mengilhami orang lain untuk lebih banyak bermimpi, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak dan menjadi lebih, Anda adalah pemimpin.”

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Deep Patel. 22 Maret 2017. 11 Powerful Traits Of Successful Leaders. Forbes.com – https://goo.gl/AszQzk

 

Sumber Gambar:

  • Kunci Kepemimpinan – https://goo.gl/Bn5avJ
  • Networking – https://goo.gl/c1ifJu

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Miliki 11 Kunci Sukses Kepemimpinan untuk Mengubah Dunia
Article Name
Miliki 11 Kunci Sukses Kepemimpinan untuk Mengubah Dunia
Description
Anda adalah seorang pemimpin sukses yang sedang menjalani proses menuju keberhasilan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo